9 Strategi Pemasaran Restoran Baru dan lama Yang Terbukti Efektif

Dengan menerapkan strategi pemasaran restoran ini diharapkan dapat menambah pengunjung baik yang baru maupun pelanggan lama yang datang lagi, dan meningkatkan penjualan serta menambah margin keuntungan di restoran Anda.

Strategi Pemasaran Restoran

Mengapa Strategi Pemasaran Penting?

Bentuk bisnis restoran telah secara radikal diubah oleh munculnya teknologi digital. Saat ini pemilik restoran tidak tergantung pada pemasaran tradisional yaitu informasi mulut ke mulut untuk mengembangkan pasar restoran mereka.

Sebagian besar restoran tampaknya akan mengambil keuntungan dari media digital dan teknologi mobile. Sementara beberapa dari restoran ini telah melakukannya dengan, namun sebagian masih berjuang untuk mendapatkan strategi pemasaran restoran yang efektif.

Namun, mengingat bisnis restoran ini memiliki persaingan sengit dan tingkat kegagalan 60%, sangatlah penting bahwa Anda menggunakan strategi pemasaran Anda yang tidak hanya tepat namun harus di tempat teratas.

Sebagai pecinta makanan yang baik, saya telah melakukan penelitian mendalam tentang mengapa beberapa restoran gagal meskipun mereka memiliki makanan yang terbaik, sementara yang lain berhasil hanya dengan makanan yang biasa-biasa saja.

Penelitian saya telah mengungkapkan bahwa sukses di bisnis restoran bukan hanya tentang memasak hidangan paling enak. Keberhasilan setiap bisnis restoran sangat tergantung kepada strategi pemasaran restoran.

Baca Juga:

6 Komponen Wajib Dalam Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran
10 Elemen Branding Restoran Agar Merk Menempel Di Hati Konsumen
12 Hal Terburuk & Paling Umum Kesalahan Marketing Untuk Restoran

Dalam posting ini, kami akan menyoroti sembilan tips strategi pemasaran restoran baru yang terbukti efektif.

Tips Strategi Pemasaran Restoran Baru Yang Terbukti Efektif

Berikut adalah tips-tips pemasaran yang dapat Anda coba terapkan:

1. Gunakan Media Sosial

Kita berada di era keterbukaan makanan dan platform media sosial yang ramai dengan menyajikan beberapa gambar makanan lezat yang membuat orang rela menghabiskan ekstra puluhan ribu rupiah.

Jika Anda ingin orderan di restoran tetap bergulir di, maka Anda harus mengambil keuntungan dari platform media sosial untuk mempromosikan restoran Anda secara online. Kami tahu bahwa banyak sekali platform media sosial di luar sana.

Strategi Pemasaran Restoran - Gunakan Media Sosial

Jadi sebagai strategi pemasaran restoran pertama, kami menyarankan untuk industri makanan maka Instagram adalah Rajanya, Facebook adalah ratunya dan sisanya adalah permainan kata-kata. Kunci untuk menggunakan media sosial dan menambah laba restoran Anda hanya satu bagaimana posting gambar makanan dan klip video Anda berada di paling atas.

Jika Anda tidak tahu akan mulai dari mana gunakan ahli pemasaran. Kami dapat membantu Anda dengan menggunakan ahli digital marketing yang kami pergunakan. Jika Anda tertarik, Berikut paket digital marketing bisnis lokal gratis.

2. Buatlah Website – Strategi Pemasaran Restoran

Memiliki sebuah website untuk bisnis restoran Anda merupakan suatu keharusan. Website saat ini setara dengan memiliki sebuah toko makanan di setiap bagian dunia. Anda dapat membuat websitenya sendiri dengan menggunakan penyedia domain dan hosting terpercaya seperti dewaweb.  Kami memberikan ebook tutorial pembuatan website secara gratis.

Namun, jika Anda ingin restoran Anda untuk tumbuh besar, maka Anda harus menggunakan jasa website profesional. Kami dapat membantu Anda membuatkan website restoran atau bisnis kuliner lain dengan harga terjangkau.

Sebuah situs web membuka peluang untuk pasar yang jauh lebih besar dari konsumen. Hal ini membuatnya sangat mudah bagi pelanggan potensial dan bahkan sudah ada untuk menemukan Anda.

Saya tahu Anda sedang berpikir bahwa membuat sebuah situs web merupakan pekerjaan besar tapi percayalah, apa yang akan Anda dapatkan tidak sebanding dengan pekerjaan. Selain itu, seperti dibahas diatas Anda bisa memilih untuk menyewa jasa website profesional dengan harga terjangkau untuk melakukan pekerjaan ini.

Baca juga:

5 Trend Digital Marketing Untuk Restoran Tahun 2020-2021

3. Adakan Kontes atau Lomba

Mengadakan kontes atau perlombaan adalah salah satu cara paling efektif yang baik untuk menyebarkan berita tentang restoran Anda. Saya akan merekomendasikan untuk mengadakan kontes-lomba offline / kontes-lomba online. Dengan hal ini berarti Anda memberitahu pelanggan dapat berbagi restoran fisik Anda secara online. Bayangkan satu pelanggan dengan pengikut media sosial secara besar-besaran upload hal-hal berhubungan dengan restoran Anda. Mengadakan kontes atau lomba pasti akan mendapatkan kata tentang restoran Anda di luar sana. Jadi menurut kami, strategi pemasaran restoran menggunakan kontes atau lomba merupakan system pemasaran yang jenius karena orang tidak merasa sebagai objek tetapi sebagai objek.

trategi Pemasaran Restoran - Adakan Kontes atau Lomba

4. Gunakan Email Marketing– Strategi Pemasaran Restoran

Pemasaran email (email marketing) adalah strategi pemasaran restoran yang penting untuk secara efektif. Ada dua cara untuk mengembangkan daftar email Anda; yaitu mendapatkan email pelanggan secara offline dan dengan mengajak mereka untuk mengisi formulir online.

Pemasaran email (email marketing) adalah cara yang efisien untuk “umpan” pelanggan Anda dan membuat mereka kembali datang.

Menggunakan pemasaran email, Anda dapat menampilkan tambahan baru untuk penawaran menarik lainnya menu Anda. Namun, email-marketing dapat menjadi rumit jika tidak benar dilaksanakan. Jadi jika Anda baru ke email pemasaran, tidak gagal untuk berkonsultasi dengan ahli untuk menemukan yang terbaik strategi pemasaran email untuk restoran Anda.

Sekali lagi, Kami dapat membantu Anda dengan menggunakan ahli digital marketing yang kami pergunakan. Jika Anda tertarik, Berikut paket digital marketing bisnis lokal gratis yang salah satunya menggunakan email marketing.

5. Dekati dan Gunakan Food Blogger Dan Influencer Lokal

Salah satu strategi pemasaran yang paling besar saat ini adalah dengan memanfaatkan jaringan pada bisnis lain. Sebagai pemilik restoran, Anda dapat memanfaatkan jaringan food blogger lokal dan influencer dengan menghubungkan dengan mereka dan membuat mereka untuk berbagi konten yang terkait dengan restoran Anda. Anda dapat memberi mereka insentif seperti makanan gratis untuk mendapatkan mereka untuk mempopulerkan merek Anda di antara jaringan mereka. strategi pemasaran restoran ini dapat dicoba untuk blogger dan influencer yang berbeda tiap waktu.

Dekati dan Gunakan Food Blogger Dan Influencer Lokal

6. Daftar Aplikasi Makanan– Strategi Pemasaran Restoran

Beberapa aplikasi makanan bermunculan selama bertahun-tahun karena permintaan populer oleh konsumen. Tidak lama lagi konsumen harus melalui membosankan direktori atau surfing web untuk menit lama untuk menemukan tempat yang cocok untuk makan. Semua yang mereka lakukan hari ini adalah menginstall aplikasi makanan yang poin mereka ke restoran terdekat. Manfaatkan ini gelombang teknologi mobile melalui kemitraan dengan aplikasi makanan untuk memastikan bahwa restoran Anda terdaftar. Mendapatkan terdaftar pada makanan tersebut apps memastikan bahwa Anda tidak kehilangan pelanggan potensial. Saat ini direktori atau listing makanan yang paling popular dan paling penting adalah Go-food dan Grab-Food. Anda  wajib hadir pada kedua aplikasi makanan tersebut.

Baca Juga:

7 Metrik KPI Restoran dan Bisnis Kuliner Restoran [+Cara Menghitungnya]
11 Tahapan Cara Memulai Bisnis Rumah Makan [Ikuti Untuk Sukses!]

7. Lakukan Social Paying

Menurut Seth Godin, “Bahwa ide yang menyebar yang menang”. Maksudnya strategi pemasaran restoran akan berhasil apabila dilakukan dan menyebar luas.

Banyak orang pergi ke restoran hanya  karena teman atau seseorang menganjurkan restoran itu. Anda dapat memanfaatkan kekuatan dari mulut ke mulut dengan menggunakan membayar orang untuk promosi. Apa sebenarnya Social Paying? Hal ini adalah memberikan kesempatan pelanggan membayar makanan mereka dengan berbagi makanan lezat Anda di halaman media social mereka.

Bayangkan apabila sepuluh pelanggan yang memiliki seratus pengikut masing-masing, berbagi tentang makanan lezat Anda kepada jaringan mereka! Saya menjamin bahwa Anda akan mendapatkan beberapa pelanggan yang ingin mencoba makanan lezat Anda.

8. Gunakan Social Media Marketing– Strategi Pemasaran Restoran

Pemasaran media sosial (Social Media Marketing) adalah salah satu alat yang paling kuat untuk bisnis apapun. pemasaran media sosial dapat menempatkan restoran Anda di depan ribuan pelanggan potensial. pemasaran media sosial lebih dari sekadar kesadaran merek; itu juga membantu Anda mendapatkan wawasan sasaran konsumen Anda.

Pemasaran media sosial (Social Media Marketing)  untuk restoran juga membuka jalan bagi umpan balik dari pelanggan yang sudah ada. Dalam rangka untuk mendapatkan keluar terbaik dari pemasaran media sosial, itu harus dijalankan oleh seorang ahli media sosial.

Sekali lagi, Kami dapat membantu Anda dengan menggunakan ahli digital marketing yang kami pergunakan. Jika Anda tertarik, Berikut paket digital marketing bisnis lokal gratis yang salah satunya menggunakan social media marketing.

9. Bangun Reputasi Online Anda

Tidak ada yang menghancurkan bisnis restoran seperti review buruk. Maksud kami, apakah ada  yang ingin mengunjungi restoran dengan “makanan hambar” atau “tanpa rasa” ?

Semua usaha Anda secara online bisa sia-sia jika Anda tidak memiliki strategi manajemen reputasi online yang baik di tempat. reputasi online untuk restoran hanya akan melibatkan menanggapi pertanyaan pelanggan secara tepat waktu dan merespon baik negatif dan positif dengan cara yang akan menggambarkan restoran Anda dalam cahaya yang baik.

Namun, jika Anda tidak memiliki pengalaman dengan manajemen reputasi online; Saya saran bahwa Anda untuk menggunakan ahli digital marketing untuk memoles reputasi online Anda.

Sekali lagi, Kami dapat membantu Anda dengan menggunakan ahli digital marketing yang kami pergunakan. Jika Anda tertarik, Berikut paket digital marketing bisnis lokal gratis yang salah satunya menggunakan social media marketing.

Bangun Reputasi Online Anda

Catatan Akhir Pada Strategi Pemasaran Restoran

Jadi sekarang Anda telah dilengkapi dengan beberapa strategi pemasaran restoran untuk mengambil bisnis restoran Anda ke tingkat berikutnya.

Namun, berikut adalah beberapa poin yang harus Anda perhatikan:

  • Keberhasilan pemasaran online restoran Anda sangat tergantung pada kinerja offline Anda; sehingga mendapatkan kegiatan offline yang tepat
  • Jangan DIY (Do It Yourself) internet marketing untuk restoran Anda. Pergunakan ahli jika Anda ingin menjadi yang paling atas di dunia pencarian
  • Kerja sama dan bergandengan tangan dengan sebuah perusahaan pemasaran profesional untuk memastikan sukses pemasaran restoran.

Dengan tips strategi pemasaran restoran ini , kami percaya bisnis restoran Anda akan lebih baik. Jangan lupa eksekusi adalah segalanya!

Demikian uraian kami tentang “9 Strategi Pemasaran Restoran Baru dan lama Yang Terbukti Efektifdi website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!

Dengan Software Aplikasi MS Excel ini, Anda dapat menghitung:

  1. Biaya Modal Awal Usaha Rumah Makan;
  2. Biaya Operasional Usaha Rumah Makan;
  3. Perkiraan Revenue Usaha Rumah Makan;
  4. Indikator Kelayakan Usaha Rumah Makan spt BEP/BCR/IRR
error: Alert: Content is protected !!