5 Trend Digital Marketing Untuk Restoran Tahun 2020-2021

Ketahui 5 trend digital marketing untuk restoran ini dan segera implementasikan ke dalam rencana pemasaran restoran khususnya strategi digital marketing untuk restoran Anda.

5 Trend Digital Marketing Untuk Restoran Tahun 2020-2021

Pengantar Trend Digital Marketing Untuk Restoran

Akhir-akhir ini, pemilik restoran telah lebih memahami nilai pemasaran digital dan menganggapnya sebagai investasi yang layak dan faktor penting dalam membuat restoran menonjol.

Menurut laporan tahun 2019, 33% profesional dalam bidang restoran menyebut bahwa “Menarik dan Mempertahankan Pelanggan” sebagai tantangan utama untuk sukses pada tahun 2019.

Dalam mencari pelanggan restoran yang ramai saat ini, lebih penting bagi pemilik restoran untuk mengetahui bagaimana dan di mana untuk menjangkau pelanggan baru dan pelanggan lama secara online.

Ketika datang ke pemasaran restoran, semua orang memiliki pendapat tentang apa harus dilakukan atau yang penting. Untuk membantu Anda mengurangi kebisingan dan fokus pada apa yang benar-benar akan menggerakkan pemasaran restoran Anda ke depan.

Kami telah pilihkan lima tren digital marketing restoran teratas yang seharusnya ada di radar Anda pada tahun 2020 dan tahun-tahun selanjutnya.

Gabungkan tren ini menjadi kegiatan pemasaran, kampanye, atau inisiatif pada rencana pemasaran restoran 2020 Anda untuk mengemas restoran dengan pelanggan Anda.

Baca Juga:

7 Tips Mudah Konten Instagram Restoran Untuk Marketing
5 Tips Cara Membuat Web Rumah Makan (Plus 3 Website Gratisan)

Jika Anda belum punya rencana pemasaran, Silahkan klik disini untuk mendownload template rencana pemasaran dan kalender restoran 2020 yang dapat disesuaikan.

5 Tren Digital Marketing Untuk Restoran

Laporan tahun 2019 mengungkapkan pain point dan frustrasi terbesar dari pemilik restoran seperti Anda. Kami uraikan mereka dengan bagaimana mereka mengelola tantangan ini.

Berikut ini rincian 5 tren digital marketing untuk restoran:

  1. 34% Restoran Menggunakan Waktu Karyawan Untuk Pemasaran;
  2. 67% Restoran Beriklan Di Media Sosial;
  3. Instagram Semakin Populer;
  4. Facebook Masih Merupakan Platform Media Sosial # 1; dan
  5. Ulasan Online Memengaruhi Keputusan Tamu.

Pada bagian selanjutnya, mari kita bahas satu persatu secara detil dan bagaimana memasukkannya ke dalam rencana pemasaran restoran Anda:

1. 34% Dari Restoran Mendedikasikan Waktu Karyawan Untuk Pemasaran

Saat ini untuk menonjol dibutuhkan lebih dari makanan yang enak dan pengalaman konsumen yang menyenangkan. Dengan jumlah restoran dan rumah makan yang semakin banyak, Anda harus tahu pentingnya menarik konsumen pada momen pertama dan menjadikannya jadi pelanggan tetap.

Namun, menambahkan strategi pemasaran ke beban Anda yang sudah sangat sibuk dengan kegiatan sangatlah menyita waktu. Jadi siapa sebenarnya yang harus menjaga pemasaran untuk restoran?

Restoran Menggunakan Waktu Karyawan Untuk Pemasaran

12% profesional restoran seperti Anda yang disurvei mengatakan mereka tidak peduli dengan pemasaran sama sekali. Pemilik restoran yang lain yaitu sebanyak 34% mengatakan mereka memiliki karyawan yang didedikasikan secara fulltime untuk memasarkan restoran .

Hal ini termasuk untuk kampanye pemasaran dan upaya-upaya lain seperti memasang iklan, memutuskan promosi, dan mengelola akun media sosial.

Hal ini menjadi salah satu trend digital marketing untuk restoran pada beberapa tahun terakhir.

Semakin banyak pemilik restoran yang tidak hanya memasarkan restoran mereka secara online tetapi juga memiliki karyawan hanya untuk menangani pemasaran secara penuh.

Baca Juga:

9 Strategi Pemasaran Restoran Baru dan lama Yang Terbukti Efektif

2. 67% Restoran Beriklan Di Media Sosial – 5 Tren Digital Marketing Untuk Restoran

Untuk memanfaatkan media social adalah gratis. Tidak ada biaya untuk menggunakan situs media sosial dan memposting konten ke feed atau halaman bisnis Anda. Namun banyak pemilik restoran memilih membayar untuk mengiklankan bisnis mereka di media sosial. Hal ini dikarenakan dengan membayar menghasilkan RoI lebih tinggi.

Iklan media sosial terus menjadi bentuk iklan paling populer untuk restoran. Sekitar 67% restoran yang disurvei melakukan iklan berbayar di media social. Ada beberapa alasasan yang mendasarinya, seperti kemudahan penggunaannya, efektivitas biaya, dan kemampuan yang dapat dilakukan dari smartphone.

Selain itu, Alasan lain yang paling penting adalah bahwa basis pelanggan yang sangat besar yaitu 79% orang Indoensia memiliki profil media sosial.

Saluran iklan populer lainnya untuk restoran termasuk sponsor komunitas / acara / amal (53%), iklan Google / mesin pencari (42%), dan iklan surat kabar / majalah (32%).

3. Instagram Semakin Populer  – 5 Tren Digital Marketing Untuk Restoran

Instagram menunjukkan traffik pertumbuhan besar dalam popularitas dengan pemilik restoran. Pada tahun 2017, hanya 18% pemilik restoran menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnis mereka, dan pada tahun 2018, ia tumbuh menjadi 24%. Pada 2019, jumlah itu melonjak hingga 78%.

Instagram adalah saluran yang kuat bagi pemilik restoran untuk terhubung dengan audiens karena sifatnya yang sangat visual dan sifat penciuman dari pengalaman bersantap.

Digital Marketing Untuk Restoran yaitu Instagram Semakin Populer

Satu miliar orang menggunakan instagram setiap bulan, dan dari satu miliar pengguna aktif bulanan Instagram, lebih dari 500 juta menggunakan platform ini setiap hari.

Potensi jangkauan, kemungkinan untuk menampilkan merek Anda dan item menu secara visual membuatnyanya sangat efektif.

4. Facebook Masih Merupakan Platform Media Sosial # 1

Meskipun popularitas Instagram melonjak, namun Facebook tetap menjadi platform media sosial nomor satu untuk restoran.

Restoran telah memiliki hubungan antara cinta dan benci dengan Facebook selama beberapa tahun terakhir. Algoritma facebook telah mengalami banyak perubahan yang memengaruhi cara konsumen melihat pos dari halaman bisnis (fanpage).

Hal ini telah menyebabkan perasaan negatif pemilik restoran. Perubahan tersbut telah memotong interaksi restoran dan konsumen secara signifikan.

Pada 2017, 73% pemilik restoran menggunakan Facebook untuk promosi, dan pada 2018, jumlah itu turun menjadi 68%. Pada 2019, itu melonjak kembali hingga 91%. Bahkan, banyak restoran menggunakan Facebook, bukan situs web.

Sementara Facebook paling populer di kalangan pemilik restoran, Anda mungkin melebih-lebihkan impact yang dimiliki Facebook terhadap pengambilan keputusan di restoran.

Hanya 28% tamu yang mengatakan bahwa Facebook memengaruhi keputusan tempat makan, tetapi 38% pemilik restoran merasa lebih berpengaruh. Temuan ini mungkin menginformasikan ketimpangan berapa banyak energi atau uang yang dihabiskan restoran untuk promosi Facebook.

Anda harus segera sadar karena mungkin ada cara yang lebih efektif untuk menarik tamu baru. Anda harus memperhatikan trend digital marketing untuk restoran yang lain.

5. Ulasan Online Memengaruhi Keputusan Tamu

Seperti disebutkan di atas, 28% tamu mengatakan Facebook berperan dalam keputusan mereka untuk memilih satu restoran daripada yang lain.

Sumber pengaruh terbesar pada proses pengambilan keputusan tamu restoran adalah teman dan keluarga. 88% tamu mengatakan bahwa mereka memilih restoran berdasarkan rekomendasi dari mereka yang dekat dengan mereka.

Ulasan Online Memengaruhi Keputusan Tamu

Namun, pengaruh terbesar kedua pada keputusan tamu adalah ulasan online. 35% tamu mengatakan bahwa ulasan online memengaruhi tempat mereka memilih untuk makan di luar.

Ulasan online ini dapat meningkatkan atau menghancurkan reputasi restoran. Studi Sekolah Bisnis Harvard menunjukkan bahwa peningkatan satu bintang pada google map dapat meningkatkan pendapatan sebesar 5-9%.

Jadi sangat penting untuk melakukan pengelolaan ulasan online dan menanggapi ulasan tahu. Baik feedback tersebut positif atau negatif.

 Penutup Digital Marketing Untuk Restoran

Menggunakan digital marketing untuk mengiklankan restoran Anda kepada khalyak untuk meningkatkan pengenalan branding. Tujuan kahirnya tentu saja membuat lebih banyak pelanggan yang datang.

Menggunakan marketing plan untuk membuat anggaran, timeline, dan strategi, Anda akan dapat memasukkan tren di atas ke dalam kegiatan pemasaran Anda tahun ini dan, pada gilirannya, melihat restoran Anda berkembang pesat.

Demikian uraian kami tentang “5 Tren Digital Marketing Untuk Restoran Tahun 2020-2021”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!