Jenis-Jenis Restoran - Terrace Restaurant

21 Pengertian Terlengkap tentang Jenis-Jenis Restoran [menurut para ahli]

Artikel kali ini akan menguraikan tentang 21  jenis-jenis restoran dan  pengertiannya, yang sebelumnya akan diurai bagaimana sejarah restoran ini bisa muncul.

Untuk menjadi pengusaha restoran / rumah makan , anda harus dapat melakukan perhitungan bisnis restoran dan mengetahui berapa modal membuka restoran kecil. Keduanya telah diuraikan pada artikel Menghitung Modal Usaha Rumah Makan (5 Langkah Wajib). Saat ini kami akan memberikan contoh konsep restoran sehingga anda mengetahui contoh perencanaan bisnis restoran.

Sejarah Restoran

Sejarah restoran dimulai pada awal 1600-an dimulai di Perancis sampai dengan zaman kerajaan Roma pada awal abad kedua. Restoran atau restaurant sendiri berasal dari bahasa perancis restaurer atau restore yang memiliki makna “pembangkitan tenaga”.

Pada saat itu, istilah tersebut menunujukan pada makanan berupa sup yang mengandung kaldu. Hal ini sangat berbeda dengan arti kata restoran yang dipakai pada awal abad ke-18.

Pada saat itu (abad ke-18), pengertian restoran didefinisikan sebagai ruang kecil disebuah pondokan (tavern) dimana tempat para turis makan untuk mengisi perutnya. Makanan yang dihidangkan hanya berupa makanan simpel dan sederhana berbahan baku tumbuhan dan/atau hewan yang berada disekitaran pondok tersebut.

Pada tahun 1782 terjadi terobosan ketika sebuah restoran di Jalan Richelieu di Kota Paris, menulis daftar menu makanan untuk konsumennya. Makanan tersebut disajikan untuk masing-masing konsumen orang per orang. Menu yang dikeluarkannya pun dikeluarkan setahap demi setahap sesuai dengan urutan etika makan.

Perkembangan pesat bisnis restoran ini terjadi pada saat Revolusi Perancis. Pada saat itu, terjadi pembubaran “ guild” (serikat kerja para tukang dan pengrajin) yang memiliki wewenang mengatur izin kerja dan usaha. Dengan pembubaran serikat tersebut maka peluang untuk membuka bisnis restoran menjadi lebih mudah.

Pelayan dan chef kaum borjuis atau bangsawan melihat peluang bisnis restoran ini. Hal ini dikarenakan banyak dari pelayan dan/atau chef tersebut kehilangan majikan yang mempekerjakannya dikarenakan majikannya yang melarikan diri atau terkena hukum pancung.

Bisnis restoran ini semakin berkembang dengan derasnya arus urbanisasi. Banyak restoran yang ditujukan untuk masyarakat kelas menengah yang sedang berkembang. Masyarakat middle class ini terdiri dari para professional dan owner bisnis.

Jenis-Jenis Restoran secara Umum

Sehingga sampai saat ini, meskipun dikatakan bahwa dari berbagai aspek bahwa restoran memiliki lebih dari 20 jenis, namun secara global bisa dikatakan ada 2 golongan restoran, yaitu :

  1. Casual Restaurant, atau restoran non formal yang menyajikan masakan sehari-hari yang ditujukan untuk para pekerja yang tidak memungkinkan untuk makan dirumah sendiri.
  2. Fine Dining Restaurant, atau restoran formal yang memiliki selain tampilan eksklusif. Makanan dan peralatannya yang disajikannya pun lebih mewah dan artistik.

Jenis restoran non formal (Casual Restaurant) ini terpengaruh oleh gaya hidup orang Amerika. Sebagai contoh:

  • Cafetaria (restoran dilingkungan kantor atau sekolah)
  • Rest-stop restaurant (restoran dipinggir jalan raya)
  • Fast food restaurant (restoran yang menyajikan makanan/minuman dalam waktu singkat)

Jenis-jenis restoran dan pengertiannya yang lain dapat dilihat pada bagian selanjutnya.

Baca juga:

Ternyata Ini Tokoh kuliner Indonesia Penggagas Warung Tegal!

Jenis-jenis Restoran

Terdapat paling sedikit 21 jenis-jenis restoran menurut para ahli yang dibagi berdasarkan jenis-jenis pelayanan restoran, kegiatan di restoran dan fasilitas restoran secara umum.

Menurut Wojowasito dan Poerwodarminto, paling sedikit ada 21 jenis-jenis restoran yang wajib anda ketahui untuk dapat menemukan contoh konsep restoran yang ingin anda tentukan.

1.     A’la Carte Restaurant

Jenis pertama dari 21 jenis-jenis restoran adalah A’la Carte Restaurant. Restoran ini adalah restoran yang mendapatkan izin penuh untuk menjual makanan lengkap dengan banyak variasi di mana tamu bebas memilih sendiri makanan yang mereka inginkan. Tiap-tiap makanan di dalam restoran ini memiliki harga sendiri-sendiri.

2.     Table D ‘hote Restaurant

Table d ‘hote restaurant merupakan suatu restoran yang hanya khusus menjual menu table d’hote. Menu dimaksud yaitu suatu susunan menu yang lengkap (dari hidangan pembuka sampai penutup) dan tertentu, dengan harga yang telah ditentukan pula.

Jenis-Jenis Restoran - Coffee shop

3.     Coffee Shop atau Brasserei

Coffee shop atau brasserei adalah suatu restoran yang pada umumnya berhubungan dengan hotel, tempat di mana tamu bisa mendapatkan makan pagi, makan siang dan makan malam secara cepat dengan harga yang terjangkau. Pada umumnya pelayanannya adalah American Service System, di mana yang diutamakan adalah speed-nya. Ready on plate service, artinya makanan sudah dtatur dan disiapkan di atas piring. Kadang beberapa restoran memiliki sistem penyajiannya berupa buffet atau prasmanan.

4.     Cafetaria atau Cafe

Cafetaria atau cafe yaitu suatu restoran kecil yang utamanya menjual cake (kue-kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh. Pilihan makanannya hanya terbatas dan tidak menjual minuman yang mengandung alkohol.

5.     Canteen

Jenis-jenis restoran selanjutnya adalah Canteen. Canteen atau kantin ini, seperti telah dijelaskan pada bagian atas merupakan suatu restoran yang berhubungan dengan kantor, pabrik, dan sekolah, tempat di mana para pekerja atau pelajar biasa mendapatkan makan siang atau saat coffee break. Tempat ini merupakan tempat untuk acara minum kopi disertai makanan kecil atau selingan jam kerja, jam belajar ataupun dalam acara rapat-rapat dan seminar.

6.     Continental Restaurant

Continental Restaurant adalah merupakan suatu restoran mengkhususkan pada masakan continental pilihan dengan pelayanan megah. Suasananya dibuat santai, disediakan bagi tamu yang ingin menikmati makanan secara santai.

7.     Carvery

Jenis-jenis restoran yang lain adalah carvery. Cavery ini adalah suatu restoran yang berhubungan dengan hotel di mana para tamu dapat mengisi sendiri hidangan daging/ayam/ikan dan lain-lain yang dipanggang sebanyak yang mereka inginkan dengan harga hidangan yang sudah ditetapkan.

8.     Dining Room

Dining room, merupakan restoran yang terdapat dalam hotel kecil, motel atau inn.  Restoran ini ialah tempat makan yang tidak lebih ekonomis dari pada tempat makan biasa. Restoran ini pada dasarnya disediakan untuk para tamu yang sedang menginap di tersebut, namun terbuka juga bagi para tamu dari luar untuk menikmati hidangan tersebut.

Jenis-Jenis Restoran - Discotheque

9.     Discotheque

Discotheque adalah salah satu jenis-jenis restoran yang pada prinsipnya juga merupakan tempat dansa sambil menikmati musik. Tempat ini kadang juga menampilkan live music atau band. Bar merupakan salah satu fasilitas utama untuk sebuah discotheque. Makanan yang tersedia umumnya berupa snack dan minuman ringan.

10.   Fish and Chip Shop

Fish and chip shop yaitu suatu restoran yang banyak terdapat di negara Ratu Elizabeth, di mana kita dapat membeli macam-macam kripik (chips) dan ikan goreng, biasanya berupa ikan cod, dibungkus dalam kertas/plastik untuk dibawa pergi, jadi makanannya tidak dinikmati di restorannya tersebut.

Jenis-Jenis Restoran - Grill Room

11.    Grill Room (Rotisserie)

Grill room (rotisserie) adalah jenis-jenis restoran yang kesebelas. Grill room kadang-kadang disebut juga sebagai steak house merupakan suatu restoran yang menyediakan bermacam-macam daging panggang. Umumnya antara ruang makan dan dapurnya dibatasi dengan sekat dinding kaca tembus pandang sehingga konsumen dapat memilih sendiri potongan daging yang dikehendaki dan melihat sendiri bagaimana memasaknya.

Jenis-Jenis Restoran - Inn Tavern

12.   Inn Tavern

Inn tavern ialah suatu restoran dengan harga terjangkau yang dikelola oleh orang-perorang di tepi kota. Restoran ini memiliki suasana yang dibuat dekat dan ramah, dengan para konsumen. Makanannya dibuat cukup lezat dan home-made.

13.   Night Club/Super Club

Night club/super club adalah suatu jenis restoran yang umumnya dibuka mulai menjelang larut malam, menyediakan makan malam bagi tamu-tamu yang ingin relax. Biasanya dekorasinya cukup mewah, pelayanannya megah. Live music atau band merupakan suatu keharusan pada restoran ini. Konsumen diharuskan berpakaian resmi, formal dan rapi sehingga dapat menaikkan gengsi restoran jenis ini.

Jenis-Jenis Restoran - Pizzeria

14.   Pizzeria

Pizzeria yaitu suatu restoran yang  khusus menyediakan pizza. Kadang-kadang tersedia juga ada spageti dan pasta atau makanan khas italia lainnya.

15.   Pub

Jenis-jenis restoran selanjutnya adalah pub. Pub ini awalnya adalah tempat hiburan umum yang mendapatkan izin untuk menjual minuman-minuman beralkohol seperti bir dan wine. Konsumen mendapatkan minumannya dari counter (meja panjang yang membatasi dua ruangan). Konsumen dapat menikmatinya sambil duduk atau berdiri. Makanan yang tersedia terbatas hanya berupa snack seperti pies dan sandwich.

Jenis-Jenis Restoran - Snack Bar

16.   Snack Bar/Cafe/Milk Bar

Snack bar/cafe/milk bar adalah semacam restoran menengah yang sifatnya tidak formal dengan pelayanan cepat. Pada restoran ini konsumen mengumpulkan makanan mereka dipesan di atas nampan yang diambil dari atas counter dan selanjutnya membawanya ke meja makan. Makanan yang tersedia seperti hamburger, sausages dan sandwich.

17.   Speciality Restaurant

Jenis-jenis restoran no-17 adalah speciality restaurant. Restoran ini meemiliki suasana dan dekorasi seluruhnya disesuaikan dengan tipe khas makanan yang disajikan atau temanya. Contoh restoran jenis ini adalah restoran yang menyediakan masakan cina, jepang, italia dan sebagainya. Pelayanannya pun disesuaikan dengan tatacara negara tempat asal makanan khusus tersebut berasal.

Jenis-Jenis Restoran - Terrace Restaurant

18.   Terrace Restaurant

Terrace restaurant merupakan  suatu restoran yang terletak di luar bangunan utama.Pada umumnya berhubungan dengan hotel ataupun restoran induk. Di negara 4 musim, umumnya restoran tersebut hanya dibuka pada waktu musim panas.

19.   Gourmet Restaurant

Jenis-jenis restoran nomor sembilan belas ialah gourmet restaurant. Restoran yang menyediakan makanan dan minuman khusus untuk orang yang memiliki pengalaman dan pengetahuan luas dalam bidang kuliner. Hal istimewa pada restoran jenis ini ialah makanan dan minuman yang tergolong lezat, pelayanannya mewah, namun tentu saja harganya cukup mahal.

20.   Family Type Restaurant

Family type restaurant yaitu suatu restoran yang sederhana yang menyediakan masakan dengan harga terjangkau. Target konsumen utamanya adalah tamu-tamu keluarga maupun rombongan.

Jenis-Jenis Restoran - Main Dining Room

21.   Main Dining Room

Jenis-jenis restoran terakhir adalah main dining room. Definisi restoran ini adalah ruang makan yang terdapat pada sebuah hotel biasanya hotel besar. Pada restoran ini para penyaji dan pelayannya biasanya wanita cantik/pemuda tampan yang terlihat segar namun tetap dalam koridor kesopanan. Etika penyajian menggunakan standar pernacis atau rusia. Para tamu yang datang umumnya kaum borjouis (orang kaya) yang berpakaian resmi atau formal.

Demikian uraian tentang jenis-jenis restoran menurut para ahli yang sebelumnya diijelaskan tentang asal-usul sejarah restoran yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini dapat memperkaya artikel kami sebelumnya yang berjudul 7 Kunci Sukses Memulai Bisnis Rumah Makan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *