7 Tips Pembukuan Rumah Makan Menuju Kesuksesan

Untuk memulai usaha rumah makan memang diperlukan bakat dalam memasak dan memiliki gairah untuk usaha pelayanan, namun memiliki keduanya tidaklah cukup. Semua keuntungan dapat diperoleh dan dipertahankan untuk melalui sistem pembukuan rumah makan yang tepat.

Dengan pemahaman yang tepat tentang pembukuan rumah makan, maka usaha Anda dapat menguntungkan.

Apa Yang Dilakukan Seorang Pengelola Pembukuan Rumah Makan?

Seorang pengelola pembukuan rumah makan mengawasi sistem akuntansi rumah makan termasuk didalamnya anggaran dan pengeluaran untuk sebuah rumah makan.

Seorang pengelola pembukuan rumah makan sering dapat memberikan nasihat dan rekomendasi untuk dapat mengurangi biaya overhead dan mengurangi biaya makanan dalam usaha rumah makan Anda.

Pengelola pembukuan rumah makan bertanggung jawab atas hal-hal berikut ini:

  • Pelacakan pengeluaran Anda dan deposit
  • Menghasilkan laporan laba-rugi
  • Menjaga catatan untuk kewajiban pajak
  • Mengawasi gaji dan faktur vendor

Baca Juga:

Cara Menghitung Biaya Operasional Restoran [5 Komponen Umum Wajib]
Analisa Forecast Penjualan Dan Cara Menghitung BEP Usaha Restoran
2 Jenis Pajak Restoran Yang Wajib Dimengerti Dan Cara Menghitungnya

Haruskah Menyewa Akuntan?

Melakukan pembukuan rumah makan dapat dengan cepat menjadi terlalu rumit untuk dihandle seorang pemilik restoran. Jika Anda tidak percaya diri dalam kemampuan Anda atau tidak memiliki waktu yang dibutuhkan untuk akurasi dan keseluruhan pembukuan, maka pertimbangkan untuk menyewa seorang akuntan atau ahli pembukuan.

Ada banyak akuntan independen dan perusahaan akuntansi yang mengkhususkan diri dalam memberikan layanan untuk restoran. Jasa layanan yang diberikan antara lain:

  • Pembukuan
  • konsultasi keuangan
  • proyeksi bisnis
  • manajemen penggajian

Tips Pembukuan Rumah Makan

Sebuah strategi bisnis, organisasi, dan kemauan untuk menjaga catatan pembukuan yang akurat merupakan faktor penting dalam menentukan apakah usaha rumah makan Anda menuju kesuksesan atau kegagalan.

Pembukuan merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam menjalankan sebuah usaha rumah makan. Namun merupakan hal yang berlebihan untuk memikirkan bagaimana Anda dapat melakukan pembukuan dan pencatatannya sendiri diawal-awal usaha.

Untuk lebih memahami pembukuan rumah makan, silahkan baca tips dan saran tentang pembukuan rumah makan ini, dan untuk berlari di jalan yang benar untuk menjadi berhasil seperti yang Anda bayangkan.

Ada beberapa alasan penting, mengapa Anda harus menjalankan pembukuan rumah makan Anda:

  • Untuk mengetahui di mana Anda menghabiskan uang Anda
  • Melacak berapa banyak Anda menghabiskan uang
  • Memahami di mana pendapatan Anda berasal
  • Mencari tahu berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk mendapatkan untuk membuat keuntungan

Berikut adalah beberapa tips pembukuan rumah makan yang menawarkan saran dasar untuk pembukuan yang akurat sehingga Anda dapat memiliki semua informasi tentang bisnis Anda yang dibutuhkan:

1. Tanyakan Rekan, Peer dan Kolega Anda

Salah satu tempat pertama untuk memulai ketika menangani pembukuan rumah makan Anda adalah bertanya pemilik usaha rumah makan lain bagaimana mereka menangani catatan akuntansi mereka sendiri.

Mengetahui bagaimana rekan atau teman profesional dalam industri pembukuan rumah makan dapat memberikan wawasan tentang bagaimana Anda harus menangani buku-buku dan catatan Anda sendiri.

Mendapatkan rekomendasi dari pemilik restoran sukses lainnya dapat membantu Anda menentukan apakah Anda siap untuk menangani isu-isu akuntansi sendiri, atau apakah Anda harus mempertimbangkan untuk menyewa pegawai datau perusahaan luar.

2. Jadilah Akurat dengan Pembukuan Anda

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda berada di merah atau hitam adalah untuk menjaga akun akurat dari semua uang yang datang dan pergi dari rumah makan Anda.

Hal ini mungkin terdengar seperti akal sehat, tapi banyak kecemasan keuangan berasal dari kurangnya dedikasi untuk pembukuan yang akurat.

Anda harus mencatat jumlah yang tepat semua uang untuk setiap biaya dan setiap pendapatan. Pembulatan ke atas atau ke bawah oleh beberapa sen atau dolar dapat menambahkan sampai selama seminggu atau sebulan dan mulai mempengaruhi nilai dasar.

3. Memahami Dan Lacak Beban Anda

Ada dua kategori yang dapat membagi pengeluaran menjadi biaya utama dan biaya tetap. Biaya utama mengacu pada mayoritas pengeluaran restoran Anda termasuk bahan makanan, minuman, kepegawaian, pajak, dan manfaat.

Anda harus tetap mengawasi pada biaya utama Anda untuk melacak masalah akuntansi reoccurring dan menemukan daerah untuk memotong biaya dan keuntungan kenaikan gaji.

Biaya tetap adalah biaya yang baik tidak berubah atau Anda tidak memiliki kontrol atas perubahan. Ini termasuk biaya sewa dan hipotek, Biaya peralatan, asuransi, izin, dan biaya operasional lainnya. Biaya-biaya tetap biasanya membentuk minoritas biaya restoran Anda.

Melakukan pembukuan akurat tentang berapa banyak Anda menghabiskan berada di biaya utama dan biaya tetap merupakan langkah penting. Hal ini berguna untuk menentukan berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk mendapatkan setiap minggu untuk menentukan BEP (break-even points) atau mendapatkan keuntungan.

4. Pelihara Pendapatan

Melacak pendapatan Anda adalah sama pentingnya restoran pembukuan sebagai mengetahui pengeluaran Anda. Memiliki catatan akuntansi di tangan untuk menunjukkan berapa banyak yang Anda peroleh dari penjualan makanan, penjualan barang dagangan, atau pekerjaan katering.

Meremehkan pendapatan mingguan Anda bisa membuatnya terlihat seperti bisnis Anda kehilangan uang ketika itu tidak. Atau, overestimating penghasilan Anda dapat menyebabkan overspending karena Anda tidak bekerja dengan anggaran yang akurat. Cara terbaik untuk menghindari masalah baik adalah untuk secara teratur mencatat jumlah yang tepat dari pendapatan.

5. Buat Laba Rugi

Sebuah laporan rugi laba menyimpan semua informasi akuntansi / pembukuan rumah makan  yang disajikan dalam satu dokumen ringkas. Anda mungkin menyesuaikan laporan rugi laba sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda.

Laporan ini merupakan alat yang efektif untuk melacak pendapatan Anda, biaya makanan, biaya tenaga kerja, dan biaya operasional. Jika metode ini yang Anda pilih untuk mengatur buku dan catatan, itu disarankan agar Anda memberikan rincian rinci dari semua biaya dan pendapatan untuk memudahkan pemahaman.

Meskipun yang terbaik untuk dirinci dan menggunakannya setiap minggu, Anda dapat menghasilkan laporan bulanan atau tahunan sesuai dengan keinginan Anda dan termasuk sebanyak atau sedikit detail seperti yang Anda anggap perlu.

6. Gunakan Restaurant Software Akuntansi atau Pembukuan

Software akuntansi atau pembukuan termasuk perangkat lunak keuangan dan titik penjualan (POS) sistem. Program ini dirancang untuk membantu Anda mengatur jumlah persediaan Anda dan transaksi cepat dan akurat.

Melakukan penelitian sebelum memilih sebuah software akuntansi untuk restoran Anda. Tergantung pada perangkat lunak, Anda dapat melakukan hal-hal lain seperti mengelola penggajian, laporan penjualan, dan metode pembayaran.

Kami menyarankan untuk menggunakan software buatan Indonesia yang terbukti sejajar atau lebih baik dari software buatan luar negeri, seperti software omega accounting dari Omegasoft.

Selain itu, biaya dari software tersebut sangat murah yaitu dari Rp 330.000 per bulan per alat untuk paket accounting.

7. Pertimbangkan Outsourcing Payroll

Jika Anda memutuskan untuk mengelola restoran Anda keuangan, masih mempertimbangkan outsourcing penggajian. Itu karena ada masalah kewajiban dan biaya penalti yang tinggi pada baris untuk kesalahan yang dilakukan di gaji.

Mempekerjakan orang yang berpengalaman atau perusahaan untuk menangani hukum yang rumit dan selalu berubah lokal, negara bagian, dan federal sekitarnya persyaratan tenaga kerja. Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak akan punya waktu untuk mengikuti perubahan tersebut.

payroll

Software Akuntansi / Pembukuan Rumah Makan / Restoran

Software akuntansi dapat membantu Anda untuk mengelola buku dan catatan sendiri. Pergi dengan perangkat lunak yang tepat bahkan dapat membantu Anda menghemat uang dalam jangka panjang.

Memanfaatkan Software Keuangan untuk Pembukuan Rumah Makan

Software keuangan dirancang untuk membuat restoran pembukuan sederhana dan lebih efisien untuk Anda sebagai pemilik bisnis.

Ketika memilih software akuntansi yang tepat untuk restoran Anda, mengambil kualitas dibawah ini:

  • Tersedia secara online melalui smartphone atau komputer
  • Mudah digunakan untuk seseorang dengan sedikit atau tidak ada pengalaman
  • Karena tingkat turnover tinggi dalam industri ini, pastikan itu mudah untuk menambah dan menghapus anggota staf dalam daftar gaji
  • Menghubungkan ke sistem kasir Anda

Program-program berikut adalah beberapa sistem perangkat lunak yang lebih populer di pasar saat ini:

  • Microsoft Dynamics GP: Memberi Anda kontrol atas keuangan, persediaan, dan informasi bisnis di alat yang menggabungkan email dan kalender dengan data, laporan, dan perangkat lunak manajemen bisnis Anda.
  • Quickbooks: Penawaran Planner Startup Keuangan Alat yang memungkinkan Anda untuk memasukkan pendapatan Anda diharapkan dan menunjukkan apa yang mungkin biaya startup Anda. Kemudian, Anda dapat men-download laporan lengkap dari informasi biaya Anda.
  • Wagepoint: Membantu Anda mengotomatisasi proses menerbitkan cek gaji dan mematuhi pemotongan dan majikan jumlah pajak yang diperlukan.
  • Sage 50: Membantu Anda mengelola tagihan, persediaan, perbankan, gaji, dan pajak serta proses pembayaran kartu kredit.

Semua software diatas adalah software buatan luar negeri yang kadang tidak cocok dengan sistem keuangan di Indonesia.

Kami menyarankan untuk menggunakan software buatan Indonesia yang terbukti sejajar atau lebih baik dari software buatan luar negeri, seperti software omega accounting dari Omegasoft.

Selain itu, biaya dari software tersebut sangat murah yaitu dari Rp 330.000 per bulan per alat untuk paket accounting.

Pilih Sistem Kasir –  Point of Sale (POS)

Sistem Kasir – Point of Sale (POS) adalah sistem komputer yang digunakan untuk perintah merekam dan transaksi pembayaran lengkap. Ketika datang untuk mengelola buku dan catatan, beberapa sistem kasir memungkinkan Anda untuk melacak jumlah persediaan, biaya tenaga kerja, dan metode pembayaran seperti laporan penjualan serta menjalankan.

Sistem Kasir – Point of Sale (POS) termasuk Quickbooks, Toast, ShopKeep, dan Square, tetapi ada banyak sistem lain yang tersedia. Toko sekitar dan menginvestasikan waktu dalam memahami mana perangkat lunak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Semua software diatas adalah software buatan luar negeri yang kadang tidak cocok dengan sistem keuangan di Indonesia.

Kami menyarankan untuk menggunakan software buatan Indonesia yang terbukti sejajar atau lebih baik dari software buatan luar negeri, seperti software omega Pos dari Omegasoft.

Selain itu, biaya dari software tersebut sangat murah yaitu dari Rp 125.000 per bulan per alat untuk paket omega pos basic.

POS awal mula sistem Pembukuan Rumah Makan

Penutup Pembukuan Rumah Makan Menuju Kesuksesan

Agar restoran untuk menjadi menguntungkan, dibutuhkan lebih dari sebuah konsep yang solid dan koki berbakat. Tinggal di atas Anda menghabiskan biaya, persediaan, dan pendapatan adalah kunci untuk menghasilkan keuntungan.

Dengan tips Pembukuan Rumah Makan Menuju Kesuksesan ini, Anda dapat mulai mengatur catatan akuntansi dan memiliki pemahaman yang lebih baik dari gambaran keuangan Anda. Pada akhirnya, organisasi dan akurasi adalah kunci untuk restoran yang efektif pembukuan.

Demikian artikel tentang “7 Tips Pembukuan Rumah Makan Menuju Kesuksesan”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!