5 Cara Menekan Overhead Cost Restaurant Yang Efektif

Tingkatkan margin keuntungan rumah makan dengan menurunkan biaya overhead, berikut adalah 5 cara menekan overhead cost restaurant yang dapat dicoba dan diimplementasikan.

Cara Menekan Overhead Cost Restaurant

Mengapa Overhead Cost Restaurant Anda Harus Diturunkan?

Sebuah restoran merupakan salah satu operasional  yang mahal untuk dijalankan, dan beberapa pengeluaran terbesar digunakan untuk membayar overhead cost.

Dengan melacak dan mencari peluang penghematan biaya dalam sewa, iklan, peralatan, dan tagihan utilitas, Anda bisa menurunkan biaya oeprasional dan meningkatkan laba restoran Anda.

Baca Juga:

11 Cara Menurunkan Biaya Operasional Restoran Cepat Dan Efektif
9 Cara Mengendalikan Food Cost Restoran yang Efektif Dan Mudah
7 Tips Sederhana Pembukuan Rumah Makan Menuju Kesuksesan

Cara Menekan Overhead Cost Restaurant

Banyak pos pengeluaran dari biaya restoran merupakan biaya pengeluaran tetap. Namun, ada beberapa tindakan yang dapat Anda segera lakukan untuk mengurangi biaya overhead.

Beberapa dianataranya mengambil langkah-langkah seperti bernegosiasi dengan pemasok dan pemilik gedung jika Anda menyewa. Hal lain adalah mempertimbangkan untuk membeli peralatan yang lebih baru dan lebih efisien dapat berdampak besar pada keuntungan Anda.

Dengan menekan overhead cost restaurant ini, otomastis Anda dapat menurunkan biaya operasional restoran Anda secara keseluruhan. Pada bagian selanjutnya diuraikan beberapa cara yang efektif untuk melakukannya.

Berikut adalah 5 cara menekan overhead cost restaurant, yang bisa Anda terapkan:

  1. Hitung biaya overhead restoran Anda
  2. Temukan cara untuk menurunkan tagihan sewa restoran Anda
  3. Hemat uang untuk peralatan dan persediaan restoran di mana Anda bisa
  4. Terapkan praktik untuk menurunkan tagihan utilitas restoran Anda
  5. Cobalah ide iklan dan pemasaran beranggaran rendah untuk restoran Anda

Berapa Sebenarnya Biaya Overhead Restaurant?

Biaya overhead mengacu pada pengeluaran berkelanjutan untuk menjalankan oeprasional bisnis, seperti biaya sewa, utilitas, iklan, dan gaji. Penting untuk dicatat bahwa overhead hanya berlaku untuk pengeluaran yang tidak berhubungan langsung dengan memproduksi barang.

Jadi biaya bahan baku dan bahan mentah tidak menjadi factor-faktor dalam pengeluaran overhead.

Biasanya, biaya overhead dihitung setiap bulan, meskipun Anda juga dapat menghitung biaya overhead per hari, minggu, atau tahun. Setelah Anda memiliki biaya overhead, Anda dapat membuat perbandingan dan mengambil tindakan untuk mengurangi jumlah itu dan menghemat uang.

1. Membuat Daftar Pengeluaran Anda

Salah satu cara menekan overhead cost restaurant dengan mengetahui biaya overhead yang sesungguhnya. Hal ini dimulai dengan membuat daftar pengeluarn restoran Anda. Untuk menghitung biaya overhead untuk bulan itu, Anda harus menyusun daftar pengeluaran yang komprehensif terlebih dahulu. Daftar ini harus dibagi menjadi beberapa kategori yang mencakup hal-hal seperti sewa, pajak, gaji, utilitas, peralatan, persediaan administrasi, pemeliharaan, dan iklan.

Cara Menekan Overhead Cost Restaurant dengan Membuat Daftar Pengeluaran Anda

Selanjutnya, jumlahkan  semua biaya Anda untuk menemukan biaya overhead untuk bulan itu. Berikut contoh overhead cost sebuah restoran per bulan:

Biaya Overhead

  • Menyewa:000.000
  • Pajak:000.000
  • Gaji: 000.000
  • Peralatan: 2500.000
  • Keperluan: 7500.000
  • Perbaikan dan pemeliharaan: 500.000
  • Periklanan dan Pemasaran: 250.000

Total Biaya Overhead: 105.000.000

2. Tentukan Profitabilitas Restoran Anda

Setelah Anda memiliki biaya overhead untuk bulan tertentu, Anda dapat menggunakannya untuk mencari tahu tentang tingkat profitabilitas restoran Anda.

Satu metrik yang bermanfaat adalah overhead Anda sebagai persentase dari penjualan Anda. Untuk menghitung persentase overhead untuk restoran Anda, gunakan rumus berikut:

Overhead sebagai Persentase Penjualan (OSTP) = Overhead / Total Penjualan Bulanan x 100

OTSP <35% – Operasional Efisien;

OTSP > 35% – Operasional Tidak Efisien;

 Jika persentasenya di bawah 35%, itu pertanda bahwa restoran Anda berjalan efisien, tetapi jika di atas 35%, Anda harus mencermati pengeluaran Anda dan mempertimbangkan mencari cara untuk memangkas biaya. Jadi jika OTSP Anda diatas 35% Anda harus mencari tahu bagimana cara menekan overhead cost restaurant pada bulan-bulan selanjutnya.

Terlepas dari keuntungan restoran Anda, penting untuk melacak biaya overhead Anda secara teratur. Banyak pengeluaran, seperti biaya sewa dan gaji, adalah konstan dan tidak akan berfluktuasi banyak dari waktu ke waktu.

Namun bagi beberapa jenis biaya, seperti biaya utilitas, perbaikan, dan periklanan, dapat sangat berubah dalam waktu singkat. Melacak biaya overhead restoran Anda setiap bulan dapat memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang kinerja bisnis Anda.

Cara Menurunkan Biaya Sewa Anda

Biaya sewa merupakan salah satu jenis pengeluaran bulanan terbesar untuk restoran. Mungkin sulit untuk memiliki pengurangan yang berarti dalam biaya sewa, tetapi di sini ada beberapa hal cara menurunkan overhead cost restaurant restoran yang disebabkan oleh tagihan sewa yang dapat Anda lakukan:

1. Cara Menekan Overhead Cost Restaurant Dengan Negosiasi ulang Sewa Anda

Jika Anda menyewa tempat per bulan atau per tahun, bicarakan dengan pemilik tempat untuk melakukan negosiasi ulang. Bisnis Anda adalah aliran pendapatan yang tetap dan stabil untuk pemilik tempat Anda, jadi sangat mungkin untuk mereka kesepakatan dengan Anda. Hal ini, terutama jika Anda memiliki keinginan dan berkomitmen untuk tinggal di dalam waktu yang tidak sebentar.

Cara Menurunkan Biaya Sewa Anda

2. Cara Menekan Overhead Cost Restaurant Dengan Menyewakan Ruang Restoran Anda

Menyewakan ruang dapur Anda menjadi pilihan yang lebih populer dan tersedia saat ini. Setelah jam kerja atau pagi, Anda bisa menyewakan dapur Anda untuk bisnis lain, seperti truk makanan dan perusahaan katering, yang membutuhkan ruang untuk persiapan makanan.

Selain itu, Anda dapat juga menyewakan ruang dapur Anda secara paruh waktu Anda ke restoran pop-up. Restoran pop-up adalah perusahaan yang beroperasi sementara di taman, galeri, gudang, dan bahkan rumah pribadi.

Restoran-restoran ini menggunakan media sosial untuk mempromosikan diri mereka sendiri, dan banyak koki menggunakan restoran pop-up untuk mengasah keterampilan mereka, menemukan investor potensial, dan mengukur minat dalam membuka operasi penuh waktu.

Karena restoran pop-up beroperasi di lokasi yang tidak tetap, sering kali mereka perlu meminjam ruang dapur dari restoran lain atau operasi untuk menyiapkan makanan mereka, yang dapat Anda tawarkan selama jam istirahat atau tidak beroperasi.

Cara Menekan Overhead Cost Restaurant Dengan Menghemat Biaya untuk Peralatan dan Suplai

Peralatan dan persediaan alat adalah biaya utama di restoran, dan memperbaiki dan memelihara peralatan lama dapat menambah jutaan rupiah ke biaya overhead restoran Anda.

Sebagai salah satu cara menekan overhead cost restaurant pada peralatan restoran, coba tips berikut:

  • Beli Model Baru – Mengganti peralatan lama dengan model yang lebih baru dapat menghemat biaya perbaikan serta tagihan utilitas Anda karena banyak peralatan baru memiliki fitur hemat energi.
  • Pilih Model Hemat Energi – Sementara peralatan hemat energi mungkin lebih mahal daripada peralatan standar, namun uang yang Anda hemat pada utilitas dari waktu ke waktu akan menutupi pengeluaran lebih tadi.
  • Pilih dari Peralatan Yang Sedikit Tergores – Anda dapat menemukan peralatan baru yang dijual dengan harga diskon karena goresan kecil atau penyok. Kerusakan tersebut tidak akan memengaruhi kinerja. Pelanggan tidak akan melihat sedikit cacat pada peralatan-peralatan dapur Anda.
  • Mempertimbangkan menggunakan Oven Kombinasi – Combi oven memiliki tiga mode memasak yang unik – konveksi, uap, dan kombinasi keduanya, yang memungkinkan Anda memasak berbagai hidangan dalam satu alat. Karena oven combi memiliki begitu banyak pilihan memasak, Anda dapat mengganti beberapa peralatan mahal dengan satu pembelian.
  • Gunakan Steamer Komersial – Steamer komersial memungkinkan Anda untuk mengukus makanan Anda dengan sempurna setiap saat dengan menekan satu tombol. Untuk operasi dengan ruang memasak terbatas seperti bistro dan kafe, ada juga beberapa model yang lebih kecil, seperti steamer microwave, yang melakukan pekerjaan yang sama sambil namun mengambil lebih sedikit ruang.
  • Tambahkan Pencuci Piring Komersial – Bergantung pada volume piring kotor Anda, mesin pencuci piring komersial bisa menjadi investasi yang baik. Pencuci piring dapat menggantikan beberapa staf dan pegawai untuk mencuci piring Anda. Hal ini dapat mengurangi biaya gaji dan tenaga kerja Anda..
  • Coba teknik memasak Sous vide (baca: suviid) Sous vide adalah nama teknik memasak yang memanfaatkan pengaturan suhu (dengan medium air) yang presisi. Teknik ini mengakibatkan pekerjaan yang lebih simple karena hanya perlu mengatur suhu dengan hati-hati, tidak perlu terus-menerus diawasi, membebaskan staf Anda untuk bekerja di proyek lain.

Cara Menekan Overhead Cost Restaurant Menurunkan Tagihan Utilitas Anda

Menggunakan peralatan hemat energi adalah cara terbaik untuk menghemat utilitas, tetapi ada beberapa langkah lain yang dapat Anda ambil untuk mengurangi tagihan Anda.

  • Lelehkan makanan beku di lemari es daripada menggunakan air
  • Matikan lampu di area yang tidak digunakan. Selain itu, Anda dapat mengurangi tagihan listrik dengan menggunakan pencahayaan hemat energi, seperti lampu LED.
  • Beli peralatan seperti katup semprot pra-bilas dan faucet aerator yang mengurangi jumlah air yang Anda gunakan di stasiun pencuci piring Anda.
  • Berikan air pelanggan Anda hanya jika mereka memintanya. Satu atau dua gelas air yang terbuang mungkin tidak tampak banyak, tetapi tambahkan dalam kurun waktu sebulan dan dapat bertambah hingga jumlah yang besar.
  • Jangan terlalu banyak menimbun bahan makanan di lemari es dan lemari pendingin. Peralatan ini bekerja dengan mengalirkan udara dingin, dan jika kulkas terlalu penuh, udara tidak bisa bersirkulasi. Ini memaksa alat berat bekerja lebih keras untuk menjaga suhu dingin, sehingga Anda mengeluarkan lebih banyak uang. Tidak terlalu banyak menimbun juga dapat membantu Anda mengurangi sisa makanan dan biaya makanan.
  • Gunakan mesin cuci piring sekaligus daripada menjalankannya hanya untuk mencucui sedikit piring tapi terus-menerus sepanjang hari.
  • Matikan mesin cuci piring Anda di malam hari. Banyak mesin pencuci piring suhu tinggi memiliki tangki air dengan elemen pemanas built-in yang menjaga air panas setiap saat.

Cara Menekan Overhead Cost Restaurant Dengan Anggaran Periklanan dan Pemasaran Yang Rendah

Berinvestasi dalam periklanan dan mencoba taktik pemasaran gratis dapat menyebabkan peningkatan besar dalam penjualan restoran Anda dan cara menekan overhead cost restaurant Anda:

Ide Pemasaran Restoran Gratis

Ada banyak cara gratis untuk ememasarkan restoran Anda, yang dapat membantu meningkatkan kesadaran merek kepada komunitas lokal Anda. Coba beberapa opsi di bawah ini:

  • Mengadakan acara Karaoke dan Open Mic (stand-up comedy)
  • Menampilkan Acara Trivia
  • Tetapkan Happy Hour
  • Tambahkan Games ke Ruang Anda
  • Mulai Blog Online untuk Bisnis Anda
  • Daftarkan Restoran Anda dengan Google Bisnisku (GMB- Google My Business)

Menurunkan Tagihan Utilitas Anda

Pemasaran Media Sosial

Media sosial adalah alat pemasaran media seluler yang sangat baik untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan situs-situs seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, Anda dapat memposting gambar dan video makanan lezat Anda untuk menarik orang ke restoran Anda.

Selain itu, media sosial memungkinkan Anda untuk memberi tahu pelanggan tentang item menu baru, hari spesial, dan acara mendatang di restoran Anda.

Saat Anda berinteraksi dengan pelanggan dan membalas pertanyaan mereka, Anda menjangkau semua pengikut dan koneksi mereka, yang berpotensi membawa masuk bisnis baru.

Ulasan Online

Situs ulasan seperti Yelp, TripAdvisor, dan Zomato dapat memiliki efek besar pada bisnis Anda dan membantu Anda mendatangkan lebih banyak pelanggan sebagai cara menekan overhead cost restaurant Anda.

Banyak orang menggunakan ulasan online untuk membantu mereka membuat keputusan, yang artinya mendapatkan lebih banyak ulasan lebih baik bagi bisnis Anda.

Berikut ini beberapa kiat yang perlu diingat saat berinteraksi dengan ulasan:

  • Bereaksi dengan tepat terhadap ulasan negatif. Di antara ulasan positif, pasti ada beberapa ulasan negatif juga. Penting untuk memperlakukan ulasan negatif sama dengan pelanggan yang tidak puas – dengan menawarkan permintaan maaf, pengembalian uang, atau makanan gratis. Jangan pernah menghapus ulasan negatif atau mencoba memaksa pengulas untuk memberi Anda ulasan yang lebih menguntungkan, karena ini cenderung memiliki efek buruk.
  • Biarkan ulasan datang secara organic dan minta layanan dan makanan Anda berbicara sendiri. Meminta ulasan yang bagus bisa tampak seperti putus asa dan dapat membuat pelanggan tidak mempercayai peringkat online Anda.

Penutup Cara Menekan Overhead Cost Restaurant

Overhead cost restaurant Anda dapat menggerogoti sejumlah besar keuntungan setiap bulan, tetapi mengelola pengeluaran mungkin dapat membantu meningkatkan laba. Hal yang paling penting untuk diingat untuk menekan biaya overhead Anda adalah untuk secara konsisten memantau dan melacak pengeluaran Anda sambil mengawasi peluang penghematan biaya.

 

Demikian uraian kami tentang “5 Cara Menekan Overhead Cost Restaurant Yang Efektif”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!

Dengan Software Aplikasi MS Excel ini, Anda dapat menghitung:

  1. Biaya Modal Awal Usaha Rumah Makan;
  2. Biaya Operasional Usaha Rumah Makan;
  3. Perkiraan Revenue Usaha Rumah Makan;
  4. Indikator Kelayakan Usaha Rumah Makan spt BEP/BCR/IRR
error: Alert: Content is protected !!