9 Hal Anda Wajib Tahu Untuk Penentuan Lokasi Usaha Restoran

Banyak orang berkata bahwa lokasi, lokasi, dan lokasi adalah kunci kesuksesan suatu usaha, berikut kami uraikan 9 hal yang harus dipertimbangkan untuk penentuan lokasi usaha restoran.

Target Audience sebagai parameter terpenting dalam Penentuan Lokasi Usaha Restoran

Apakah Anda pikir telah menemukan lokasi yang sempurna untuk usaha restoran Anda?. Ini hanya karena Anda telah menemukan lokasi dengan tempat parkir di dekatnya?. Atau mungkin ada restoran lain dengan menu serupa sudah didirikan di lingkungan tersebut?

Ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika Anda ingin mulai usaha rumah makan ini. Prinsip-prinsip dasar dapat membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dibutuhkan untuk penentuan lokasi usaha restoran.

Jika restoran Anda sudah dbangun dan berjalan, Anda masih dapat melakukan analisis lokasi untuk melihat apakah Anda harus mempertimbangkan relokasi.

Baca Juga:

6 Komponen Wajib Dalam Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran
12 Hal Terburuk & Paling Umum Kesalahan Marketing Untuk Restoran
9 Strategi Pemasaran Restoran Baru dan lama Yang Terbukti Efektif

Apa Analisis Penentuan Lokasi Usaha Restoran?

Analisis Lokasi merupakanteknik untuk menemukan lokasi terbaik untuk restoran baru Anda. Anda perlu menganalisis potensi suatu lokasi dan akses mereka kepada pelanggan, ukuran parkir kendaraan pelanggan. Selain itu, perlu diperhatikan lokasi tersebut dalam kaitannya dengan peralatan Anda dan pemasok makanan, dan faktor-faktor penting lainnya.

Mengapa Penentuan Lokasi Usaha Restoran Jadi Penting?

Memilih lokasi yang baik untuk bisnis Anda mungkin menjadi hal yang paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk berhasil dalam suatu bisnis lokal. Bisnis lokal adalah bisnis yang target marketnya hanya penduduk disekitar dimana usaha tersebut berada.

Contoh bisnis lokal adalah klinik, laundry, café dan tentu saja rumah makan atau restoran.

Memiliki menu yang baik dan staf profesional adalah komponen penting untuk kesuksesan restoran Anda. Namun, memiliki lokasi yang baik dapat memberikan dorongan lain dan boosting menuju kesuksesan restoan Anda.

Jika Anda memilih lokasi di sisi jalan yang sepi atau dibelakang suatu tempat mungkin akan menghemat biaya sewa. Namun hal ini tidak akan memungkinkan banyak visibilitas bisnis Anda.

Jika Anda mendirikan usaha di dekat daerah dengan lalu lintas kendaraan dan lalu lintas pejalan kaki yang ramai mungkin akan lebih mahal. Namun, hal ini menempatkan nama Anda ke lebih banyak orang dan menawarkan Anda kesempatan pada pemasaran yang lebih murah.

Apa Target Demografis?

Target demografis, atau target pasar, adalah spesifik pengelompokan konsumen yang menajdi pasar produk Anda. Demografi didefinisikan oleh karakteristik tertentu, seperti usia, jenis kelamin, atau tingkat pendapatan.

Sebuah kombinasi dari semua faktor ini menciptakan gambar demografi terbaik untuk membantu penentuan lokasi usaha restoran tertentu akan mempengaruhi bisnis Anda.

Faktor-faktor yang Pertimbangkan Ketika Penentuan Lokasi Usaha Restoran

1. Demografi Untuk Penentuan Lokasi Usaha Restoran

Begitu Anda telah menentukan siapa target pasar Anda, Anda harus melakukan riset untuk mencari tahu di mana orang-orang yang sesuai target pasar Anda hidup, bekerja, dan berbelanja. Anda dapat menggunakan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) atau Kementerian UMKM yang dapat Anda gunakan untuk membantu penelitian Anda ini.

Secara digital Anda dapat menggunakan data dari goggle trend untuk melihat volume pencarian kata kunci usaha Anda di lokasi tertentu. Anda juga dapat melihat dari google map untuk melihat competitor Anda.

faktor tingkat kriminalitas sebagai pertimbangan

2. Biaya Tenaga Kerja Dan Upah Minimum

Upah minimum dapat bervariasi dari provinsi, kota dan kabupaten dan bahkan kecamatan. Anda harus memeriksa peraturan tenaga kerja dan cek UMR (Upah Minimum Regional), yang biasanya terdiri dari UMP(Upah Minimum Provinsi) dan UMK (Upah Minimum Kota/Kabupaten).

Hal diatas perlu Anda lakukan sebelum memilih lokasi untuk memastikan bahwa keuntungan restoran Anda terpotong oleh upah/gaji karyawan yang berlebihan.

Selain itu, factor diatas menyebabkan ketersediaan jumlah karyawan dan ketersediaan calon karyawan akan berubah berdasarkan geografi dan demografi.

3.Aksesibilitas Untuk Penentuan Lokasi Usaha Restoran

Salah satu yang paling faktor penting adalah bagaimana lokasi potensial Anda diakses. Sebagai penentuan lokasi restoran, pertimbangkan jumlah atau aksesibilitas parkir di dekatnya, kemudahan akses dengan mobil. Selain itu, perhatikan juga lalu lintas pejalan kaki, dan sekitarnya pola lalu lintas untuk membuatnya semudah mungkin bagi pelanggan untuk mengunjungi pendirian Anda.

Jika Anda sudah memiliki akses yang baik  dan parker yang luas, ketahui juga kegaitan disekitar. Jadi Anda perlu mengetahui setiap perbaikan jalan, konstruksi, atau perubahan lain yang dapat mempengaruhi akses dan parkir.

4.Kedekatan dengan Pemasok

Biaya pengiriman kadang-kadang bisa lebih dari biaya persediaan itu sendiri. Jadi mengetahui terlebih dahulu di mana Anda, sumber bahan makanan dan pasokan untuk meminimalkan biaya ini. Hal ini menghindari sakit kepala karena tingginya biaya yang mungkin terjadi saat menerima pengiriman.

5.Tingkat Kompetisi Untuk Penentuan Lokasi Usaha Restoran

Menjadi terlalu dekat dengan kompetitor mapan bisa menjadi pedang bermata dua. Menjadi dekat dengan pesaing Anda mungkin dapat membantu pemasaran bisnis. Tetapi jika Anda terlalu dekat dengan pesaing Anda, mungkin Anda sulit untuk memiliki waktu agar dikenal masyarakat.

Setelah membuka bisnis , Anda wajib terus mengawasi daerah untuk melihat apa yang dilakukan pesaing Anda shingga Anda dapat memanfaatkannya. Ketahuilah jika ada restoran baru dengan demografi target yang sama bergerak ke daerah Anda.

Secara digital Anda dapat menggunakan data dari goggle trend untuk melihat volume pencarian kata kunci usaha Anda di lokasi tertentu. Anda juga dapat melihat dari google map untuk melihat competitor Anda.

Persaingan antar dua chef

6.Visibilitas

Meskipun Anda ingin berhati-hati untuk tidak menempatkan diri Anda pada lalu lintas terlalu berat dekat restoran Anda.  Hal ini akan membuat Anda kehilangan pelanggan dan calon konsumen. Anda juga ingin memastikan bahwa restoran terlihat ketika sedang menyetir dan lalu lintas pejalan kaki.

Apakah calon lokasi di dekat sebuah jalan yang sibuk atau jalan pusat kota? Untuk restoran yang ada, apakah ada cara untuk meningkatkan visibilitas Anda untuk melewati konsumen dengan mengubah lansekap atau timbul?

7.Peluang Perkembangan di Masa Depan Untuk Penentuan Lokasi Usaha Restoran

Anda wajib mempersiapkan apabila pertumbuhan datang lebih banyak pelanggan, lebih banyak karyawan, lebih banyak peralatan, dan lebih banyak makanan ke toko.

Pertimbangkan apakah lokasi Anda akan mampu menyediakan tempat duduk yang memadai, parkir, penyimpanan, dan persiapan jika (dan kapan) bisnis Anda tumbuh.

8.Peraturan Kesehatan dan Zonasi Wilayah

Daerah adminsitrasi yang berbeda, dan bahkan daerah yang berbeda dalam kota kadang memiliki peraturan kesehatan, zonasi wilayah, dan bisnis yang sangat berbeda.

Jadi mengetahui zonasi calon lokasi Anda dan peraturan lainnya sebelum mendirikan restoran adalah cara yang baik untuk mengetahui apa yang diharapkan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

9.Tingkat Kejahatan Untuk Penentuan Lokasi Usaha Restoran

Biaya asuransi ekstra, pencahayaan eksterior, dan hilangnya pelanggan adalah beberapa masalah yang bisa ditimbul akibat tingkat kejahatan yang tinggi. Hal ini bisa menjadi bencana untuk anggaran Anda. Jadi penting untuk mengenali dan mengatasi masalah tingkat keamanan dan kejahatan sejak dini.

Penelitian tingkat kejahatan di setiap daerah potensial untuk mencari tahu apa yang ditambahkan tanggung jawab. Mungkin akan diperlukan langkah-langkah keamanan mungkin diperlukan sebelum pembelian atau penyewaan lokasi restoran baru Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan terkejut dengan biaya tambahan akibat ini.

faktor tingkat kriminalitas sebagai pertimbangan

Bantuan Profesional Untuk Analisis Lokasi 

Ada banyak perusahaan yang mengkhususkan diri dalam riset pasar dan analisis lokasi yang mungkin dapat membantu Anda menemukan lokasi yang cocok. Begitu Anda telah menentukan lokasi target, itu adalah ide yang baik untuk berkonsultasi dengan profesional real estate lokal untuk bantuan dalam menemukan tempat yang tepat. Selain itu, setelah Anda menemukan lokasi yang ideal yang Anda ingin menyewa, menghubungi seorang pengacara untuk membantu dengan negosiasi komersial.

Penutup Penentuan Lokasi Usaha Restoran

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan analisis penentuan lokasi restoran yang baik, seperti aksesibilitas, zonasi, tingkat kejahatan, dan demografi lokal. Melakukan analisis lokasi dapat membantu Anda menemukan tempat terbaik untuk bisnis Anda, memastikan bahwa bisnis baru Anda dimulai di kaki kanan.

Demikian artikel tentang “9 Hal Anda Wajib Tahu Untuk Penentuan Lokasi Usaha Restoran”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!