Panduan Dasar Cara Plating Makanan Yang Bagus

Cara  plating makanan di rumah makan / restoran Anda yang khas/unik bisa membuat pelanggan dating lagi, lagi dan lagi selain menarik konsumen baru. Jadi hal ini cara penyajian (presentasi dan plating) makanan perlu Anda perhatikan.

cara plating makanan

Mengapa Plating Makanan Penting?

Jika Anda memiliki bisnis jasa makanan seperti usaha rumah makan, Anda tahu bahwa cara penyajian makanan (plating makanan dan presentasi) merupakan salah satu pusat perhatian yang dapat menjaga tamu memiliki pengalaman tak terlupakan di restoran Anda.

Namun, penyajian yang menarik sering diabaikan oleh koki yang terlalu sibuk atau lebih focus dengan rasa masakan mereka. Konsumen makan dengan mata mereka, dan penyajian makanan yang kreatif dan bijaksana meningkatkan tampilan dan rasa makanan Anda.

Berfokus pada presentasi juga memungkinkan koki untuk menampilkan kreasi mereka dan menunjukkan kepada tamu bahwa mereka mendapatkan uang mereka berharga.

Sementara tidak ada aturan pasti dan cepat ketika datang tentang penyajian makanan yang “benar”, ada beberapa konsep penting yang perlu diingat ketika Anda mempersiapkan dan plating kreasi kuliner lezat restoran Anda.

Baca Juga:

Cara Memasak Ikan Gabus Yang Enak dan  Manfaatnya Bagi Kesehatan
4 Tips Cara Menggunakan Juicer Komersial Untuk Keuntungan Maksimal
6 Faktor Penyebab Masakan Tidak Enak (Anda Wajib Tahu!)

Teknik Cara Plating Makanan

Pemahaman tentang teknik cara penyajian makanan seperti plating makanan yang merupakan bagian  akan membantu staf dapur Anda untuk meningkatkan presentasi secara keseluruhan dan meningkatkan pengalaman makan untuk tamu Anda.

cara plating makanan 4

Hal yang Perlu Ingat Sebelum Plating Makanan

Sebelum Anda mulai mempersiapkan hidangan Anda, Anda harus mempertimbangkan jenis restoran dan layanan masakan Anda.

Apakah Anda membuat hangat makan malam steak, atau Anda mempersiapkan makanan pelengkap atau pembuka?

Anda tidak dapat mulai penyajian makanan sampai semua bahan makanan diselesaikan. Jadi bijaksana untuk memiliki semua bahan-bahan Anda siap sebelum Anda memulai proses plating yang sebenarnya.

Selain itu, Anda akan ingin mempertimbangkan ukuran porsi sebelum Anda mulai plating. Untuk melakukannya, fokus pada keseimbangan protein Anda, karbohidrat, dan sayuran untuk membuat makanan bergizi seimbang.

Pada akhirnya, hati-hatilah dalam membuat kreatifitas seni, hal tersebut tidak boleh menghalangi rasa makanan Anda.

cara plating makanan 5

Panduan Dasar Cara Plating Makanan

Ada 5 hal yang harus diperhatikan, cara plating makanan dengan indah, yaitu:

  1. Pilih Piring Yang Tepat
  2. Penempatan Bahan Makanan
  3. Perhatikan Hal-Hal Detail
  4. Desain Kreatif Menggunakan Kuah/Saus
  5. Gunakan Hiasan Makanan (Garnish)

Mari selanjunya kita bahas satu persatu secara detail kelima hal tersebut.

1. Pilih Piring Yang Tepat

Memilih piring atau tempat penyajian yang tepat untuk makanan merupakan kunci untuk presentasi makanan yang menarik.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat:

Pilih piring yang tepat. Salah satu cara untuk konsep plating adalah untuk memikirkan diri Anda sebagai seorang seniman, piring sebagai kanvas Anda, dan makanan sebagai media Anda.

Pilih ukuran yang tepat piring. Pilih piring Anda dengan bijaksana dengan memastikan itu cukup besar untuk memungkinkan makanan Anda untukmenonjol, tapi cukup kecil bahwa porsi Anda tidak terlihat terlalu kecil.

Pilih warna piring yang saling melengkapi. Warna piring Anda juga signifikan. Putih piring yang populer karena mereka menciptakan kontras tinggi dan memberikan latar belakang netral untuk kreasi warna-warni Anda. Pikirkan untuk memanfaatkan ruang putih sebagai bingkai Anda. Gunakan aturan sepertiga untuk menyoroti titik fokus piring Anda. Bila diterapkan pada penyajian masakan, aturan sepertiga artinya menempatkan titik fokus dari hidangan Anda baik sisi kiri atau kanan dari piring, bukan pusat.

cara plating makanan 2

2. Penempatan Bahan Makanan

Berikut adalah beberapa yang paling aspek penting untuk dipertimbangkan saat Anda plating hidangan Anda:

Sajikan Makanan dengan Bayangan Jam dalam pikiran. Ketika Anda mulai plating bahan Anda, gambar wajah jam. Dari sisi pandang konsumen, protein Anda harus antara 3 dan 9, karbohidrat dari 9 dan 12, dan sayuran Anda dari 12 dan 3.

Gunakan bahan-bahan lembab sebagai dasar Anda. Aturan praktis lain adalah untuk menempatkan pertama-tama bahan makanan lembab atau berair, karena mereka cenderung untuk bergerak selama pengiriman jika mereka tidak ditekan oleh makanan lain. Salah satu cara untuk membuat mereka statis diam adalah dengan menempatkan makanan lain di atas mereka. Misalnya, Anda dapat menempatkan irisan daging atau sayuran terhadap purees dan tumbukan sayuran.

Sajikan dalam jumlah ganjil makanan. Jika Anda melayani makanan kecil seperti udang, kerang, atau seukuran gigitan makanan pembuka, selalu memberikan tamu dalam jumlah ganjil. Berikan 7 buah sayuran bukan 6 menciptakan daya tarik lebih visual, dan pengunjung juga akan melihat bahwa mereka mendapatkan lebih banyak makanan.

Tempat makanan untuk menimbulkan nafsu makan. Pada dasarnya, yang menimbulkan nafsu makan adalah gabungan semua bahan di piring Anda ke dalam satu gigitan. Sajian yang sempurna karena rasa makanan dan teknik penyajian kreatif yang dapat memuaskan indera mata dan perasa.

Sajian Jangan Terlalu Penuh. Pastikan untuk tidak pernah membuat sesak “kanvas lukis” Anda, dan tetap sederhana dengan berfokus pada satu bahan – biasanya protein. Menemukan titik fokus juga memastikan bahwa bahan-bahan yang menyertai akan memainkan pelengkap, peran pendukung.

cara plating makanan 4

3. Perhatikan Hal-Hal Detail

Salah satu cara menghidangkan makanan adalah dengan mengingat tujuan penyajian. Tujuannya adalah Anda ingin memberikan perhatian kepada semua aspek, termasuk hal-hal yang detail.

Berikut adalah hal-hal detail yang perlu diperhatikan:

Pikirkan tentang warna dan kontras. Salah satu rahasia terbaik untuk cara plating makanan yang indah terletak pada hal-hal detail. Seperti dibahas diatas bahwa fokus Anda jelas harus berada pada protein, selanjutnya adalah bagaimana mengharmonikan unsur-unsur lain dari piring. Selain itu membuat warna dan kontras diantara juga sangat penting.

Anda dapat menciptakan latar belakang yang indah untuk piring Anda dengan menambahkan sayuran hijau atau buah-buahan berwarna cerah sebagai titik aksen. Demikian pula, cobalah untuk memasangkan bahan dengan warna komplementer karena ini akan lebih meningkatkan daya tarik visual hidangan Anda.

Buat tinggi di piring Anda. Cara lain untuk menangkap mata tamu Anda adalah untuk memanfaatkan ketinggian. Menyusun bahan makanan dengan seragam, saat ini tidak sepopuler itu 5-10 tahun yang lalu. Cara plating makanan dengan menciptakan penampilan yang lebih tinggi dari pada biasanya akan meningkatkan daya tarik visual.

Anda juga dapat mengimbangi bahan yang disusun lebih tinggi dengan mengimbanginya posisi makanan yang panjang mendatar. Misalnya, Anda dapat piring steak Anda di atas wortel dan asparagus atau buncis yang saling bersandar pada sudut 45 derajat.

Gunakan tekstur untuk meningkatkan tampilan hidangan Anda. Akhirnya, jangan lupa tentang tekstur. Buatlah kontras sayuran halus dengan potongan bawang renyah atau topping steak dengan keju biru hancur menciptakan kombinasi tekstur menarik yang klasik dalam masakan high-end.

4. Desain Kreatif Menggunakan Kuah/Saus

Setelah Anda membuat lapisan pada bahan utama Anda, Anda siap menambahkan saus/kuah ke atas piring Anda. Jangan hanya menuangkan kuah tersebut sembarangan ke seluruh piring. Sebaliknya, gunakan botol peras atau sendok sebagai kuas, dan saus Anda sebagai media. Kemudian, menggunakan mereka untuk meningkatkan penampilan piring Anda.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah untuk menciptakan titik-titik aksen di salah satu sisi piring Anda (sambil mempertimbangkan aturan pertiga) atau dengan ringan gerimis saus di atas bahan utama sehingga tamu mendapatkan sedikit saus di setiap gigitan.

cara plating makanan 3

5. Gunakan Hiasan Makanan (Garnish)

Di masa lalu, koki dengan santainya menambahkan sepotong kale dan irisan jeruk ke setiap piring agar makanan segera meninggalkan dapur mereka. Namun, hiasan makanan atau garnish ini tidak menambahkan sesuatu yang menarik untuk hidangan. Bahkan tamu yang tidak tahu mencoba untuk memakannya.

Berikut adalah beberapa contoh dari hiasan cerdas dan bagaimana untuk menggabungkan mereka:

Pilih garnish dimakan. Ketika Anda selesai plating, ingat bahwa garnish harus terkait dengan piring dan harus selalu dimakan. Pada akhirnya, mereka dirancang untuk meningkatkan dan melengkapi rasa hidangan yang Anda buat, tidak mengalihkan perhatian dari mereka.

Tempat garnish sengaja. Demikian pula, jangan pernah untuk menumpuk hiasan di salah satu sudut piring. Sebaiknya sebar garnish tersebut untuk menambahkan warna atau tekstur. Selanjutnya, hindari menggunakan hiasan yang menghilangkan selera makan. Garnish tersebut antara lain herbal atau daun-daunan mentah, potongan besar jeruk, dan semua yang berbau yang kuat. Terakhir, pastikan garnish Anda cepat dan mudah diterapkan, sehingga saat makanan keluar masih panas.

Peralatan-Peralatan Untuk Plating Makanan

Memiliki alat yang tepat untuk penyajian makanan yang berkualitas tinggi adalah penting. Berikut adalah beberapa item yang Anda harus dan wajib membelinya jika Anda belum memilikinya:

Alat Plating makanan

Kuas Dekorasi

Sebagai salah satu peralatan yang paling penting dalam setiap koki toolkit, kuas dekorasi memiliki manfaat untuk berbagai aplikasi. Anda dapat menggunakannya baik untuk membuat garis yang kecil dan menerapkan garis saus yang lebar. Selain itu, bisa digunakan untuk plating purees bawah daging atau sayuran.

Alat Untuk Membuat Garnish (Garnishing Kit)

Seperangkat alat ini merupakan kumpulan alat Anda perlukan untuk membuat hiasan semua hidangan andalan Anda. Didalamnya termasuk plating wedges, penjepit, botol peras, dan kuas.

Cetakan

Cetakan juga sangat penting ketika plating makanan. Dengan memotong bahan untuk bentuk dan ukuran tertentu, Anda akan memberikan daya tarik visual dan menjaga rapi piring Anda. Cincin cetakan juga membantu Anda mengembangkan tinggi dan struktur bila susun bahan.

Penjepit Plating dan Presisi

Selanjutnya adalah penjepit plating dan presisi yang akan digunakan untuk menempatkan kecil, atau makanan halus. Banyak penjepit juga fitur mikro-gerigi untuk meningkatkan grip dan stabilitas.

Wedges Plating

Wedges plating berupa alat sebelum pra-potong dengan ujung datar, bulat, atau tepi runcing dan sangat cocok untuk mengolesi saus dan bahan-bahan lembut lainnya ke dalam desain di piring Anda.

Alat Parut/Serut

Alat parut digunakan ketika menyerut atau memparut coklat, keju keras, atau sayuran lembut di atas kreasi Anda yang telah selesai.

Sendok

Anda juga akan ingin memiliki berbagai sendok di tangan. Sendok Saucier membantu Anda menyebarkan saus di piring Anda. Anda juga dapat memilih alat yang diujungny berupa mangkuk meruncing yang sempurna untuk menaburkan dan menuangkan. Selain itu, dibutuhkan sendok slotted untuk cepat memisahkan padatan dari cairan setelah Anda menyelesaikan presentasi Anda.

Botol Squeeze

Botol peras atau botol squeeze ideal ketika menerapkan saus atau Aiolis ke piring Anda.

Jumlah kebutuhan barang-barang tersebut disesuaikan dengan kebutuhan yang memungkinkan untuk memakainya supaya semua hasil sempurna.

Contoh Cara Plating Makanan

Berikut adalah contoh dari tiga cara plating makanan atau gaya plating yang popular. Ketiganya adalah cara plating klasik, bebas, dan lanskap.

Untuk menunjukkan mereka, berikut adalah filet mignon, puree kentang, wortel, demi glace, Puree kacang, kacang lima dan kacang blend, thyme, dan daun bawang goreng.

Cara Plating Makanan Style Klasik

1.Alirkan puree kentang ke piring menggunakan kantong kue.

Cara menyajikan masakan gaya klasik 1

2.Tempatkan wortel disebelah puree menggunakan penjepit presisi.

Cara menyajikan masakan gaya klasik 2

3.Hias wortel dengan thyme menggunakan penjepit presisi.

Cara menyajikan masakan gaya klasik 3

4.Piring steak menggunakan penjepit presisi.

Cara menyajikan masakan gaya klasik 4

5.Hiasi steak dengan daun bawang goreng menggunakan penjepit presisi.

Cara menyajikan masakan gaya klasik 6

6.Percikkan demi-glace sekitar piring menggunakan saucier menyemburkan.

Cara menyajikan masakan gaya klasik 6

7.Usap tepi piring dengan handuk bersih.

Cara menyajikan masakan gaya klasik 7

8.Cara penyajian makanan style klasik selesai.

Cara menyajikan masakan gaya klasik 8

 

Cara Plating Makanan Style Bebas

1.Alirkan puree kentang ke piring berbentuk beberapa titik terpisah menggunakan kantong kue.

Cara menyajikan masakan gaya bebas 1

2.Iris steak menjadi tiga bagian menggunakan pisau koki.

Cara menyajikan masakan gaya bebas 2

3.Taruh potongan steak menggunakan penjepit presisi.

Cara menyajikan masakan gaya bebas 3

4.Tempatkan kacang lima dan kacang blend sekitar piring menggunakan sendok.

Cara menyajikan masakan gaya bebas 4

5.Taruh wortel menggunakan penjepit presisi.

Cara menyajikan masakan gaya bebas 5

6.Tempatkan berupa titik-titik kacang yang haluskan di piring menggunakan botol squeeze besar.

Cara menyajikan masakan gaya bebas 6

7.Tempat demi-glace berupa titik-titik di sekitar piring menggunakan botol squeeze kecil.

Cara menyajikan masakan gaya bebas 7

8.Hiasi piring dengan daun bawang goreng menggunakan penjepit presisi.

Cara menyajikan masakan gaya bebas 8

9.Usap tepi piring dengan handuk bersih.

Cara menyajikan masakan gaya bebas 9

10.Cara penyajian makanan style bebas selesai.

Cara menyajikan masakan gaya bebas 10

 

Cara Plating Makanan Style Landscape (Melebar)

1.Tempat kacang yang dihaluskan berupa titik-titik di piring menggunakan botol squeeze besar.

Cara menyajikan masakan gaya landscape 1

2.Sapu kacang yang dihaluskan ke piring menggunakan kuas.

Cara menyajikan masakan gaya landscape 2

3.Alirkan puree kentang ke piring menggunakan kantong kue.

Cara menyajikan masakan gaya landscape 3

4.Tempatkan wortel menggunakan penjepit presisi.

Cara menyajikan masakan gaya landscape 4

5.Sandarkan steak pada puree kentang dan wortel menggunakan penjepit presisi.

Cara menyajikan masakan gaya landscape 5

6.Tempatkan kacang lima dan kacang blend di sekitar piring menggunakan sendok.

Cara menyajikan masakan gaya landscape 6

7.Percikkan demi-glace sekitar piring menggunakan saucier.

Cara menyajikan masakan gaya landscape 7

8.Hiasi steak dengan daun bawang goreng menggunakan penjepit presisi.

Cara menyajikan masakan gaya landscape 8

9.Usap tepi piring dengan handuk bersih.

Cara menyajikan masakan gaya landscape 9

10.Cara plating makanan landscape selesai.

Cara menyajikan masakan gaya landscape 10

 

Penutup Panduan Dasar Cara Plating Makanan

Apakah Anda memiliki rumah makan fine-dining, restoran kelas atas, atau eklektik cafe, penyajian yang indah pasti untuk meningkatkan kedatangan pelanggan bisnis Anda.

Presentasi makanan yang baik juga memungkinkan Anda untuk menunjukkan keterampilan koki Anda kepada pelanggan. Selain itu mampu memberikan gambaran tentang sajian lezat restoran Anda.

Demikian uraian kami tentang “Panduan Dasar Cara Plating Makanan”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!