menu warteg murah meriah merupakan salah satu faktor pelanggan datang lagi

11 Menu Warteg Murah Meriah Yang Mantul (Mantap Betul!)

Tulisan ini akan memberikan anda informasi lengkap tentang resep 11 jenis masakan yang wajib ada pada menu warteg murah meriah berserta cara membuatnya. 11 jenis masakan ini telah terbukti membawa konsumen warteg balik lagi ke warung anda.

menu warteg murah meriah merupakan salah satu faktor pelanggan datang lagi

Menu Warteg Murah Meriah

Menyediakan menu yang cocok dengan pelanggan anda merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola rumah makan.

Berikut adalah resep menu warteg murah meriah yang bisa anda coba pada rumah makan anda:

1.Nasi Pulen

Menu warteg murah meriah pertama yang wajib sekali ada tentu saja nasi putih. Usahakan nasi yang anda buat merupakan nasi berkualitas tinggi dan pulen.

Bahan yang diperlukan:

Beras dan Air masing-masing beberapa liter (ltr) sesuai selera/kebutuhan

Cara memasaknya:

Pergunakan panci atau periuk yang tetutup rapat masukan air diperkirakan beras akan terendam air nya sebatas garis pertama telunjuk tangan apabila berasnya dalam satu liter (lihat tabel simulasi). Sebelumnya beras dibersihkan lalu dicuci bersih.  Beras di campurkan dengan air, tanaklah biarkan sampai mendidih. setelah mendidih aduk-aduklah beberapa kali, tutup kembali, api dikecilkan biarkan sampai masak. Selamat Mencoba.

Kami menyarankan membuat nasi menggunakan rice cooker yang terjangkau namun berkualitas tinggi dan awet seperti Philips Fuzzy Logic Rice Cooker.

Rice Cooker untuk menank nasi sebagai menu warteg murah meriah

2.Dadar Telur Bebek

Menu warteg murah meriah kedua adalah dadar telur bebek, yang menjadi favorit karena lebih gurih dan kuning telurnya dapat menambah vitalitas.

Bahan yang diperlukan:

Telur bebek, Minyak kelapa, Bawang merah, cabe dan       sedikit garam

Cara memasaknya:

Telur bebek tersebut di kocok menggunakan alat kocok telur atau sendok makan/garpu dengan perlahan agar tidak tertumpah usahakan telur kuning merata dengan putihnya telur, cabe digerus hancur sampai mendekati halus dengan dicampur sedikit garam secukupnya, bawang merah diiris tipis bentuk bundar/oval. Cabe hasil gerusan dan bawang merah tersebut di atas di masukan kedalam kocokan telur tadi. Minyak dipanaskan di dalam penggorengan hingga berasap sedikit. Campuran telur dengan bumbu tadi, tuangkan dengan cepat ke dalam penggorengan. Kemudian dicek sekeliling telur bila sudah kelihatan menguning baliklah. Apabila kedua belah sisi sudah sama menguning dan matang barulah di angkat. Selamat Mencicipi (lihat             tabel simulasi).

3.Mencok atau Kentang Serut atau Mie Kentang

 

Menu warteg murah meriah selanjutnya adalah makanan favorit para pelanggan yang selalu dicari-cari. Kenteng serut mirip mie biasa disebut juga kentang mencok.

Bahan yang diperlukan:

kentang ukr kecil, breadcrumbs, telur ayam kampung, Keju, garam, kaldu jamur, merica, Mayonaise atau saus sambal (lihat tabel simulasi).

Cara memasaknya:

Kupas kentang, cuci bersih lalu parut (parutan keju), lalu campur semua bahan jadi satu  aduk rata, nayalakan kompor dan wajan yang sudah diisi dengan minyak goreng kemudian panaskan minyak, masukkan campuran semua bahan jadi satu aduk secara perlahan setelah panas kecilkan api. Ambil beberapa sdm adonan, masukkan kewajan, goreng hingga matang bersama dengan kentang serut tersebut di atas. Angkat dan sajikan.

4.Kentang Goreng Pengantin

Menu warteg murah meriah ke empat berikut ini hampir sama dengan kentang serut yang membedakan adalah adonan atau resep yang dibuat seperti dicampur asam jawa dan rasa amat pedasnya dan manis.

Bahan yang diperlukan:

kentang diparut menggunakan parutan kentang, cabe merah keriting dihaluskan dengan bawang merah, bawang putih, gula pasir, garam dan air asam jawa.

Cara memasaknya:

Parut kentang, panaskan minyak lalu goreng kentang sampai kuning kecokelatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan, Goreng kacang sampai matang.

Panaskan minyak lalu masukkan bumbu halus, masukkan salam dan sereh, kemudian goreng cabenya sampai agak mengering kemudian masukkan kentang goreng dan     kacang gorengnya.

Kecilkan api lalu aduk sampai tercampur rata (lihat tabel simulasi). Sajikan.

 

5.Kentang Goreng Crispy

Menu warteg murah meriah berikut, yaitu merupakan kentang serut menyerupai mie atau seperti kentang mencok yang membedakan adalah adonan atau resep yang dibuatnya direndam dengan air sirih dan kaldu ayam.

Bahan yang diperlukan:

Banyaknya kentang sesuai selera, sedikit Air sirih sesuaikan, Garam secukupnya sesuaikan dengan banyaknya kentang, sedikit Kaldu jamur (lihat tabel simulasi).

Cara memasaknya:

Kupas kentang, lalu dicuci dengan bersih, kemudian parut dengan parutan kentang. Rendam kentang yang sudah diparut dengan air sirih selama kurang lebih 30 menit.

Cuci kentang dengan air biasa dan bumbui dengan garam dan kaldu jamur sampai matang. Goreng kentang dengan api sedang jangan lupa dibolak balik, siap dijadikan camilan.

 

6.Telur Dadar Padang

Menu warteg murah meriah ke enam adalah telur dadar berbahan telur bebek dengan kelapa parut yang disangrai yang menjadikan telur dadar menjadi nikmat dirasakan di lidah dan lebih tebal.

Bahan yang diperlukan:

telur bebek, daun bawang diiris tipis, lada bubuk, garam, cabe merah haluskan bersama bawang merah dan bawang putih.

Cara memasaknya:

siapkan telur bebek dan kelapa parut lalu disangrai, kemudian masukkan tepung beras, dan daun kunyit muda yang sudah di iris tipis. aduk rata dalam wajan semua bahan, panaskan minyak dalam wajan dengan api besar hingga benar-benar panas.

Masukan adonan telur, kecilkan api kompor, dan biarkan masak, balik telur saat sudah setengah matang dan bagian bawah telur telah kokoh bila dibalik.

Masak hingga matang sempurna, (lihat tabel simulasi), angkat. Siap dicicipi.

7.Telor Dadar

Menu warteg murah meriah telur dadar dengan berbahan telur ayam, bentuknya lebih tipis dibuat seperti biasa masakan rumahan.

Bahan yang diperlukan:

telur ayam sesuai selera. Haluskan: cabe merah, cabe rawit (selera), bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, Gula merah, garam, penyedap (lihat tabel simulasi).

Cara memasaknya:

Campur semua bahan termasuk telur, aduk hingga rata (adonan). Panaskan minyak dalam wajan dengan api besar hingga panas. Masukan adonan, kecilkan api kompor, dan biarkan masak. Balik telur apabila sudah setengah masak dan bagian bawah telur telah padat bila dibalik. Lanjutkan masak hingga matang semua. Angkat dan siap dicicipi.

  

8.Pepes Tahu Jamur

Menu warteg murah meriah pepes tahu jamur ini akan menyehatkan di badan dan aman dari kolesterol dan maknyus di rasakan dimakannya, merupakan nmasakan yang banyak dicari pelanggan.

Bahan yang diperlukan:

tahu cina, haluskan jamur tiram dalam bentuk sudah disuwir-suwir, telur ayam, Daun pisang secukupnya, bawang putih, cincang halus, bawang bombai, iris tipis, bawang daun, iris halus, merica bubuk, cabai merah

Cara memasaknya:

Campur tahu yang sudah dihaluskan, jamur, telur, dengan bumbu-bumbu. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Siapakan daun pisang, isi dengan dua sendok makan adonan pepes. Bungkus, lalu semat kedua ujungnya dengan lidi. Kukus pepes tahu jamur selama 45 menit (lihat tabel simulasi). Angkat, sajikan.

  

9.Perkedel Isi Daging

Menu warteg murah meriah perkedel ini merupakan paling top dicari yang asalnya konon dari negeri belanda, sangat familiar di warteg dan restaurant atau rumah makan lainnya.

Bahan yang diperlukan:

kentang di kupas, iris-iris, goreng matang lalu dihaluskan, daging sapi cincang, bawang putih dicincang halus, pala bubuk, garam halus, batang bawang daun diiris halus, beberapa butir telur putihnya saj diambil lalu dikocok lepas, untuk balutan dengan olesi Minyak goreng. Bumbu yang Dihaluskan :bawang merah, bawang putih, merica biji
garam dan kaldu instan (jika suka ).

Cara memasaknya:

Campur kentang yang sudah dihaluskan, bawang daun, bumbu yang dihaluskan, dan telur.  Aduk hingga semua bahan tercampur rata, sisihkan. Tumis bawang putih hingga harum, masukan daging giling, pala, dan garam. Tumis hingga daging matang kemudian di Angkat.

Ambil satu sendok makan adonan kentang, pipihkan, berikan setengah sendok teh daging tumis. Tutup dengan adonan kentang sambil dibentuk bulat lonjong. Lakukan hal serupa hingga adonan habis. Celupkan perkedel satu persatu ke dalam putih telur. Goreng hingga kuning keemasan lalu di angkat dan tiriskan.

10.Rempah Hati Ampela

Menu warteg murah meriah ke sepuluh ini merupakan aneka campuran dari rempah yang dikangeni oleh selera pelanggan dengan bumbu yang meresap dalam hati dan ampela yang dibuatnya.

Bahan yang diperlukan:

 hati ampela ayam, bersihkan: daun salam dan
daun jeruk, siapkan : Air putih, Gula pasir dan Minyak, untuk menumis selanjutnya dihaluskan:bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting
merica bubuk, Buah pala, Kunyit, Jahe, Lengkuas dan Garam.

Cara memasaknya:

Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu yang dihaluskan bersama daun salam dan daun jeruk hingga harum. Masukan hati ampela, aduk hingga berubah warna, kemudian tambahkan air dan gula pasir. Masak hingga kuah mengental dan bumbu meresap.

11. Ikan Gabus Bumbu Sambal Hijau

Menu warteg murah meriah terakhir atau ke sebelas adalah resep ikan gabus sambal hijau yang digemari pelanggan dengan konsep cabe hijaunya menjadikan selera untuk menyantapnya.

Bahan yang diperlukan:

siapkan Ikan asin gabus, Minyak secukupnya, untuk menggoreng dan menumis.
Sambal Hijau :Cabai hijau keriting, Cabai rawit hijau, Bawang merah, Bawang putih, Tomat hijau, potong-potong, Daun jeruk, Kaldu instan (jika suka) dan air jeruk nipis

Cara memasaknya:

Potong-potong ikan asin gabus, lalu rendam selam 15 menit agar rasa asinnya berkurang.  Cuci bersih lalu tiriskan
Goreng ikan asin gabus hingga matang. Angkat selanjutnya sisihkan.
Tumbuk kasar cabai hijau keriting, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Tumis hingga layu kemudian masukan tomat hijau, dan jeruk, garam, dan kaldu instan (jika suka). Tumis hingga bau langu cabai hilang. Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata kemudian masukan ikan asin goreng, aduk hingga rata. Angkat, sajikan dengan nasi hangat.  

NAMA MASAKANBAHANMENGOLAHNYADAERAHCITA RASA
Memasak Nasi1. 1 ltr Beras1.  Siapkan panci atau periuk yang dg tutup rapat.IndonesiaPulen
2. 1 ltr Air2.  Beras dibersihkan dicuci bersih.
3.  Beras campurkan dengan air
4.  Tanaklah sampai mendidih.
5.  Aduk beberapa kali
6.  Tutup kembali
7.  Api dikecilkan sampai masak
Dadar Telur Bebek1. 2 butir Telur bebek1.   Telur bebek di kocok menggunakan alat kocok telurGurih dan lezaat
2. 2 sdm Minyak kelapa
3. 2 biji Bawang merah2.   cabe digerus hancur dicampur sedikit garam secukupnya
4. 2 biji cabe dan sedikit garam
3.   bawang merah diiris tipis.
4.   Cabe hasil gerusan dan bawang merah tersebut di masukan kedalam kocokan telur tadi.
5.   Minyak dipanaskan hingga berasap sedikit
6.   Campuran telur dengan bumbu tadi, tuangkan dalam penggorengan.
7.   kelihatan menguning baliklah.
8.   kedua sisi menguning dan matang
9.   barulah di angkat dan sajikan.
Mencok/Kentang Serut/Mie Kentang1. 3 bh kentang ukr kecil (kurleb 200gr)1.  Kupas kentang, cuci bersih lalu parut (parutan keju)Kriuk-kriuk pedas/gurih/asin/keju
2. 3.5 sdm breadcrumbs/remah roti
3. 1 telur kampung2.  Campur semua bahan jadi satu aduk rata
4. Keju (optional)
5. 1/2 sdt garam3.  Panaskan minyak, setelah panas kecilkan api
6. 1/2 sdt kaldu jamur
7. Seujung sdt merica (optional)4.  Ambil 1 sdm adonan, masukkan kewajan, goreng hingga matang
8. Mayonaise atau saus sambal
5.  Angkat dan sajikan
Kentang Goreng Pengantin1. 1 kg kentang diparut menggunakan parutan kentang1.   Parut kentang. Panaskan minyak lalu goreng kentang sampai kuning kecokelatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Goreng kacang sampai matang.Kriuk-kriuk pedas/gurih/asin
2. 15 buah cabe merah keriting dihaluskan
3. 4 siung bawang merah, dihaluskan2.   Panaskan minyak lalu masukkan bumbu halus, masukkan salam dan sereh. Goreng cabenya sampai agak mengering kemudian masukkan kentang goreng dan kacang gorengnya.
4. 3 siung bawang putih, dihaluskan
5. 2 sdm gula pasir3.   Kecilkan api lalu aduk sampai tercampur rata.
6. 1 sdt garam
7. 1/2 sendok teh air asam jawa4.   Sajikan
Kentang goreng crispy1.  sesukanya Kentang1.   Kupas kentang, cuci bersih, lalu parut dengan parutan kentangKress-kress dan gurih
2.  sedikit Air sirih saja2.   Rendam kentang yg sudah diparut dengan air sirih selama kurang lebih 30 menit
3.  secukupnya Garam3.   Cuci kentang dengan air biasa dan bumbui dengan garam dan kaldu jamur
4.  sedikit Kaldu jamur4.   Goreng kentang dg api sedang jangan lupa dibolak balik
5.   Kentang siap dijadikan camilan
Telur Dadar Padang1.      3 butir telur bebek1.   Campur semua bahan, aduk rata.Gurih dan pedas
2.      1 sdm Kelapa parut, sangrai sebentar2.   Dalam wajan, panaskan minyak dengan api besar hingga benar-benar panas.
3.      2 sdm Tepung beras3.   Masukan adonan telur, kecilkan api kompor, dan biarkan masak.
4.      1 lembar Daun kunyit muda, iris tipis4.   Balik telur saat sudah setengah matang dan bagian bawah telur telah kokoh bila dibalik.
5.   Masak hingga matang sempurna. Angkat.
Haluskan:6.   Siap dicicipi
5.      1 batang Daun bawang, iris
6.      1/4 sdt Lada bubuk
7.      1/2 sdt Garam
8.      7 buah Cabe merah haluskan
9.      3 butir Bawang merah haluskan
10.    2 siung Bawang putih haluskan
Telor Dadar1.    4 butir telur ayam1.   Campur semua bahan, aduk rata.Gurih dan lezat
Haluskan:2.   Dalam wajan, panaskan minyak dengan api besar hingga benar-benar panas.
2.    3 buah cabe merah3.   Masukan adonan telur, kecilkan api kompor, dan biarkan masak.
3.    2 buah cabe rawit (selera)4.   Balik telur saat sudah setengah matang dan bagian bawah telur telah kokoh bila dibalik.
4.    3 siung bawang merah5.   Masak hingga matang sempurna. Angkat.
5.    2 siung bawang putih6.   Siap dicicipi
6.    1/2 butir kemiri
7.    Sedikit terasi
8.    secukupnya Gula merah
9.    secukupnya Garam, penyedap
Pepes tahu jamur1.      1 buah tahu cina, haluskan1.   Campur tahu yang sudah dihaluskan, jamur, telur, dengan bumbu-bumbu. Aduk hingga semua bahan tercampur rata
2.      150 gram jamur tiram, suwir-suwir2.   Siapakan daun pisang, isi dengan dua sendok makan adonan pepes. Bungkus, lalu semat kedua ujungnya dengan lidi
3.      1 butir telur3.   Kukus pepes tahu jamur selama 45 menit
4.      Daun pisang secukupnyaAngkat, sajikan
5.      4 siung  bawang putih, cincang halus
6.      1 buah bawang bombai, iris tipis
7.      1batang bawang daun, iris halus
8.      ½ sdt merica bubuk
9.      5 buah cabai merah keriting, iris serong tipis
10.    1 ½ sdt garam halus
11.    1sdt gula pasir
12.    ¼ sdt kaldu instan (tergantung selera)
Pepes TOFU MUSHROOM1 piece out of China , puree1. Mix knew that already crushed , mushrooms , eggs , spices . Stir until all ingredients are well blended
(Pepes tahu jamur)· 150 grams oyster mushrooms , shredded - suwir 1 egg2. Who are banana leaf , fill it with two tablespoons of dough spiced . Wrap and hook both ends with a stick
· Banana leaves to taste3. Steam pepes know mushrooms for 45 minutes . Remove and serve.
4 cloves garlic , finely chopped
· 1 onion , thinly sliced · 1batang leek, finely sliced
· ½ teaspoon pepper
· 5 curly red chilies , sliced ??thin oblique · 1 ½ tsp fine salt
· 1sdt sugar · ¼ tsp instant broth ( if you like )
Perkedel isi daging· 350gr kentang, kupas, iris-iris, goreng matang, haluskan1.      Campur kentang yang sudah dihaluskan, bawang daun, bumbu yang dihaluskan, dan telur. Aduk hingga semua bahan tercampur rata, sisihkan
· 150gr daging sapi cincang2.      Tumis bawang putih hingga harum, masukan daging giling, pala, dan garam. Tumis hingga daging matang. Angkat
· 1 siung bawang putih, cincang halus3.      Ambil satu sendok makan adonan kentang, pipihkan,. Beri setengah sendok teh daging tumis. Tutup dengan adonan kentang sambil dibentuk bulat lonjong. Lakukan hal serupa hingga adonan habis
· 1/5sdt pala bubuk4.   Celupkan perkedel satu persatu ke dalam putih telur. Goreng hingga kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
· ½ sdt garam halus
· 1 batang bawang daun, iris halus
· 1 batang bawang daun, iris halus
· 1 butir telur
· 2 buah putih telur, kocok lepas, untuk balutan
· Minyak secukupnya, untukmenggoreng
Bumbu Yang Dihaluskan :
· 4 butir bawang merah
· 2 siung bawang putih
· ½ sdt merica biji
· 1sdt garam
· ¼ kaldu instan (jika suka )
Cakes MeatIngredients:How To Make:
• 350Gr potatoes, peeled, sliced, fried ripe, mashed1. Mix the mashed potatoes already, onion, seasoning mashed, and eggs. Stir until all ingredients are well blended, set aside
• 150gr minced beef2. Saute garlic until fragrant, add ground beef, nutmeg, and salt. Stir-fry until cooked meat.
• 1 clove garlic, finely chopped3. Take one tablespoon of potato dough, pipihkan ,. Give half a teaspoon of meat sauteed. Cover with potato dough with a round shaped oval. Do the same until the dough runs
• 1 / 5sdt nutmeg • ½ tsp fine salt4. Dip the cakes one by one into the egg whites. Fry until golden yellow. Remove and drain.
• 1 stalk scallion, thinly sliced
• 1 stalk scallion, thinly sliced
• 1 egg
• 2 pieces of egg whites, beaten off, to bandage
• Oil to taste, to fry
Softened Seasoning:
• 4 red onions
• 2 cloves garlic
• ½ tsp pepper seeds
• 1sdt salt
• ¼ instant broth (if you like)
Rempah hati ampela• 5 Pasang hati ampela ayam, bersihkan1.         Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu yang dihaluskan bersama daun salam dan daun jeruk hingga harum
• 2 Lembar daun salam 2. Masukan hati mapela, duk hingga berubah warna 
• 3 Lembar daun jeruk3. Tambahkan air dan gula pasir. Masak hingga kuah mengental dan bumbu meresap.
• 600 ml Air
• 1 sdm Gula pasir
• 3 sdm Minyak, untuk menumis
Yang dihaluskan:
• 5 Butir bawang merah 
• 3 Siung bawang putih 
• 8 Buah cabai merah keriting
• ¼ sdt merica bubuk Heat oil. Saute the ingredients are mashed together with bay leaves and lime leaves until fragrant
• ¼ Buah pala2. Put the heart mapela, duk to change color
• 1 cm Kunyit3. Add water and sugar. Cook until sauce thickens and the flavors mingle.
• 1 cm Jahe
• 1 cm Lengkuas
• 1 sdt Garam
Ingredients:
• 5 Place the chicken gizzard liver, clean
• 2 bay leaves Sheet
• 3 Sheets lime leaves
• 600 ml water
• 1 tbsp sugar
• 3 tablespoons oil, for frying
 Softened Seasoning:
• Item 5 shallots
• 3 cloves of garlic
• 8 Fruit curly red chili
• ¼ teaspoon pepper
• ¼ nutmeg
• 1 cm Turmeric
• 1 cm Ginger
• 1 cm Lengkuas
• 1 tsp salt
Gabus sambal hijau200gr ikan asin gabusPotong-potong ikan asin gabus, lalu rendam selam 15 menit aga rasa asinnya berkurang. Cuci bersih lalu tiriskan 
Minyak secukupnya, untuk menggoreng dan menumis  Goreng ikan asin gabus hingga matang. Angkat, sisihkan 
Sambal Hijau :Tumbuk kasar cabai hijau keriting, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Tumis hingga layu 
8 buah cabai hijau keriting Masukan tomat hijau, dan jeruk, garam, dan kaldi instan (jika suka). Tumis hingga bau langu cabai hilang. Tambhkan air jeruk nipis, aduk rata
15 buah cabai rawit hijau Masukan ikan asin goreng, aduk ata. Angkat, sajikan dengan nasi hangat.
5 butir bawang merah
1 siung bawang putih 
2 buah tomat hijau, potong-potong
2 lembar daun jeruk 
1sdt kaldu instan (jika suka)
1sdm air jeruk nipis

PENUTUP

Demikian uraian kami tentang menu-menu warteg murah meriah yang wajib anda sediakan apabila ingin warung makan ramai oleh pelanggan yang setia dan pelanggan baru.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *