Safety dapur rumah makan dan restoran, wajib terkontrol

 

Foto 1, Panci Yang Meleleh Akibat Lupa Mematikan Kompor Gasnya…!

Keselamatan (Safety) di dapur usaha rumah makan dan restoran, wajib terkontrol

 

Foto 2, Ilustrasi Kepanikan Akibat Memasak Kurang Siap…!?

Bahaya yang diwaspadai dari dapur

 

Bahaya yang timbul dari dapur, harus diwaspadai kondisi di dapur, dalam artikel Safety di dapur rumah makan dan restoran, wajib terkontrol, harus diutamakan.

Saran dari kami hendaknya jangan sampai melakukan 5 hal ini diruang dapur, karena akan berakibat fatal dan menimbulkan kerugian bahkan kematian.

Pemahaman dan mengetahui seluk-beluk dapur wajib mengetahui, dari sinilah kebangkrutan usaha akan terjadi, lima hal yang mesti dipahami:

 

1. Menuang tepung 

 

Menuangkan tepung disamping kompor yg sedang menyala, para ahli mengingatkan, bahwa tepung bertemu api sedang menyala akan menimbulkan meletusnya serpihan tepung. Kekuatannya seimbang daya ledak bom. Ingatlah didapur janganlah menuangkan tepung didekat api menyala. Al-kisah sepasang suami-istri sewaktu sedang memasak didapur, menuangkan tepung terigu disamping kompor gas yang sedang menyala, bermaksud menyiapkan dan membuat makanan ringan. Terjadilah ledakan yang menyebabkan suami-istri mengalami luka bakar ditubuh lebih dari 50 persen tubuhnya terbakar.

 

2. Menyemprot  obat pembasmi serangga

 

Menyemprot obat pembasmi serangga sewaktu memasak. Seorang Ahli mengingatkan obat pembasmi serangga adalah cairan menimbulkan  percikan akan mudah menyala atau terbakar, akan meledak apabila bertemu api yang sedang menyala.

Ingat sewaktu hendak menyemprotkan obat pembasmi serangga, terlebih dahulu harus memadamkan sumber api didalam rumah. Al-kisah seorang Ibu sewaktu sedang memasak sayur melihat seekor kecoa di atas meja kompor (bagian atas tungku) dengan segera mengambil obat pembasmi serangga dan langsung menyemprotkannya ke arah kecoa, tiba tiba kompor gas meledak. Sekujur tubuh Ibu tersebut dari kepala – kaki mengalami luka bakar yang sangat parah. Usaha pertolongan yang dilakukan tetap saja sia-sia, ia pun meninggal.

 

3. Memanaskan telur pada microwave

 

Memanaskan telur pada microwave. Kata seorang Ahli memanaskan telur denga microwave menyebabkan telur bagian dalam terlalu panas, terjadilah pemuaian volume pada kuning telur, sewaktu kuning telur telah melampaui lingkup telur itu sendiri maks telur akan meledak.  Ingat jangan memanaskan telur dangan microwave maka terlebih dahulu harus mengupas kulit telurnya atau diuraikan dalam wadah. Al-kisah seorang Bapak memasukan telur kedalsm microwave untuk dipanaskan 2 menit kemudian telur tersebut meledak, kedua mata Bapak itu kelopak mata dan bola mata pecah dan retak ia pun kehilangan penglihatannya.

 

4. Menaruh makanan beku kedalam minyak mendidih

 

Menaruh makanan beku dari freezer atau kulkas yang belum dicairkan kedalam minyak mendidih. Seorang Ahli berkata bahwa butir es kecil bertemu dengan minyak mendidih dipanaskan dengan cepat akan berubah menjadi gas. Percikan danledakan makanan yang terbang didalam kulit  akan melukai dengan mudah dan menimbulkan kebakaran. Sebaiknya cairkan dulu makanan beku kedalam air hangat baru menaruhnya dalam minyak mendidih dikuali. Al-kisah seorang Ibu mengeluarkan ikan yang telah membeku dari dalam kulkas, bermaksud menggorengnya,  langsung menaruhnya kedalam minyak mendidih dalam kuali menyebabkan minyak panas meledak, Ibu itu mengalamai luka bakar disekujur tubuhnya akibat luka kena minyak mndidih.

 

5. Meninggalkan kompor gas

 

Meninggalkan kompor gas dalam kondisi menyala. Dari para Ahli: sewaktu masak dengan kompor gas menyala, zat cair tersebut luber dalam kuali bisa memadamkan sumber api lalu menyebabkan kebocoran gas yg terus menerus, kemudian dapat menyebabkan keracunan gas atau meledak. Waspada, sewaktu memasak jangan meninggalkan tempat memasak. Jika terpaksa ingin meninggalkannya terlebih dahulu mematikan kompor gasnya. Dapur adalah tempat kita sering bersentuhan setiap hari dan bahaya mengancamnya, hampir 95 persen orang tidak mengetahui seluk beluk bahaya didapur. Hal kecil dan jangan disepelekan akan timbul luar biasa bahayanya, sedikit saja kita cuekin, maka mengakibatkan tragedi kebakaran yang luar biasa dahsyatnya.

Al-kisah seorang Ibu sewaktu masak di rumahnya lalu menelpon lupa mematikan kompor gasnya akibatnya sekeluarga tiga orang mati karena keracunan gas.

 

Artikel penting lain:

Wajib Makanan ini disaat cuaca dingin, coba deh

Inilah makanan, minuman yang menstabilkan suhu tubuh disaat Pandemi Covid-19, perlu coba

Cara Memasak Ikan Gabus Yang Enak dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

 


Kata bijak: Kekuatan saya biasa saja. Hanya cara mengaplikasikannya yang membawa kesuksesan bagi saya. (Isaac Newton)

 

Penutup

 

Dengan mengetahui poin pemahaman keselamatan (safety) dapur rumah makan dan restoran untuk menghindari accident atau kecelakaan pada dapur agar wajib terkontrol.

Demikian uraian kami tentang “safety dapur rumah makan dan restoran, wajib terkontrol, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

 

 

Artikel Yang Berhubungan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!