Analisa Forecast Penjualan Dan Cara Menghitung BEP Usaha Restoran

Artikel tentang analisa forecast penjualan dan cara menghitung BEP usaha restoran. Dengan artikel ini diharapkan sehingga Anda dapat memperkirakan pendapatan dan pengeluaran yang pada ujungnya memperkirakan return bagi pemilik dan investor.

Seseorang menulis dengan pulpen dekat grafik penjulan kalkulator dalam dalam forecast penjualan dan cara menghitung BEP usaha restoran

Forecast penjualan Anda merupakan patokan standar restoran Anda untuk pengeluaran biaya, keuntungan, dan pertumbuhan restoran. Jika Anda tidak dapat memberikan perkiraan pendapatan dengan baik dari proyeksi penjualan dari tiga tahun pertama operasional restoran Anda, mungkin hanya beberapa atau tidak ada investor akan menanamkan uang investor ke dalam bisnis Anda.

Kegiatan menghitung proyeksi keuangan Anda akan membantu membentuk tim operasional dan rencana operasional untuk bisnis Anda. Sekaligus menciptakan Forecast penjualan dan bagaimana cara menghitung BEP usaha restoran dapat terdengar sulit, namun dengan metode tertentu , hal tersebut dapat sederhana.

Baca Juga:

2 Jenis Pajak Restoran Yang Wajib Dimengerti Dan Cara Menghitungnya
2 Tahapan Menu Engineering Restoran Untuk Meningkatkan Keuntungan
7 Metrik KPI Restoran dan Bisnis Kuliner Restoran [+Cara Menghitungnya]

Pendahuluan Forecast Penjualan

Forecast penjualan usaha restoran merupakan hal-hal gampang susah. Gampang karena perkiraan merupakan hal subjektif tergantung masing-masing orang, tidak ada yang bener-bener tahu hasil dari forecasting tersebut. Pada bagian selanjutnya akan dibahas tentang analisa, metodologi dan tips forecast penjualan usaha restoran. Hal ini selanjutnya digunakan pada cara menghitung BEP usaha restoran.

Apakah Analisa Forecast Penjualan Usaha Restoran?

Forecast penjualan usaha restoran meruapakan proses di mana suatu bisnis restoran memperkirakan penjualan masa depan mereka berdasarkan data historis penjualan, tren ekonomi, atau analisis pasar.

Forecast Penjualan penting karena memungkinkan bisnis Anda untuk membuat keputusan dan memprediksi kinerja, yang juga penting bagi calon investor.

Jika Anda memiliki bisnis rumah makan sebelumnya, Anda dapat menggunakan data penjualan dari pembentukan sebelumnya untuk membuat perkiraan penjualan baru Anda, tetapi restoran baru harus melakukan analisis pasar dan pesaing penelitian dan membuat perkiraan.

Anda dapat membuat Forecast Penjualan per minggu, bulan, kuartal, atau tahun. Tapi, ketika Anda pertama kali memulai sebuah restoran, Anda akan ingin untuk meramalkan penjualan Anda untuk tiga tahun pertama untuk setiap calon investor.

Grafik penjualan dalam dalam forecast penjualan dan cara menghitung BEP usaha restoran

Metodologi Forecast Penjualan Usaha Restoran

Dalam rangka untuk memproyeksikan penjualan untuk tiga tahun pertama, Anda harus memperkirakan jumlah lalu lintas uang bisnis Anda dalam setahun. Kemudian Anda menentukan jumlah penjualan unit Anda, dan akhirnya kalikan mereka dengan harga yang Anda akan kenakan. Ini akan sama pendapatan restoran Anda secara keseluruhan.

Berikutnya, Anda harus mengurangi biaya overhead restoran, seperti sewa dan utilitas, dan biaya berkelanjutan dari pendapatan keseluruhan.

Jika hasil proyeksi ini bernilai negatif, Anda perlu mempertimbangkan kembali pengeluaran bisnis Anda, Apakah Anda overspending pada pasokan, undercharging untuk makanan Anda, atau memilih lokasi dengan sewa yang terlalu mahal.

Dari cara menghitung BEP usaha restoran, kita juga dapat mengoptimalkan bagaimana forecast penjualan ini selanjutnya.

Tips untuk Forecast Penjualan Usaha Restoran

Ada beberapa teknik yang dapat Anda lakukan dalam rangka memperkirakan forecast penjualan usaha restoran. Teknik ini akan mempermudah dan membantu Anda menentukan hal tersebut.

Berikut adalah beberapa teknik peramalan penjualan rinci:

  • Memperkirakan unit penjualan bulanan restoran Anda. Menuliskan berapa banyak unit yang anda rencanakan untuk dijual per bulan. Buatlah hal ini lebih detil, buatlah sespesifik mungkin dan termasuk berapa banyak unit setiap item pada menu yang Anda pikir akan terjual.
  • Membuat prediksi untuk produk baru. Jika Anda tidak memiliki data penjualan dari restoran atau bisnis sebelumnya, Anda akan perlu memperkirakan penjualan Anda. Anda dapat melakukan ini dengan membuat dugaan berdasarkan pengalaman sebelumnya bekerja di sebuah restoran atau melakukan penelitian tentang pesaing di daerah Anda.
  • Mempertimbangkan faktor-faktor luar. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan forecasting penjualan Anda, terutama di industri restoran. Misalnya, Anda dapat berharap bahwa kali sekitar liburan akan lebih sibuk dari biasanya. Dan mempertimbangkan lokasi Anda. Jika Anda dekat kampus, Anda dapat mengharapkan bahwa penjualan akan menurun selama liburan semester dan libur hari raya.
  • Perkirakan harga jual Anda. Setelah Anda belajar untuk menentukan harga per item menu Anda, Anda dapat memproyeksikan berapa harga Anda. Perhitungannya adalah mengalikan harga per porsi dengan jumlah unit yang terjual, dan kemudian melakukan perhitungan ini untuk setiap hidangan di menu Anda. Kemudian, tambahakan semua angka-angka tersebut maka Anda akan mendapatkan secara keseluruhan.

Pendahuluan Cara Menghitung BEP Usaha Restoran

Menurut investopedia, BEP atau break event point ditentukan dengan cara membagi total biaya tetap produksi dengan pendapatan per item dikurangi biaya tidak tetap per unit.

Analisis BEP Usaha Restoran

Setelah Anda menetapkan forecasting penjualan restoran Anda dan perkiraan revenue secara keseluruhan, selanjutnya Anda dapat beralih ke analisisBRP, yang merupakan langkah penting dalam membuka usaha rumah makan baru.

Apa Itu BEP Usaha Restoran

Sebuah analisis BEP adalah teknik yang digunakan dalam bisnis yang membandingkan biaya tetap dan variabel dengan pendapatan untuk menentukan berapa banyak produk yang Anda perlu menjual untuk membuat keuntungan.

Langkah ini akan memberi Anda gambaran tentang apakah bisnis Anda akan menguntungkan, atau apakah Anda perlu mempertimbangkan kembali pilihan Anda dan mencari di mana Anda dapat memotong biaya.

Selain itu, analisis impas membantu mengontrol pengeluaran keep dan hal ini dapat menunjukkan kepada investor bahwa Anda memiliki rencana yang solid.

Dua dadu untung dan rugi
Dua dadu untung dan rugi

Cara Menghitung BEP Usaha Restoran

Untuk melakukan analisis BEP, sedikitnya Anda akan memerlukan informasi-informasi sebagai berikut:

  1. Biaya tetap per bulan: Biaya-biaya tetap adalah tagihan yang tidak berfluktuasi dari bulan ke bulan. Biaya yang tidak tergantung kepada produksi atau penjualan per unit. Contoh biaya tetap tersebut antara lain seperti biaya sewa, biaya pemakaian tertentu seperti listrik, dan gaji pegawai.
  2. Biaya tidak tetap atau biaya variable rata-rata per unit: Biaya rata-rata per unit atau biaya tidak tetap adalah biaya bahan yang digunakan dalam item menu tertentu. Setelah Anda memiliki angka-angka ini untuk setiap item menu Anda, tambahkan mereka semua bersama-sama dan dibagi dengan jumlah item menu yang Anda tawarkan untuk menemukan biaya rata-rata per unit.
  3. Harga rata-rata per unit: Anda sebaiknya sudah tahu rata-rata harga per unit dari saat membuat harga untuk menu Anda.

Setelah Anda menemukan angka-angka ini, Anda dapat menggunakan rumus untuk menentukan titik impas Anda secara bulanan.

Untuk membuat penentuan ini lebih mudah untuk dipahami, mari kita gunakan contoh.

Mari kita mengatakan bahwa biaya tetap Anda adalah Rp 18.000.000 per bulan. Anda memiliki rata-rata biaya per unit Rp 10.000. Rata-rata harga per unit adalah Rp 30.000.

Untuk menemukan titik BEP Anda, bagi biaya tetap Anda (Rp 18.000.000) dengan biaya rata-rata per unit (Rp 10.000) dikurangi dari harga per unit (Rp 30.000).

Dalam contoh ini, Anda akan berakhir dengan 900, yang merupakan jumlah unit Anda perlu menjual untuk membuat keuntungan.

Jika Anda menjual kurang dari 900 unit, restoran Anda akan beroperasi pada kerugian, dan jika Anda menjual lebih dari 900 Anda akan membuat keuntungan.

Lihat contoh perhitungan dibawah ini:

cara menghitung BEP usaha restoran

Catatan Akhir Analisa Forecast Penjualan Dan Cara Menghitung BEP Usaha Restoran

Analisa Forecast penjualan dan analisis cara menghitung BEP restoran merupakan langkah penting ketika memulai sebuah restoran baru. Hal ini karena mereka memberikan Anda gambaran jika Anda berada di jalur yang benar atau jika Anda perlu untuk menyesuaikan nomor Anda.

Memiliki analisis menghitung BEP usaha restoran dan dan forecast penjualan akan sangat bermanfaat. Salah satunya untuk dapat membujuk calon investor untuk menanamkan investasi ke restoran Anda.

Dan, pastikan untuk terus untuk melakukan meramalkan forecast penjualan Anda bahkan setelah Anda bisnis telah dibuka. Hal ini akan membuat Anda memiliki ukuran yang akurat dari pertumbuhan bisnis Anda dan profitabilitas itu.

Penutup Analisa Forecast Penjualan Dan Cara Menghitung BEP Usaha Restoran

Demikian artikel tentang “Analisa Forecast Penjualan Dan Cara Menghitung BEP Usaha Restoran”,

di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!