12 Hal Terburuk & Paling Umum Kesalahan Marketing Untuk Restoran

12 hal kesalahan marketing untuk restoran ini perlu Anda hindari, kesalahan merupakan kesalahan kecil dan umum dan mudah undtuk diperbaiki. Jadi segera perbaiki dan hindari ini untuk meningkatkan penjualan restoran Anda.

Kesalahan Marketing Untuk Restoran

Mengapa Perlu Mengetahui Kesalahan Marketing Untuk Restoran?

Terlalu sering restoran kehilangan peluang untuk meningkatkan bisnis mereka dengan menarik pengunjung yang lapar.

Dengan meningkatnya persaingan dan meningkatnya permintaan konsumen, maka strategi pemasaran yang efektif dapat berarti perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan.

Anda melakukan banyak hal untuk membuat restoran Anda sukses. Jangan sia-siakan upaya Anda tersebut dengan melakukan kesalahan terburuk marketing untuk restoran yang umum dilakukan.

Untuk mempertajam strategi marketing restoran Anda dapat mendownload panduan kamu tentang Panduan Lengkap Pemasaran Rumah Makan dan Restoran disini.

Baca Juga:

6 Komponen Wajib Dalam Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran
10 Elemen Branding Restoran Agar Merk Menempel Di Hati Konsumen
9 Strategi Pemasaran Restoran Baru dan lama Yang Terbukti Efektif

Hal Terburuk Kesalahan Marketing Untuk Restoran

Strategi pemasaran untuk restoran gampang-gampang susah. Gampang karena semua metode telah tersedia. Susah karena memanfaatkannya membutuhkan media dan waktu yang tepat. Sehingga banyak kesalahan umum dan kecil yang sering dilakukan restoran dalam hal pemasaran.

Jadi, hindari 12 Hal Terburuk & Paling Umum Kesalahan Marketing Untuk Restoran ini:

  1. Pencitraan Merek Atau Branding Yang Tidak Konsisten
  2. Mengabaikan Media Social
  3. Tidak Mengklaim Bisnis Anda di Google
  4. Tidak Menganggarkan Biaya Marketing
  5. Tidak Mengukur Pemasaran Anda
  6. Kehilangan Manfaat Sebenarnya Dari Program Loyalitas Restoran
  7. Mendiamkan Database Pelanggan Yang Berharga
  8. Mengirim Terlalu Banyak Email Promosi
  9. Tidak Mengerti Tentang SEO
  10. Pelit Pada Fotografi
  11. Menghilang di Smartphone
  12. Menolak Beradaptasi Dan Berevolusi

Mari kita bahas, kedua belas kesalahan tersebut satu per satu sehingga Anda dapat menghindarinya:

1. Pencitraan Merek Atau Branding Yang Tidak Konsisten

Tentukan konsep dan branding rstoran ANda dan tetap focus dengan itu. Gunakan itu untuk menjadi pendorong di balik pesan dan strategi pemasaran. Situs web restoran, saluran media sosial, dan semua bahan dalam toko harus mendukung merek unik Anda.

Jika Anda adalah restoran fine dining yang berfokus secara berkelanjutan, bangun pesan pemasaran yang menunjukkan dari mana makanan Anda berasal dan bagaimana hal itu menciptakan pengalaman yang luar biasa.

Hindari apa pun yang tampaknya tidak mendukung misi itu.

2. Mengabaikan Media Social – Kesalahan Marketing Untuk Restoran

Semua restoran harus memiliki kehadiran di semua media sosial. Hanya karena Anda bukan pengguna Facebook yang rajin, tidak berarti itu tidak cocok untuk bisnis Anda.

Channel sosial memberikan calon konsumen pandangan ke dalam restoran, membantu membangun hubungan, dan tetap menjadi perhatian utama para tamu. Ambil kesempatan ini untuk menjadi bagian dari percakapan.

Mengabaikan Media Social

Tentukan saluran media sosial mana yang paling sering digunakan oleh pelanggan Anda dan buat bisnis Anda dapat diakses di sana.

Baca lebih banyak strategi pemasaran di media social.

3. Tidak Mengklaim Bisnis Anda di Google

Google Bisnisku atau Google My Business (GMB), menempatkan informasi restoran Anda di peta, secara harfiah. Dengan mengklaim bisnis Anda, Anda dapat memperbarui jam, situs web, menu, dan data penting lainnya yang perlu diketahui tamu Anda.

Google memprioritaskan daftar ini dan menunjukkannya pertama kali dalam hasil pencarian.

Dengan mendaftar GMB, Anda memastikan bahwa informasi paling penting (lokasi, nomor telepon, jam, dll) segera muncul ketika bisnis Anda dicari secara online.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang Google Bisnisku untuk restoran disini.

Ini juga membuka jalan untuk meluncurkan iklan online lokal yang ditargetkan seperti Google Adwords.

4. Tidak Menganggarkan Biaya Marketing – Kesalahan Marketing Untuk Restoran

Agar pemasaran berdampak pada keberhasilan bisnis Anda, Anda harus mengalokasikan anggaran untuk mendukungnya. PHRI melaporkan restoran biasanya menghabiskan sekitar 3% dari pendapatan bulanan untuk program pemasaran.

Tidak Menganggarkan Biaya Marketing

Rekomendasi umum biasanya berkisar antara 2 – 10%. Di mana Anda menghabiskan anggaran pemasaran akan bervariasi berdasarkan jenis bisnis, tetapi banyak ahli mendorong pemilik restoran untuk fokus pada pemasaran digital dan seluler. Hal ini khususnya pada optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO), Google Bisnisku atau Google My Business (GMB), dan media sosial.

5. Tidak Mengukur Pemasaran Anda – Kesalahan Marketing Untuk Restoran

Untuk restoran, efektivitas semua metode pemasaran sekarang dapat diukur.

Baik dengan melacak kunjungan ke situs web, klik pada iklan online, pertumbuhan pengikut media sosial, atau peserta di acara khusus. Investasi Anda dalam pemasaran dan membangun branding harus dikaitkan dengan metrik tertentu.

Anda akan memiliki waktu yang jauh lebih mudah membenarkan biaya pemasaran dengan mendefinisikan Indikator Kinerja Utama (KPI) sebelumnya untuk mengukur efektivitas program Anda.

6. Kehilangan Manfaat Sebenarnya Dari Program Loyalitas Restoran

Data merupakan sebuah kekuatan. Program loyalitas restoran yang terintegrasi adalah  cara yang efektif untuk mengumpulkan data dari tamu. Hal ini memberi insentif tamu yang loyal sekaligus untuk tetap berkomunikasi.

Selain itu, hal ini sambil memungkinkan restoran Anda menjalankan kampanye pemasaran yang ditargetkan dan mendorong transaksi yang berulang.

Program loyalitas harus disesuaikan agar sesuai dengan merek restoran Anda dan menawarkan nilai lebih secara langsung dan sering kepada semua yang mendaftar.

7. Mendiamkan Database Pelanggan Yang Berharga

Database informasi tamu melalui program loyalitas atau mailing list tidak berguna tanpa adanya strategi komunikasi. Miliki rencana untuk memanfaatkan informasi kontak yang berharga itu. Email, teks SMS, media sosial, dan iklan bertarget siap membantu Anda dengan basis data pelanggan yang kuat.

Tergantung pada branding restoran Anda, para tamu mungkin akan menghargai kupon dan kode promo atau pemberitahuan tentang jenis makanan dan acara yang akan di launching. Pemasaran melalui promosi, dalam jumlah yang tepat adalah taktik yang berharga untuk restoran dan basis pelanggan setia Anda.

8. Mengirim Terlalu Banyak Email Promosi – Kesalahan Marketing Untuk Restoran

Alasan pertma dan utama orang berhenti berlangganan dari email adalah mereka terlalu sering menerimanya. Nilai potensial yang sangat besar dari basis data pelanggan hilang jika tamu berhenti berlangganan dari pesan Anda.

Waktu dan frekuensi email yang optimal akan bervariasi berdasarkan industri. Data meunujukan bahwa kebanyakan orang masih terbuka untuk menerima email promosi setidaknya sebulan sekali.

Mengirim Terlalu Banyak Email Promosi - Kesalahan Marketing Untuk Restoran

Coba berikan opsi berlangganan yang berbeda (yaitu: buletin bulanan, kode diskon mingguan) untuk melihat irama mana yang paling populer di antara tamu Anda.

Jadi alihkan tombol “berhenti berlangganan” pada email, kirim mereka ke halaman “kelola preferensi email” di mana mereka dapat berhenti berlangganan atau beralih ke irama yang berbeda.

9. Tidak Mengerti Tentang SEO

Search Engine Optimization (SEO) yang efektif memang membutuhkan beberapa pengetahuan teknis. SEo akan membuat atau menghancurkan “kemampuan menemukan” restoran ditemukan Anda.

Dengan begitu banyak lalu lintas pencarian untuk Makanan & Minuman (lihat No 11), jelas bahwa situs web restoran dengan kata kunci yang dioptimalkan akan menang.

Jika seseorang mencari “Ayam Geprek Bandung,” maka website dengan strategi SEO restoran yang akan menentukan restoran mana yang muncul dalam hasil pencarian.

Jika Anda memiliki coffee shop di daerah Dago bandung, sangatlah penting untuk muncul di google map. Kami dapat membantu Anda membuatkan website yang sudah dilengkapi dengan SEO sehingga usaha Anda dapat muncul di google dan google map.

Untuk panduan lengkap, Anda dapat melihat artikel kami tentang SEO restoran.

10. Pelit Pada Fotografi – Kesalahan Marketing Untuk Restoran

Gambar merupakan alat bercerita yang kuat, khususnya online dan di media sosial. Satu studi menunjukan bahwa 84% dari komunikasi online akan menjadi visual pada tahun 2018.

Foto dapat membangkitkan perasaan kuat di pemirsa. Air liur tergoda hanya dengan melihat jicy hamburger yang sedang dipanggang api. Hanya melihat gambar lantai dansa yang semarak bisa memberi energy. Anda dapat bereaksi terhadap foto-foto makanan dan membayangkan betapa lezatnya makanan tanpa pernah mencicipinya.

Jadi investasikan uang Anda pada foto berkualitas tinggi untuk makanan dan interior. Selain hal ini untuk membangun branding dan membangkitkan reaksi positif langsung.

11. Menghilang di Smartphone – Kesalahan Marketing Untuk Restoran

Gagal memprioritaskan pengalaman seluler adalah kesalahan yang sangat mahal.

Pencarian hanya dari perangkat seluler menghasilkan lebih dari 60% dari total volume pencarian. Selain itu kata “Makanan dan Minuman” merupakan kategori yang paling dicari di perangkat seluler. 72% pencarian dalam kategori ini dimulai dari perangkat seluler.

Pada intinya restoran Anda harus mudah ditemukan dari telepon. Itu berarti situs web yang ramah seluler, akun Google Bisnisku, dan profil media sosial yang kaya informasi.

Lebih banyak tips dan trik serta kiat untuk pemasaran ramah seluler dapat ditemukan disini.

12. Menolak Beradaptasi Dan Berevolusi

Beradaptasi atau mati!!!

Yang tidak berubah hanya perubahan itu sendiri!!

Kesalahan Marketing Untuk Restoran Menolak Beradaptasi Dan Berevolusi

Tetaplah buka mata terhadap perkembangan industri, pesaing, dan lingkungan Anda. Strategi pemasaran Anda harus dimodifikasi dan terus dimodifikasi untuk mengakomodasi perubahan lingkungan yang tak terhindarkan.

Mungkin lingkungan menjadi lebih mewah dari waktu ke waktu; mungkin rantai besar telah muncul di sebelah dan orang-orang akan mencari opsi “lokal”. Mungkin masalah keamanan pangan yang meluas telah mengakibatkan keengganan terhadap makanan laut.

Waspadai semua perubahan ini di pasar dan sesuaikan strategi pemasaran restoran Anda.

Penutup Kesalahan Marketing Untuk Restoran

Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, Anda harus segera memperbaikinya dan akan segera melihat hasilnya. Kesalahan-kesalahan umum ini mudah dan murah untuk dapat diperbaiki. Meskipun beberapa memerlukan budget agar lebih optimal. Namun dibandingkan hasil yang akan segera didapat, hal tersebut sebanding untuk dilakukan.

Demikian uraian kami tentang “12 Hal Terburuk & Paling Umum Kesalahan Marketing Untuk Restoran”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!

Dengan Software Aplikasi MS Excel ini, Anda dapat menghitung:

  1. Biaya Modal Awal Usaha Rumah Makan;
  2. Biaya Operasional Usaha Rumah Makan;
  3. Perkiraan Revenue Usaha Rumah Makan;
  4. Indikator Kelayakan Usaha Rumah Makan spt BEP/BCR/IRR
error: Alert: Content is protected !!