8 Langkah Memulai Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet) Dengan Sukses

Konsep rumah makan prasmanan atau buffet adalah jenis restoran yang sedang popular saat ini, berikut adalah 8 langkah untuk memulai rumah makan prasmanan (buffet) dengan sukses.

Konsep rumah makan prasmanan - buffet

Pengantar Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet)

Konsep rumah makan prasmanan (buffet) merupakan jenis restoran di Indonesia maupun di dunia. Anda dapat menemukan rumah makan jenis ini di seluruh negara dengan yang melayani berbagai jenis makanan.

Konsep rumah makan prasmanan (buffet) berbeda dari jenis restoran yang lain. Hal ini karena jumlah makanan yang harus disediakan, membuat tantangan yang unik.

Akibat dari hal itu, ada beberapa perbedaan ketika akan  membuka rumah makan prasmanan dengan rumah makan konvensional.

Baca Juga:

6 Cara Membuat Daftar Menu Restoran (Peningkatan Untung s.d. 15%)
3 Jenis Terpenting Pencahayaan Café dan Restoran
Ini Dia, Pengaruh Warna Cat Untuk Rumah Makan Terhadap Konsumen!

Kami akan mengurai semua hal yang perlu Anda ketahui tentang konsep rumah makan prasmanan ini. Akan diuraikan 3 hal yaitu bagaimana konsep rumah makan prasmanan  atau buffet bisa menguntungkan. Selain itu dipaparkan juga tentang berbagai jenis rumah makan prasmanan (buffet). Terakhir adalah  8 langkah memulai konsep rumah makan prasmanan (buffet).

Bagaimana Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet)?

Rumah makan prasmanan (Buffet) adalah jenis restoran yang menawarkan harga tetap, dan memungkinkan pelanggan untuk mengisi piring mereka dengan makanan dan makan sebanyak yang mereka suka.

Namun di Indonesia, konsep rumah makan prasmanan (Buffet) ini dimodifikasi sedikit. Modifikasi tersebut adalah bahwa harga tidak tetap tapi tergantung banyak makanannya. Ini seperti konsep self service restaurant. Dibeberapa Negara juga menerapkan hal yang sama untuk masakan-masakan asia seperti masakan Vietnam.

Rumah makan prasmanan (Buffet) yang memungkinkan pelanggannya kembali mengambil makanan sebanyak yang mereka disebut sebagai restoran “All You Can Eat“. Untuk tulisan ini mari kita anggap ketiganya sebagai hal yang sama.

Kebanyakan Rumah makan prasmanan (Buffet) memiliki tema yang mereka gunakan untuk menu mereka. Baik konsep tradisional maupun internasional seperti yang sedang marak adalah rumah makan dengan makanan Jepang, Thailand dan Korea.

Jenis Rumah Makan Prasmanan

Jika Anda telah memutuskan bahwa Anda ingin membuka rumah makanan prasmanan (buffet), langkah pertama Anda adalah memilih konsep rumah makan. Jangan lupa tentang tema untuk makanan serta branding restoran yang ingin Anda bangun.

Ada berbagai jenis rumah makanan prasmanan (buffet), namun ada juga yang lebih popular dan menguntungkan, daripada yang lain. Berikut adalah beberapa jenis yang paling populer Buffet.

Rumah Makanan Prasmanan Masakan Nasional

Prasmanan masakan nasional, rumah makan ini tidak mengkhususkan diri pada jenis makanan di suatu daerah. Namun mengambil jenis-jenis makanan yang paling popular disetiap daerah atau yang sudah dianggap sebagai makanan nasional.

Prasmanan masakan tradisional, rumah makan ini mengkhususkan diri pada masakan tradisional di suatu daerah baik yang popular maupun yang khas. Contohnya adalah rumah makan sunda, rumah makan padang, rumah makan manado dll.

Rumah Makan Prasmanan Internasional

Rumah makanan prasmanan (buffet) Masakan Jepang, biasanya jenis rumah makanan prasmanan internasional seperti ini berupa restoran “all you can eat”. Menunya biasanya berupa makanan yang direbus dan dibakar seperti robatayaki, yakiniku,  dan shabu-shabu.

Rumah makanan prasmanan (buffet) – “all you can eat”  Masakan Korea, seperti masakan jepang, biasanya jenis rumah makanan prasmanan internasional dari korea ini juga berupa restoran “all you can eat”. Menunya biasanya berupa makanan yang direbus dan dibakar.

Konsep rumah makan prasmanan buffet internasional

Bagaimana Konsep Rumah Makan Prasmanan ini menghasilkan keuntungan?

Karena rumah makanan prasmanan (buffet) ini harus menghasilkan begitu banyak makanan, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana rumah makan buffet ini membuat untung. Untuk mendapatkan untung pemilik prasmanan ini melibatkan minimal 3 hal. Ketiganya adalah pemotongan biaya yang memungkinkan, memilih bahan dengan tepat dan hati-hati,  serta menggunakan psikologi untuk mengatur struktur tata letak prasmanan Anda.

Berikut adalah beberapa contoh lain bagaimana rumah makanan prasmanan (buffet) dapat menghasilkan uang lebih:

  • Persiapan Makanan: Banyak Buffet menyiapkan makanan mereka dalam jumlah besar, sehingga praktis mereka hanya perlu mengisi makanan prasmanan yang kosong. Hasilnya, buffet dapat beroperasi dengan tim back-of-house yang lebih kecil dan menurunkan biaya tenaga kerja mereka.
  • Biaya Overhead rendah: Karena pelanggan melayani diri mereka sendiri di Buffet ini, Anda hanya perlu staf yang menunggu untuk membawa minuman dan membersihkan meja. Akibatnya, Anda dapat sangat mengurangi Anda staf front-of-house dan mengurangi biaya overhead.
  • Markup Minuman: Salah satu cara mendapatkan keuntungan adalah bahwa harga buffet belum termasuk minuman dalam harga makanan. Selain itu, banyak Buffet menawarkan minuman 2-3 kali harga restoran konvesional biasa. Hal ini membantu untuk meningkatkan keuntungan mereka.
  • Pemotongan Biaya Bawah Food: Buffet dapat menghemat uang sehingga mendapatlan keuntungan dengan cara mengurangi biaya pokok makanan.

Tips untuk Meningkatkan Profits Dengan Konsep Rumah Makan Prasmanan ini

Ada juga beberapa trik dan taktik pintar yang dapat menerapkan untuk membantu mengurangi biaya makanan di buffet Anda dan meningkatkan keuntungan Anda:

  • Gunakan sendok saji yang lebih besar untuk hidangan yang biayanya kecil dan membuat cepat kenyang seperti nasi dan sayuran. Gunakan sendok kecil atau penjepit di stasiun protein Anda, sehingga pelanggan mengambil sedikit makanan.
  • Tambahkan salad bar untuk prasmanan Anda. Beberapa pelanggan akan memulai makan mereka dengan salad, sup, atau roti, yang akan membuat mereka kenyang, sehingga mereka memiliki sedikit ruang di perut mereka untuk hidangan mahal Anda.
  • Gunakan panci / panggangan kecil untuk merebus atau membakar makanan di meja Anda. Dengan menggunakan panci / panggangan kecil, Anda meletakkan sedikit makanan pada satu waktu, tetapi Anda juga meminimalkan sisa makanan yang membantu mengurangi biaya makanan Anda.
  • Berikan pelanggan Anda piring, mangkuk, dan peralatan makan yang lebih kecil,. Jika mereka memiliki alat makan yang lebih kecil, mereka akan memiliki sedikit ruang untuk mengisi pada makanan. Dan, peralatan makan lebih kecil akan menyebabkan mereka untuk makan lebih lambat, sehingga mereka akan kenyang lebih cepat.
  • Melacak jenis makanan pada prasmanan dan catat produk yang membuat konsumen duduk dan pergi lebih lama. Hal ini membantu ini mencegah banyaknya sisa makanan.
  • Jika Anda berencana menyajikan makanan seperti daging sapi, bebek atau ayam, buatlah stasiun pemotong yang ditunggui salah satu koki di itu. Dengan cara itu Anda dapat mengontrol porsi Anda dan memastikan bahwa tamu tidak mengambil terlalu banyak.

8 Langkah-langkah untuk membuka Dengan Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet)

Memulai rumah makan atau restoran baru bisa sulit dan memakan waktu, terutama jika Anda tidak terbiasa dengan seluk-beluk kepemilikan restoran.

Jadi, kami telah menguraikan langkah-langkah untuk membuka rumah makan prasmanan (buffet) ke dalam delapan langkah sederhana. Gunakan kedelapannya  untuk membimbing Anda melalui proses tersebut.

1. Menulis Business Plan Dengan Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet)

Langkah pertama dalam membuka jenis usaha adalah untuk membuat business plan yang solid dan proposal usaha yang menarik. Sebuah rencana bisnis daftar informasi penting tentang bisnis potensial Anda, seperti gambaran perusahaan, apa makanan yang Anda akan melayani, lokasi Anda, analisis pasar, dan proyeksi keuangan.

Rencana bisnis Anda tidak hanya memberi Anda pedoman untuk membuka prasmanan Anda, sedangkan proposal usaha dapat membantu Anda mengumpulkan minat dari calon investor atau mendapatkan pinjaman dari bank.

Menulis Business Plan

Meskipun business plan dan business proposal memiliki tujuan yang berbeda, namun pada prinsipnya isi utamanya mirip. Ada bagian utama tujuh sampai rencana bisnis yang Anda harus pastikan untuk menyertakan:

  1. Ringkasan bisnis plan: Ini adalah ringkasan satu-empat halaman bisnis Anda dan segala sesuatu yang lain dalam rencana bisnis Anda. Ini harus menjadi hal terakhir yang Anda tulis, meskipun akan dipasang di depan rencana bisnis Anda.
  2. Sekilas Perusahaan: Pengembangkan informasi dalam ringkasan eksekutif dan yang merupakan jawaban atas pertanyaan seperti apa yang audiens target Anda dan ceruk pasarnya.
  3. Analisis Pasar: Analisis pasar adalah di mana Anda menjelaskan demografi di daerah target Anda dan siapa pesaing Anda di daerah itu.
  4. Penawaran Bisnis: Bagian ini adalah di mana Anda akan daftar apa jenis makanan yang Anda akan siapkan pada prasmanan dan di mana Anda akan sumber bahan-bahan Anda.
  5. Rencana manajemen: Garis struktur manajemen yang akan dimiliki dan berapa banyak karyawan yang Anda perlukan di bisnis Anda.
  6. Strategi Pemasaran: Jelaskan kepada calon investor bagaimana Anda akan memasarkan restoran Anda, termasuk iklan, pemasaran kupon, dan cara soft opening serta grand opening.
  7. Proyeksi keuangan: Proyek biaya prasmanan Anda dan pendapatan restoran ini yang bisa didapat dari rumah makan sebelumnya pengalaman atau melalui analisis pesaing dan riset pasar.

2. Leasing Ruang Usaha

Setelah Anda menetapkan kerangka untuk restoran Anda dan Anda memiliki investor, Anda dapat mulai mencari ruang untuk sewa. Sementara beberapa pemilik restoran baru mungkin tergoda untuk membeli ruang komersial, kami sarankan sewa karena memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam kasus Anda perlu untuk memperluas atau memiliki masalah bisnis setelah bisnis Anda dan berjalan.

Ketika mencari properti sewa untuk prasmanan, Anda ingin untuk berpikir tentang demografi di daerah tertentu, dan jika mereka cocok target demografis. Anda juga akan ingin untuk mempertimbangkan ruang untuk parkir, jika Anda dapat mengandalkan lalu lintas pejalan kaki, atau jika Anda berada dalam lingkungan yang populer.

3. Izin dan Lisensi Dengan Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet)

Ada berbagai izin dan lisensi yang perlu Anda ajukan di tingkat nasional, provinsi maupun kota/kabupaten sebelum dapat mulai beroperasi. Beberapa bentuk ini sangat teknis dan dapat sulit untuk menavigasi, jadi yang terbaik untuk memiliki bantuan penasihat hukum ketika mengajukan izin restoran dan lisensi untuk memastikan bahwa Anda menyelesaikan segala sesuatu dengan benar.

Selain itu, jika Anda berencana melayani minuman beralkohol di prasmanan Anda, ada izin khusus lainnya yang Anda akan perlu diajukan.

4. Apa Peralatan yang Diperlukan?

Banyak peralatan yang akan Anda butuhkan baik di dapur maupun diruang penyajian yang akan tergantung pada jenis prasmanan yang Anda buka sedang dan spesifik resep yang akan dibuat.

Namun, ada beberapa potong peralatan yang setiap prasmanan perlu. Untuk membuat kaus dapur buffet Anda dan makan ruang mudah, kami membuat daftar komprehensif dari berbagai jenis peralatan prasmanan Anda akan membutuhkan.

Klik tombol di bawah untuk dapat perlatan untuk prasmanan –buffet mendownload PDF.

5. Merancang Buffet Tata Letak Dengan Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet)

Setelah Anda memutuskan tata letak untuk dapur Anda dan memerintahkan untuk memesan semua alat berat Anda, Anda dapat fokus pada daerah  front-of-house dan merancang ruang makan Anda dan garis prasmanan yang sebenarnya.

Ketika memilih tata ruang dan layout restoran, Anda harus mempertimbangkan skema warna Anda akan melaksanakan, bagaimana Anda akan cahaya ruang, dan apa jenis furnitur yang ingin Anda gunakan.

Merancang Tata Letak meja restoran Buffet

Setelah Anda memutuskan pada berapa banyak meja uap yang Anda perlukan, Anda harus memutuskan bagaimana Anda akan mengkonfigurasi mereka dan mengatur hidangan di prasmanan Anda.

Ketika merancang tata letak prasmanan Anda, Anda harus meletakkan makanan dengan biaya produksi rendah dan mengenyangkan, seperti sayuran dan nasi, di garis depan, sehingga pelanggan mengisi piring dengannya sebelum sampai ke makanan berbiaya  tinggi seperti makanan laut dan daging.

6. Memperkerjakan Staf Rumah Makan

Mempekerjakan staf yang kompeten merupakan bagian integral untuk memastikan bisnis Anda sukses. Orang pertama yang anda harus pekerjakan, jika Anda belum memiliki seseorang dalam pikiran, adalah koki eksekutif.

Koki eksekutif biasanya mengelola staf masak dan menciptakan resep untuk digunakan dalam prasmanan, jadi penting bahwa Anda membawa mereka pada awal proses.

Setelah menemukan koki eksekutif Anda, Anda dapat melihat untuk menyewa seorang manajer umum, koki line, staf pelayan, staf pencuci piring, dan personil lainnya. Sangat penting untuk diingat, meskipun, bahwa buffet dapat beroperasi dengan staf pelayan yang sedikit kecil karena pelanggan melayani diri mereka sendiri.

Selain itu, setelah Anda mempekerjakan staf Anda, Anda perlu menjaga mereka tertarik dan merasa memiliki restoran Anda untuk mencegah pergantian karyawan.

Perputaran karyawan sangat umum dalam industri jasa makanan, tetapi terus-menerus mempekerjakan, melatih, dan memberhentikan karyawan dapat berakhir menguras keuntungan Anda.

Sebaliknya, berinvestasi dalam karyawan Anda dan membuat mereka senang dengan mendengarkan keprihatinan mereka dan menyediakan mereka dengan bonus dan tunjangan.

7. Pemasaran dan Strategi Periklanan Dengan Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet)

Ketika prasmanan Anda hampir siap untuk dibuka dan staf Anda telah terlatih, Anda perlu untuk mengiklankan bisnis Anda dan mendapatkan orang-orang di daerah Anda antusias dengan pembukaan Anda.

Ada banyak cara untuk mengiklankan bisnis yang tidak melibatkan menampilkan iklan di TV atau membeli ruang iklan di surat kabar lokal. Salah satu cara terbaik untuk mengiklankan restoran Anda adalah melalui online yaitu pemasaran media social untuk restoran.

Sebelum Anda membuka bisnis Anda, Anda harus membuat account di semua situs utama media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Ini akan memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan online setelah bisnis Anda telah dibuka.

Anda dapat menggunakan media sosial untuk mendapatkan pendapat mereka tentang restoran prasmanan baru dan grand opening Anda. Anda dapat posting di kelompok-kelompok lokal di Facebook untuk memberitahu orang-orang di daerah Anda atau gambar posting di Instagram tentang item makanan Anda.

Cara hebat lain untuk mempromosikan bisnis Anda adalah melalui iklan luar ruangan seperti banner dan selebaran. Jika restoran prasmanan baru Anda di kota atau lokasi utama di kota, berikan tanda pengumuman tanggal pembukaan.

Cara lain untuk menunjukan bisnis baru Anda adalah cara yang bagus untuk membuat bunga ucapan selamat sehingga orang-orang yang berjalan atau mengemudi dapat melihatnya.

Pilihan lain akan mencetak selebaran yang memiliki informasi tentang prasmanan Anda dan ketika membuka itu, sehingga tamu memiliki pengingat fisik. Jika Anda menggunakan selebaran dicetak, Anda juga mungkin ingin menambahkan kupon untuk minuman gratis atau diskon sedikit untuk insentif tambahan.

8. Membuka Rumah Makan Prasmanan (Buffet)

Langkah terakhir dalam membuka sebuah restoran dengan konsep prasmanan adalah membuka prasmanan untuk umum. Ada dua cara utama yang Anda dapat membuka bisnis Anda: soft opening atau grand opening.

Soft Opening

Sebuah acara soft opening restoran pada dasarnya tes operasional bisnis Anda. Ini melibatkan pembuka restoran Anda kepada publik untuk satu malam atau layanan tunggal makan malam.

Ini akan memberikan staf Anda beberapa pengalaman dan memungkinkan Anda untuk menemukan potensi masalah atau kelemahan dan mendapatkan umpan balik dari pelanggan.

Setelah soft opening Anda Anda dapat membuat penyesuaian untuk layanan Anda, menu, atau atmosfer ruangan. Selain itu, jika soft opening Anda berjalan dengan baik, Anda dapat membangun beberapa kegembiraan di antara pelanggan untuk pembukaan Anda.

Grand Opening

Setelah menyelesaikan semua keluar masalah apapun dengan layanan atau menu, Anda siap untuk grand opening rumah makan. Sebuah pembukaan juga merupakan kesempatan pemasaran yang hebat, sehingga Anda akan ingin beriklan pembuka pada akun media sosial Anda atau berpotensi menjangkau wartawan lokal dan blogger makanan.

Tips untuk Membuka Buffet

Berikut adalah beberapa tips ketika membuka prasmanan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan awal yang baik:

  • Pilih hari strategis.Periksa secara online dan pastikan bahwa tidak ada peristiwa lain yang terjadi di daerah Anda hari yang sama dengan pembukaan Anda.
  • Beriklan tentang pembukaan ini di acara-acara masyarakat lokal. Misalnya, Anda dapat membagikan sampel di pasar petani lokal atau bermitra dengan organisasi amal dan menyumbangkan persentase dari hari keuntungan pembukaan Anda.
  • Menawarkan kupon pada hari pembukaan. Salah satu cara yang sangat baik untuk membuat keteratriakan pada restoran dan untuk mendatangkan pelanggan untuk pembukaan Anda adalah menawarkan kupon dan spesial. Misalnya, Anda dapat mengirimkan kupon diskon 10% atau brosur untuk minuman gratis.
  • Gunakan tanda-tanda dan iklan luar ruangan.Menambahkan tanda-tanda di trotoar atau di depan bisnis Anda adalah cara yang bagus untuk memberitahu orang-orang yang lewat berjalan atau mengemudi bahwa bisnis Anda segera dibuka segera. Pastikan untuk menyertakan tanggal dan waktu pembukaan Anda sehingga pelanggan potensial dapat menambahkannya ke jadwal mereka.

Penutup Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet)

Konsep rumah makan prasmanan (buffet) dapat menjadi usaha bisnis yang sangat menguntungkan. Namun membuka sebuah restoran prasmanan membutuhkan banyak perencanaan dan keahlian.

Tapi, dengan beberapa perencanaan yang cermat, Anda bisa mendapatkan usaha prasmanan baru Anda terorganisir dan lengkap. Selain itu, jika Anda memiliki rencana bisnis yang kuat dan strategis akan membantu memastikan bahwa bisnis Anda menguntungkan dan berhasil.

Demikian uraian kami tentang “8 Langkah Memulai Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet) dengan Sukses”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!

Dengan Software Aplikasi MS Excel ini, Anda dapat menghitung:

  1. Biaya Modal Awal Usaha Rumah Makan;
  2. Biaya Operasional Usaha Rumah Makan;
  3. Perkiraan Revenue Usaha Rumah Makan;
  4. Indikator Kelayakan Usaha Rumah Makan spt BEP/BCR/IRR
error: Alert: Content is protected !!