5 Strategi Grand Opening Restoran  Agar Meriah dan Sukses

5 Strategi Grand Opening Restoran  Agar Meriah dan Sukses

Grand opening restoran yang sukses sangat penting sebagai awal keberhasilan usaha rumah makan Anda. Berikut kami bagikan 3 strategi grand opening restoran  Agar Meriah dan Sukses yang wajib Anda terapkan.

Strategi Grand Opening restoran

Mengapa Grand Opening Itu Penting?

Sebuah pembukaan merupakan sebuah strategi pemasaran restoran yang hebat untuk menciptakan buzz dan kehebohan di masyarakat setempat sebelum Anda membuka restoran baru.

Acara ini akan berfungsi sebagai kesempatan pertama Anda untuk mengundang pelanggan ke restoran Anda. Pada acara itu Anda dapat menampilkan menu-menu andalan, dan mulai membangun hubungan yang diperlukan untuk bisnis yang berulang.

Baca Juga:

Menulis Proposal Usaha Restoran “Menjual” Untuk Meyakinkan Investor
11 Menu Warteg Murah Meriah Yang Mantul (Mantap Betul!)
9 Hal Anda Wajib Tahu Untuk Penentuan Lokasi Usaha Restoran

Tiga Strategi Grand Opening Restoran

Namun, untuk mengadakan acara grand opening bukanlah hal yang mudah. Kami ingin membantu mambagikan strategi grand opening untuk membantu bisnis Anda menonjol.

Ikuti tips dan saran di bawah ini untuk mengetahui bagaimana merencanakan pembukaan dan mendapatkan hasil maksimal dari hari besar usaha Anda.

1.     Persiapkan Grand Opening Restoran Jauh-Jauh Hari

Sebelum acara grand opening restoran, pastikan Anda memiliki rencana pembukaan yang tepat di tempat untuk hari itu. Persiapkan rencana di depan dan jauh hari sehingga memungkinkan Anda untuk fokus, menciptakan ide-ide pesta peluncuran yang unik, dan menikmati hari besar ketika tiba.

persiapkan dan jadwalkan grand opening restoran jauh-jauh hari

Berikut adalah beberapa hal yang perlu fokus dopikirkan pada saat Anda mulai merencanakan pembukaan Anda:

  • Pilih hari untuk acara Anda: Ketika memilih hari, cari tahu acara lain disekitar restoran kita untuk menghindari persaingan mendapatkan kunjungan pelanggan. Buatlah timeline dari acara soft opening sampai menjelang hari pembukaan Anda.
  • Pilih lama durasi waktu: Berapa lama Anda akan menjadi tuan rumah pembukaan? Putuskan apakah Anda ingin keramaian untuk acara sarapan, makan siang, atau makan malam. Tentukan juga berapa jam Anda siap untuk tetap terbuka.
  • Merekrut relawan atau menyewa karyawan: Berikan diri Anda cukup waktu untuk menemukan dan melatih karyawan untuk grand opening. Atau, mengumpulkan relawan yang bersedia membantu.
  • Pilih hiburan: Tentukan jenis hiburan yang Anda ingin tawarkan hiburan untuk acara grand opening, dan booking segera pengisi acaranya. Hal ini dapat mencakup band, DJ, komedian, badut untuk anak-anak, atau selebriti atau olahraga lokal maskot.
  • Menetapkan anggaran: Buat anggaran di awal proses perencanaan untuk menghindari overspending pada acara besar ini. Sebagian besar restoran akan mengalokasikan 20% dari anggaran pemasaran tahun pertama terhadap acara tersebut. Pastikan untuk mengatur dana disisihkan untuk:
    • Soft Opening dan Undangan Grand Opening
    • Iklan Grand Opening
    • Peralatan dan suplai serta dekorasi untuk pesta grand opening
    • Hadiah, souvenir dan giveaways grand opening
  • Tentukan style layanan: Mulailah memperhatikan menu Anda untuk hari besar. Apakah Anda menawarkan menu penuh atau terbatas, piring-piring sampel, atau gaya prasmanan?

2.     Dahului Dengan Acara Soft Opening Restoran– Strategi Grand Opening Restoran

Sebagai strategi grand opening restoran Anda yang kedua adalah buatlah acara soft opening restoran terlebih dahulu.

Soft opening ini untuk menguji staf, aliran kerja, dan suasana bangunan Anda. Ini akan memberi Anda dan staf Anda kesempatan untuk membereskan semua masalah sebelum Anda membuka pintu Anda untuk umum.

Strategi Grand Opening restoran Dengan Didahului Softopening

Anda bahkan mungkin ingin mengadakan berbagai acara soft opening yang disesuaikan dengan sekelompok orang tertentu, seperti:

  1. Teman dan keluarga: Ini adalah acara bebas bagi orang-orang yang terpercaya yang mengerti bahwa mereka berpartisipasi dalam uji coba dan telah sepakat untuk tidak berbagi rincian publik.
  2. Vendor: Ini adalah cara untuk berterima kasih kepada mereka yang telah membantu Anda mendapatkan restoran Anda berjalan dan memberi mereka kesempatan untuk melihat produk akhir dari pekerjaan mereka.
  3. Pemilik Bisnis Lokal: Orang-orang yang bekerja di lingkungan sekitar restoran Anda dapat menjadi pelanggan terbaik Anda jika diberi kesempatan untuk menjadi akrab dengan dan merasa terhubung dengan bisnis Anda.
  4. Influencer: mengadakan acara untuk influencer lokal, termasuk politisi, kepala polisi, wartawan, dan blogger untuk membantu menyebarkan informasi mulut ke mulut tentang lokasi Anda sebelum grand opening.

Gunakan event ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan umpan balik membantu dari wajah ramah sebelum membuka untuk umum. Mengirim survei Google atau mengumpulkan formulir tanggapan setelah setiap event adalah cara yang bagus untuk mendapatkan berbagai perspektif.

Memungkinkan cukup waktu antara peristiwa soft opening dan grand opening berpotensi ulang menu Anda, gaya layanan, atau atmosfer. Namun, menunggu pembukaan terlalu lama dapat menyebabkan kegembiraan masyarakat mereda dan pelanggan potensial untuk melupakan atau kehilangan interest.

3.     Tawarkan Promosi Grand Opening Restoran Anda

Strategi grand opening restoran Anda selanjutnya adalah penawaran promosi. Anda harus memberikan penawaran kepada calon peserta grand opening restoran yang tidak mungkin mereka tolak. Pada menu pembukaan Anda, pastikan untuk menawarkan rasa masakan andalan Anda yang terbaik yang menggambarkan kehebatan persembahan restoran Anda. Namun hal ini tidak meninggalkan branding restoran Anda sehingga mereka tahu bagaimana ketika datang ke tempat Anda.

Ketika memutuskan bagaimana cara untuk mendorong pelanggan datang ke pembukaan Anda dan membuat mereka datang kembali ke restoran Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa tawaran khusus yang Anda tawarkan di grand opening spesial kepada pelanggan? Anda mungkin menawarkan contoh gratis dari hidangan khusus atau
  • Apa yang akan Anda lakukan untuk mendorong transaksi yang berulang dari pelanggan menghadiri pembukaan Anda? Pertimbangkan untuk memberikan kartu loyalitas anggota, membeli-satu-mendapatkan-satu gratis, dan kupon gratis makanan/minuman tertentu pada kunjungan berikutnya
  • Bagaimana Anda akan memastikan target pasar Anda untuk datang ke restoran Anda? Coba meningkatkan kehadiran restoran Anda di internet dan iklan masyarakat.

4.     Terlibat Dengan Acara Komunitas Lokal– Strategi Grand Opening Restoran

Sebelum pembukaan resmi Anda, mulai membangun kemeriahan di sekitar restoran Anda dengan terlibat pada acara lokal dan pergi di mana pelanggan potensial Anda berkumpul.

Berikan publik rasa kreasi kuliner atau penganan Anda dengan mendirikan stand di pasar petani lokal atau peristiwa lingkungan untuk membangun bisnis Anda sebagai bagian dari masyarakat.

Membagikan sampel dan menginformasikan kepada pelanggan tentang acara grand opening restoran Anda mendatang. Ini adalah kesempatan besar untuk menawarkan  menu dan undangan untuk acara pembukaan dan mendapatkan pelanggan bersemangat untuk item menu lainnya.

Memberi mereka rasa hidangan andalan Anda akan menarik mereka untuk mencoba lebih ketika Anda melepaskan menu lengkap pada hari pembukaan.

Bermitra dengan pengumpulan dana sosial lokal

Bermitra dengan Pengumpulan Dana Sosial Lokal

Ketika mencoba untuk menyebarkan berita tentang bisnis Anda melalui acara lokal, pertimbangkan untuk berpartner dengan lembaga social terkenal. Dengan memberikan sumbangan amal, tidak hanya akan membantu memulai debut restoran Anda, tetapi juga akan menunjukkan bahwa Anda bersemangat tentang penyebab yang mungkin dekat dengan hati pelanggan Anda.

Menawarkan untuk menyumbangkan sebagian atau seluruh dari hasil acara soft opening atau hari pembukaan untuk amal. Ini memberikan sentuhan pribadi dan manfaat pribadi kepada mereka yang membutuhkan. Pelanggan akan suka melihat bisnis terlibat dengan hal-hal ini.

5.     Sebarkan Iklan Acara Grand Opening Restoran

Ada beberapa cara cerdas sebagai strategi grand opening restoran Anda. Dari media sosial sampai selebaran dicetak.

Berikut adalah beberapa tips pemasaran restoran dapat Anda gunakan untuk mendapatkan perhatian target pelanggan Anda ketika melakukan iklan untuk grand opening restoran.

1. Gunakan Media Sosial

Sosial media adalah cara yang ramah anggaran untuk cepat menyebarkan berita tentang acara Anda. Menggabungkan tips berikut ke dalam strategi media sosial untuk membangun interest sebelum pembukaan Anda:

  • Menawarkan penawaran dan kontes khusus untuk pengikut
  • Memberikan kupon gratis bagi pengikut sebelum pembukaan Anda
  • hashtag Memasukkan ke dalam posting Anda untuk membuatnya mudah bagi pelanggan untuk menemukan Anda
  • Bekerjasama dengan forum atau kelompok masyarakat luas
  • Membuat acara Facebook memiliki potensi pelanggan melakukan reservasi secara online
  • Posting gambar dari ruang baru, item menu, dan karyawan untuk menghidupkan suasana
  • Posting secara teratur untuk menjaga audiens Anda tertarik dan berinteraksi dengan laman situs web

2. Sebarkan Flyer dan Brosur

Tergantung pada target pasar Anda, menciptakan undangan dicetak, brosur, dan kartu pos dapat menjadi pendekatan yang lebih efektif. Selebaran dapat dibagikan di acara komunitas dan ditempatkan di perpustakaan lingkungan, pengunjung pusat, atau disematkan pada papan komunitas di kafe lokal.

Pilihan lain adalah untuk memberitakan atau mengiklankan acara pembukaan Anda di surat kabar lokal.

Menawarkan diskon atau fasilitas gratis seperti minuman gratis atau makanan penutup dengan makan pada selebaran Anda untuk mendorong pelanggan untuk memeriksa restoran.

Menarik pelanggan untuk pembukaan Anda dengan kue gratis atau pembuka dapat menyebabkan mengulangi kedatangan mereka setelah restoran dibuka secara resmi membuka.

Inilah yang harus disertakan pada selebaran dan kartu pos:

  • nama bisnis Anda dan logo
  • kupon diskon atau gratis
  • pesan pribadi untuk mengundang pelanggan
  • tanggal dan lokasi
  • gambar restoran atau hidangan khusus Anda
  • link media sosial
  • nomor telepon, terutama jika pemesanan dianjurkan

3. Pasang tanda Disekitar Restoran Tentang Acara Grand Opening

Tanda dipinggir jalan dan spanduk adalah cara yang bagus untuk memberi tahu orang yang lewat tentang grand opening. Tetap pasang tanda tanda pembukaan di luar ruang lokasi Anda sebelum acara untuk mengiklankan tanggal dan penawaran yang akan tersedia untuk pelanggan. Setelah pembukaan, tanda-tanda kayu dan papan surat dapat terus digunakan untuk mengiklankan penawaran dan menu baru atau item musiman.

4. Buat Google Bisnis (Google My Business – GMB)

Tingkatkan kehadiran internet Anda dengan membuat profil di Google Bisnis. Mendaftarkan sebagai listing di GMB ini merupakan salah satu Strategi grand opening restoran Anda yang paling efektif. Dengan menggunakan akun Gmail dan gambar lokasi Anda, Anda dapat mengumpulkan daftar gratis restoran Anda yang akan muncul di halaman pencarian ketika seseorang mencari restoran Anda.

Buat Google My Business

Listing ini akan menunjukkan pelanggan potensial Anda di mana untuk menemukan Anda, jam bisnis Anda, nomor telepon restoran Anda, dan setiap foto yang Anda ingin menambahkan. Anda bahkan dapat mengiklankan pembukaan Anda dengan menambahkan sebuah acara posting ke Google Bisnis Anda listing, yang dapat membantu membawa pelanggan di untuk hari besar Anda.

5. Hubungi Media Lokal

Hubungi koran lokal dan stasiun televisi lokal untuk memeriksa apakah mereka tertarik meliput pembukaan Anda. Publisitas gratis bisa menarik kerumunan pelanggan yang mungkin tidak pernah mendengar tentang acara Anda.

Ketika mengundang media lokal untuk datang ke restoran Anda, sediakan semua media kit yang dibutuhkan. Hal ini antara lain menu restoran Anda, jam kerja, kartu nama, dan informasi tambahan yang mungkin penting bagi mereka untuk mengetahui.

Jika Anda punya atau mau menyewa, tunjuk seorang karyawan pada staf untuk melayani sebagai wajah dari bisnis Anda dan menangani semua komunikasi profesional dan hal-hal tentang public relations.

Penutup Strategi Grand Opening Restoran

Keberhasilan pembukaan Anda dapat membuat nama untuk restoran Anda awal dan terus membangun reputasi Anda di masyarakat. ide pembukaan unik Anda akan membantu jangkauan pelanggan baru yang akan menyebarkan berita untuk teman-teman mereka dan menciptakan bisnis yang berulang. Menunjukkan loyalitas untuk tamu Anda dan pelanggan dari awal bisa mendapatkan keuntungan bisnis Anda untuk tahun-tahun mendatang.

Demikian uraian kami tentang “5 Strategi Grand Opening Restoran  Agar Meriah dan Sukses”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

2 komentar untuk “5 Strategi Grand Opening Restoran  Agar Meriah dan Sukses”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!