3 Cara Mengurangi Food Waste di Restoran Anda

Menangani food waste dengan tepat dapat meningkatkan keuntungan bahkan menambah pendapatan, ikuti 3 cara mengurangi food waste di restoran ini.

Cara Mengurangi Food Waste di Restoran

Mengapa Harus Mengetahui Cara Mengurangi Food Waste?

Menjalankan operasional layanan makanan sangat menguras banyak pemikiran. Anda harus memesan bahan-bahan tepat waktu, dan menyeimbangkan antara pengeluaran dan pendapatan keuangan. Selain itu mengelola staf dan karyawan bukanlah hal yang mudah di tengah-tengah dunia kekhawatiran lainnya.

Sama pentingnya dengan mempertimbangkan makanan apa yang Anda buat, memikirkan apa yang terjadi pada sisa makanan yang tidak dikonsumsi juga tidak kalah penting.

Berdasarkan  data, satu negara dapat menghasilkan sekitar 70 miliar ton food waste (limbah makanan) setiap tahunnya. Saat ini para pelanggan mulai peduli dengan bagaimana Anda menanganinya, seperti yang ditunjukkan oleh data statistik food waste.

Baca Juga:

5 Cara Menekan Overhead Cost Restaurant Yang Efektif
11 Cara Menurunkan Biaya Operasional Restoran Cepat Dan Efektif
9 Cara Mengendalikan Food Cost Restoran yang Efektif Dan Mudah

Sebuah studi oleh Unilever, mengungkapkan bahwa 72% pengunjung restoran mengatakan bahwa mereka peduli tentang bagaimana limbah makanan ditangani. Selanjutnya, 47% cukup khawatir bahwa mereka akan bersedia menghabiskan lebih banyak uang untuk makan di tempat yang secara aktif mencoba mengurangi produksi limbah makanannya.

Hal ini membuatnya semakin penting untuk menemukan bagaimana cara mengurangi food waste di restoran Anda.

Berikut adalah 3 cara mengurangi food waste di restoran anda

  1. Lakukan Audit Food Waste
  2. Cari Solusi Mengurangi Food Waste
  3. Opsi Alternatif Pembuangan Food Waste

Lakukan Audit Food Waste – Cara Mengurangi Food Waste

Langkah pertama sebagai cara mengurangi food waste di restoran adalah dengan melakukan audit food waste terlebih dahulu. Berikut dibahas lebih detil tentang audit food waste.

Apa itu Audit Food Waste?

Langkah pertama untuk mengurangi limbah adalah untuk mengetahui berapa banyak food waste. Anda bisa mulai dengan dari jenis limbah apa yang diproduksi oleh perusahaan Anda.

Tujuan utama dari audit limbah adalah untuk mengidentifikasi semua data tentang food waste. Mulai dari mana limbah operasional tersebut berasal, sehingga kemudian Anda dapat menemukan cara untuk mengurangi food waste tersebut.

Cara Melakukan Audit Limbah Makanan

Ada dua faktor utama yang harus diperhatikan saat Anda melacak food waste Anda sebagai cara mengurangi food waste di restoran. Anda perlu tahu berapa banyak makanan yang terbuang dan berapa banyak orang yang menghasilkannya di restoran Anda.

Dengan mengumpulkan data untuk kedua variabel ini, Anda dapat mengetahui dengan lebih baik apa sumber limbah makanan terbesar.

Sistem Log Makanan

Berikan staf Anda selembar kertas sederhana di mana mereka dapat melacak apa yang dibuang, mengapa dibuang, dan berapa banyak yang terbuang.

Sebagai alternatif, ada sistem pelacakan limbah seperti LeanPath yang menggunakan skala yang dirancang khusus dengan terminal layar sentuh. Perangkat lunak komputer untuk melacak berapa banyak makanan yang Anda buang tanpa perlu pensil dan kertas.

Juga, pastikan untuk menyimpan sistem log kedua untuk limbah pasca-konsumen, atau pelanggan makanan membayar tetapi tidak makan. Jenis food waste ini jauh lebih sulit untuk dikendalikan.

Jika balita di meja 3 itu tidak menginginkan brokoli yang dipesan ibunya untuknya, kemungkinan besar Anda akan mendapatkannya kembali sebagai food waste. Meskipun, makanan tersebut tidak tersentuh sama sekali sampai mereka pergi.

Namun, ada baiknya mengevaluasi apa yang dibuang dan berapa jumlahnya. Mengumpulkan data sebanyak mungkin hanya akan membantu Anda ketika tiba saatnya untuk mengevaluasi hasil dan membuat perubahan standard operasi Anda sebagai cara mengurangi food waste ini.

Sistem Log Lalu Lintas Konsumen

Alat umum lain yang digunakan banyak restoran adalah catatan harian tentang berapa banyak pelanggan yang diterima restoran dan seperti apa cuaca diluar. Sebagai contoh, sebuah log dapat menunjukkan bahwa 280 tamu dilayani pada hari libur dengan cuacanya sekitar 22 derajat dan cerah.

Meskipun data ini mungkin tidak langsung bermanfaat, namun sangat membantu dalam hal perencanaan untuk volume pelanggan tahun berikutnya.

Jika koki bisa mendapatkan garis besar berapa banyaknya traffic yang diharapkan, berdasarkan temuan tahun sebelumnya, mereka akan lebih tahu berapa banyak makanan yang harus dipesan.

Seiring berlalunya waktu, data ini menjadi semakin berharga karena tren menjadi lebih jelas. Banyak sistem POS menampilkan kemampuan log harian, jadi pasti sesuatu yang harus dicari ketika Anda memilih POS untuk bisnis Anda.

Carilah Solusi Mengurangi Food Waste – Cara Mengurangi Food Waste

Setelah Anda tahu apa yang disia-siakan, bicarakan dengan staf Anda dan cobalah pikirkan bagaimana cara mengurangi food waste yang ada.

Apa kontributor terbesar penghasil food waste di dapur Anda?

Mengapa barang tertentu dibuang?

Inilah pertanyaan-pertanyaan yang seharusnya ada di benak Anda saat Anda melihat data.

Cara mudah untuk memikirkan langkah selanjutnya adalah memecah jenis limbah Anda menjadi tiga kategori:

  • Limbah Sebelum Mencapai Konsumen – makanan yang bahkan tidak meninggalkan dapur
  • Limbah Pasca Konsumen – makanan yang dibeli oleh pelanggan, tetapi tidak dimakan
  • Limbah Barang Habis Pakai – hal-hal seperti barang kertas, peralatan plastik, dan kemasan

Selanjutnya, pertimbangkan opsi-opsi berikut dan tentukan cara mana yang paling masuk akal untuk diterapkan sebagai solusi cara mengurangi food waste untuk setiap jenis limbah:

Cara Mengurangi Food Waste Sebelum Mencapai Konsumen

Limbah sebelum mencapai konsumen adalah area di mana Anda kemungkinan memiliki peluang paling besar untuk perubahan positif karena ada banyak faktor dalam kendali. Anda mengendalikan dalam hal memesan, menyimpan, dan menyiapkan bahan-bahan Anda serta cara menangani kelebihan bahan makanan.

Ada 2 hal yang cara mengurangi food waste sebelum mencapai konsumen yaitu internal dan eksternal.

Cara Mengurangi Food Waste Restoran Sebelum Mencapai Konsumen

Cara Mengurangi Food Waste Internal

  • Evaluasi inventarisasi bahan – Jika Anda menemukan bahwa bahan makanan terlalu lama disimpan, pastikan Anda tidak memesan terlalu banyak.
  • Maksimalkan umur simpan – Jika bahan-bahan yang Anda butuhkan menjadi buruk sebelum ada kesempatan untuk menggunakannya, pastikan bahan yang mudah rusak disimpan dengan benar sehingga Anda tidak membuang-buang bahan sebelum mereka bahkan dimasak.
  • Temukan cara re-purposing bahan – Cobalah membuat roti tua menjadi crouton, atau masukkan sisa daging ayam ke dalam sup. Demikian pula, koki yang inovatif akan dapat mengubah bahan-bahan berlebih menjadi makanan spesial sehari-hari.
  • Latih staf untuk mengurangi limbah – Pastikan staf Anda tahu berapa harga bahan. Latih mereka untuk memperlakukan setiap bahan seolah-olah mereka membelinya dengan uang mereka sendiri. Teknik persiapan yang tepat juga membantu mengurangi pemborosan makanan yang sangat baik.
  • Jadikan stok Anda teratur – Pastikan makanan yang cepat kadaluarsa seperti susu, roti, buah dan sayur digunakan pada waktu yang tepat dengan mengembangkan sistem rotasi kulkas. Banyak restoran menyebut ini sistem “masuk pertama, keluar pertama” atau FIFO (First In First Out). Gunakan stiker dengan tanggal pengemasan yang ditulis dengan jelas, atau tulis “Gunakan Ini Lebih Dulu” yang ditulis dengan huruf besar untuk membantu staf mengenali dengan tepat produk mana yang perlu digunakan dengan cepat untuk mencegah pembusukan.
  • Menawarkan makanan staf – Jika hanya ada sedikit bahan yang tersisa dan diperkirakan tidak akan cukup untuk melayani makan malam selanjutnya, Anda dapat memberikannya kepada staf Anda secara gratis. Memberi makan staf Anda meningkatkan moral dan mencegah makanan yang baik dibuang.

Cara Mengurangi Food Waste Eksternal

  • Pertimbangkan menyumbang makanan – Jika Anda memiliki barang-barang yang masih aman untuk dikonsumsi tetapi, karena satu dan lain hal, tidak dapat digunakan, Anda dapat juga memberikannya kepada lembaga amal. Lembaga tersebut dapat menghargai kontribusi Anda untuk memberi makan orang-orang di komunitas Anda. Ada program-program yang memudahkan untuk memanfaatkan sisa-sisa makanan yang tidak bisa dijual itu untuk digunakan dengan baik. Lembaga ini kadang-kadang bahkan akan datang ke tempat usaha Anda dan mengambil makanan secara gratis. Keuntungan lain adalah Anda dapat mengklaim sumbangan amal ini sebagai pengembalian pajak Anda.
  • Sisa makanan bisa digunakan untuk pakan ternak – Banyak petani lokal akan menyediakan biaya rendah atau pengambilan gratis untuk sisa makanan, yang dapat diberikan pada hewan ternaknya. Jika Anda mengikuti rute ini, Anda harus memastikan bahwa Anda mengikuti peraturan lokal tentang apa yang bisa dan tidak bisa digunakan untuk pakan ternak. Ini memberikan kesempatan lain untuk membantu perekonomian lokal sambil mengurangi limbah makanan Anda sendiri pada saat yang sama.

Tentukan porsi yang tepat

Cara Mengurangi Food Waste Pasca Konsumen

Tidak banyak cara mengurangi food waste yang dapat Anda lakukan begitu makanan meninggalkan dapur dan mencapai konsumen. Namun, Anda dapat memastikan memberikan informasi yang diperlukan. Misal berikan info tentang ukuran porsi yang tepat kepada para tamu, sehingga pelanggan Anda tahu apa yang diharapkan dan seberapa banyak makanan sampai kenyang.

  • Monitor ukuran porsi – Jika porsi Anda terlalu besar untuk diselesaikan pelanggan, cobalah hitung porsi makanan dengan timbangan porsi atau atau porsi sendok untuk memastikan bahwa pelanggan Anda mendapatkan jumlah makanan yang sesuai. Standarisasi resep adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa setiap anggota staf Anda menggunakan jumlah makanan yang sama setiap saat.
  • Kelola harapan pelanggan – Para tamu akan cenderung tidak akan mengembalikan hidangan pesanannya jika sudah dijelaskan secara lengkap dan akurat di menu. Pastikan staf menunggu Anda dapat menjelaskan setiap item pada menu dan menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan tamu.
  • Lacak popularitas setiap hidangan – Jika item menu tertentu tidak populer, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyesuaikan resep atau menghapusnya dari menu.
  • Dorong para tamu untuk membawa pulang jika makanan mereka bersisa – Ini adalah praktik yang cukup standar di sebagian besar restoran. Pastikan Anda menyimpan berbagai wadah sekali pakai, agar para tamu dapat membawa pulang apa pun yang tidak dapat mereka selesaikan.

Cara Mengurangi Limbah Barang Habis Pakai

Sementara penggunaan barang habis sekali pakai dalam mengurangi limbah makanan di restoran, mereka secara inheren dirancang untuk dibuang, jadi berhati-hatilah dengan barang sekali pakai yang Anda pilih dan coba pikirkan cara-cara menggunakannya jika memungkinkan.

  • Mengatur Insentif Pelanggan – Jika Anda memiliki kafe atau toko serba ada, Anda dapat mengatur diskon untuk pelanggan yang membawa mug sendiri.
  • Coba Produk Kompos – Jika sama sekali tidak ada jalan lain untuk menggunakan barang sekali pakai, bila memungkinkan cobalah pilih barang yang mudah terurai.

Opsi Alternatif Pembuangan Food Waste – Cara Mengurangi Food Waste

Untuk barang-barang makanan yang tidak diperuntukkan bagi konsumsi atau untuk plastik, kardus, dan kaleng, pertimbangkan alternatif cara mengurangi food waste dan limbah lain Anda. Jangan sampai semuanya hanya terkubur di tempat pembuangan sampah.

  • Menjadikan Pupuk Kompos – Jika Anda cukup beruntung memiliki ruang tersebut, Anda dapat membuat kompos di lokasi. Jika Anda tidak memiliki ruang untuk menjalankan program pengomposan Anda sendiri, carilah tempat yang menerima limbah untuk dijadikan kompos. Ini bisa menjadi alternatif yang lebih hemat biaya daripada metode pembuangan tradisional. Pada dasarnya yang harus Anda lakukan adalah memisahkan bahan yang layak untuk dijadikan kompos dari “sampah” biasa. Pusat pengomposan masih memiliki lahan meskipun tidak seluas tempat pembuangan akhir tradisional. Jika pengomposan terdengar seperti kemungkinan nyata untuk mengelola limbah di tempat Anda, Anda dapat mengetahui semua detail di artikel kami tentang pembuatan kompos dari food waste restoran.
  • Mendaur ulang – Daur ulang adalah cara sederhana untuk menangani sampah plastik, kardus, dan kaca yang tidak dapat dihindari, dan banyak restoran sudah menerapkannya untuk mengurangi jejak lingkungan mereka.

Untuk detail lebih lanjut tentang daur ulang, lihat artikel kami tentang daur restoran.

Cara Mengurangi Food Waste di Restoran dengan menjadikannya kompos

Pantau Cara Mengurangi Food Waste Secara Rutin

Sangat penting untuk mengevaluasi food waste secara teratur untuk dapat terus memantau tren dan menerapkan perubahan yang mungkin diperlukan. Tidak peduli seberapa lezat resep Anda, hidangan tertentu kadang-kadang tidak lagi populer karena pelanggan mencari berbagai pilihan yang lebih baru.

Anggota staf dapat pindah, jadi Anda akan memiliki karyawan baru untuk dilatih dan dikelola. Ada begitu banyak faktor yang dapat berkontribusi terhadap peningkatan limbah dalam sistem.  Jadi memeriksa faktor-faktor tersebut hanyalah bagian dari proses mengurangi limbah makanan di restoran Anda.

Ada banyak manfaat menggunakan metode pembuangan limbah alternatif, baik lingkungan dan finansial. Namun, tidak setiap metode cocok untuk setiap restoran.

Penutup Cara Mengurangi Food Waste Restoran

Sekalipun usaha restoran Anda telah memiliki program yang baik untuk proses food waste, namun bukan ide buruk untuk menyelam lebih dalam tentang seberapa banyak food waste yang Anda hasilkan setiap hari.

Jika produksi food waste Anda ternyata lebih dari yang Anda duga, coba lakukan beberapa langkah sederhana untuk memantau dan meminimalkan produksi food waste dengan lebih baik.

Komunitas, negara dan planet Anda, serta dompet Anda akan berterima kasih untuk semua hal yang dilakukan untuk mengurangi food waste ini.

Demikian uraian kami tentang “3 Cara Mengurangi food waste di Restoran Anda”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!