Cara Menulis Proposal Usaha Restoran Yang “Menjual” Untuk Meyakinkan Calon Investor

Proposal usaha restoran digunakan untuk mendapatkan modal awal atau ekspansi usaha restoran Anda. Artikel ini memberikan langkah demi langkah membuat proposal usaha restoran yang “ menjual”.

Proposal Usaha Restoran - Cover

Tujuan Proposal Usaha Restoran

Setelah Anda mengatur restoran Anda dan keuntungan mulai datang, langkah pasti berikutnya biasanya untuk meningkatkan skala bisnis. Atau mungkin saja Anda bersemangat untuk mulai bisnis kuliner, ingin membuka restoran tetapi masih kekurangan dana.

Untuk kedua kasus diatas, maka Anda akan perlu untuk mendapatkan modal tambahan untuk mendanai restoran usaha Anda. Untuk tujuan ini, Anda perlu membuat proposal bisnis restoran yang “menjual” karena dokumen ini akan bertindak sebagai agen penjualan Anda ketika Anda sedang mencari investasi untuk restoran Anda.

Baca Juga:

11 Menu Warteg Murah Meriah Yang Mantul (Mantap Betul!)
9 Hal Anda Wajib Tahu Untuk Penentuan Lokasi Usaha Restoran
14 Manipulasi Sederhana Psikologi Desain Daftar Menu Restoran

Proposal Usaha Restoran vs Bisnis Plan Restoran

Perbedaan mendasar antara proposal usaha restoran dan bisnis plan restoran adalah untuk siapa dokumen tersebut.

Proposal usaha restoran ditujukan untuk untuk investor atau stakeholders lainnya biasanya tujuannya untuk mendapatkan suntikan dana atau mengajak bergabung ke dalam usaha restoran kita.

Sedangkan bisnis plan merupakan dokumen yang digunakan kita dan tim kita untuk menganalisa tentang kelayakan bisnis yang akan/tengah kita lakukan.

Jadi masa depan restoran Anda mungkin akan tergantung pada proposal usaha restoran itu, ssehingga sangatlah penting proposal usaha restoran Anda tersebut bersifat “menjual” untuk menyakinkan stakeholder yang kan memberi Anda modal tambahan.

Cara Menulis Efektif Proposal Usaha Restoran

Selanjutnya akan dibahas bagaimana cara menulis efektif proposal usaha restoran yang membedakan Anda dari pesaing Anda, tetapi sebelum masuk ke format itu, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ingat saat menulis proposal bisnis.

  • Detail Perusahaan: Menggambarkan perusahaan Anda dan produk dan menyebutkan bagaimana hal itu berbeda dari orang lain
  • Analisis Pasar: Sertakan analisis pasar menyeluruh yang menjelaskan semua tentang pasar Anda mencoba untuk masuk dan bagaimana Anda akan cocok dan mekar di dalamnya.
  • Rincian Tim: Jelaskan tim Anda secara detail. Sebutkan pengalaman mereka di lapangan, bagaimana mereka memiliki nilai tambah ke restoran Anda dan apa semua adalah bagian dari kesuksesan mereka sebelumnya.
  • Pemasaran dan Strategi Penjualan: Termasuk pemasaran dan strategi penjualan sehingga Anda investor akan memiliki alasan untuk percaya mengapa usaha restoran Anda akan menjadi sukses.
  • USP: Sertakan mengapa investor harus berinvestasi dalam Anda atau memilih Anda atas orang lain. Apa yang di dalamnya bagi mereka, apa semua bisa Anda memberikan dan apa yang Anda sebelumnya track record penampilan seperti semua wawasan yang signifikan.
  • Laporan arus kas: Mengembangkan laporan arus kas yang jelas menyebutkan kebutuhan saat ini dan masa depan tentang uang tunai atau investasi. Jangan terlalu detil merinci biaya demi biaya tapi pandang ke depan kebutuhan uang yang digunakan untuk situasi tak terduga.

Selain hal diatas, proposal bisnis restoran Anda harus dibangun berdasarkan pada solusi, kredibilitas, hal-hal yang sudah Anda kerjakan serta gunakanlah bahasa yang cocok untuk stakeholders.

Buatlah sejelas mungkin dalam proposal Anda bagaimana Anda usaha restoran Anda bisa menguntungkan bagi mereka. Untu semakin membuat mereka mempercayai Anda, buatlah kutipan dari investor yang ada atau mitra, termasuk studi kasus dan testimonial.

Gunakan Bahasa Sesuai Jenis Investor

Sekali lagi, pastikan bahwa proposal usaha restoran Anda menggunakan bahasa yang sesuai dengan sasaran, yaitu bahasa yang dimengerti investor. Misalnya, jika Anda mencoba untuk masuk ke dalam usaha patungan dengan restoran lain, proposal usaha Anda jangan menggunakan jargon terlalu banyak teknis. Di sisi lain, jika Anda sedang mendesain sebuah proposal untuk sebuah perusahaan besar, menggunakan istilah bisnis dan kosakata teknis akan dihargai.

Sekarang Anda tahu apa yang harus diingat untuk menulis proposal usaha restoran, langkah selanjutnya adalah benar-benar menulis itu.

Langkah-Langkah Proposal Usaha Restoran

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk menulis proposal usaha restoran yang pasti untuk membantu Anda meningkatkan pendanaan untuk restoran Anda.

1. Kumpulkan Informasi yang Relevan

Langkah Pertama Menulis Proposal Usaha Restoran - Kumpulkan Informasi yang relevan

Meskipun biasanya tergoda untuk terburu-buru langsung menulis proposal bisnis restoran Anda agar mendapatkan modal yang diinginkan, namun sebaiknya Anda tidak melewati tahap awal ini.

Kunci untuk menulis proposal yang baik adalah mengetahui untuk siapa Anda menulis. Menulis hanya dasar dalam membuat proposal ini, namun hal lebih penting ialah memahami sudut pandang pihak lain dengan memperoleh wawasan tentang mereka. Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini,

  • Untuk siapa aku menulis proposal ini?
  • Mengapa orang yang ingin berinvestasi dalam usaha saya?
  • Dapat usaha restoran saya membantu mereka memenuhi tujuan mereka?
  • Bagaimana kemitraan ini akan berlangsung?

Mengumpulkan semua data dasar ini untuk mendapatkan arah untuk proposal usaha restoran. Jika investor atau perusahaan berpikir bahwa tujuan Anda cocok dengan tujuan mereka baru mereka akan benar-benar mempertimbangkan Anda sebagai mitra bisnis?

Menjawab semua pertanyaan di atas juga akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah menulis tubuh Anda dari proposal.

2. Estimasi Biaya dan Investasi

Tahap Kedua Menulis Proposal Usaha Restoran

Langkah selanjutnya dalam membuat proposal bisnis restoran adalah membuat garis besar biaya dan investasi. Tentukan dan perkirakan semua biaya yang akan timbul. Anda sebaiknya jangan hanya menebak biaya tersebut tetapi Anda harus benar-benar mencari dan menyelidiki jenis dan besarannya.

Jika Anda sudah memiliki sebuah restoran berjalan maka setengah pekerjaan Anda selesai. Anda sudah tahu apa biaya tetap Anda dan memiliki ide yang lebih baik tentang menjalankan biaya dari sebuah restoran. Anda akan dengan demikian hanya tinggal menghitung biaya ekspansi dan biaya ekstra setelah ekspansi.

Jika Anda belum memiliki sebuah restoran, berpura-puralah Anda memilikinya sehingga Anda dapat memperkirakan biaya.

Secara harfiah Anda wajib melalui setiap langkah dalam membuka restoran untuk memahami biaya dasar yang akan timbul. Kemudian buatlah beberapa skenario restoran belum pernah terjadi sebelumnya untuk memahami berapa banyak dari dana kontingensi akan diperlukan.

Ingatlah bahwa Anda akan perlu uang ekstra untuk tahun-tahun awal sebagai start-up dan 6 bulan pertama sampai 1 tahun. Pastikan Anda benar-benar bisa beroperasi pada saat-saat masih mengalami kerugian.

Setelah keuntungan mulai bergulir ini tidak berarti bahwa investor juga akan mendapatkan keuntungan. Hal inilah yang harus dibuat sebagai kebutuhan investasi dasar yang akan dibahas, sehingga laporan arus kas yang tepat adalah penting.

Jika Anda memiliki sumber-sumber lain untuk pembiayaan kenaikan melakukan menyebutkan mereka. Apa pun biaya dan waktu yang Anda telah memperkirakan, kalikan dengan 1,5 dan menambahkannya untuk mencapai angka yang aman. Artinya, jika Anda berpikir bahwa restoran perlu Rp 10.000.000 untuk sesuatu, maka Anda harus mencatatnya ebagai Rp 10.000.000 x 1,5 yaitu Rp 15.000.000.

Hal ini karena mungkin ada banyak kejadian tak terduga dan metode ini akan membuat dana kontingensi yang akan siap di tangan. Bahkan jika uang dari dana ini dibiarkan atau hasil mulai bergulir sebelum perkiraan waktu, investor masih akan senang karena itu akan menjadi berita yang menyenangkan.

3. Tulis Semuanya

Tulis Semuanya

Langkah selanjutnya dari proposal bisnis restoran adalah untuk sekarang mengumpulkan semua informasi dan benar-benar menulis proposal. Meskipun ada banyak cara di mana proposal bisnis dapat ditulis dalam format yang sederhana mencakup minimal Pendahuluan, Ringkasan Eksekutif, Daftar Isi, Badan, Kesimpulan dan Lampiran.

Format ini dapat berubah sesuai dengan sifat atau ukuran bisnis tetapi untuk restoran. Berikut adalah bagaimana Anda pergi tentang menulis setiap bagian.

Pengenalan Restoran Anda – Format Proposal Usaha Restoran

Seperti namanya, ini adalah bagian di mana Anda memperkenalkan restoran Anda. Cobalah untuk melakukannya dengan cara yang membuat nuansa pihak lain yang terhubung dan tertarik Anda. Anda bisa menyertakan cerita asal Anda, pikiran di belakang restoran atau bagaimana merek datang untuk menjadi sekitar.

Lakukan ini dengan cara agar tujuan restoran Anda dan tujuan investor tampaknya cocok. Ini juga di mana Anda mendapatkan diri Anda beberapa poin pendapat Anda tenatang etos kerja, visi dan ide-ide untuk membuat kepercayaan klien Anda.

Cara yang baik untuk melakukan ini adalah untuk mengutip pendapat perusahaan lain yang mungkin terlibat dengan Anda atau mengutip pelanggan Anda. Anda dapat mengatakan hal-hal seperti bahwa mitra bisnis Anda berpendapat bahwa Anda adalah penyedia layanan menciptakan keuntungan bagia perusahaannya.

Ringkasan Eksekutif Usaha Restaurant Anda – Format Proposal Usaha Restoran

Di sinilah ‘mengapa Anda harus berinvestasi di restoran saya’ pertanyaan dijawab dan merupakan salah satu bagian yang paling penting dari proposal bisnis.

Fokus pada tujuan akhir di sini dan mencoba untuk memberikan pembaca pesan utama dari seluruh proposal.

Pada bagian inilah dimana pembaca memutuskan untuk hanya membaca ini atau membaca lebih lanjut proposal usaha restoran Anda. Sebutkan apa yang Anda berencana untuk melakukan, mengapa Anda harus diinvestasikan dalam, bagaimana Anda berbeda dan apa yang bisa keuntungan pihak lain dari aliansi dengan Anda.

Daftar Isi– Format Proposal Usaha Restoran

Tergantung pada panjang proposal berikutnya adalah daftar isi. Jika proposal Anda adalah benar-benar panjang dan memiliki banyak sub-bagian termasuk ini, tetapi jika itu adalah pada media untuk akhir pendek, Anda dapat mengabaikan langkah ini. Proposal usaha restoran idealnya tidak terlalu panjang atau menguras sehingga menambah langkah ini hanya jika Anda benar-benar perlu.

Isi Proposal Usaha Restoran– Format Proposal Usaha Restoran

Ini adalah bagian penting kedua yang paling proposal Anda setelah ringkasan eksekutif. Di satu sisi, ini adalah di mana semua poin dan jawaban yang Anda berikan dalam ringkasan dijelaskan secara rinci.

Sertakan apa yang Anda berencana untuk melakukan, bagaimana Anda berencana untuk melakukannya, apa biaya rinci rencana Anda. Selain itu jawab juga mengapa investor harus mempertimbangkan Anda, bagaimana Anda berencana untuk mendapatkan manfaat dia, bagaimana dipersiapkan adalah Anda untuk pergi melalui dengan rencana Anda, semua ini datang ke sini.

Juga, termasuk apa yang tidak dapat dicapai oleh restoran Anda dalam ekspansi ini atau usaha. Hal ini sangat mudah bagi investor atau calon mitra untuk mengharapkan sedikit terlalu banyak dari pihak lain.

Kesimpulan– Format Proposal Usaha Restoran

Setelah Anda selesai dengan tubuh proposal, Anda menggunakan bagian ini untuk menekankan mengapa mereka harus berinvestasi ke usaha Anda. Buatlah kesimpulan yang yang mendorong pembaca untuk mengambil pemberitahuan lebih lanjut dari Anda dan berpikir tentang Anda. Menyebutkan informasi kontak dan link ke media sosial dan situs adalah trik yang baik untuk digunakan di sini.

Lampiran– Format Proposal Usaha Restoran

Lampiran, seperti daftar isi, adalah bagian opsional. Hal ini ada untuk memasukkan potongan-potongan yang tidak bisa ditampung di tempat lain di proposal bisnis restoran.

Meskipun Anda tidak menyertakan bagian ini tetapi tidak ada kerugian jika memang tidak ada yang harus dilampirkan.

Penutup Proposal Usaha Restoran

Saat menulis proposal usaha restoran adalah saat yang membosankan namun tidak terlalu sulit untuk Anda menguasainya. Ikuti langkah-langkah diatas maka anda dapat membuat proposal usaha restoran yang menjual untuk mendapatkan dana dari investor dan memberi Anda keunggulan atas pesaing Anda.

Demikian uraian kami tentang “Menulis Proposal Usaha Restoran “Menjual” Untuk Meyakinkan Investor” di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!

Dengan Software Aplikasi MS Excel ini, Anda dapat menghitung:

  1. Biaya Modal Awal Usaha Rumah Makan;
  2. Biaya Operasional Usaha Rumah Makan;
  3. Perkiraan Revenue Usaha Rumah Makan;
  4. Indikator Kelayakan Usaha Rumah Makan spt BEP/BCR/IRR
error: Alert: Content is protected !!