9 Jenis-Jenis Restoran Utama Wajib Anda Tahu Sebelum Mulai Usaha Kuliner

Artikel berisi uraian jenis-jenis restoran yang wajib Anda ketahui sebelum memulai usaha kuliner sendiri. Dengan mengetahui karakter masing-masing jenis-jenis restoran ini, Anda dapat membuat konsep yang usaha kuliner yang jelas.

Jenis-Jenis Restoran Feature

Pengantar Jenis-Jenis Restoran

Usaha kuliner atau bisnis restoran meruapakan salah satu sektor yang paling cepat berkembang di Indonesia.

Kementerian Perindustrian mencatat, sumbangan industri makanan dan minuman kepada PDB industri non-migas mencapai 34,95 persen pada triwulan III tahun 2017. Hasil kinerja ini menjadikan sektor tersebut kontributor PDB industri terbesar dibanding subsektor lainnya.

Selain itu, capaian tersebut mengalami kenaikan empat persen dibanding periode yang sama tahun 2016.Sedangkan, kontribusinya terhadap PDB nasional sebesar 6,21 persen pada triwulan III/2017 atau naik 3,85 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Selanjutnya, dilihat dari perkembangan realisasi investasi, sektor industri makanan dan minuman untuk penanaman modal dalam negeri (PMDN) triwulan III/2017 mencapai Rp27,92 triliun atau meningkat sebesar 16,3 persen dibanding periode yang sama tahun 2016.

Setiap format restoran memiliki target audiens yang berbeda dan membutuhkan berbagai perbedaan dalam hal jenis investasi, lokasi, keterampilan, dan usaha secara keseluruhan.

Hal ini membuat berbagai jenis-jenis restoran unik pada setiap jenisnya. Karena hal ini, sangat penting bahwa Anda memahami apa jenis restoran yang ada, apa yang membedakan dua format restoran dan yang paling penting, yang format yang restoran akan bekerja untuk Anda.

Jadi ketahuilah jenis-jenis restoran sebelum Anda berinvestasi.

Baca Juga:

8 Langkah Memulai Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet)
6 Cara Membuat Daftar Menu Restoran (Peningkatan Untung s.d. 15%)
3 Jenis Terpenting Pencahayaan Café dan Restoran

9 Jenis-Jenis Restoran dan Pengertiannya

Sebelum memasuki usaha restoran atau bisnis kuliner, Anda harus berhati-hati memilih dari antara berbagai format restoran, investasi yang dibutuhkan, target audiens, masakan dan keinginan untuk membuat Anda sukses dalam industri jasa makanan. Jenis jenis restoran menurut para ahli dibagi menjadi beberapa kategori.

Berikut adalah 9 jenis jenis restoran dan pengertiannya:

  1. Fine Dining Restaurants
  2. Casual Dining Restaurants
  3. Pubs dan Bar
  4. Cafe atau Bistro
  5. Quick Service Restaurants (QSR)-Restoran Siap Saji
  6. Food Truck atau Food Cart
  7. Bakery (Toko Kue atau Toko Roti)
  8. Sweet Shop (Toko Permen atau Manisan)
  9. Ice-cream Parlor (Toko Es Krim)

Mari kita bahas satu per satu 9 jenis jenis restoran dan pengertiannya secara lebih detail:

1.Fine Dining Restaurants (Jenis-Jenis Restoran)

Jenis-Jenis Restoran - Fine Dining

Format fine dining restaurants membutuhkan tingkat tinggi pengetahuan tingkat makanan dan pelayanan gourmet. Ini biasanya memiliki menu paling rumit dengan label mahal pada makanan yang disajikan.

Pelanggan diharapkan untuk membuat reservasi untuk makan dan mungkin harus datang dalam kode berpakaian tertentu jika diperlukan. Baik Format maupun makanan pada restoran jenis ini akan memberikan suasana berkelas dan detail pada setiap item.

fine dining restaurants juga biasanya menawarkan minuman keras kepada para pelanggannya.

2. Casual Dining Restaurants

Format casual dining restaurants mirip dengan Quick Service Restaurants (QSR) tapi lebih rapi, baru dimasak, dan dengan layanan meja.

Suasana restoran format ini sedikit modern dan nyaman, memberikan pengalaman yang ramah keluarga.

Jenis ini restoran biasanya melayani 3 jenis makanan (makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup) dan memiliki menu yang bervariasi dengan harga yang sedikit lebih tinggi tetapi lebih murah daripada fine dining restaurants.

3. Pub dan Bar (Jenis-Jenis Restoran)

Jenis-Jenis Restoran - Pubs dan Bars

Istilah Pub dan Bar membawa ke pikiran gambar dari area nyaman duduk, suasana yang menyenangkan, dan live music. Berbeda dengan jenis-jenis restoran yang lain, format restoran ini memiliki menu yang luas sebagian besar minuman keras dan mocktails.

Restoran jenis ini bisa menjanjikan penjualan tinggi tetapi pada saat yang sama membutuhkan banyak investasi dan biaya. Secara tradisional jendela pub dan bar yang dari kaca buram untuk memberikan privasi, tetapi saat ini banyak yang sudah beralih ke kaca bening dan suasana terang.

4. Cafe atau Bistro (Jenis-Jenis Restoran)

cafe

Cafe atau bistro Format restoran biasanya tidak menyediakan layanan meja dan memiliki opsi self-service. Format dari jenis-jenis restoran ini biasanya memiliki tempat duduk yang nyaman meskipun dan menciptakan suasana santai bagi pelanggannya.

Menu kafe atau Bistro biasanya mencakup minuman, dan makanan jari seperti kue kering, pizza, dan sandwich. Jenis format juga memberikan luar duduk atau santai. Namun, Bistro juga dapat menawarkan seluruh makanan selain makanan biasa yang biasa disajikan sebuah kafe.

5. Quick Service Restaurants (QSR)-Restoran Siap Saji (RSS)

Siap Saji QSR

Ini merupakan salah satu jenis-jenis restoran yang paling popular. Format QSR adalah pilihan favorit di antara calon pemilik restoran.

Sebuah Quick Service Restaurant biasanya menyajikan makanan cepat saji yang memakan waktu singkat untuk persiapan dan siap dalam beberapa menit. Makanan yang disajikan di sini adalah cepat dan murah dibandingkan dengan format lain.

Desain dan suasana yang sederhana dan menawarkan layanan dasar seperti beberapa meja dan kursi untuk makan cepat, layanan pengiriman atau pick-up counter. Menu ini juga terbatas pada maksimal 20 jenis item makanan/minuman.

6.Food Truck atau Food Cart

food truck

Format The Food Truck atau food Cart adalah yang paling layak dipertimbangkan di antara semua format restoran karena membutuhkan investasi kurang dan memiliki overhead yang lebih sedikit.

Food truck atau food cart pada dasarnya adalah Quick Service Restaurants (QSRs) yang bergerak karena karakter dasar tetap sama, yaitu, membuktikan cepat dan makanan murah.

Namun, ada beberapa truk makanan yang berfungsi masakan khusus serta seperti Meksiko, Lebanon, dll Karena ada kendala ruang, menu truk makanan harus ringan tidak lebih dari 10 item termasuk minuman.

7. Bakery (Toko Kue atau Toko Roti)

bakery

Bakery  (toko kue atau toko roti) adalah format bisnis yang menarik di segmen makanan karena menawarkan margin yang tinggi kepada pemilik.

Format restoran ini agak mirip dengan format sweet shop (toko permen atau manisan). Namun yang ditawarkan bukan permen, ia menawarkan kue, kue kering, makanan ringan dan berbagai jenis roti.

Menu memiliki berbagai pilihan yang dibuat sesuai pesanan dari konsumen. Bakery (toko kue atau toko roti) menyediakan layanan dasar seperti pengiriman, swalayan dan mungkin memiliki tempat duduk.

8.Sweet Shop (Toko Permen atau Manisan)

Sweet Shop

Di Indonesia belum banyak restoran jenis ini. Sweet shop (toko permen atau manisan) adalah jenis-jenis restoran yang bisa sangat menguntungkan. Sweet shop (toko permen atau manisan) ini biasanya melayani permen yang berbeda, makanan ringan, minuman, dan beberapa produk roti.

Dalam format ini, menu biasanya bervariasi luas dan tidak menyediakan layanan meja atau layanan pengiriman. Format ini membutuhkan sebuah toko untuk permen menjual dan dapur di mana permen dapat disiapkan.

9.Ice-cream Parlor (Toko Es Krim)

Ice-cream Parlor

Ice-cream parlor (toko es krim) biasanya melayani berbagai jenis es krim, dan kue es krim. Ice-cream parlor (toko es krim) telah menjadi konsep yang paling inovatif dalam hal proses dan layanan tingkat, tidak seperti cara tradisional melayani rasa biasa.

Konsep yang trend sekarang ini seperti es krim es batu (cold stone ice cream), es krim berbasis nitrogen (nitrogen-based ice-cream), dan pembuatan es secara langsung merupakan tren yang terus meningkat.

Ice-cream parlor (toko es krim) menawarkan tempat duduk dan pelayanan. Jenis menu dari ice-cream parlor (toko es krim) ini biasanya terbatas pada maksimum 30 item.

7 Kunci Sukses Memulai Usaha Rumah Makan (Anti Gagal)

Penutup Jenis-Jenis Restoran

Format dan konsep harus sinkron dengan satu sama lain bagi Anda untuk dapat menjalankan bisnis restoran yang sukses. Semoga uraian tentang jenis-jenis restoran membantu Anda mendapat ide usaha kuliner.

Demikian uraian kami tentang “9 Jenis-Jenis Restoran Anda Harus Tahu Sebelum Mulai Usaha Kuliner” di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

2 komentar untuk “9 Jenis-Jenis Restoran Anda Harus Tahu Sebelum Mulai Usaha Kuliner”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!

Dengan Software Aplikasi MS Excel ini, Anda dapat menghitung:

  1. Biaya Modal Awal Usaha Rumah Makan;
  2. Biaya Operasional Usaha Rumah Makan;
  3. Perkiraan Revenue Usaha Rumah Makan;
  4. Indikator Kelayakan Usaha Rumah Makan spt BEP/BCR/IRR
error: Alert: Content is protected !!