4 Sistem Informasi Restoran Pengelola Wajib Tahu

Artikel yang membahas jenis-jenis sistem informasi restoran yang wajib dipunyai untuk membuat manajemen operasional lebih efektif dan efisien.

Pengantar

Restoran dibangun dari sistem yang kompleks untuk membeli, menyimpan, menyiapkan dan menjual makanan. Kesejahteraan restoran tergantung pada sistem informasi manajemennya, yang mengkoordinasikan semuanya mulai dari penjadwalan personel hingga layanan pelanggan.

Sistem informasi restoran harus membuat restoran lebih menguntungkan dan tempat yang lebih baik bagi pelanggan untuk makan. Sistem informasi untuk masing-masing keperluan bisa dibuat terpisah ataupun terintegrasi.

Kelebihan sistem informasi restoran terpisah untuk masing-masing keperluan adalah biasanya ada lebih banyak fitur. Hal ini karena masing-masing provider memiliki keahlian khusus sehingga fitur-fitur akan lebih lengkap.

Kelebihan yang lain adalah apabila terdapat masalah pada satu sistem, maka sistem informasi masih tetap berjalan.Kekurangannya adalah biasanya dari sisi kompatibel atau kecocokan antara satu sistem dengan sistem lain.

Kelebihan dari sistem terpisah menjadi kekurangan sistem terpadu. Kekurangan sistem terpisah akan menjadi salah satu kelebihan sistem terintegrasi. Salah satu sistem informasi restoran terpadu adalah Sistem Manajemen Restoran (SMR).

4 Sistem Informasi Restoran Pengelola Wajib Tahu

Mari kita bahas sistem informasi restoran apa saja yang diperlukan sebuah restoran atau rumah makan.

Jenis Sistem Informasi Restoran

Jika kita memilih sistem terpisah, paling sedikit ada 4 (empat) sistem informasi restoran yang dibutuhkan yaitu sistem titik penjualan, sistem komunikasi, sistem SDM dan sistem keuangan. Sedangkan sistem manajemen restoran merupakan sistem informasi restoran yang sudah terintegrasi.

Sistem Titik Penjualan Restoran (STPR) (Point of Sale Systems=POS)

Setiap restoran membutuhkan strategi untuk menerima pesanan, mengirimkan informasi ke dapur, dan menagih pelanggan untuk makanan mereka. Sistem ini bisa sesederhana catatan tulisan tangan atau serumit sistem komputer yang mengirim pesanan ke dapur dan menghitung penjualan untuk setiap server.

Sistem sederhana kurang rentan terhadap kesulitan teknis, tetapi mereka tidak dapat memproses informasi se-efisien sistem komputer yang berfungsi dengan lancar. Sistem point of sale restoran juga harus mencakup infrastruktur untuk memproses pembayaran kartu kredit.

Sistem Komunikasi Restoran (SKR)

Restoran bergantung pada komunikasi informasi antara divisi yang berbeda, seperti server menyampaikan pesanan ke staf dapur dan staf dapur memberi tahu server bahwa pesanan mereka sudah siap.

Selain itu, sistem komunikasi restoran harus memungkinkan staf untuk menghubungkan makanan jadi dengan pelanggan yang memesannya, dan menyampaikan detail tentang permintaan khusus dan kebutuhan khusus.

Manajemen restoran juga harus mengembangkan sistem informasi untuk berkomunikasi dengan bagian depan dan belakang rumah tentang isu-isu seperti stok rendah pada item menu atau bahan tertentu.

Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia Restoran (SMSDMR)

Mengatur staf restoran bisa jadi rumit karena permintaan makanan kemungkinan akan berfluktuasi secara dramatis, seringkali karena variabel yang tidak dapat Anda lacak. Identifikasi variabel apa pun yang Anda amati yang memengaruhi lalu lintas di restoran Anda, seperti cuaca dan hari dalam seminggu.

Buat jadwal mingguan untuk staf restoran Anda sesuai dengan variabel-variabel ini, seperti menjadwalkan staf tambahan pada Sabtu malam jika itu adalah shift tersibuk Anda. Kumpulkan data tentang penjualan dan jam kerja karyawan untuk menentukan rasio yang menguntungkan antara jam kerja karyawan dengan total penjualan.

Sistem pelatihan personel restoran juga penting untuk keberhasilan, memastikan bahwa karyawan mengetahui protokol dan sistem perusahaan, dan mampu memberikan produk berkualitas tinggi.

Sistem Manajemen Keuangan Restoran (SMKR)

Sistem manajemen keuangan restoran harus menavigasi masalah arus kas dan melacak biaya. Sebuah restoran membutuhkan arus kas yang cukup untuk membeli persediaan dan membayar karyawan, atau restoran tidak dapat terus berfungsi.

Selain itu, restoran perlu mendapatkan keuntungan dengan mengendalikan biaya dan memaksimalkan pendapatan. Sistem manajemen keuangan restoran harus mencakup proyeksi arus kas yang memperkirakan pendapatan dan pengeluaran untuk bulan-bulan mendatang.

Jenis sistem informasi restoran ini juga digunakan untuk mengembangkan strategi untuk mengkompensasi kekurangan arus kas seperti lini bisnis kredit atau kartu kredit bisnis.

Sistem informasi restoran 1

Sistem Manajemen Restoran (SMR)

Restaurant Management System (SMR) atau Sistem Manajemen Restoran (SMR) adalah alat penting untuk setiap restoran baru. Sistem ini dirancang untuk menjaga restoran Anda tetap berjalan dengan melacak karyawan, inventaris, dan penjualan.

Pengaturan SMR yang khas biasanya mencakup perangkat lunak dan perangkat keras, seperti mesin kasir, pemindai kode batang, dan pencetak tanda terima, tergantung pada bagaimana restoran Anda diatur.

Yang terpenting, SMR adalah alat komprehensif yang memungkinkan Anda melihat restoran Anda dan kebutuhannya secara sekilas, yang dapat menyederhanakan beban kerja Anda sehari-hari.

Banyak sistem manajemen restoran (SMR) dirancang untuk diintegrasikan dengan mudah dengan aplikasi perangkat lunak lain, yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sistem yang bekerja dengan baik untuk bisnis Anda. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang memilih sistem manajemen restoran Anda.

Sistem manajemen restoran adalah jenis perangkat lunak point-of-sale (POS) yang dirancang khusus untuk restoran, bar, truk makanan, dan lainnya di industri layanan makanan.

Tidak seperti sistem POS, SMR mencakup semua kebutuhan back-end, seperti inventaris dan manajemen staf. SMR merupakan sistem informasi restoran yang terintegrasi antar semua system.

Apa perbedaan antara SMR dan sistem POS standar?

Sementara kedua sistem diklasifikasikan sebagai titik penjualan, SMR menawarkan fitur unik untuk industri layanan makanan seperti pembaruan inventaris tingkat bahan, kemampuan pelayan untuk mengirim pesanan langsung dari meja ke dapur, penagihan terpisah, dan tampilan dapur.

perbedaan antara SMR dan POS standar

Apa manfaat dari SMR?

SMR menawarkan lebih banyak fitur daripada sistem POS standar. Restoran dapat melakukan tugas ini dengan SMR:

Apa jenis SMR yang tersedia?

Karena setiap restoran memiliki kebutuhan yang unik, ada jenis SMR yang berbeda untuk dipilih. Untuk menentukan jenis mana yang paling sesuai dengan restoran atau bar Anda, pikirkan fitur yang dapat digunakan restoran Anda dan seberapa penting setiap fitur tersebut bagi Anda.

1. Sistem Ujung ke Ujung (End-to-end)

Ini adalah jenis SMR yang paling kuat dan komprehensif. Fitur utama termasuk POS inti, kontrol inventaris, CRM, staf, menu, manajemen pesanan dan pembayaran, dukungan teknis, serta pelaporan dan analitik. Tergantung pada vendor SMR, Anda mungkin dapat memadupadankan fitur.

2. POS– sistem informasi restoran

Ini adalah inti dari sistem dan memungkinkan Anda untuk mengintegrasikannya dengan sistem pihak ketiga untuk inventaris, akuntansi, pemasaran, dan fungsi utama lainnya.

3. iPad atau Android saja

Sebagian besar sistem dirancang untuk berjalan hanya pada satu jenis perangkat untuk menjaga integritas sistem. Tentukan sistem operasi mana yang akan Anda gunakan di restoran Anda sebelum memilih sistem.

4. POS Umum

Sistem ini dirancang untuk bisnis yang memiliki layanan ritel dan makanan. Ini menawarkan crossover tanpa batas dengan modul tambahan.

Apa yang dapat saya kelola dengan SMR?

SMR adalah sistem informasi restoran terpadu, jadi Anda dapat mengelola hampir setiap aspek terkait restoran Anda, tergantung pada jenis SMR yang Anda pilih.

Dengan sistem end-to-end, Anda akan memiliki akses lengkap ke fungsi dan fitur berikut:

Sistem informasi restoran 2

Apa yang harus saya pertimbangkan sebelum mendapatkan SMR?

Karena sistem informasi restoran ini bersifat terpadu akan bertanggung jawab atas banyak proses Anda sehari-hari, penting untuk menemukan satu yang bekerja dengan baik untuk Anda dan memberi Anda apa yang dibutuhkan restoran Anda.

Mulailah dengan menentukan tujuan yang jelas Anda memerlukan sistem untuk melayani dan daftar fitur yang diperlukan. Selanjutnya, perhatikan secara serius aspek-aspek berikut.

Jenis

Tentukan jenis sistem yang Anda butuhkan. Jika Anda akan menjalankan bisnis Anda di perangkat Android, jangan dapatkan sistem iPad. Jika Anda menginginkan toko serba ada, sistem ujung ke ujung kemungkinan akan menjadi pilihan yang paling hemat biaya.

Pengembangan

Jika Anda memiliki rencana untuk mengembangkan atau mewaralabakan restoran Anda, belilah sistem yang dapat tumbuh bersamanya. Pastikan sistem Anda dapat menangani peningkatan jumlah terminal dan perangkat genggam, menyediakan analitik skala besar yang canggih, menawarkan add-on multicabang, dan dapat menangani sejumlah besar karyawan (dan jadwal mereka).

Integrasi

Tidak ada sistem yang sempurna, jadi kemungkinan besar Anda harus mengintegrasikan SMR Anda dengan aplikasi perangkat lunak lain untuk mencapai semua yang Anda butuhkan.

Anda harus memastikan SMR Anda terintegrasi dengan mudah dengan sistem lain, seperti Google My Business atau OpenTable untuk reservasi, sehingga Anda tidak membuang waktu berulang kali memasukkan data ke dalam program terpisah.

Kemudahan penggunaan

Menjalankan restoran memang sulit. Anda tidak ingin membuang waktu untuk memecahkan masalah SMR Anda di tengah kesibukan makan malam. Luangkan banyak waktu untuk menguji SMR, memastikan bahwa itu intuitif dan masalah mudah diperbaiki.

Harga sistem manajemen restoran

Harga sistem manajemen restoran Anda akan bergantung pada seberapa kompleksnya, serta berapa banyak lokasi yang akan Anda kelola dengannya. Harga sistem informasi restoran terpadu ini akan tergantung juga pada kustomisasi kebithan sebuah restoran.

SMR dasar yang mengelola kebutuhan penjualan dan akuntansi Anda biasanya seharga mulai dari jutaan sampai belasan juta per tahun. Untuk rangkaian SMR yang lebih kompleks yang melacak semua kebutuhan bisnis Anda di berbagai lokasi, Anda dapat membayar ribuan dolar per bulan. Perangkat keras terintegrasi tambahan, seperti register atau tablet, juga akan meningkatkan biaya di muka Anda.

Jadwal pembayaran Anda juga akan bergantung pada apakah perangkat lunak SMR Anda menawarkan lisensi terus-menerus atau langganan. Lisensi abadi mengharuskan Anda membayar sejumlah besar di muka untuk memiliki lisensi tanpa batas waktu.

Sementara biaya bulanan atau tahunan Anda akan lebih rendah, investasi awal Anda akan jauh lebih tinggi. Sebaliknya, lisensi berlangganan memerlukan biaya bulanan atau tahunan yang lebih kecil; sementara pembayaran di muka lebih rendah, Anda akan membayar lebih banyak dalam biaya berulang.

Seiring waktu, opsi penetapan harga abadi dan berlangganan biasanya seimbang. Diskusikan struktur harga vendor dengan mereka, dengan mengingat anggaran dan kebutuhan bar atau restoran Anda.

Fitur yang harus dicari dalam sistem manajemen restoran (SMR)

Fitur yang harus dicari dalam SMR

Saat menentukan sistem informasi restoran terpadu mana yang akan digunakan, carilah lima fitur berguna ini.

1. Penjualan dan pelacakan pajak

SMR Anda harus melacak semua data penjualan seperti item menu teratas, waktu penjualan tersibuk, anggota tim dengan kinerja terbaik, dan keuntungan untuk membantu Anda membuat keputusan bisnis yang penting. Perangkat lunak Anda juga harus menyediakan catatan terperinci untuk tujuan pelaporan pajak.

2. Manajemen pesanan

Staf restoran Anda harus dapat dengan mudah mengelola meja, reservasi, cek, dan item menu melalui SMR Anda. Anda dan manajer Anda juga harus dapat mengontrol pengembalian dana, pembatalan, dan comps dan melihat status pesanan. Jika Anda mengoperasikan bar, SMR Anda akan mengizinkan Anda untuk melakukan pra-otorisasi kartu kredit untuk membuka tab.

3. Manajemen inventaris

Mengetahui dengan tepat berapa banyak produk yang Anda miliki akan membantu Anda menentukan kapan dan berapa banyak yang harus dipesan ulang dari vendor Anda. Beberapa perangkat lunak SMR menawarkan opsi manajemen inventaris, sementara yang lain mungkin memerlukan integrasi dengan perangkat lunak pihak ketiga untuk membantu Anda dalam hal ini.

4. Pelaporan dan data pelanggan

Jika SMR pilihan Anda melacak dan memfilter data penjualan dan pelanggan Anda, Anda akan memiliki akses ke banyak informasi untuk membantu Anda mengembangkan bisnis dan membuat keputusan pemasaran yang lebih baik.

5. Pemasaran, kartu hadiah, dan program hadiah

Pertimbangkan sistem yang menawarkan alat pemasaran seperti promosi dan program loyalitas atau penghargaan. SMR Anda mungkin memiliki alat pemasaran asli atau memerlukan integrasi perangkat lunak pihak ketiga untuk ini.

Jika Anda tertarik untuk menawarkan kartu hadiah untuk restoran Anda, pastikan SMR Anda dapat membantu Anda mengelolanya juga.

Sistem manajemen restoran yang baik membuat semua perbedaan dalam seberapa baik restoran Anda berjalan. Meskipun ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, ada baiknya meluangkan waktu untuk menentukan dengan tepat bagaimana sistem harus melayani bisnis Anda dan apa yang ingin Anda peroleh darinya.

Ketika Anda memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran dan daftar fitur yang tidak dapat dinegosiasikan, Anda siap untuk memulai dan menjalankan sistem manajemen restoran.

Sistem informasi restoran

Penutup

Demikian uraian kami tentang “4 Sistem Informasi Restoran Pengelola Wajib Tahu”.

Situs Deddy Nurfaqih ini memberikan Panduan Sukses Usaha Rumah Makan dan Bisnis Restoran dari perencanaan restoran, operasional restoran sampai dengan marketing restoran.

Originally posted 2022-02-14 11:34:46.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *