9 Tips Jitu Memulai Usaha Rumah Makan Anti Gagal!

60% usaha rumah makan gagal pada tahun pertama mereka memulai usaha rumah makan. Kami ingin berbagi 11 tips jitu anti gagal untuk mengatasinya.

9 Tips Jitu Memulai Usaha Rumah Makan Anti Gagal

Pengantar Tips Memulai Usaha Rumah Makan

Makan merupakan kebutuhan pokok setiap individu di dunia setiap hari. Anda dan saya dalam sehari minimal makan tiga kali bahkan lebih kalau dalam kondisi cape atau lagi stres.

Jadi memulai usaha rumah makan bisa jadi merupakan salah satu usaha yang patut jadi pilihan. Hal ini karena bisnis ini merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati. Hanya trend makan yang berubah, baik karena kondisi ekternal maupun situasi internal indvidu dan kelompok

Semua orang butuh makan dari pegawai kantoran, mahasiswa sampai anak kost. Dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Rote sampai ke Talaud, semua butuh makan.

Tips Jitu Memulai Usaha Rumah Makan

Peluang untuk sukses dalam memulai usaha rumah makan ini cukup lebar namun risiko kegagalan juga begitu tinggi.

Jadi semua usaha Anda ini tidak akan sukses jika anda tidak tahu langkah yang tepat dalam memulai dan mengelolanya.

Baca Juga:

7 Izin Usaha Restoran Yang Wajib Anda Kantongi [Uraian Terlengkap]
30 Daftar Peralatan Rumah Makan Yang Wajib Tersedia
8 Panduan Lengkap Menulis Proposal Bisnis Plan Restoran (+ Contoh)

Pada bagian selanjutnya, kami ingin berbagi 9 tips jitu kunci sukses memulai bisnis rumah makan, yang mungkin dapat Anda terapkan.

1. Temukan Cita Rasa – Tips Memulai Usaha Rumah Makan

Kunci pertama untuk sukses adalah citarasa makanan. Komentar pertama kali orang dari sebuah rumaha makan adalah masakan. Dan komentar pertama masakan adalah cita rasanya.

Jadi ketika seorang penjaja jasa kuliner telah gagal memberikan services/pelayanan rasa makanan yang enak kepada pelanggannya maka dijamin pelanggan tersebut tidak akan pernah kembali lagi.

Jadi carilah rasa yang khas yang sesuai dengan selera (calon) pelanggan Anda. Jika Anda merasa sudah menemukannya, pertahankan dan tingkatkan cita rasa tersebut.

Temukan Cita Rasa - Tips Memulai Usaha Rumah Makan

2. Miliki Menu Andalan

Selain menyajikan banyak masakan yang enak, setiap rumah makan wajib juga memiliki satu atau dua menu khas yang menjadi menu andalan. Menu andalan inilah yang dapat lebih menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Dengan memiliki menu andalan yang diknal luas bisa menjadi sarana promosi gratis. Dengan menu andalan ini, maka diharapkan pelanggan akan mengabarkannya kepada teman dan saudaranya. Bahkan mungkin akan menyebarkannya lewat media sosial mereka.

Ini merupakan strategi marketing tradisional yaitu pemasaran dari mulut ke mulut yang sangat efektif.

3. Pilih Lokasi Strategis – Tips Memulai Usaha Rumah Makan

Seperti bisnis properti, hal terpenting untuk memulai usaha rumah makan yaitu lokasi, lokasi dan lokasi.

Lokasi menjadi salah satu penentu keberhasilan usaha Anda. Memiliki lokasi yang strategis akan membuat bisnis Anda akan lebih cepat maju dan berkembang dibandingkan dengan lokasi yang kurang strategis.

Jadi dapatkan lokasi strategis sesuai dengan target pasar Anda.

4. Pilih Bahan Masakan Terbaik

Pernah dengar pepetah “ Garbage-in Garbage-out”?

Itulah gambaran sebuah masakan.

Menu masakan enak adalah bahan mentah yang memiliki kualitas yang tinggi yang diolah dengan tepat.

Bahan mentah seperti sayuran, daging atau ikan yang diolah haruslah dalam kondisi yang segar. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap tampilan dan rasa akhir dari olahan itu sendiri.

Jadi masaklah makanan seolah-olah untuk kita sendiri.

5. Jaga Kebersihan dan Higienitas – Tips Memulai Usaha Rumah Makan

 Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dan higienitas rumah makan Anda. Kebersihan lingkungan, kerapihan menata menu yang disajikan menjadikan pelanggan merasa senang.

Hal ini dapat meningkatkan selera untuk segera mencicipi menu yang disajikan.

6. Sesuaikan Harga Dengan Daya Beli Konsumen

Penentuan harga jual makanan bisa jadi merupakan kunci kesuksesan usaha Anda.

Jika rumah makan Anda berada di area perumahan maka jangan samakan harga jualnya dengan rumah makan yang berada di area perkantoran atau daerah pabrik. Sesuaikanlah harga jual menu makanan dengan daya beli masyarakat konsumen Anda.

7. Lakukan Promosi – Tips Memulai Usaha Rumah Makan

Cara promosi usaha rumah makan ini cukup sederhana. Dengan melakukan keenam hal tadi yaitu menemukan cita rasa, memiliki menu andalan, memilih lokasi strategis, memilih bahan masakan berkualitas, menjaga kebersihan, dan menyesuaikan daya beli sudah menjadi bahan promosi itu sendiri.

Namun, selain itu, sebagai tambahannya buatlah spanduk atau papan nama semenarik mungkin dengan nama rumah makan Anda.

Dalam spanduk tersebut, Anda dapat menampilkan menu andalan yang disajikan. Spanduk harus bersifat sederhana tetapi terkesan elegan.

Selain hal tradisional tadi, pemilik usaha rumah makanharus mulai berpikir menggunakan sistem digital marketing seperti website dan media sosial.

8. Pilih Nama Rumah Makan Yang Original

Jika kebutulan nama Anda Suharti, dan Anda berjualan Ayam Goreng, jangan gunakan nama rumah makan Anda “Ayam Goreng Suharti”. Karena nama tersebut telah dipatenkan.

Anda harus berpikir bahwa rumah makan akan berkembang. Dengan menggunakan nama yang mengandung hak paten, Anda akan susah untuk mengembankan branding Anda tersebut.

Pilihlah nama yang sederhana, original yang menggambarkan usaha Anda dan tentu saja legal secara hukum.

9. Jangan Percaya Semua Perkataan Teman Anda

Teman-teman dan keluarga Anda mungkin mengatakan bahwa semua makanan yang Anda buat dirumah sangatlah lezat. Bahkan mereka selalu mengatakan bahwa Anda seharusnya membuka usaha rumah makan atau bisnis restoran. Jangan mendengar dan mengimplementasikan semua omongan mereka, karena banyak hal yang menjadi kunci sukses memulai usaha rumah makan selain masakan yang enak.

Contoh Rumah Makan Yang Menerapkan 9 Tips Jitu

Saat itu, saya hendak pulang ke rumah di bilangan Jakarta Pusat sehabis perjalanan wisata ke Mesjid Kubah Emas – Depok. Saya beristirahat sejenak untuk mencari rumah makan untuk makan siang.

Setelah melewati Mall Cinere, ternyata ada sebuah rumah makan bernama Warung Nasi Rizky. Posisinya berada di Jalan Lebak Bulus I/32A. Lokasinya berada tepat di depan Klub Bali atau dan diapit oleh Indomaret dan Alfamart yang juga berdekatan dengan Rumah Sakit Fatmawati.

Ternyata, lokasi ini juga jadi tempat shooting sinetron TOP (Tukang Ojek Pengkolan) pada awal-awal episode.

Di rumah makan itu, saya memesan soto babat, soto ayam, dan tempe orek. Menurut saya, makanan yang saya pesan itu rasanya wuuenak tenan.

Menu-menu lainnya juga enak bener-bener muantap deh. Hal ini bukan hanya menurut saya tapi menurut teman-teman seperjalanan. Satu lagi keunggulan warung nasi ini, yaitu harganya yang sangat terjangkau (seharga warteg).

Saya merekomendasikan rumah makan ini. Jadi apabila Anda berada di sekitaran Rumah Sakit Fatmawati atau Lebak Bulus bisa mampir untuk mencobanya.

Apalagi buat Anda-Anda yang emang tinggal sekitaran lokasi tersebut, Anda wajib mampir deh cobain sensasi makan yang berbeda. Padahal rumah makan ini ternyata baru buka dua tahunan.

Penutup Tips Memulai Usaha Rumah Makan

Sebenarnya banyak sekali tips memulai usaha rumah makan yang dapat Anda terapkan. Kami sarikan 9 diantaranya. Dengan mengetahui tips-tips ini minimal Anda mendapat gambaran bagiamana usaha rumah makan Anda ini nantinya.

Demikian uraian kami tentang “9 Tips Jitu Memulai Usaha Rumah Makan Anti Gagal!” di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

 (DN)2262018.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

6 komentar untuk “9 Tips Jitu Memulai Usaha Rumah Makan Anti Gagal!”

  1. Mantap pak dedi untuk ulasan rumah makannya, mumpung lagi musim arus balik, bisa diulas juga beberapa rumah makan yg rekomendasi di sepanjang jalur arus mudik alternatif, terimaksih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!

Dengan Software Aplikasi MS Excel ini, Anda dapat menghitung:

  1. Biaya Modal Awal Usaha Rumah Makan;
  2. Biaya Operasional Usaha Rumah Makan;
  3. Perkiraan Revenue Usaha Rumah Makan;
  4. Indikator Kelayakan Usaha Rumah Makan spt BEP/BCR/IRR
error: Alert: Content is protected !!