7 Tips Mudah Konten Instagram Restoran Untuk Marketing

Media social seperti instagram memiliki potensi sebagai media marketing yang sangat efektif dan dapat meningkatkan penjualan Anda dan menambah margin laba restoran, dapatkan 7 tips mudah bagimana menggunakan konten instagram restoran dengan tujuan marketing.

Konten Instagram Restoran Untuk Marketing

Mengapa Menggunakan Konten Instagram Restoran Untuk Marketing?

Menyiapkan Instagram untuk restoran Anda tidak hanya memungkinkan Anda untuk berbagi gambar yang menarik dari makanan Anda. Instagram juga menciptakan ruang untuk berinteraksi dengan pelanggan sebelum dan setelah mereka meninggalkan restoran.

Apa bagian terbaik dari media sosial? Banyak media social dapat digunakan sebagai iklan gratis untuk restoran Anda. Hal ini juga berlaku untuk instagram, walaupun mereka menyediakan juga channel berbayar.

Baca Juga:

5 Tips Cara Membuat Web Rumah Makan (Plus 3 Website Gratisan)
5 Trend Digital Marketing Untuk Restoran Tahun 2020-2021

Jadi mari kita lihat tips konten instagram restoran yang dapat digunakan sebagai medium pemasaran digital Anda.

Tips Konten Instagram Restoran Untuk Marketing

Penggunaan instagram dengan tujuan personal untuk bersosialisasi dan seseorang dengan tujuan bisnis tentu berbeda. Namun, pendekatan personal dengan tujuan bisnis tetap harus menjadi dasar Anda berinteraksi. Kekuatanmedia social terletak pada kedekatan antar individu.

Jadi, gunakan akun bisnis Anda sebagai Anda yang hidup bukan sebagai bangunan restoran yang mati. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimalkan media social instagram ini.

Berikut adalah beberapa tips menjadikan konten instagram restoran menjadi bahan marketing dan meningkatkan kunjungan.

  1. Sesuaikan Dengan Branding
  2. Mudah Dicari dan Ditemukan
  3. Integrasikan Instagram dengan Iklan Lainnya
  4. Berinteraksi dengan Pengikut dan Beri Hadiah
  5. Jadikan Restoran dan Makanan Anda Instagrammable
  6. Bagikan Video dan Cerita
  7. Tips Fotografi Makanan

Mari kita bahas satu-satu apa-apa saja yang harus Anda lakukan dengan akun instagram untuk tujuan bisnis restoran:

1. Sesuaikan Dengan Branding

Tips pertama menjadiakan konten instagram restoran sebagai bahan pemasaran adalah bahwa konten harus sesua dengan branding restoran Anda. Ini berlaku untuk suara dan estetika Anda. Ikuti tone tertentu di semua posting Anda, dan buat halaman yang mencakup tampilan branding Anda.

Misalnya, jika Anda mengoperasikan restoran dengan tema jazz. Anda mungkin hanya buka di malam hari dan memiliki pertunjukan jazz. Halaman Anda mungkin memiliki gambar yang menampilkan kayu gelap, dan foto-foto musisi. Keterangannya mungkin lucu, atau mungkin memiliki nada informatif dan berbicara tentang apa itu music jazz dan sejarah jazz.

Di sisi lain, jika Anda mengoperasikan tempat kasual-cepat, halaman Anda mungkin menampilkan gambar dengan cahaya terang dengan teks pendek.

Yang paling penting adalah Anda konsisten pada halaman Anda. Dengan cara ini, para tamu dan pengikut akan merasa puas ketika mereka melihat bahwa terus menerus menampilkan branding secara konsisten dan menawarkan apa yang telah mereka harapkan.

2.Mudah Dicari dan Ditemukan – Konten Instagram Restoran

#Hashtag #tanda pagar

Pilih nama pengguna Instagram yang mudah dikenali, dan gunakan kata kunci bisnis yang relevan di profil Anda untuk membantu meningkatkan hasil pencarian Anda. Beri tag pada posting dengan tagar, dan pastikan untuk membuatnya relevan dengan merek, gambar, dan lokasi sehingga pengguna dapat menemukan Anda.

3. Integrasikan Instagram dengan Iklan Lainnya

Karena tujuan Anda menggunakan kontens instagram restoran sebagai iklan, maka sebaiknya kontennya diintegrasikan. Buatlah kontennya sanada dengan marketing campaign yang sedang dilakukan. Misalnya saat ini marketing campaiagn tentang menu makanan baru, maka konten instagram Anda harus juga sesuai dengan temanya.

Integrasikan Instagram dengan semua akun media sosial Anda.

Meskipun pelanggan Anda tidak memiliki atau mengikuti Anda disalah satu media social, namun tetap sharing konten tersebut di media social lain. Jadi mereka masih dapat mengikuti Anda di Facebook, Twitter, peinterest atau linkedin. Bagikan foto di semua jaringan Anda untuk meningkatkan tampilan dan mendapatkan pengikut.

Memanfaatkan fitur sematan Instagram – Konten Instagram Restoran

Anda dapat menambahkan foto dan video ke situs web atau blog restoran Anda, meskipun Anda bukan penyihir kode HTML. Fitur embed web yang mudah digunakan ini memungkinkan Anda menyalin dan menempelkan kode foto Instagram dengan mudah menempatkan gambar di situs web atau blog Anda.

Buat Postingan Yang Ramah Twitter – Konten Instagram Restoran

Simpan jumlah kata tulisan Instagram Anda di bawah 280 karakter. Teks yang lebih panjang dari itu akan terpotong jika seseorang membagikan salah satu gambar Anda di Twitter.

Print Alamat Akun Instagram Anda di dalam dan di sekitar ruang Anda.

Pertimbangkan untuk mencetak nama akun Anda di emdia social. Cetak alamat instagram Anda dan Twitter langsung ke menu di restoran Anda. Dengan begitu, pelanggan hanya perlu melihat menu untuk memberi tag Anda di pos foodie terbaru mereka.

Pertimbangkan juga untuk menampilkan akun Anda di trotoar sign bagi mereka yang berjalan atau mengemudi di tempat usaha Anda.

Ingatlah bagaimana kelakuan konsumen Anda ketika mengintegrasikan media sosial ke dalam rencana pemasaran restoran Anda. Sebagai contoh, restoran cepat-kasual cenderung menarik lebih banyak orang yang memiliki hashtag. Namun, tempat makan kelas atas dengan basis klien yang lebih tua mungkin bukan tempat terbaik untuk mencetak alamat media sosial langsung di daftar menu.

Integrasikan Instagram dengan Iklan Lainnya

4. Berinteraksi dengan Pengikut dan Beri Hadiah – Konten Instagram Restoran

Selain dari pendekatan personal, kunci dari media social yang lain adalah interaksi. Banyaklah berinteraksi dengan konsumen Anda di media social atau membuat postingan-postingan yang memancing interaksi:

Berikut diantaranya:

Buat posting yang Harus Diisi

Ikuti jejak beberapa restoran yang telah memiliki puluhan ribu follower. Salah satu idenya adalah membuat postingan kosong yang bisa disi  follower Anda. Misalnya, jika nama restoran Anda “Haru Membiru” dengan konsep desert restoran berwarna biru maka postinglah “Rasa Es Krim #HaruMembiru terbaik adalah ____”.

Minta pendapat pelanggan – Konten Instagram Restoran

Jangan sungkan meminta pendapat pelanggan, misalkan Anda menawarkan rasa es krim, minuman, atau hidangan baru.

Minta pelanggan Anda untuk membantu Anda memberikannya nama!

Dengan mmelibatkan pelanggan dalam proses, mereka akan merasa terdorong untuk terus mengikuti Anda untuk mempelajari hasil akhir dari kontes.

Adakan Foto Challenges.

Dorong pelanggan untuk berbagi foto dan menambahkan tag restoran Anda. Mintalah pengikut untuk memposting tempat restoran di lokasi ickonik kota Anda.  Hal lain adalah beri nama dan hashtag restoran Anda pada gambar makanan mereka di restoran Anda.

Tawarkan kartu hadiah pemenang, makanan gratis, atau hadiah serupa.

Hadiahi Pelanggan Yang Sharing – Konten Instagram Restoran

Dorong pelanggan Anda yang Instagram-nya memiliki follower 300 orang atau lebih untuk memposting foto yang menyebutkan restoran Anda dan beri mereka dengan hadiah gratis. Bagaimanapun, mereka telah mengiklankan restoran Anda ke calon pelanggan secara gratis.

5. Jadikan Restoran dan Makanan Anda Instagrammable

Buatlah suasana restoran dan presentasi makanan Anda instgramable. Dengan hal ini, Anda tidak hanya akan memiliki hasil pemotretan yang lebih berkualitas, tetapi tamu Anda akan lebih cenderung aktif. Mereka akan mengambil foto dan membagikannya jika bisnis makanan Anda memiliki hidangan yang menarik dan dekorasi yang menarik.

Pertimbangkan untuk meningkatkan presentasi makanan atau pasang dekorasi baru, seperti dinding tanaman, bunga di atas meja, atau lampu berkelap-kelip. Dekorasi yang menawan akan menciptakan latar belakang yang menarik dan getaran yang ingin ditangkap oleh para tamu. Mereka mungkin akan menandai bisnis Anda di foto, terutama jika mereka dapat dengan mudah menemukan pegangan Instagram Anda.

Dengan cara ini, Anda mendapatkan iklan gratis dan paparan pengikut tamu Anda yang akan mengetahui bisnis Anda dan dapat mengikuti Anda atau mengunjungi di masa depan.

Konten Instagram Restoran Untuk Marketing Jadikan Restoran dan Makanan Anda Instagrammable

6. Bagikan Video dan Cerita – Konten Instagram Restoran

Video dan cerita memungkinkan Anda untuk mengambil interaksi pelanggan satu langkah lebih jauh. Mereka memberi Anda kesempatan untuk berbagi aksi di belakang layar. Mereka juga menambahkan sentuhan pribadi dan membuat pengikut Anda merasa disertakan. Berikut adalah beberapa ide untuk membuat video dan cerita yang menarik:

  • Kenalkan pengunjung ke koki Anda yang sedang bekerja di dapur
  • Tanya pengunjung untuk ulasan (dapatkan izin sebelum memposting!)
  • Perlihatkan suntikan bahan “sebelum”, proses persiapan makanan, dan hidangan terakhir yang disajikan

7. Tips Fotografi Makanan

Jika mengambil foto Anda sendiri, penting untuk memahami beberapa hal dasar tips fotografi makanan. Dengan cara ini, Anda dapat mengambil gambar berkualitas tinggi dan berbagi konten yang dipoles tanpa menyewa seorang fotografer profesional. Lihat saran kami di bawah ini untuk mengambil foto makanan yang luar biasa.

Pencahayaan

Saat memamerkan makanan pembuka Anda, hindari menggunakan lampu kilat dan lampu overhead yang keras. Sebagai gantinya, potret foto di dekat jendela atau sumber cahaya yang lebih lembut untuk penampilan yang tampak alami.

Buat aksi dengan alat-alat dapur sederhana.

Tempatkan sumpit dengan sushi, atau sendok yang diletakkan di semangkuk sup. Tambahkan sepotong perak ke piring berlapis. Tingkatkan drama gelas minuman dengan menunjukkan botol minumannyar. Tambahkan aksen pada minuman campuran dengan menempatkan es batu dan percikan air di sekitar gelas saji. Anda juga dapat menyertakan orang yang berinteraksi dengan makanan atau minuman, yang membuatnya tampak lebih menarik.

Tips Fotografi Makanan

Tambahkan tekstur – Konten Instagram Restoran

Saat memotret makanan dengan tekstur “lembek” (seperti sup, sup, atau es krim), tambahkan hiasan yang kontras dalam warna dan tekstur dari piring untuk menambah dimensi yang lebih jelas pada foto. Misalnya, warna beri yang cerah adalah aksen yang bagus untuk es krim dan sorbet, sementara hiasan hijau yang kaya seperti peterseli menambah dimensi pada sup.

Filter gambar sebelum Posting.

Sedikit penyaringan berjalan jauh untuk meningkatkan kualitas gambar Anda. Aplikasi seperti Snapseed, Afterlight 2, dan A Color Story semuanya populer untuk berbagai penyesuaian, seperti koreksi warna dan eksposur. Mereka juga memiliki beragam filter untuk dipilih yang tidak tersedia di Instagram.

Kembangkan Skenario- Konten Instagram Restoran

Jangan hanya memamerkan item menu Anda! Ambil gambar yang hangat dan mengundang dari interior restoran Anda. Ambil foto staf Anda yang bekerja atau tamu yang menikmati makanan mereka (tentu saja dengan izin mereka).

Harap dicatat – jika Anda menunjukkan kepada staf, pastikan mereka mempraktikkan prosedur yang aman untuk makanan (seperti mengenakan sarung tangan) untuk menghindari umpan balik negatif untuk penanganan makanan yang tidak aman yang ditangkap melalui gambar.

Ikuti Aturan Ketiga.

Jangan hanya mengambil foto depan dan tengah, gunakan aturan pertiga untuk membuat gambar yang menarik. Seperti ditunjukkan pada gambar,bayangkan foto Anda dipecah menjadi tiga (baik secara horizontal dan vertikal), sehingga Anda memiliki sembilan bagian total.

Tempatkan titik menarik di titik persimpangan (ditunjukkan dengan warna merah) untuk gambar yang lebih seimbang. Sebagai contoh, lihat cangkir kopi yang mengepul, yang bertemu di titik persimpangan.

Penutup Konten Instagram Restoran Untuk Marketing

Instagram adalah peluang bagus untuk mengiklankan bisnis jasa makanan Anda. Dengan mengikuti tips kami, Anda dapat meningkatkan pengikut Anda, melibatkan pengikut Anda, dan meningkatkan basis tamu Anda.

Demikian uraian kami tentang “7 Tips Mudah Konten Instagram Restoran Untuk Marketing”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!