daftar peralatan rumah makan

30 Daftar Peralatan Rumah Makan Yang Wajib Tersedia

Artikel kami kali ini akan memberikan 30 daftar peralatan rumah makan yang wajib Anda sediakan sebelum membuka usaha. Daftar perlatan rumah makan ini adalah standard minimum yang untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.

Daftar Peralatan Rumah Makan Di Tempat Pelanggan Dan Meja Etalase

Impian usaha rumah makan, merupakan cita-cita sebagian Orang. Pengusaha kuliner nan sukses bermula dari membuka rumah makan, karena disamping mudah dan dicari semua orang yang ingin makan.

Perkembangan saat ini manusia mulai mengembangkan budaya melalui bentuk kuliner yang beragam. Banyaknya macam kuliner yang tercipta atau inovasi merupakan sebuah bukti perkembangan budaya manusia yang mengarah kedalam bentuk pola hidup dimana manusia melihat makanan sebagai bentuk rasa seni terhadap keindahan dan bukan sekedar sebagai bentuk bertahan hidup seperti masa lalu.

Perlengkapan dan alat yang dipakai di ruang utama seperti pelanggan memilih dan menyantap hidangan dan meja etalase serta menu masakan yang disajikan haruslah komplit sehingga Anda tidak susah mencari alat, usahakan alat harus tersedia disekitar Anda apabila hendak menyajikan dengan piring makan ditempat maupun dibungkus pada para pelanggan ataupun untuk di bawa pulang, pelayanan prima haruslah kita utamakan terhadap pelanggan.

Berikut artikel sebelunya seperti menghitung modal usaha rumah makan Saya dibuatkan secara komplit dan berurutan agar Anda dengan mudah dan cepat melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya….inga ….inga …“pelanggan adalah raja”.

Sedikitnya ada 30 jenis perlengkapan rumah makan atau restoran yang diperlukan, tentunya model dan merk yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Simak ……yuuuuk runutan perlengkapan pada ruang utama rumah makan atau restoran pada etalase dan tempat makan pelanggan, diantaranya.

1.Etalase – Daftar Peralatan Rumah Makan

atau showcase untuk peraga menu sekaligus penyajian, lebih kerennya showcase (di Indonesia, rak tempat memajang barang dagangan dengan atau tanpa penutup dari kaca di rumah makan, toko swalayan, atau warung). Etalase kaca merupakan sebutan bagi rak kaca atau lemari yang dipakai untuk tempat display berbagai menu masakan.

Produk menu yang dipajang di dalamnya yang perlu dijauhi adalah lalat yang akan hinggap pada menu sajian, dilindungi dari kerusakan akibat kondisi cuaca, seperti: sinar matahari, debu dan kelembaban. Selain itu menu yang ditempatkan di dalam lemari kaca kerap dijadikan sasaran pencurian, penting sekali pengawas dan pelayan perlu mengawasinya.

2. Kursi

Kursi adalah sebuah perabotan rumah yang biasa digunakan sebagai tempat duduk. Pada umumnya, kursi memiliki 4 kaki yang digunakan untuk menopang berat.

3.Meja Makan- Daftar Peralatan Rumah Makan

Meja yang digunakan untuk tempat menaruh makanan dan menyantapnya, pada ruang makan.

4.Piring

Piring adalah alat makan yang berbentuk datar dan juga ada yang sedikit cekung, di mana makanan disajikan, terbuat dari kaca, rotan, porselen, batu, plastik.

5.Piring menu/wadah penyajian-Daftar Peralatan Rumah Makan

Nampan ukuran empat persegi panjang berbahan stainless steel ukuran sedang sesuai kondisi etalase Anda yang wajib dimiliki, wadah penyajian atau peralatan hidangan yang tepat untuk berbagai varian menu makanan yang akan Anda sajikan.

Hal ini sangat penting, karena peralatan hidangan yang tepat akan mendukung tampilan makanan yang akan disajikan. Keberadaan peralatan hidang yang elegan dapat memberikan kesan yang baik kepada pelanggan rumah makan atau restoran Anda.

  1. Rak khusus

atau rak meracik minuman atau berbagai tempat penyimpanan khusus sekalian tempat meracik minuman. Atur ruangan depan berdekatan dengan menyiapkan sajian menu masakan rumah makan atau restoran Anda dan tambahkan beragam rak-rak khusus untuk tempat peralatan dan perlengkapan kebutuhan pelanggan seperti kopi gula dan teh serta termos air panas dan tempat es. Atur tata letak yang baik dan benar agar Anda dapat dengan mudah mengambil segala peralatan/perlengkapan yang dibutuhkan serta penempatan tisue, tusuk gigi, dan lainnya.

Anda juga dapat menambahkan rak khusus sebagai tempat penyimpanan masing-masing bumbu seperti sambal, cabe rawit, lada, bawang goreng, daun bawang untuk soto, kecap, garam pada tempat khusus untuk kebutuhan pelanggan apabila kekurangan atau menambah selera sajian yang akan disantap. Jangan lupa untuk memberi label pada masing-masing wadah bumbu dapur tersebut, sehingga dapat memudahkan proses pelayanan nan prima……inga….inga…. hehehe…..

8. Centong/sendok sayur – Daftar Peralatan Rumah Makan

adalah sebuah jenis dari sendok penyajian yang digunakan untuk sup, rebusan, atau makanan lainnya. Meskipun memiliki rancangan yang beragam, sendok sayur biasanya memiliki pegangan yang panjang agar dapat diletakkan dalam sebuah piring makan atau mangkuk besar/baskom sehingga dapat digunakan untuk memindahkan cairan/sayuran ke dalam mangkuk kecil atau piring tempat makan pelanggan.

Sendok sayur biasanya dibuat dari logam paduan baja tahan karat yang sama dengan peralatan dapur lainnya. Namun, alat tersebut dapat dibuat dari aluminium, perak, plastik, resin melamin, kayu, bambu atau bahan lainnya.

Sendok sayur dibikin dalam berbagai bentuk dan ukuran tergantung pada penggunaan juga selera, seperti sendok sayur yang panjang ukurannya kurang dari 5 inch bisa digunakan pada saus atau bumbu, sementara sendok sayur dengan panjang ukuran lebih dari 15 inch digunakan untuk sup, sayur asem, sayur lodeh dan lainnya.

Zaman dahulu kala, sendok sayur sering dibuat dari tumbuhan-tumbuhan batok kelapa dan binatang seperti dari kerang laut.

  1. Pisau

ialah alat dipakai untuk memotong sebuah benda, yang terdiri dalam dua bagian, yaitu bilah pisau dan pegangan pisau (tempat tangan untuk memegangnya).

Digunakan untuk mencincang, memotong sayuran, ayam, ikan, daging, dan beraneka jenis bahan makanan dengan cepat dan rapi.

Bila rumah makan atau restoran Anda sekala menengah atau kecil, tidak usah mempunyai banyak pisau. Anda cukup memiliki minimal dua atau tiga pisau, yaitu pisau besar dan dua pisau kecil, sebaiknya pisau yang berbilah tebal, agar pisau tersebut kuat dan tidak mudah bengkok serta berbahan baja. Pastikan setiap bilah atau blade pisau yang Anda miliki telah ditempa, bukan dicetak, serta memiliki sambungan bilah (blade) dan gagang yang tidak goyah.

10.Talenan- Daftar Peralatan Rumah Makan

Talenan (kadang disebut telenan/landasan/tatakan) adalah landasan untuk memotong sayuran, ayam, ikan, daging, dan beraneka jenis bahan makanan dengan cepat dan rapi, yang terbuat dari papan (kayu)/bambu/plastik keras/kaca.

Peralatan dapur ini umumnya digunakan untuk mempersiapkan makanan; meskipun ada kalanya pada jenis yang lain digunakan untuk memotong kulit atau plastik. Talenan di tempat etalase penyajian umumnya terbuat dari kayu atau plastik dalam beragam bentuk dan ukuran, biasanya untuk meramu soto daging, ayam dan babat serta tomat/daun bawang/               jeruk peras.

  1. Garpu

Garpu merupakan peralatan makan yang terdiri dari sebuah pegangan dengan beberapa gigi tipis di ujung yang lain. Sebagian besar garpu memiliki 3 atau 4 gigi. Beberapa garpu hanya punya 2 gigi.

Garpu sebagai peralatan makan telah menjadi alat utama di Barat, sedangkan di Asia Timur sumpit lebih umum digunakan. Saat ini, garpu telah tersedia dalam jumlah meningkat di Asia Timur.

Garpu membantu mengambil makanan ke mulut atau menahan makanan saat dimasak maupun dipotong. Makanan dapat diangkat dengan menusuk menggunakan gigi garpu, atau membawanya di atas gigi garpu yang biasanya sedikit cekung. Kebanyakan garpu terbuat dari logam. Lainnya dari plastik atau kayu.

12. Tisue dan wadahnya – Daftar Peralatan Rumah Makan

Kertas tisue atau kertas selampai adalah sejenis kertas krep ringan yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti untuk mengelap mulut sehabis makan.

Biasa di dalam wadah berbentuk empat persegi panjang atau bulat bundar yang terbuat dari plastik/kain/kayu.

  1. Tusuk gigi

Tusuk gigi adalah sebatang kayu atau plastik yang digunakan untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan dari gigi, biasanya setelah makan. Tusuk gigi mempunyai satu atau dua ujung yang tajam untuk disisipkan di antara gigi.

Sebelum sikat gigi diciptakan, orang membersihkan giginya dengan kayu pembersih gigi yang keras maupun lembut. Tusuk gigi yang terbuat dari perunggu telah ditemukan di antara barang-barang yang dikuburkan dalam makam-makam pra-sejarah di Italia Utara dan di Alpen Timur. Tusuk gigi juga dikenal luas di Mesopotamia. Negara bagian Maine di Amerika Serikat adalah produsen utama tusuk gigi.

kini, dengan kemajuan ilmu kedokteran gigi modern, penggunaan tusuk gigi agak ditolak, dan alat-alat bantu lainnya seperti benang gigi dan sikat gigi lebih disukai, namun karena terobosan mutakhir dalam teknologi rasa, tusuk gigi tetap populer di kalangan banyak orang. di korea Selatan beberapa perusahaan menciptakan tusuk gigi yang dapat dimakan karena berbahan ubi jalar dan melunak bila terkena panas demi untuk ramah lingkungan dan menghindari tertusuk daging atau isit gigi.

14. Peralatan Kebersihan – Daftar Peralatan Rumah Makan

kain pembersih/kain flanel, kain Pel, sapu dan serokan sampah serta mencuci).

Kain flanel yaitu jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya). Kain flanel mudah dijumpai di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau. Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihan dari kain ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain.

Kain pel adalah alat kebersihan untuk lantai dengan kain dibasahi oleh sabun yang dicampur anti bakteri atau karbol umumnya yang terlebih dahulu kain dalam keadaan bersih dan lantai bebas dari kotoran sebelumnya telah disapu lantai tersebut.

Serokan sampah berbentuk selindris empat persegi panjang yang di depannya berbentuk diagonal, digunakan untuk mengumpulkan kotoran yang ada disekitar lantai selanjutnya ditampung ke tempat sampah atau bak sampah.

Sapu adalah salah satu alat pembersih yang terdiri dari bagian serat atau serabut kaku dan biasanya terpasang atau terikat kepada suatu pegangan atau tongkat sekitar satu meter setengah berbentuk silindris.

Mencuci atau mengepel adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan menggunakan air dan sejenis sabun atau detergen. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan influenza dan batuk.

Kebersihan dikatagorikan sebagai keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga bererti bebas dari virus, bakteria patogen, dan bahan kimia berbahaya.

  1. Kipas angin

Kipas angin umumnya dibedakan atas dasar kipas angin tradisional antara lain kipas angin tangan dan kipas angin listrik yang digerakkan menggunakan tenaga listrik.

Kipas Angin secara umum adalah untuk pendingin udara, penyegar udara dan pengusir lalat serta serangga lain agar tidak hinggap juga berkeliaran dalam ruangan untuk itu lalu dipasang sedemikian yang berdekatan ke arah menu masakan di rumah makan atau restoran Anda.

Negara Eropa pertama kali yang memproduksinya adalah Italia, pada tahun 1500an, saat itu kipas angin merupakan sebuah komoditi perdagangan yang eksotik, sangat stylish, sebagai simbol kemakmuran dan menunjukkan kelas sosial seseorang bila di dalam menggunakannya.

16. AC – Daftar Peralatan Rumah Makan

AC (bahasa Inggris: Air Conditioner)/Penyejuk udara, pendingin udara/pengkondisi udara/penyaman udara, adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).

Umumnya menggunakan siklus refrigerasi tetapi kadang-kadang menggunakan penguapan, biasanya untuk kenyamanan pendingin di gedung-gedung dan kendaraan bermotor.

Perlunya memanjakan pelanggan di rumah makan atau restoran Anda, sehingga suhu ruangan akan sejuk dan sangat modern dan bergengsi.

  1. Lampu

LED, Lampu LED (Light-Emitting Diode) adalah produk diode pancaran cahaya (LED) yang disusun menjadi sebuah lampu. Lampu LED memiliki usia pakai dan efisiensi listrik beberapa kali

yang diperlukan lampu pijar untuk menghasilkan cahaya yang terang lebih besar dibandingkan dengan sumber cahaya buatan lainnya seperti lampu pendar dan diode.

18. Kertas Bungkus Nasi – Daftar Peralatan Rumah Makan

Kertas bungkus nasi adalah nasi putih beserta lauk untuk satu orang yang dibungkus daun pisang beralas kertas, agar bisa dibawa dan dimakan di tempat lain. Nasi bungkus bukan nama jenis makanan melainkan cara mengemas makanan. Bila nasi beserta lauk-pauk dikemas dalam kotak dari karton, maka nasi tersebut disebut nasi kotak atau nasi dus.

Nasi bungkus bisa dilengkapi dengan sendok plastik sekali pakai, walaupun banyak    rumah makan dan warung yang mengharuskan nasi bungkus dimakan dengan tangan.  Air putih atau air teh yang dibungkus kantong plastik kadang-kadang diberikan gratis   saat membeli nasi bungkus kelas sederhana. Di dalam kemasan nasi kotak kadang-      kadang dilengkapi dengan air mineral kemasan gelas plastik. Nasi kotak bahkan sudah             menjadi salah satu cara penyajian makanan dalam penerbangan domestik Indonesia.

  1. Kertas Membungkus

Nasi dibungkus seperti kalau membungkus berbagai jenis makanan yang umum, seperti sate atau gado-gado:

  1. Daun pisang beralas kertas berukuran sekitar 40 x 30 cm dilebarkan di atas telapak tangan
  2. Nasi diletakkan di tengah-tengah dan dijepit dengan gerakan telapak tangan seperti mengatup
  3. Lauk-pauk dan sayur ditambahkan ke dalam nasi
  4. Sisi kiri dan kanan kertas pembungkus bagian muka dilipat ke depan agar saling bertemu
  5. Bagian atas pembungkus yang sedikit berlebih dilipat ke depan agar isi tidak tumpah, dan bungkusan dikencangkan dengan karet gelang.

20. Plastik – Daftar Peralatan Rumah Makan

Plastik untuk wadah nasi bungkus, dan lainnya. Plastik merupakan produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Mereka terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan performa atau ekonomi. Ada beberapa polimer alami yang termasuk plastik. Plastik dapat dibentuk menjadi film atau fiber sintetik. Nama ini berasal dari fakta bahwa banyak dari mereka “malleable”, memiliki properti keplastikan. Plastik didesain dengan variasi yang sangat banyak dalam properti yang dapat menoleransi panas, keras, “reliency” dan lain-lain. Digabungkan dengan kemampuan adaptasinya, komposisi yang umum dan beratnya yang ringan memastikan plastik digunakan hampir di seluruh bidang industri.

  1. Kantong plastik

Berawal dari pembungkus roti, penggunaan plastik secara massal dimulai pada tahun 1974 ketika perusahaan-perusahaan ritel raksasa di Amerika Serikat seperti Sears, Jordan Marsh, yang mulai menggunakan kantong plastik sebagai alternatif kantong kertas. Pada tahun 1977 kantong plastik mulai dipergunakan di toko-toko kelontong di Amerika Serikat dan Kanada.

Plastik merupakan material yang baru secara luas dikembangkan dan digunakan sejak abad ke-20 yang berkembang secara luar biasa penggunaannya dari hanya beberapa   ratus ton pada tahun 1930-an, menjadi 150 juta ton/tahun pada tahun 1990-an dan   220      juta ton/tahun pada tahun 2005. Saat ini penggunaan material plastik di negara-negara        Eropa Barat mencapai 60 kg/orang/tahun, di Amerika Serikat mencapai         80 kg/orang/tahun, sementara di India hanya 2 kg/orang/tahun.

22. Karet gelang atau gelang karet – Daftar Peralatan Rumah Makan

Karet gelang atau gelang karet adalah potongan karet berbentuk gelang yang dibuat untuk mengikat barang. Karet gelang terdiri dari berbagai macam ukuran, dari yang besar hingga yang kecil, dari yang tebal hingga yang tipis. Bahan baku karet gelang adalah karet alami sehingga berwarna kuning. Karet gelang berwarna-warni dihasilkan dengan menambahkan bahan pewarna. Produsen juga ada yang membuat karet gelang tahan minyak dan tahan segala cuaca.

  1. Staples

Staples atau kokot atau isi staples adalah sebuah pengencang dua arah, biasanya terbuat dari metal dan berbentuk seperti U yang digunakan untuk menyatukan

24. Koran- Daftar Peralatan Rumah Makan

Koran (dari bahasa Belanda: Krant, dari bahasa Prancis courant) atau surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak. Pada rumah makan biasa digunakan koran bekas untuk menjernihkan kaca peraga atau etalase

  1. Korek api

Korek api (kadang disebut juga geretan atau pemantik) adalah sebuah alat untuk menyalakan api secara terkendali. Korek api gas.

Korek api gas atau pemantik adalah korek api yang menggunakan cairan seperti naphtha atau butana. Untuk dapat menghasilkan percikan dan menyulut rokok.

26. Gelas – Daftar Peralatan Rumah Makan

Gelas adalah benda yang transparan, lumayan kuat, biasanya tidak bereaksi dengan barang kimia, dan tidak aktif secara biologi yang bisa dibentuk dengan permukaan yang sangat halus dan kedap air. Oleh karena sifatnya yang sangat ideal gelas banyak digunakan di banyak bidang kehidupan. Tetapi gelas bisa pecah menjadi pecahan yang tajam. Sifat kaca ini bisa dimodifikasi dan bahkan bisa diubah seluruhnya dengan proses kimia atau dengan pemanasan.

Ada beberapa sifat gelas yang bisa dikatakan memiliki kelebihan dibanding dengan material lainnya, antara lain:

  • Sifat estetika atau keindahan
  • Sifat tembus pandang secara optik (transparan)
  • Sifat elastis
  • Sifat ketahanan terhadap zat/reaksi kimia.

 

  1. Cangkir

Cangkir adalah wadah kecil untuk minum teh atau kopi dengan pegangan di salah satu      sisi yang digunakan sewaktu memegang dengan ibu jari dan jari tangan yang lain.     Cangkir kadangkala berisi teh atau kopi yang panas sehingga pegangan pada cangkir berguna agar tangan tidak kepanasan sewaktu mengangkat cangkir.

Cangkir biasanya dibuat dari porselen dan mempunyai pasangan berupa piring kecil  yang juga dikenal dengan nama tatakan (saucer). Cangkir dan tatakannya biasanya     merupakan bagian dari perangkat minum teh (tea set) yang terdiri dari teko, cream  jug, mangkuk gula bertutup, dan slop bowl.

28. Teh poci

The poci adalah teh yang diseduh secara khas dalam poci dan cangkir dari tanah liat. Minuman ini ditambah dengan gula batu dan diminum panas-panas. Minuman yang   sangat disukai oleh masyarakat Tegal, Slawi, Pemalang, Brebes, dan sekitarnya.

Ada istilah WASGITEL bagi teh poci yang merupakan singkatan dari wangi, panas, sepet, legi, lan (dan) kentel (kental), yang artinya teh panas, manis, wangi beraroma bunga melati dan berwarna hitam pekat/kental.

Teh poci biasanya menggunakan teh hijau/teh melati yang ber aroma yang khas, dan biasa disajikan pada pagi, sore, dan malam dengan ditemani makanan kecil. Poci yang digunakan untuk menyeduh teh poci biasanya bagian dalam pocinya tidak pernah dicuci tetapi cukup dibuang sisa tehnya, dipercaya masyarakat Tegal kerak teh akan menambah cita rasa dan aroma teh poci menjadi semakin enak.

  1. Sendok

Sendok (Dialihkan dari Sendok makan) mengambil makanan dari piring atau mangkuk dan menyuapkannya ke mulut, sementara garpu yang dipegang di tangan kiri membantu memasukkan makanan ke sendok.

30. Mangkuk

Mangkuk adalah alat yang berbentuk setengah lingkaran, terbuat dari bahan porselen, batu, plastik, logam, atau gelas. Bentuknya yang setengah lingkaran digunakan untuk meletakkan makanan yang berkuah banyak (tidak mudah tumpah). Kadang-kadang kayu juga digunakan. Mangkuk juga ada bermacam-macam ukuran. Untuk mangkuk sekali pakai biasanya digunakan bahan dari kertas atau styrofoam.

Penutup

Semoga uraian kami tentang daftar peralatan  rumah makan dapat membantu Anda yang akan memulai usaha rumah makan atau restoran.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *