11 Cara Menurunkan Biaya Operasional Restoran Cepat Dan Efektif

Tindakan kecil, sederhana, mudah dan cepat kadang dapat meningkatkan margin keuntungan laba, begitu juga 11 cara menurunkan biaya operasional restoran yang kami tawarkan dapat secara cepat dan efektif menekan biaya yang dikeluarkan.

Cara Menurunkan Biaya Operasional Restoran

Mengapa Harus Tahu Cara Menurunkan Biaya Operasional?

Semua orang tahu bahwa kunci untuk menghasilkan keuntungan dalam bisnis F&B (Food and Bevearges) adalah sederhana. Prinsipnya hanya menghasilkan pendapatan tinggi sambil menjaga biaya operasional tetap rendah.

Anda mungkin sudah tahu bagian biaya mana yang saja yang tetap (misalnya sewa) tanpa terpengaruh jumalh produksi. Ini disebut biaya tetap atau fixed cost atau expense.

Selain itu terdapat biaya mana yang benar-benar dapat Anda kontrol setiap bulan dan bervariasi setiap bulannya. Ini dikenal sebagai Biaya Utama (total biaya penjualan barang + total biaya tenaga kerja) atau biaya variabel.

Jika Anda tidak yakin tentang mana saja yang yang termasuk dalam harga pokok penjualan atau COGS “the Cost of Goods Sold” Anda, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan berikut:

  1. Apakah ini akan dijual kepada pelanggan?
  2. Apakah barang ini selalu dibutuhkan untuk menjual sesuatu? (misalnya sedotan untuk minuman, kertas untuk membungkus makanan)

Jika jawaban untuk keduanya adalah ya, maka hal itu harus dimasukkan dalam COGS Anda.

Baca Juga:

9 Cara Mengendalikan Food Cost Restoran yang Efektif Dan Mudah
7 Tips Sederhana Pembukuan Rumah Makan Menuju Kesuksesan
Cara Menghitung Biaya Operasional Restoran [5 Komponen Umum Wajib]

Cara Menurunkan Biaya Operasional Restoran

Setelah Anda dapat menentukan dan memilah biaya operasional menjadi biaya tetap dan biaya variable setiap bulannya. Selanjutnya adalah bagaimana meningkatakan pendapatan dan menurunkan biaya-biaya diatas.

Pada artikel ini akan dibahas bagian yang kedua yaitu bagaimana menekan operational cost serendah mungkin. Baik untuk biaya fixed atau tetap dan biaya yang berubah-ubah.

Berikut adalah 12 ide cara menurunkan biaya operasional restoran yang dapat Anda terapkan.

  1. Mengurangi Food Cost;
  2. Desain Ulang Menu;
  3. Forecast Penjualan Secara Akurat;
  4. Meningkatkan Produktivitas Staf;
  5. Kurangi Pergantian Karyawan;
  6. Pendapatan Alternatif;
  7. Memanfaatkan Publisitas Gratis;
  8. Lacak Tren Pembelian Dan Pemborosan Makanan;
  9. Optimalkan Penggunaan Teknologi;
  10. Menaikan Harga
  11. Dorong Konsumen Membawa Wadah Makanan Sendiri;

Baiklah selanjutnya kita bahas 11 item tersebut masing-masing secara detil. Anda dapat memilih bagian termudah dahulu untuk dapat diterapkan.

1. Mengurangi Food Cost

Sebagai cara menurunkan biaya operasional restoran yang utama adalah mengurangi food cost. Untuk mengurangi food cost, cobalah beberapa usaha dibawah ini.

  • Mengembangkan hubungan dengan pemasok. Misalnya dengan selalu membayar tepat waktu). Hal ini dapat memberi Anda posisi untuk bernegosiasi untuk persyaratan kredit yang lebih banyak atau biaya yang lebih baik.
  • Manfaatkan skala ekonomis. Membeli dalam jumlah besar memberi Anda harga yang lebih baik dan bagus untuk bisnis dengan lebih dari satu outlet.
  • Kurangi ukuran porsi tetapi jangan kompromi pada kualitas. Sebaliknya, Anda dapat mengganti sisi dengan sesuatu yang lebih ekonomis dan menawarkan sesuatu yang lain (yang tentu saja murah) untuk mengimbangi misalnya minuman gratis.

2. Desain Ulang Menu – Cara Menurunkan Biaya Operasional Restoran

Setelah melakukan menu engineering, Anda harus menindaklanjutinya dengan salah satunya melakukan desain ulang rumah makan. Banyak hal bisa dilakukan pada bagian ini seperti:

  • Perkecil menu Anda hanya untuk menyertakan item makanan / minuman yang populer dan memiliki margin laba besar. Menu yang lebih kecil dikaitkan dengan kualitas yang lebih baik, dan layanan akan lebih cepat juga. Gunakan sistem Kasir atau Point of Sale (POS) Anda untuk menentukan barang apa yang paling populer dan mana yang sering dipesan bersama. Gunakan sistem POS yang Andal.
  • Evaluasi biaya item menu secara teratur: kenaikan biaya bahan dapat membuat beberapa item yang sebelumnya menguntungkan jauh lebih tidak menguntungkan.
  • Manfaatkan harga yang lebih rendah dari produk musiman – Anda bahkan dapat menaikkan harga sedikit dengan menekankan manfaat kesegaran dan musiman. Sorot item musiman pada menu khusus. Memiliki fleksibilitas untuk melakukan perubahan harga dan menu juga penting – pastikan bahwa sistem POS Anda memungkinkan Anda melakukan ini dengan mudah.
  • Ketika harga bahan-bahan tertentu meningkat, ajarkan staf untuk upselling yaitu menjual item menu yang lebih menguntungkan.
  • Usahakan untuk tidak mencampur bahan-bahan mahal dan murah dalam resep Anda.
  • Menawarkan diskon pada menu khusus atau barang promosi saja. Pemotongan harga pada item-item ini bisa menciptakan kesan bahwa margin keuntungan Anda tinggi dan pelanggan akan menunggu promosinya.

3. Forecast Penjualan Secara Akurat

Pencatatan dan melakukan forecast penjualan secara akurat merupan salah satu cara menurunkan biaya operasional Anda secara tidak langsung. Hal ini akan menghasilkan penjadwalan, pemesanan, dan persiapan karyawan yang lebih baik.

Diperlukan sekedar dari hanya data sekilas pada rata-rata penjualan bulan lalu yang diperlukan. Diperlukan data baik dan lengkap untuk memiliki perkiraan penjualan yang tepat dan akurat.

  • Ingatlah untuk memperhitungkan waktu libur, acara komunitas, aktivitas pesaing, cuaca dan tingkat dan tingkat pemesanan.
  • Temukan cara untuk memprediksi permintaan untuk setiap item menu dan tingkat turnover, seperti membaca analitik dari sistem POS Anda.

4. Meningkatkan Produktivitas Staf – Cara Menurunkan Biaya Operasional Restoran

Biasanya 80% atau lebih dari penjualan akan berasal dari periode puncak di restoran Anda. Jadi penghasilan akan tergantung berapa banyak makanan yang dapat Anda sajikan selama periode puncak tersebut. Selain kuantitas. Anda juga harus memiliki konsistensi dalam kualitas yang disajikan.

Bagaimana Anda dapat mengoptimalkan selang waktu tersebut, berikut diantaranya:

  • Buatlah penjadwalan yang lebih efisien. Minimalkan jumlah staf yang bekerja selama periode lambat; tutup bagian dari restoran Anda jika perlu.
  • Latih silang staf Anda sehingga mereka dapat melakukan berbagai peran atau membantu jika diperlukan.
  • Buat staf Anda peduli dengan bisnis Anda, mengirim mereka untuk pelatihan bisnis bisa memberi mereka rasa memiliki. Sebagai contoh, beberapa perusahaan mengirimkan karyawan dengan potensi kepemimpinan pada kursus manajerial dan mempromosikan ke dalam manajemen.
  • Tinjau peran dan proses dapur Anda, dengan memperhitungkan waktu persiapan dan memasak. Apakah prosedurnya efisien, dan apakah mereka sesuai dengan harga item menu? Anda mungkin harus mengubah komponen hidangan atau seluruh menu untuk lebih meningkatkan produktivitas.
  • Tetapkan uraian tugas dengan indikator kinerja yang jelas dan terukur. Karyawan yang tahu apa yang diharapkan dari mereka berkinerja lebih baik.

5. Kurangi Pergantian Karyawan

Memperkerjakan anggota staf restoran baru itu mahal (terutama dalam industri seperti F&B di mana omsetnya tinggi). Pikirkan tentang waktu yang dibutuhkan untuk melakukan mewawancarai calon, dan kemudian melatih anggota baru.

Selain itu, Anda juga memerlukan anggaran untuk biaya iklan dan lain-lain dalam proses perekrutan. Penelitian telah menunjukkan bahwa mempekerjakan pegawai baru dapat menghabiskan biaya hingga 16-20% dari gaji tahunan karyawan itu.

Jadi mempertahankan karwayawan berpengalaman Anda merupakan satu cara menurunkan biaya operasional restoran Anda. Berikut adalah tip-tips berkaitan dengan hal tersebut:

  • Berikan pelatihan yang lebih baik. Di sebagian besar tempat, pelatihan hanya terdiri dari dua atau tiga hari membayangi anggota tim lainnya. Tim yang terlatih lebih baik membuat lebih sedikit kesalahan, memiliki layanan pelanggan yang lebih baik, dan mengurangi pergantian staf.
  • Perlakukan staf seperti keluarga. Pupuk dan bangkitkan rasa kekeluargaan, yang pada gilirannya akan menghasilkan loyalitas dan karyawan yang lebih bahagia. Semangat yang lebih tinggi membuat pelanggan merasa lebih diterima juga.
  • Beri Anda ruang staf untuk bernafas. Karyawan yang ingin beristirahat lama sering merasa harus berhenti untuk melakukannya. Salah satu cara yang keren untuk mempertahankan staf yang baik: mereka dapat mengakumulasikan cuti dengan bekerja shift tambahan (mereka menerima bonus harian) dan kemudian mengambil cuti 90 hari dalam satu kesempatan – cukup untuk perjalanan liburan panjang mencari jati diri.

Kurangi Pergantian Karyawan

6. Pendapatan Alternatif – Cara Menurunkan Biaya Operasional Restoran

Selain mengurangi biaya, cobalah juga untuk mendapatkan penghasilan lain. Pada akhirnya pendapatan tambahan ini mengurangi cost operasional.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Gunakan fasilitas Anda setelah jam kerja untuk menghasilkan pendapatan alternatif dengan mengadakan kelas memasak, acara pribadi atau menyewa dapur Anda untuk katering.
  • Buat acara mingguan dengan koki tamu yang berbeda diluar hari kerja restoran. Biasanya ada beberapa koki yang ingin mencoba masakan berbeda dengan tempat mereka atau melakukan eksperimen. Anda dapat memfasilitasi sewa dapaur untuk mereka. Semua biaya akan ditanggung sang koki. Anda dapat membagi keuntungan dengan koki tersebut.

7. Memanfaatkan Publisitas Gratis

Masih dari sisi pendapatan sebagai cara menurunkan biaya opearsional restoran, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas publisutas datau promosi gratis. Berikut yang bisa Anda coba:

  • Tinjau dan potong pemasaran yang tidak efektif dari anggaran Anda.
  • Jadikan makanan Anda Instagramable mungkin untuk mendorong pelanggan untuk berbagi foto.
  • Terlibat dengan pelanggan di media sosial; mengadakan kontes kecil yang mendorong mereka untuk membagikan kiriman Anda dan menyukai halaman Anda, dengan makanan atau minuman gratis sebagai hadiah.

8. Lacak Tren Pembelian Dan Pemborosan Makanan – Cara Menurunkan Biaya Operasional Restoran

Kurangi trend pemborosan biaya untuk menekan rendah biaya operasi rumah makan Anda dengan cara:

  • Pantau pembelian dan bandingkan dengan makanan yang dijual. Pemborosan berasal dari porsi berlebihan atau kurang, piring dikirim kembali ke dapur, atau pencurian.
  • Disisi lain pembelian dibawah yang dibutuhkan dapat menyebabkan kekurangan stok dan pembelian darurat.
  • Seberapa teliti chef dan food handler tentang kontrol porsi dan mengikuti resep? Apakah mereka mengukur bahan dengan sendok, timbangan, atau unit pengukuran spesifik lainnya? Membuat prosedur di restoran itu mudah, tetapi memastikan semua itu ditegakkan adalah tantangan lain.

Lacak Tren Pembelian Dan Pemborosan Makanan - Cara Menurunkan Biaya Operasional Restoran

9. Optimalkan Penggunaan Teknologi

Dengan zaman digital sakarang ini, hal yang pasti untuk mengurangi biaya operasional restoran Anda adalah dengan memanfaatkan teknologi.

Sistem POS lama mahal untuk pemeliharaan, dan perangkat lunak manajemen / penggajian yang mahal adalah biaya yang dapat diminimalkan. Lakukan riset untuk modern, hemat biaya solusi yang dapat menggantikan yang sudah ketinggalan zaman atau berlebihan.

10. Menaikan Harga – Cara Menurunkan Biaya Operasional Restoran

Setiap pemilik restoran takut melakukan kenaikan harga karena akan membuat pelanggan pergi. Namun, kenaikan beberapa ratus rupiah pada barang yang sering dipesan dapat meningkatkan food cost Anda secara signifikan.

Untuk hal ini, Anda harus aware terhadap beberapa hal dibawah ini:

  • Tahu item barang yang harus harus ditandai. Barang-barang murah seperti minuman non-alkohol (soda, teh, air mineral, dll) adalah item dengan margin keuntungan besar. Beras, Mie, pasta, pizza, dan hidangan berbasis roti yang dibuat sendiri memiliki bahan baku murah.
  • Tandai dan temukan keseimbangan dalam menjaga barang-barang yang sensitif terhadap harga dengan harga yang wajar.

11. Dorong Konsumen Membawa Wadah Makanan Sendiri

Di Indonesia, zaman dulu tradisi membawa wadah makanan sendiri untuk embeli makanan/minuman sudah tradisi. Seiiring kemajuan zaman hal ini malah bergeser dengan menggunkan wah instan.

Salah satu cara menurunkan biaya operasional restoran atau rumah makan Anda dengan mengurangi biaya kemasan. Dorong kesadaran lingkungan dan hemat kemasan dengan memberikan porsi yang sedikit lebih besar. Cara lain dengan memberikan diskon kecil ketika pelanggan membawa wadah bawa sendiri dan kantong plastik.

Dorong Konsumen Membawa Wadah Makanan Sendiri

Penutup Cara Menurunkan Biaya Operasional?

Banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam rangka menurunkan operational cost restoran Anda. Pilihlah terlebih dahulu yang sederhana,mudah dan cepat untuk dicoba. Anda akan kaget dengan hasilnya, hal kecil namun bisa ber-impact besar terhadap margin keuntungan.

 

Beberapa tips diatas sangat tergantung pada system pos yang Andal.

Demikian uraian kami tentang “11 Cara Menurunkan Biaya Operasional Restoran Cepat Dan Efektif ”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Artikel Yang Berhubungan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!