10 Strategi Terbukti Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan Anda

Artikel ini menguraikan 10 macam strategi cara mengembangkan usaha rumah makan Anda untuk mencapai kesuksesan ditengah persaingan yang ketat di dunia kuliner.

Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan Dengan Sukses

Mengapa Harus Tahu Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan

Untuk memasuki industri kuliner seperti rumah makan atau restoran relatif mudah, tetapi yang sulit adalah bagiamana memiliki kemampuan untuk bertahan hidup persaingan.

Berdasarkan data asosiasi PHRI, 60 persen rumah makan gagal dalam tahun pertama operasi berjalan, sedangkan 80 persen lainnya berhenti dari bisnis dalam lima tahun.

Berbeda dengan resep rahasia terbaik dari makanan dimasak untuk kesempurnaan, tidak ada resep rahasia untuk bisnis restoran yang sukses. Dalam bisnis restoran dan usaha rumah makan ini, kesuksesan hanya datang dengan kesulitan dan pengalaman bertahun-tahun.

Beberapa yang paling restoran sukses dan ikon telah berhasil bertahan persaingan yang ketat di industri dengan mengembangkan pemahaman yang tajam tentang apa yang terbaik bagi bisnis mereka.

Beberapa pemilik restoran yang telah sukses dan bertahan selama puluhan tahun untuk memahami apa yang dianggap sebagai kunci sukses bisnis restoran mereka.

sebuh tutup restoran karena gagal

Artikel ini menyajikan 10 faktor penting yang harus Anda ingat untuk meningkatkan level keberhasilan usaha rumah makan Anda.

Baca Juga:

6 Penyebab Rumah Makan Sepi Pelanggan (Wajib Tahu!)

Faktor Penting Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan

Menjalankan sebuah restoran yang sukses membutuhkan pemahaman menyeluruh tentang branding restoran, harapan pelanggan, dan bagaimana cara memenuhi harapan tersebut.

Kami telah membuat daftar beberapa faktor penting yang menyebabkan keberhasilan sebuah restoran, sebagai berikut:

  1. Pengalaman Tamu
  2. Umpan Balik atau Masukan Konsumen
  3. Kepuasan Karyawan
  4. Konsistensi
  5. Pengelolaan Biaya Keuangan
  6. Inovasi Teknologi
  7. Kemampuan beradaptasi
  8. Daya Saing
  9. Target Pemasaran
  10. Keterlibatan Pemilik

Mari kita bahas, kesepuluh faktor penting cara mengembangkan usaha rumah makan diatas secara detil:

1. Pengalaman Tamu

Tamu adalah raja, jadi cara mengembangkan usaha rumah makan yang pertama adalah tentang tamu.

Langkah pertama terpenting untuk kesuksesan restoran adalah merawat pelanggan ketika datang ke restoran. Pengalaman pelanggan yang menyenangkan merupakan hasil layanan pelanggan yang sangat baik.

Mulai dari dari ucapan salam pada pelanggan sampai bagaimana menyajikan makanan. Mulai dari menciptakan pengalaman bersantap sampai menawarkan pilihan pembayaran checkout yang bebas repot.

Restoran yang sukses adalah yang membuat pelanggan merasa dihargai. Jika pelanggan puas dengan pelayanan restoran itu, keberhasilan restoran dari sisi keuangan cenderung mengikuti.

2. Umpan Balik atau Masukan Konsumen – Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan

Masih tentang tamu adalah raja, restoran yang sukses adalah yang menghargai pendapat pelanggan mereka. Anda harus mengambil umpan balik dan masukan dari mereka dengan sangat serius.

Anda harus aktif mendorong pelanggan untuk memberikan umpan balik pada setiap tingkat pengalamannya di rumah makan Anda. Umpan balik (feedback) pelanggan menawarkan pemahaman yang realistis dari persepsi pelanggan dan bagaimana preferensi yang terkait dengan merek. Jadi ini juga factor keberhasilan kampanye branding restoran Anda.

Jika pelanggan tidak puas baik makanan, layanan, kualitas atau apa pun yang tidak memenuhi harapan mereka, sistem umpan balik membantu pemilik restoran untuk memahami kebutuhan pelanggan dan membawa perbaikan.

Maulana hakim, pemilik ‘Rumah Makan Ayam Solo Jawa,’ meletakkan penekanan berat pada umpan balik pelanggan dan menganggap itu salah satu metrik keberhasilan yang paling penting.

Feedback atau umpan balik dari konsumen merupakan salah satu Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan

3. Kepuasan Karyawan

Membuka restoran dengan konsep rumah makan dan branding restoran memerlukan ide dan pemikiran, tetapi membangun nama merek terkenal melibatkan kerja sama seluruh tim. Pembentuk tim yang utama adalah karyawan Anda.

Sikap karyawan dan motivasi mereka terhadap pekerjaan secara dramatis mempengaruhi seluruh kinerja restoran.

Jika karyawan Anda kurang/tidak puas. Jika hal ini menurunkan semangat mereka maka mengakibatkan hasil makanan yang miskin secara kualitas dan layanan.

Jika Anda ingin sukses membangun merek restoran maka pastikan bahwa mereka mendapatkan dukungan dari seluruh staf. Bekerja sama sepenuh hati terhadap segala sesuatu, seperti mereka telah membayangkan bahwa restoran adalah asset mereka.

Mengambil umpan balik yang konsisten dari karyawan, mengevaluasi tanggapan mereka selama penilaian periodik atau penilaian dan memberikan insentif kinerja yang baik adalah beberapa metode penting untuk meningkatkan kepuasan karyawan.

Jadi ingat harmonisasi Anda dan karyawan adalah salah satu cara mengembangkan usaha rumah makan Anda.

Baca Juga:

7 Metrik KPI Restoran dan Bisnis Kuliner Restoran [+Cara Menghitungnya]
3 Jenis Metode Memasak & 11 Teknik Memasak [Terlengkap]

4. Konsistensi – Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan

Konsistensi adalah sangat penting di industri restoran. Sebuah pengalaman yang konsisten dalam makanan dan jasa memiliki makna besar dalam mengangkat reputasi merek di benak pelanggan.

Beberapa restoran franchise yang sukses seperti McDonalds telah mampu menjaga keseragaman dalam pelayanan dan konsistensi dalam resep mereka selama beberapa dekade.

Menjaga konsistensi di seluruh restoran juga membantu untuk membangun loyalitas merek antara pelanggan. Restoran yang mampu menawarkan rasa yang konsisten di piring biasanya mengikuti prosedur operasi standar di seluruh operasional restoran.

Keseragaman dan standardisasi restoran dalam resep, dapur, dan jasa sangat penting untuk keberhasilan sebuah restoran. Menjaga konsistensi dalam parameter tersebut mengarah pada keberhasilan pembangunan branding restoran.

5. Biaya Keuangan

Selain konsumen, control keuangan merupakan komponen cara mengembangkan usaha rumah makan yang paling penting.

Tahun-tahun awal operasi restoran membutuhkan kapitalisasi yang memadai untuk membangun bisnis. Mungkin diperlukan beberapa bulan untuk sebuah bisnis restoran untuk impas dan menjadi menguntungkan.

Memprioritaskan kebutuhan modal pada bulan-bulan awal pertama adalah penting untuk keberhasilan restoran. Penilaian objektif biaya dan biaya operasional sangat penting untuk bisnis restoran dapat berkelanjutan.

Seiring dengan terus meningkatkan bisnis restoran mereka, pemilik restoran yang sukses menemukan peluang bagaimana cara untuk mengurangi biaya dan meningkatkan keuntungan mereka.

Cek secara konstan berapa biaya makanan dan persediaan, menurunkan biaya variabel, mengoptimalkan pengeluaran, memperbarui biaya menu, dll. Semua hal diatas adalah beberapa cara untuk mengoptimalkan biaya keseluruhan dan meningkatkan hasil margin keuntungan bagi restoran.

6. Inovasi Teknologi – Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan

Dengan restoran-restoran baru yang bermunculan setiap hari, restoran yang cepat dalam beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan perubahan zaman memperoleh dan mempertahankan lebih banyak pelanggan.

Restoran yang sukses terus mengevaluasi penawaran baru yang dapat membantu untuk meng-upgrade bisnis mereka.

Dari menerapkan titik kasir (POS – Point of Sale) yang kuat sampai memperkenalkan koki robot di dapur,pemilik restoran harus berfokus pada inovasi teknologi untuk mengotomatisasi dan merampingkan seluruh operasi.

Inovasi teknologi tidak hanya menghemat waktu, tetapi mereka adalah sumber yang luar biasa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan profitabilitas.

 

7. Kemampuan beradaptasi

Bisnis restoran adalah bidang usaha yang kompetitif dan menantang. Bahkan jika restoran Anda menyajikan makanan terbaik tapi gagal untuk beradaptasi sesuai dengan perubahan tren, ada risiko besar kehilangan pelanggan potensial. Menganalisis tren industri dan beradaptasi sesuai dengan perubahan preferensi pelanggan sangat penting bagi keberhasilan sebuah restoran.

Pemilik restoran harus tetap mencermati segala sesuatu yang terjadi di industri makanan dan minuman. Hal ini salah satu upaya untuk menemukan bagaimana cara mengembangkan usaha rumah makan Anda.

Apa tren makanan terbaru?

Bagaimana beradaptasi sesuai dengan preferensi pelanggan yang berubah?

Misalnya, jasa pengiriman makanan yang populer di kalangan pelanggan. Mengamati pergeseran perubahan dalam preferensi memesan pelanggan, pemilik restoran yang telah cepat dalam membangun sistem pengiriman yang kuat telah mendapatkan keunggulan kompetitif.

Demikian pula dengan makanan sehat yang menjadi tren terbaru di industri restoran. Melihat permintaan untuk makanan sehat, restoran, termasuk beberapa restoran cepat saji franchise yang terbesar beradaptasi masakan sehat atau berinovasi menu mereka.

Perubahan-perubahan harus dibuat secara konsisten berdasarkan adaptasi baru ingat bahwa keaslian dan kualitas merek tetap tidak terpengaruh.

8. Daya Saing – Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan

Sebuah restoran yang sukses memiliki kemampuan membedakan diri dari kompetisi. Terlepas dari kehadiran pemain lain di pasar,restoran yang sukses dapat membangun jaringan yang kuat dari pelanggan.

Apakah daya saing tersebut berasal dari rasa yang unik dari piring, persembahan menu, presentasi makanan, kualitas layanan, suasana, atau aspek lain. Pemilik restoran harus fokus pada pembangunan dan perencanaan model bisnis dan konsep mereka sendiri yang unik.

Oleh karena itu, untuk menonojol diantara kompetitor dan menjadi merek yang sukses, sangat penting untuk mengukir niche atau ceruk dan memastikan bahwa nilai-nilai inti Anda tetap utuh.

9. Target Pemasaran

Mengembangkan bisnis restoran bagi beberapa restoran yang paling ikonik dan warisan tidak memerlukan upaya pemasaran yang keras banyak. Namun, rencana pemasaran yang tepat merupakan prasyarat dalam menentukan keberhasilan restoran yang beroperasi pada skenario ini. Hal ini merupakan cara mengembangkan usaha rumah makan yang paling sederhana.

Strategi pemasaran rumah makan dari beberapa restoran terbaik berfokus pada konsumen mereka (customer-centric) dan focus dimana niche merek mereka berada.

Anda sebagai pemilik restoran memahami kunci pengalaman momen kecil yang dialami oleh pelanggan. Selain itu memilih untuk strategi pemasaran omnichannel dengan dengan menfaatkan pencampuran pemasaran online dan offline. Menggabungkan website restoran dengan restoran fisik anda, menggabungkan pemasaran mulut ke mulut dengan marketing sosial media.

Keuntungan dari kampanye pemasaran yang menargetkan personifikasi pelanggan tertentu dengan baik memungkinkan pemilik restoran untuk melacak ROI setiap kampanye dan berimprovisasi upaya pemasaran mereka sesuai.

Strategi marketing yang tepat merupakan Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan

10.Keterlibatan Pemilik- Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan

Sebuah bisnis restoran tidak pernah bisa berhasil tanpa adanya keterlibatan pemilik. Konversi rencana bisnis (business plan) restoran menjadi bisnis yang sukses membutuhkan perencanaan yang tepat, pelatihan karyawan, dan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang perkembangan terbaru di industri restoran.

Bisnis yang paling sukses adalah hasil dari keterlibatan pemilik dalam operasi sehari-hari restoran ini.

Penutup Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan

Faktor-faktor diatas merupakan landasan dalam membangun sebuah restoran merek yang sukses. Dalam industri yang kompetitif dan cepat berubah ini, memberikan pentingnya karena faktor-faktor penting yang dapat membantu Anda membangun bisnis restoran yang sukses!

Demikian uraian kami tentang “10 Strategi Terbukti Cara Mengembangkan Usaha Rumah Makan Anda”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!