3 Jenis Terpenting Pencahayaan Café dan Restoran

Salah satu yang paling fitur penting dalam desain tata ruang dan layout restoran dan café adalah pencahayaan. Pencahayaan café dan restoran Anda dapat menambah suasana ruang makan Anda atau merusak pengalaman untuk pelanggan Anda.

Pencahayaan Café dan Restoran

Tapi mengapa pencahayaan café dan restoran begitu penting? Bagaimana Anda tahu apa jenis pencahayaan yang tepat untuk tempat bisnis Anda? Dan apa teknologi terbaru yang dapat membantu membuat pencahayaan café dan restoran Anda mudah?

Baca Juga:

Ini Dia, Pengaruh Warna Cat Untuk Rumah Makan Terhadap Konsumen!
4 Tips Bagaimana Tata Ruang Atau Layout Restoran Yang Baik
5 Hal Terpenting Cara Membuat Konsep Rumah Makan (Jangan Mulai Sebelum Tahu Ini!!)

Bacalah artikel ini seluruhnya untuk medapatkan info segala sesuatu tentang pencahayaan:

Jenis-jenis Pencahayaan Café dan Restoran

Deilihat dari tujuan dan fungsinya setidaknya ada tiga jenis utama dari pencahayaan untuk café dan restoran. Ketiganya adalah pencahayaan ambient, tugas, dan aksen.

Setiap jenis pencahayaan ini memiliki tujuan yang berbeda dan dapat dicapai melalui potongan pencahayaan yang berbeda.

Di bawah ini, kami menjelaskan masing-masing jenis dan menjelaskan fungsinya.

  • Pencahayaan Ambient adalah sumber utama cahaya di ruangan, dan itu bisa menjadi cahaya alami atau disediakan oleh perlengkapan listrik di atas kepala. Hal ini memungkinkan orang untuk melihat dan bergerak dengan mudah dan nyaman.
  • Pencahayaan Tugas memungkinkan pelanggan Anda dan anggota staf untuk melakukan fungsi yang mungkin memerlukan sumber cahaya lebih terang, seperti membaca menu atau memasak. Hal ini dapat mengambil bentuk lampu di atas kepala. Dapat juga menggunakan lampur komersial yang terang di dapur Anda, atau lampu meja kecil di berdiri dekata pnerima tamu.
  • Accent Pencahayaan menambahkan suasana dramatisir ke ruang Anda. Hal ini digunakan untuk membangun focal point di sekitar Anda front area-of-house. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan cahaya untuk menyoroti potongan karya seni atau menu papan, atau Anda dapat menggunakan lampu warna-warni di belakang bar atau air fixture.

Kadang-kadang sebuah lampu atau sebuh sistem lampu dapat menjadi lebih dari satu kategori pencahayaan. Misalnya, memiliki lentera di teras di luar ruangan bisa dianggap accent lighting siang hari tapi pencahayaan ambient di malam hari, ketika ada sinar matahari kurang alami.

lampu pendant Pencahayaan Café dan Restoran

Bagaimana Efek Pencahayaan Cafe dan Restoran Pada Suasana Hati

Tingkat pencahayaan yang berbeda dapat digunakan untuk mengatur suasana café atau restoran. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh Anda untuk membawa pelanggan Anda ditarik ke suasana yang Anda bangun atau suaana yang ingin Anda hilangkan. Semua efek ini bisa terjadi oleh pilihan pencahayaan Anda.

Pencahayaan Redup – Pencahayaan Cafe dan Restoran

Pencahayaan redup bisa membuat suasana santai dan romantis, dan mendorong pelanggan untuk tinggal lebih lama. Bayangkan suatu malam, lilin-llin di sebuah restoran formal menyala dengan redup. Pengaturan ini biasanya memiliki perlengkapan diatas kepala (overhead) yang dengan dimmer dan banyak pencahayaan accent.

Pencahayaan redup menciptakan lebih banyak keintiman, sebagai bagian dari cahaya yang lebih terang, seperti pada bagian makan meja atau bar atau bagian minuman. Hal ini memungkinkan pelanggan merasa seperti mereka lebih terisolasi dari tamu lain di ruangan itu.

Satu hal yang penting dalam penggunaan pencahayaan redup ini adalah untuk memasukkan pencahayaan ambient yang cukup untuk melakukan tugas-tugas dasar mudah dengan aman.

Pencahayaan Terang

Pencahayaan terang menyediakan stimulasi lebih dari pencahayaan rendah. Ini berarti bahwa pelanggan Anda akan terjaga dan waspada. Pencahayaan yang terang ini cocok untuk perusahaan energi tinggi seperti toko jus, kafe, atau restoran ramah keluarga. Pencahayaan terang ini dapat dicapai dengan jendela besar yang membiarkan cahaya alami atau cahaya perlengkapan overhead yang cerah.

pencahayaan dari Lilin

Pencahayaan Restoran  Pada Waktu Berbeda Setiap Hari

Ketika memutuskan bagaimana teknik pencahayaan yang Anda pilih, ingatlah apa jenis suasana yang ingin pencahayaan café dan restoran buat sepanjang hari.

Jika Anda menjalankan café atau restoran yang sebagian besar penjualan Anda pada pagi hari, maka Anda sebaiknya tidak menggunakan jenis pencahayaan yang sama dengan pencahayaan pada makan restoran romantis.

Dan jika Anda menjalankan bisnis yang terbuka untuk beberapa makanan, maka pencahayaan harus mengakomodir pencahayaan untuk makan siang, makan siang, makan malam, atau layanan makanan lainnya.

  • Sarapan – pencahayaan terang harus digunakan untuk layanan makan pagi atau sarapan. Di pagi hari, pelanggan membutuhkan cahaya terang untuk bangun dan membaca surat kabar, saat mereka menikmati kopi mereka. Pencahayaan alami adalah sumber ideal untuk tujuan ini.
  • Makan Siang– layanan makan siang harus memiliki pencahayaan yang moderat. Tingkat pencahayaan yang lebih tinggi yang sangat baik untuk restoran cepat saji dan toko-toko, di mana orang-orang tidak akan duduk untuk makan, tapi mereka meraih sesuatu dengan cepat sebagai gantinya. Pencahayaan ini bahkan bisa membantu menciptakan tingkat turnover lebih cepat dan mengalir pelanggan masuk dan keluar lebih cepat, sehingga ingatlah ini jika Anda ingin layanan Anda untuk bergerak lebih cepat.
  • Makan Malam– untuk yang melakukan sebagian besar penjualan malam hari biasanya mencoba untuk memiliki suasana yang lebih santai, terlepas dari apakah itu adalah sebuah restoran kasual atau kelas atas. Makan malam adalah waktu yang paling populer untuk pergi keluar untuk makan, karena pelanggan dapat duduk kembali dan bersantai setelah hari mereka. Ketika Anda memberikan mereka dengan suasana yang santai, tamu Anda dapat berlama-lama dan menghabiskan lebih banyak pada makanan, minuman, dan dessert, memberikan Anda keuntungan yang lebih tinggi.

Jenis Pencahayaan Restoran Café dan Restoran

Ada beberapa jenis pencahayaan café dan resroran yang dapat Anda pilih dimulai saat membuat konsep rumah makan – restoran – café. Anda mungkin perlu untuk membuat beberapa sistem pencahayaan dari waktu ke waktu sesuai dengan tujuan Anda.

1.     Pencahayaan Buatan

Pencahayaan lampu listrik adalah jenis pencahayaan yang paling mudah untuk kontrol. Mereka digunakan dalam setiap pembangunan sebuah ruangan, dan mereka dapat termasuk overhead lampu neon, pencahayaan tersembunyi, pencahayaan meja, lilin, dan setiap pencahayaan lain yang Anda dapat mengontrol dan beradaptasi untuk bisnis Anda.

2.     Pencahayaan Alami – Pencahayaan Cafe dan Restoran

Pencahayaan alami tidak hanya dapat untuk menerangi bangunan Anda tapi juga gratis! Gunakan ini untuk keuntungan Anda dengan mengambil kelebihan manfaat dari jendela tinggi, pintu dengan panel kaca besar, dan skylight, jika Anda bangunannya bisa.

Menempatkan area duduk dan meja di sekitar perimeter restoran Anda dengan jendela, tapi berhati-hati tidak ke tempat pelanggan langsung di samping pintu, karena mereka mungkin tidak nyaman dengan angin dingin atau lalu lintas kaki yang berat.

Untuk penggunaan cahaya alami terbaik, Anda perlu memahami pola-pola cahaya alami yang Anda pengalaman restoran sepanjang hari karena pergerakan matahari.

Pelanggan yang duduk menghadap ke arah timur atau barat akan terpengaruh paling oleh sinar matahari langsung, jadi pastikan untuk menginstal tirai atau tirai pada jendela Anda untuk membantu menjaga matahari dari mata mereka. Anda juga harus mempertimbangkan musim dan cuaca, yang merupakan faktor lain yang akan mempengaruhi cahaya alami bersinar ke restoran Anda.

Lampu gantung Pencahayaan Café dan Restoran

3.     Pencahayaan Luar Ruang

Suasanan di luar restoran harus bertindak sebagai perpanjangan dari pengalaman bersantap didalam restoran. Outdoor ini juga dapat digunakan sebagai iklan dan daya tarik konsumen baru.

Berikan banyak perhatian untuk pencahayaan outdoor seperti yang Anda lakukan di dalam ruangan dengan menyoroti arsitektur bangunan, menerangi signage, dan cerah makan daerah ketika cahaya alami rendah.

Lampu String dan lentera ke teralis, lubang-lubang api ringan, tempat lilin di atas meja, dan membuat jalur kembali ke pintu masuk bangunan Anda menggunakan perlengkapan outdoor.

Keselamatan dan keamanan juga harus dipertimbangkan ketika merancang pencahayaan untuk teras di luar ruangan Anda. Tempat parkir, pintu masuk-keluar, trotoar, dan landai semua harus cukup terang untuk mencegah kecelakaan.

Tempat lampu sorot pada tanda-tanda luar sehingga orang dapat menemukan bisnis Anda, dan melihat bahwa usaha anda buka. Pencahayaan luar ruangan juga membantu untuk menghindari para penyusup. Banyak pilihan sistem pencahayaan luar ruangan yang memiliki sensor gerak.

Smart Lighting

Sebagai bagian dari kemajuan teknologi, ada lebih banyak perangkat untuk membantu Anda menjalankan restoran Anda, termasuk alat-alat untuk mengelola pencahayaan café dan restoran Anda.

Tergantung pada sistem yang Anda pilih, Anda dapat mengakses berbagai fitur. Beberapa fitur yang tersedia meliputi otomatis on-off, sensor siang hari, tingkat kontrol, dimming, kontrol signage, penjadwalan acara, hunian / sensor lowongan, dan timelocks.

Sistem dan fitur mereka memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan mengotomatisasi nuansa dan sumber pencahayaan buatan berdasarkan jam operasi Anda, jumlah cahaya alami, dan faktor lainnya untuk menghemat waktu dan uang pada tagihan listrik Anda.

Misalnya, lampu Anda secara bertahap dapat menjadi lebih cerah dalam setengah jam sebelum café dan restoran Anda tutup sebagai sinyal kepada pelanggan larut malam Anda untuk segera menyelesaikan minuman mereka. Anda juga dapat memiliki lampu yang mati secara otomatis ketika tidak ada orang di dalam ruangan.

Banyak dari sistem ini bahkan dapat dengan mudah dikontrol melalui panel kontrol di restoran atau smartphone Anda, desktop, atau aplikasi tablet. Dengan begitu, Anda dapat menangani semua pencahayaan Anda dari satu nyaman, dan kadang-kadang mobile, tempat.

Selain pencahayaan, teknologi yang berbeda dapat mengontrol aspek lain dari pendirian Anda, seperti musik, televisi, termostat, kipas angin, dan sistem keamanan Anda.

smart lighting

Perlengkapan Pencahayaan Restoran Populer dan Penggunaannya

Berikut adalah beberapa jenis lampu dan pencahayaan untuh café dan restoran yang popular dan sering digunakan:

Pendant Lights

  • Menggantung di langit-langit dan dapat diposisikan diatas bar, meja, countertops, dan tempat kepala pelayan
  • Memberikan tugas pencahayaan besar untuk tamu ketika membaca menu

Chandelier – Pencahayaan Cafe dan Restoran

  • Menggantung di langit-langit dan menciptakan pusat perhatian (focal point) di pintu masuk jalan atau ruang makan
  • Memberikan gaya ringan dan elegan

Kipas Langit-Langit

  • Menciptakan sirkulasi cahaya dan udara
  • Besar untuk teras luar ruangan tertutup

Lampu Dinding – Pencahayaan Cafe dan Restoran

  • Menyediakan pencahayaan aksen
  • Melekat pada dinding dan dapat digunakan untuk karya seni sayap atau cermin
  • Sering digunakan dalam toilet sebagai lampu tambahan

Pencahayaan Terarah

  • Beberapa perlengkapan yang melekat pada roda rantai dan dapat diatur untuk cahaya langsung di beberapa arah
  • Menciptakan focal point
  • Dapat ditempatkan pada langit-langit atau balok

Pencahayaan Led – Pencahayaan Cafe dan Restoran

  • lampu LED lebih hemat energi daripada pilihan lain, sehingga tagihan listrik lebih rendah.
  • Mereka directional, sehingga mereka memfokuskan cahaya di satu daerah tertentu.
  • lampu LED yang ideal untuk restoran dan bar yang tidak mencari potongan aksen atau lampu hias.

Pencahayaan Tersembunyi

  • Memiliki bukaan yang flush ke langit-langit
  • Kirim lebar pencahayaan sempit ke bawah
  • Digunakan untuk pencahayaan suasana atau pencahayaan tugas

lampu pendant Pencahayaan Café dan Restoran

Pencahayaan Utilitas – Pencahayaan Cafe dan Restoran

Pencahayaan ini bukan bertujuan desain untuk pengaruh tertentu, tetapi menyediakan pencahayaan penting untuk ruangan  yang didedikasikan untuk layanan dan fungsi khusus, seperti dapur komersial, kamar piring, dan area penyimpanan

Penutup Pencahayaan Café dan Restoran

Pencahayaan café dan restoran merupakan bagian yang sangat penting dari desain konsep restoran. Dari berbagai jenis pencahayaan dan penggunaan yang tepat. Hal ini dimulai dari cahaya alami ke teknologi terbaru dalam pencahayaan cerdas, ada banyak hal untuk dipertimbangkan.

Jadi apakah Anda sedang mencoba untuk mengatur suasana hati yang tepat di café baru Anda atau Anda perlu menyesuaikan restoran Anda antara layanan makan siang dan makan malam Anda, pencahayaan dapat membuat semua perbedaan ini.

Demikian artikel tentang “3 Jenis Terpenting Pencahayaan Café dan Restoran”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

2 komentar untuk “3 Jenis Terpenting Pencahayaan Café dan Restoran”

  1. Sangat bermanfaat sekali, kl bisa membantu secara langsung memberikan solusi & membantu jenis lampu yg akan di gunakan akan lebih baik lagi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!