14 Manipulasi Psikologi Desain Daftar Menu Restoran Untuk Meningkatkan Penjualan

Psikologi desain daftar menu restoran dapat memanipulasi konsumen untuk membeli item lebih banyak dan akhirnya meningkatkan penjualan dan margin keuntungan restoran Anda. Kami berbagi manipulasi psikologi desain daftar menu restoran.

Psikologi Desain Daftar Menu Restoran

Mengapa Memerlukan Trik Psikologi Desain Menu Restoran?

Anda harus sadar hubungan antara harga menu dan biaya persediaan mereka. Karena hal itulah mengapa desain daftar menu restoran menjadi sangat penting untuk restoran Anda. Desain daftar menu dapat meningkatkan popularitas beberapa hidangan dan sebaliknya dapat juga menurunkan popularitas yang lain.

Pemilik restoran dapat melakukan ini dengan mengkategorikannya menjadi beberapa kelompok seperti kategori bintang dan puzzles dll melalui menu engineering.

Anda tidak dapat hanya membakukan daftar menu baru setiap musim, tetapi penting untuk mengetahui secara tepat bagaimana para ahli mendesain ulang menu. Anda harus menganalisa bagaimana perubahan ini bekerja dengan para tamu.

Konsultan restoran dari Amerika baru-baru ini menerbitkan infografis tentang teknik desain menu restoran ini. Kajian tersbut membuktikan bahwa menu itu lebih dari selembar kertas.

Penggunaan gambar, tanda mata uang, dan kata sifat memikat Anda benar-benar membuat perbedaan bagi penjualan Anda.

Baca Juga:

9 Inspirasi Nama Rumah Makan Yang Tidak Terduga
7 Kunci Sukses Memulai Usaha Rumah Makan (Anti Gagal)
7 Izin Usaha Restoran Yang Wajib Anda Kantongi [Uraian Terlengkap]

Setidaknya ada 14 Trik dan Manipulasi Psikologi Desain Daftar Menu Restoran yang dapat meningkatkan penjualan:

  1. Gunakan Pengaruh Warna;
  2. Tempatkan Pada Segitiga Emas;
  3. Gunakan Menu Makanan Umpan;
  4. Gunakan Skema Bawah Sadar;
  5. Sembunyikan Lambang Rupiah;
  6. Biaya yang Terkendali;
  7. Mainkan Kata-Kata Untuk Menimbulkan Imajinasi;
  8. Ingatkan Pada Nostalgia Masa Lalu;
  9. Buat Menu Dengan Pilihan Terbatas;
  10. Buat Daftar Menu Seperti Bercerita;
  11. Berdayakan Pelanggan;
  12. Hindari Ruang Negatif;
  13. Gunakan Material Untuk Branding; dan
  14. Buatlah Glosarium.

Mari kita bahas satu persatu untuk melihat pengaruh manipulasinya.

Manipulasi Psikologi Desain Daftar Menu Restoran

1.Gunakan Pengaruh Warna

Warna pada menu dapat sangat memengaruhi apa yang pelamggan. Hijau menyiratkan bahwa makanan itu segar, dan oranye merangsang nafsu makan. Kuning adalah rona bahagia dan digunakan untuk menarik perhatian pengunjung. Merah mendorong untuk segera melakukan tindakan dan digunakan untuk membujuk konsumen membeli makanan dengan margin keuntungan tertinggi.

Gunakan Pengaruh Warna untuk memanipulasi Psikologi Desain Daftar Menu Restoran

2.Tempatkan Pada Segitiga Emas (the Golden Triangle) Psikologi Desain Daftar Menu Restoran

Ketika kita melihat suatu menu, mata kita biasanya bergerak ke tengah terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan ke sudut kanan atas dan kemudian, akhirnya, ke kiri atas.

Ini telah dijuluki “Segitiga Emas” oleh para pendesain menu, dan ketiga area ini adalah tempat Anda akan menemukan hidangan dengan margin keuntungan tertinggi.

3.Gunakan Menu Makanan Umpan

Beberapa restoran coba menipu pengunjung mereka dengan menempatkan barang yang sedikit lebih mahal di bagian atas daftar menu. Ini membuat semua hidangan lainnya tampak lebih murah dan menawarkan nilai lebih baik untuk uang. Itu juga memberi kita kesan bahwa kita mendapatkan penawaran lebih baik dan mendorong kita untuk membelanjakan lebih banyak.

4.Gunakan Skema Bawah Sadar – Psikologi Desain Daftar Menu Restoran

Secara tidak sadar, biasanya konsumen memesan dua item paling atas di setiap bagian daftar menu. Untuk hal tersebut, Anda sebaiknya meletakan daftar menu hidangan dengan margin tertinggi terlebih dahulu.

Namun, beberapa orang cenderung malah memilih opsi paling bawah. Jadi, Anda harus menyimpan item terakhir di setiap bagian menu, biasanya merupakan hidangan  dengan margin paling besar ketiga.

Gunakan Skema Bawah Sadar

5.Sembunyikan Lambang Rupiah

Bagi konsumen, mengeluarkan uang untuk membayar makananan adalah saat paling menyakitkan saat makan di restoran. Anda dapat mengakalinya dengan tidak mencatumkan lambang mata uang rupiah atau mata uang lainnya dari daftar menu.

Hal ini bertujuan untuk untuk menghilangkan penekanan biaya barang yang dipesan.

Jadi , waspadalah terhadap penulisan harga dalam daftar menu. Taktik ini dapat mendorong konsumen untuk menghabiskan hingga 30% lebih banyak.

6.Biaya yang Terkendali – Psikologi Desain Daftar Menu Restoran

Tidak peduli seberapa menggoda setiap hidangan Anda, namun pengunjung tetap akan mempertimbangkan harganya. Namun, Anda dapat mengakali hal tersebut menjadi keuntungan. Misalnya dengan memberi harga makanan dengan sebesar 109.500. Hal ini akan membuat konsumen mendapatkan lebih banyak.

7.Mainkan Kata-Kata Untuk Menimbulkan Imajinasi

Restoran memperhatikan dengan seksama bagaimana setiap deskripsi makanan ditulis. Deskripsi dengan klaim superlative seperti “sate terbaik di dunia” yang tidak mungkin benar, hanya akan diabaikan pengunjung.

Namun, kata-kata sifat yang memikat, seperti “daging kambing muda dari peternakan khusus” atau “buah yang matang dipohon” akan memberi makan imajinasi dan membuat lidah kita tergoda untuk mencicipinya.

8.Ingatkan Pada Nostalgia Masa Lalu – Psikologi Desain Daftar Menu Restoran

Nostalgia adalah kekuatan yang sangat kuat. Deskripsi yang ditulis dengan hati-hati dapat memuat hampir semua hidangan dengan resonansi emosional yang sulit ditolak. Para pengunjung akan tergoda dengan makanan “nasi liwet warisan leluhur”,atau “kue bolu resep nenek”. Meskipun, makanan yang dipesan mungkin telah tersimpan beberapa lama dalam freezer industry.

Ingatkan Pada Nostalgia Masa Lalu

9.Buat Menu Dengan Pilihan Terbatas

Daftar menu besar mungkin tampak seperti ide yang bagus, tetapi pelanggan dipaksa untuk memilih di antara ratusan opsi. Hal ini dapat membuat konsumen kita merasa stress dan tertekan.

Anda harus cerdas dengan mendaftar hanya tujuh hidangan di setiap bagian. Secara psikologi. Daftar menu tersebut cukup untuk membuat konsumen memiliki banyak pilihan tanpa membuat kewalahan.

10.Buat Daftar Menu Seperti Bercerita – Psikologi Desain Daftar Menu Restoran

Sebagian besar item pada menu akan memiliki deskripsi panjang yang sama agar sesuai dengan tata letak halaman secara umum. Sesuatu yang tidak fit dengan pola seragam tersebut akan menonjol seperti jempol yang sakit. Hal yang berbeda dan tidak seragam tersebut akan menarik perhatian konsumen.

Maka, dengan mengetahui ini, Anda dapat menulis deskripsi yang lebih panjang untuk hidangan yang ingin terjual lebih banyak, yaitu item dengan margin keuntungan tertinggi.

11.Berdayakan Pelanggan

Perusahaan anggur tenar biasanya menulis keterangan tentang minuman anggurnya lumayan panjang bahkan seolah ingin menyaingi cerita novel. Ini adalah salah satu taktik pemasaran yang disengaja yang dirancang untuk memberdayakan para tamu untuk membuat keputusan. Semakin banyak informasi yang tercantum tentang masing-masing jenis, semakin besar kemungkinan kita memilih anggur.

12.Hindari Ruang Negatif – Psikologi Desain Daftar Menu Restoran

Secara lami, jika suatu menu dijejali banyak teks, maka secara alami mata akan ditarik ke ruang terbuka kosong. Para desainer menu menggunakan ini sebagai keuntungan mereka . Item pada daftar dengan margin keuntungan terbesar sering diaturmemiliki ruang mereka sendiri, jauh dari keramaian dan hiruk pikuk sisa deskripsi.

13.Gunakan Material Untuk Branding

Bahan material daftar menu digunakan untuk mengkomunikasikan branding merek Anda. Restoran kelas atas menggunakan kulit dan kertas tebal untuk mengisyaratkan bahwa makanan mereka memiliki kualitas yang sama (dan karenanya layak dipesan). Sedangkan restoran yang lebih murah mungkin menggunakan vinil untuk mengkomunikasikan menu yang mewakili nilai terbaik untuk uang.

14. Buatlah Glosarium

Carilah bagian glosarium pada menu. Anda lebih mungkin memesan steak yang mahal jika Anda tahu persis bagaimana itu disiapkan (dan diproduksi). Ini juga sebabnya restoran terkadang mendaftarkan anggur mewah mereka dengan nomor, sehingga pelanggan tidak merasa terintimidasi oleh nama-nama yang tidak dikenal.

Penutup Manipulasi Psikologi Desain Daftar Menu Restoran

Dengan memanfaatkan trik psikologi dalam desain daftar/menu buku, Anda dapat memanipulasi konsumen Anda untuk membeli item dengan margin lebih besar denagn kuantitas lebih banyak.

Demikian uraian kami tentang “14 Manipulasi Psikologi Desain Daftar Menu Restoran Untuk Meningkatkan Penjualan”,

di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!

Dengan Software Aplikasi MS Excel ini, Anda dapat menghitung:

  1. Biaya Modal Awal Usaha Rumah Makan;
  2. Biaya Operasional Usaha Rumah Makan;
  3. Perkiraan Revenue Usaha Rumah Makan;
  4. Indikator Kelayakan Usaha Rumah Makan spt BEP/BCR/IRR
error: Alert: Content is protected !!