6 Faktor Penyebab Masakan Tidak Enak (Anda Wajib Tahu!)

Banyak penyebab mengapa rasa makanan yang kita buat tidak sedap atau kurang lezat. Dalam artikel ini kita akan membahas 6 faktor diantaranya penyebab masakan tidak enak.

penyebab masakan tidak enak

Citarasa Adalah Faktor Penting Kemajuan Usaha Rumah Makan

Juru masak pada usaha rumah makan Anda mengharapkan agar cita rasa masakan yang diolahnya dapat cepat habis oleh pelanggan yang makan maupun pelanggan baru, begitupun menu atau bisa dikatakan dengan produk usaha yang lain olahannya dapat cepat habis, padahal cita rasa tersebut ada dan banyak pada rumah makan atau restoran lain, hal inilah bisa dikatakan produk usaha atau makanan siap saji (salah satu barang atau jasa yang dihasilkan oleh pelaku usaha untuk diperjual – belikan).

Salah satu jenis produk usaha yang dihasilkan pada rumah makan adalah menu yang bercita rasa lezat. Hal tersebut berupa masakan, seperti produk makanan merupakan salah satu produk usaha yang sering sekali dijumpai dan dijual di pasaran, namun yang berbeda adalah cita rasa.

Perkembangan saat ini, penjualan produk makanan atau masakan semakin banyak jenis. Ha ini terjadi karena telah melalui tahapan inovasi nan kreatif atau berbagai variasi makanan. Hal ini dimulai dari cita rasa aslinya yang di cetuskan dari para pelanggan ataupun pemilik usaha rumah makan. Cita rasa ini juga terbentuk dari keinginan masyarakat atau manusia itu sendiri pada umumnya.

Makanan itu sendiri merupakan suatu kebutuhan bagi pelanggan. Dari hal ini dibuatlah cita rasa yang dikangeni oleh pelanggan. Pengusaha membuat bermacam varian demi untuk membangkitkan nafsu makan para pelanggan. Kalimat tersebut menjadikan dasar para pelaku usaha rumah makan atau restoran berlomba-lomba menarik hati pelanggan. Salah satu usahanya adalah dengan menawarkan menu baru yang inovatif nan kreatif.

Baca juga artikel: 6 Penyebab rumah makan sepi pelanggan

Faktor Penyebab Masakan Tidak Enak

Hal tersebut menjadikan produk masakan dengan cita rasa yang biasa-biasa saja kurang menarik pelanggan, dimana persaingan produk makanan semakin banyak persaingannya menjadi semakin tipis peluang para pelanggan atau pelanggan baru makan dirumah makan Anda dan ketat. sedangkan produk makanan baik itu dalam negeri maupun luar negeri semakin banyak membanjiri diberbagai sektor pasar dengan dekorasi yang artistik.

Ketatnya persaingan membuat semakin banyak produk usaha makanan gulung tikar, disebabkan produk yang dijual tidak diminati oleh pelanggan, gulung tikar alias bangkrut yang tidak kita cita-citakan atau inginkan. Menyikapinya dengan menghindari 6 faktor cita rasa masakan dikangeniĀ  oleh pelanggan, antara lain.

1.Rasa masakan kurang inovasi

Rasa masakan kurang inovasi, rasa adalah sebagai daya tarik tersendiri bagi lidah pelanggan yang selalu memesan menu itu lagi….itu lagi… hingga bosen….hehehe. hal ini diperlukan inovasi olahan masakan yang tidak berani bumbu alias sangat tidak teliti dan kurang hati-hati dengan memberikan bumbu sehingga rasa mantul yang diidamkan lenyaplah sudah.

2.Tidak pas di lidah pelanggan

Tidak pas di lidah pelanggan, rasa tidak pas dilidah pelanggan seperti asing, contoh seperti kelebihan garam atau kelebihan manis aneh dirasakan oleh lidah pelanggan.

3. Harga kurang sesuai dengan kualitas

Harga kurang sesuai dengan kualitas,di warung-warung atau rumah makan atau toko makanan yang harganya kurang sesuai dengan cita rasa dan kualitas, hal ini tidak sesuai dengan mutu dan kualitas yang menjadikan menu masakan atau produk makanan kurang diminati atau dibeli oleh pelanggan juga kurang menarik.

Baca : menghitung modal usaha rumah makan

4. Harga tidak sesuai dengan dompet para pelanggan (Penyebab Masakan Tidak Enak )

Harga tidak sesuai dengan dompet para pelanggan. Dengan melihat kondisi masyarakat karena pangsa pasar wilayah sekitar suatu menu makanan/produk makanan di rumah makan atau restouran atau toko makanan tidak laku dijual, misalnya hamburger asli Amerika harga perbungkusnya Rp. 45.000,- bila dijual di daerah sekitar pinggiran dengan mayoritas masyarakat berpenghasilan rendah, meskipun kualitas menu/produk berbanding lurus dengan harga, jika dijual tidak sesuai dengan kantong pelanggan akan sepi pembeli.

5.Tampilan menu/produk makanan kurang baik (Penyebab Masakan Tidak Enak )

Tampilan menu/produk makanan kurang baik,tampilan yang berseni, unik dan menarik dapat menyebabkan mempengaruhi pelanggan untuk memilih dan membelinya. Untuk itu diperlukan kepedulian akan tampilan menu/produk makanan yang disajikan agar para pelanggan tertarik.

6.Promosi (Penyebab Masakan Tidak Enak )

Promosi kurang gencar. Perkenalkan menu/produk makanan Anda ke para pelanggan agar mengetahuinya. Kalaulah tidak dikenalkan atau promosikan perlunya memikirkan agar gencar mengenalkan berkali-kali kepada para pelanggan. Dengn hal ini diharapkan bila dicoba dia akan bertandang lagi untuk membelinya berati cocok apalagi banyak pelanggan itu yang diharapkan oleh kita.

Penutup

Enam (6) faktor penyebab masakan tidak enak atau produk usaha tidak yang beli, itu hanya sebagian faktor dasar yang diberikan kepada Anda, kemungkinan bisa bertambah jumlahnya. Paling tidak dapat memberikan sebagai inspirasi bagi Anda pemilik Usaha Rumah Makan yang akan sukses.

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *