10 Tips Memilih Musik / Lagu Yang Cocok Untuk Rumah Makan

10 Tips Memilih Musik / Lagu Yang Cocok Untuk Rumah Makan

10 Tips Memilih Musik Lagu Yang Cocok Untuk Rumah Makan 2

Tulisan kali ini membahas musik / lagu yang cocok untuk rumah makan, dibahas 10 tips memilih musik / lagu yang cocok untuk restoran selain dibahas alasan mengapa hal ini penting dan hati-hati terhadap hak cipta musik / lagu.

Kebisingan merupakan salah satu keluhan yang diterima manager / pemilik restoran terima dari tamu tidak puas tidak bahagia. Namun, berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa musik yang tepat sebenarnya meningkatkan penjualan dan menginduksi emosi positif pelanggan.

Bayangkan Anda tiba di sebuah restoran mewah untuk makan malam namun disuguhi lagu dangdut pantura – yang mungkin saja dianggap pantas untuk banyak tamu. Di sisi lain, membayangkan diri Anda berjalan ke sebuah kedai kopi dengan suasana pedesaan dengan cuaca cerah diiringi suara  gitar yang menambah suasana pedesaan.

Sementara beberapa orang mungkin akan lebih sensitive terhadap musik daripada yang lain, namun keras pelan suara music yang dimainkan memang akan tergantung dengan suasana Anda.

Baca Juga:

9 Jenis-Jenis Restoran Anda Harus Tahu Sebelum Mulai Usaha Kuliner
8 Langkah Memulai Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet)
6 Cara Membuat Daftar Menu Restoran (Peningkatan Untung s.d. 15%)

Jadi apa musik / lagu yang cocok untuk rumah makan Anda? Di bawah ini kami menjelaskan pentingnya suara dan musik di rumah makan Anda, cara untuk menyusun playlist musik, dan bagaimana untuk mendapatkan lisensi musik untuk rumah makan Anda.

10 Tips Memilih Musik Lagu Yang Cocok Untuk Rumah Makan 1

Mengapa Musik / Lagu Yang Cocok Untuk Rumah Makan Penting?

Sebelum kita bahas tips memilih musik yang cocok untuk rumah makan, kita bahas 2 alasan utama mengapa hal tersebut penting.

Musik yang cocok untuk restoran penting karena memiliki potensi meningkatkan kepuasan para tamu, dan musik tertentu telah terbukti untuk meningkatkan penjualan.

Musik / Lagu Yang Cocok Untuk Rumah Makan Membuat Ambiance Unik Anda

Gerardo Gonzalez, seorang chef terkenal menegaskan bahwa musik merupakan “Indikator pertama dan terkuat untuk membentuk konsep rumah makan dan branding sebuah rumah makan / restoran.”

Sebuah restoran sebagian besar berkesan dan menyenangkan karena suasana yang dibentuknya. Cara masing-masing restoran memainkan indra dan emosi membantu menunjukkan suasana keseluruhan. Rasa makanan, pelayanan prima, dan estetika ruangan semua harus menggabungkan untuk menerjemahkan branding sebuah rumah makan. Suara dan musik adalah bagian penting dari desain Anda dan dapat meningkatkan (atau sangat mengurangi dari) perasaan pelanggan restoran Anda.

Musik / Lagu Yang Cocok Untuk Rumah Makan Dapat Menaikkan Penjualan dan Lead Untuk Membuat Pelanggan Happy

Penelitian oleh Soundtrack Your Brand (perusahaan Spotify) membuktikan tentang pentingnya musik / lagu rumah makan. Dalam studi tersebut, hampir 2 juta transaksi dan 16 restoran dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain “brand fit music,” atau musik yang mengekspresikan kepribadian merek Anda, emosi positif diinduksi antara pelanggan dan penjualan mengangkat.

Tips Memilih Musik / Lagu Yang Cocok Untuk Rumah Makan

Memiliki playlist music yang cocok untuk rumah makan Anda merupakan komponen lain dari pekerjaan desain interior yang harus Anda lakukan. Hal ini memerlukan pemikiran yang cermat dan perhatian penuh.

Di bawah ini kami menyediakan Anda dengan tips untuk memilih musik yang cocok untuk restoran Anda.

  1. Mencocokkan dengan branding yang Anda bangun. Ini adalah aspek yang paling penting untuk menciptakan sebuah playlist musik / lagu restoran yang efektif.
  2. Membuat playlist musiK / lagu cukup panjang Anda panjang, atau sering memperbarui daftar putar Anda. Anggota staf dan tamu yang datang kembali akan menghargai variasi ini.
  3. Tetap dinamis. Lagu music yang diputar sesuai dengan suasana yang Anda ingin bangun namun tidak semua perlu terdengar sama. Cobalah beralih ke genre, band, dan tempo.
  4. Bedakan musik Anda berdasarkan waktu hari. Tips sederhana memilih lagu yang cocok untuk rumah makan adalah membagi playlist Anda ke tingkat energi yang berbeda, atau membuat beberapa playlist yang berbeda.
    1. Sarapan- Tenang, musik yang mengangkat
    2. Brunch (Sarapan Siang) and Makan Siang – lagu Sedikit lebih energik
    3. Happy hour – music yang hidup
    4. Makan malam- Sebuah campuran yang dinamis
    5. Makan Malam Larut – Musik sedikit upbeat
  5. Jangan memutar musik terlalu keras. Jika Anda atau tamu Anda harus menaikkan suara untuk didengar, itu terlalu keras. Anda juga bisa mendapatkan aplikasi untuk mengukur desibel (dB) tingkat. Percakapan dan musik gabungan tidak harus mencapai lebih dari 70 atau 80 dB, jika tamu akan memiliki waktu yang sulit mendengar satu sama lain. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran dari waktu ke waktu.
  6. Meningkatkan volume jika ada lebih banyak tamu. Manusia menyerap sekitar 0,3 dB rata-rata, sehingga Anda akan sebaiknya mengubah atau mengurangi volume.
  7. Memainkan tempo lambat musik untuk mendorong para tamu untuk berlama-lama. Jika Anda tidak mencoba untuk mengganti pelanggan pada titik tertentu di malam hari, musik lambat dapat mendorong pengunjung untuk tetap tinggal, berpotensi memesan makanan penutup atau minuman tambahan sebelum meninggalkan.
  8. Naikkan tempo musik jika ingin mengganti pelanggan. Musik lebih cepat bisa membuat tamu merasa seperti sudah menghabiskan lebih banyak waktu daripada sebenarnya memiliki, yang menyebabkan peningkatan omset per meja.
  9. Pertimbangkan bermitra dengan para ahli musik. Konsultasi dengan musisi, komposer, dan orang-orang yang memenuhi syarat lain untuk membantu Anda membuat daftar putar. Anda juga dapat menjangkau perusahaan yang mengkhususkan diri dalam mengoptimalkan musik untuk restoran:
    1. Gray V
    2. Soundtrack Your Brand
    3. rockbot
  10. Selidiki layanan musik. Cari pra-dibuat playlist atau membuat sendiri dengan layanan musik ini. Jika menggunakan mereka, Anda akan ingin memastikan Anda memiliki pilihan akun bisnis yang tepat.
    1. Spotify memiliki sejumlah daftar putar musik restoran-spesifik. Atau, memutar radio Spotify lagu, artis, atau album yang mengekspresikan merek Anda dengan baik.
    2. Pandora radio memungkinkan Anda untuk memainkan musik yang terkait dengan artis atau lagu tertentu yang berkomunikasi suasana Anda.

10 Tips Memilih Musik Lagu Yang Cocok Untuk Rumah Makan

Lisensi musik untuk Restoran

Setelah Anda memilih musik/lagu yang cocok untuk rumah makan, jangan lupa bahwa musik / lagu tersebut merupakan milik seseorang. Didalamnya terdapat hak cipta yang dilindungi undang-undang.

Sebuah lisensi musik memberikan Anda hak untuk memutarkan musik dalam konteks tertentu, seperti bar, restoran, atau toko ritel. Hal ini bisa juga dianggap sebagai lisensi performance public yang diatur oleh undang-undang.

Memiliki lisensi yang tepat untuk rumah makan Anda penting untuk menghindari masalah hukum dan biaya tambahan. Jika restoran Anda memainkan musik tanpa izin, hukumannya bisa mencapai 1 milyar rupiah.

Cara mendapatkan lisensi Restaurant Musik

Berikut adalah pilihan utama memainkan music / lagu secara legal di restoran Anda. Sayangnya, langganan pribadi tidak bisa digunakan dikawasan komersial public.

  1. Membayar kepada Asosiasi Musik. Organisasi-organisasi ini berfungsi sebagai perantara antara pengguna musik dan penyanyi, memastikan seniman kompensasi untuk pekerjaan mereka. Biaya lisensi tergantung pada jenis tempat, ukuran fisik, dan kapasitas tempat duduk. Berikut adalah beberapa asosiasi yang bisa dihubungi:
    • KCI;
    • ASIRI;
    • PAMI;
    • AMI
  1. Bayar Layanan Musik Solutions. Dapatkan akun bisnis dari layanan streaming atau membayar sebuah perusahaan yang berfokus pada membuat playlist musik yang sesuai konsep dan branding rumah makan Anda. Pilihan ini berlisensi untuk bisnis dan termasuk biaya kepada asosiasi music. Layanan ini biasanya membayar biaya atas nama Anda, dan Anda membayar perusahaan. Berikut adalah beberapa contoh dari layanan solusi musik:
    • Spotify untuk bisnis;
    • Pandora untuk Bisnis

Untuk membuat pengalaman menyenangkan bagi para tamu yang ingin kembali, maka memainkan musik / lagu yang cocok untuk rumah makan Anda dan dapat mengekspresikan branding Anda merupakan hal penting.

Volume dan tempo juga dipikirkan baik-baik untuk menciptakan pengalaman suara untuk tamu. Ketika memilih dengan bijaksana, music / lagu  latar yang cocok untuk rumah makan akan memiliki potensi untuk meningkatkan suasana dan pada akhirnya meningkatkan penjualan Anda.

Penutup Tips Memilih Musik/Lagu Yang Cocok Untuk rumah makan

Demikian uraian kami tentang “10 Tips Memilih Musik/Lagu Yang Cocok Untuk Rumah Makan”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!