11 Tahapan Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

Tidak mudah untuk memulai suatu usaha karena begitu banyak hal yang harus diketahui dan dikerjakan, hal ini termasuk memulai bisnis rumah makan. Berikut akan diuraikan 11 tahapan bagaimana cara memulai bisnis rumah makan.

Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

Dengan gaya hidup masyarakat Indonesia yang berubah karena peningkatan kaum menengah ke atas, saat ini orang Indonesia akan makan setidaknya sekali seminggu di Restoran/Rumah Makan, maka industri restoran berkembang sangat pesat.

Trend dalam bisnis rumah makan ini selalu berubah dan sangat dinamis, namun trend makan diluar rumah tetap stabil bahkan meningkat . Memulai bisnis rumah makan membutuhkan banyak pekerjaan, tetapi dengan perencanaan yang baik, Anda dapat memulai bisnis restoran yang sukses.

Baca Juga:

5 Hal Wajib Tahu Sebelum Mengadakan Acara Soft Opening Restoran
5 Strategi Grand Opening Restoran  Agar Meriah dan Sukses
Menulis Proposal Usaha Restoran “Menjual” Untuk Meyakinkan Investor

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

Membuka sebuah rumah makan tidaklah mudah karena begitu banyak hal yang harus diketahui dan dikerjakan dan dapat merasa seperti pekerjaan yang sulit dan tidak berujung. Tetapi prosedur ini akan lebih mudah dikelola dan dilakukan apabila kita pecah menjadi tahapan-tahapan utama.

Jika Anda ingin tahu  bagaimana Cara Memulai Bisnis Rumah Makan, kami telah membuat panduan 11 langkah Bagaimana Cara Memulai Bisnis Rumah Makan untuk menavigasi Anda melalui prosesnya.

1. Pilih Konsep dan Branding Rumah Makan – Tahapan Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

Konsep rumah makan sebagai Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

Tahapan pertama dan utama kesuksesan cara memulai bisnis rumah makan/restoran adalah penentuan konsep dan branding.

Ketika memulai sebuah rumah makan / restoran, penting untuk memiliki konsep yang jelas dan branding yang akan digunakan. Konsep rumah makan / restoran Anda termasuk layanan gaya rumah makan / restoran Anda, makanan yang Anda melayani, dan suasana rumah makan / restoran Anda.

Semuanya harus sejalan dengan konsep rumah makan / restoran yang identitas, kepribadian, dan misi rumah makan / restoran Anda. Branding Anda merupakan kekutan tak berwujud dibalik rumah makan / restoran Anda. dan konsep rumah makan / restoran Anda akan menjadi branding dan merek dagang Anda dalam bertindak.

Berdasarkan branding dan konsep, maka ruang di rumah makan Anda harus berasal suasana tertentu dan berkomunikasi serta bercerita siapa Anda. Hal ini menciptakan pengalaman yang mengesankan dan bermakna sehingga orang-orang yang ingin kembali.

Memilih konsep yang unik dan fungsional yang target demografis tertentu merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam menciptakan konsep dan branding rumah makan.

Apakah Anda ingin membuat tempat cepat-santai yang dilengkapi dalam karya seni modern dengan menggunakan hotspot yang instagramable sebagai promosi? Atau apakah ingin membuat restoran kelas atas bergaya mediaterania dihiasi dengan tanaman dan bunga di dinding? Atau apakah Anda ingin membuat suatu tempoat seperti bar remang-remang dengan daftar minuman ekslusif diiringi music live jazz?

Energi, pilihan kata, dan perhatian terhadap staf Anda juga akan mengkomunikasikan tentang apa konsep dan branding rumah makan/restoran Anda. Pilihlah jenis-jenis restoran/rumah makan  yang cocok dengan kosnep dan branding yang diinginkan.

2. Buat Menu Untuk Rumah Makan Anda

Sebelum Anda membuka bisnis rumah makan / restoran Anda, Anda akan wajib membangun beberapa item makanan dasar yang akan menjadi menu andalan Anda. Membuat menu merupakan tahapan kedua dari 14 tahapan cara memulai bisnis rumah makan.

Keputusan tentang menu yang akan Anda tawarkan merupakan faktor penting untuk mencari peralatan yang Anda butuhkan, staf Anda akan pekerjaan, dan target pasar yang Anda harapkan menjadi konsumen.

Pada titik ini, menu Anda atau resep tidak harus benar-benar dirancang sampai selesai, kecuali seluruh konsep dan branding rumah makan Anda hanya memiliki satu jenis makanan seperti pizza.

Anda harus memiliki gagasan yang solid tentang tariff atau harga makanan/minuman pada rumah makan. Selanjutnya, dalam proses pembukaan rumah makan, Anda wajib mengubah-ngubah menu untuk meningkatkan keuntungan. Perbarui menu Anda setelah mendapatkan informasi tentang makanan laku dan mana yang tidak. Jadi Anda sebaiknya tahu metode cara menentukan harga jual makanan di restoran/rumah makan.

3. Tulis Bisnis Plan Restoran / Rumah Makan – Tahapan Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

Menulis bisnis plan restoran / rumah makan atau proposal usaha restoran sangat penting untuk mendapatkan pendanaan dari investor dan/atau mengajukan pinjaman restoran kepada bank untuk memulai restoran Anda. Perbedaan dapat Anda baca pada kedua artikel diatas.

Keduanya juga akan membantu Anda dalam mengembangkan strategi Anda dan menyempurnakan kelayakan secara rinci tentang bisnis Anda.

Di bawah ini adalah komponen utama dari bisnis plan restoran / rumah makan:

  1. Ringkasan bisnis plan
  2. Ikhtisar dan Deskripsi Perusahaan
  3. Analisis Pasar
  4. Penawaran Bisnis
  5. Pengelolaan
  6. Pemasaran dan Strategi Public Relations
  7. Proyeksi finansial

4. Mendapatkan Pendanaan

Mendapatkan pendanaan

Memperkirakan total biaya startup Anda wajib dikerjakan untuk memulai rumah makan/ restoran Anda mulai dan jumlah biaya operasional yang dibutuhkan untuk menjaga restoran berfungsi Anda pada sehari-hari.

Anda kemudian harus membuat anggaran dan memprediksi tahun depan untuk mengetahui berapa banyak Anda akan perlu untuk bertahan dalam bisnis.

Setelah ini, menilai berapa banyak uang yang telah tersedia untuk digunakan sebagai pendanaan startup, dan menentukan berapa banyak Anda akan perlu. Jangan lupa untuk menyertakan biaya lisensi yang Anda butuhkan.

Selain dana sendiri, Anda wajib mempertimbangkan untuk mendapatkan dana dari investor atau mengajukan pinjaman kepada bank untuk menutupi biaya restoran Anda. Anda wajib paham tentang cara menghitung modal usaha rumah makan.

Jadi tahap keempat cara memulai bisnis rumah makan adalah mendapatkan pendanaan baik untuk modal awal maupun biaya operasional.

Baca Juga:

Asal Muasal Nama Warung Tegal yang Fenomenal
5 Hal Terpenting Cara Membuat Konsep Rumah Makan (Jangan Mulai Sebelum Tahu Ini!!)

5. Pilih Lokasi dan/atau Sewa Usaha Rumah Makan/Restoran – Tahapan Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

Ketika Anda memilih lokasi dan/atau sewa tempat untuk usaha rumah makan/restoran, berikut adalah beberapa yang perlu diperhatikan:

  • Visibilitas dan aksesibilitas. Pilih tempat yang bisa dilihat oleh orang-orang mengemudi atau berjalan. Anda juga harus mencari daerah yang mendapat banyak orang yang lewat berjalan kaki atau di mobil. Selain itu, mempertimbangkan jika ada parkir dan kemudahan akses dengan berjalan kaki atau mobil.
  • Pastikan target pasar dari restoran Anda sesuai dengan demografi yang Anda targetkan.
  • Biaya tenaga kerja dan upah minimum. Sangat penting untuk memastikan bahwa biaya tenaga kerja di suatu daerah tidak mengurangi keuntungan Anda.
  • Kompetisi daerah. Mengetahui kompetisi pada suatu daerah terdekat dapat membantu dengan pemasaran. Memilih lokasi yang cukup jauh yang masih dapat menjamin datangnya pelanggan sehingga tidak akan mudah ditarik ke tempat lain yang serupa.

Untuk pertama kali, disarankan untuk melakukan penyewaan karena lebih banyak fleksibilitas untuk memperluas atau memiliki masalah bisnis lain atau perubahan lain.

6. Ketahui Izin dan Lisensi

Untuk membuka restoran baru, Anda akan perlu mengetahui dan mengajukan izin dan lisensi dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, dan provinsi serta nasional. Jika Anda tidak menguasai hal ini, disarankan untuk memiliki penasihat hukum atau pihak berpengalaman saat mengajukan izin dan/atau lisesnsi rumah makan/restoran untuk memastikan Anda menyelesaikan setiap langkah yang diperlukan. Jadi mengetahui perizinan merupakn hal keenam yang wajib Anda tahu pada tahapan cara memulai bisnis rumah makan.

7. Cari Peralatan dan Makanan Pemasok– Tahapan Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

Cari info dari sumber terpercaya tentang peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan dengan harga yang wajar untuk memastikan restoran sukses. Sebuah pemasok restoran grosir, dapat membantu Anda menemukan banyak kebutuhan Anda di satu tempat.

Sebelumnya ketahuilah dengan tepat daftar peralatan rumah makan yang dibutuhkan, jangan berlebihan karena akan menambah cost namun jangan kurang karena akan menghambat operasional.

8. Desain Tata Letak Restaurant

Ketika memulai sebuah rumah makan/restoran, Anda akan ingin mengatur seluruh tata letak (layout) interior dan eksterior rumah makan Anda seseuai dengan tujuan yang ditetapkan dalam menu, tema dan branding Anda.

Tujuan utama Anda adalah bagimana membuat aliran sistematis dari depan ke dalam rumah makan dan kembali. Setelah tata letak dasar didirikan, Anda dapat merancang dan menghias ruang makan Anda.

Tahapan kedelapan cara memulai bisnis rumah makan ini dapat Anda delegasikan kepada ahli interior dan eksterior.

9. Sewa Staf yang Tepat– Tahapan Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

pemilihan Staf untuk Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

 Salah satu langkah utama membuka sebuah restoran mempekerjakan staf untuk melaksanakan operasi restoran Anda setiap hari. Pertimbangkan semua peran yang perlu diisi di restoran tertentu Anda sebelum mempekerjakan staf.

Ini mungkin termasuk manajemen sumber daya manusia dan pengawas, makanan dan pembelian minuman, menerima dan menyimpan produk, persiapan makanan, jasa makanan, membersihkan makanan dan mencuci piring, pemasaran dan penjualan, hubungan masyarakat, akuntansi dan audit, dan layanan bar.

Untuk kedua jenis staffing, front and back of house staff, carilah kandidat dengan pengalaman sebelumnya dan kemampuan tertinggi untuk multitask dan bekerja dengan cepat dan efisien.

Semua karyawan harus bekerja dengan baik dengan orang lain dan dapat tetap tenang di bawah tekanan. Staf khususnya front-of-house staff khususnya harus memancarkan keterampilan sosial yang luar biasa.

Meskipun daftar akan bervariasi berdasarkan kebutuhan unik dari tiap bisnis rumah makan / restoran Anda, ada posisi yang mendasar beberapa Anda mungkin akan perlu untuk diisi ketika membuka restoran Anda:

  • Executive chef
  • General manager
  • Sous chef
  • Prep cooks
  • Servers
  • Bartenders
  • Hosts
  • Food runners and bussers
  • Dishwasher

10. Pasang Iklan Rumah Makan

Digital marketing sebagai Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

Cara memulai bisnis rumah makan paling penting adalah memasang iklan. Iklan sangat penting karena berbagai alasan. Pertama dan terpenting, calon pelanggan harus dapat menemukan informasi dasar tentang rumah makan/restoran Anda. Kedua, mereka harus merasa antusias untuk mencoba rumah makan/restoran baru Anda.

Tips promosi rumah makan

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat keramaian sekitar restoran Anda:

  • Menggunakan media sosial. Membuat account Facebook, Twitter, dan Instagram untuk berbagi berita, dan foto tentang rumah makan/restoran Anda. Foto dan deskripsi harus berkomunikasi merek Anda. Pertimbangkan termasuk gambar dari proses makanan atau di belakang-the-scene untuk menarik potensi tamu. Pastikan untuk menggunakan foto berkualitas tinggi.
  • Membangun sebuah situs yang menarik. Situs Anda harus mudah untuk menavigasi, dan desain harus mewakili merek Anda. Sertakan informasi dasar tentang restoran Anda, termasuk alamat, nomor telepon, jam, dan menu.
  • Buat akun Google My Business (GMB) untuk rumah makan /restoran Anda. Potensi tamu akan dengan mudah dapat menemukan restoran Anda jika itu terdaftar di google map, karena merupakan direktori untuk bisnis. Para tamu juga dapat meninggalkan pendapat setelah mengunjungi. Karena merupakan situs terkenal, bergabung google juga akan meningkatkan otoritas Anda, terutama jika Anda memiliki rating tinggi dan umpan balik positif.
  • Memasang iklan di koran lokal.Ini akan membantu menciptakan kesadaran tentang restoran baru Anda. Anda bahkan bisa mencoba dan mendapatkan karangan khas atau menyebutkan dalam sebuah artikel.
  • Gunakan program loyalitas mobile. Anda dapat mendaftarkan rumah makan/restoran Anda untuk program loyalitas aplikasi mobile yang akan menarik bagi meningkatnya jumlah konsumen yang menggunakan smartphone. Melalui aplikasi ini, Anda dapat terlibat tamu dengan memberi penghargaan kepada mereka untuk bisnis lanjutan.
  • Buat daftar email. Ketika mengirimkan email kreatif untuk berkomunikasi merek Anda, sangat penting untuk menggunakan konten yang relevan untuk setiap kelompok pelanggan. Misalnya, mengirim dine-in spesial untuk pelanggan reservasi atau mengirim kupon pengiriman ke pelanggan online pemesanan keduanya ide-ide besar.
  • Menawarkan promosi untuk tamu baru. Berikan pertama kali tamu minuman gratis atau dessert Pelanggan akan mengingat keramahan yang luar biasa Anda, dan mereka akan lebih mungkin untuk merekomendasikan restoran Anda dan untuk kembali diri mereka sendiri.
  • Mempertimbangkan mengadakan grand opening dan acara lainnya. Hal ini dapat terjadi setelah soft opening. Anda dapat meng-host acara lainnya untuk menciptakan buzz lanjutan di sekitar restoran Anda, seperti live music, kelas memasak, atau menu tetap bertema.

Baca Juga:

9 Strategi Pemasaran Restoran Baru dan lama Yang Terbukti Efektif
7 Metrik KPI Restoran dan Bisnis Kuliner Restoran [+Cara Menghitungnya]

11. Adakan Soft Opening – Tahapan Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

Anda pernah mendengar pepatah lama “Practice makes perfect.” Hal yang sama berlaku untuk bukaan restoran. Cobalah adakan soft opening sebelum membuka pintu restoran Anda kepada publik.

Ini “uji coba” strategi memungkinkan Anda untuk mengasah dalam pada waktu makan tertentu untuk melihat di mana staf Anda bisa lebih efisien. Dari pihak swasta untuk teman-teman dan keluarga untuk menyelinap mengintip terbuka untuk umum, ada beberapa strategi soft launch.

Berikut adalah beberapa yang populer:

  • Menawarkan menu “beta” yang menawarkan setengah dari apa yang ada di menu lengkap Anda. Ini mengurangi stres pada staf baru, dan mendorong pelanggan untuk datang kembali untuk melihat menu lengkap mengungkapkan.
  • Tidak beroperasi sepanjang hari. Mempertimbangkan untuk menawarkan hanya sarapan dan makan siang selama 4 hari, kemudian makan malam di kelima.
  • Host “sneak peek” happy hour dengan item menu pilih dan minuman tanda tangan.
  • Tahan teman dan keluarga hanya membuka dengan hidangan gratis, dengan maksud mengundang mereka untuk bantuan kereta staf Anda.
  • Tahan soft opening untuk rumah dan bisnis tetangga. Ini akan membantu Anda mendapatkan penggemar lokal, dengan harapan bahwa mereka akan kembali dan menyarankan restoran Anda untuk mengunjungi teman dan kolega.

Penutup Cara Memulai Bisnis Rumah Makan

Mendapatkan restoran baru Anda dari nol dapat merasa seperti tugas yang menakutkan. Namun, karena industri restoran terus tumbuh, dan tren jasa makanan terus melakukan diversifikasi, selalu ada ruang untuk restoran lain yang luar biasa. Dengan perencanaan yang rinci dan keberhasilan pelaksanaan ide-ide unik Anda, bisnis restoran Anda dapat berkembang.

Terima kasih telah membaca 11 tahapan cara memulai bisnis rumah makan ini, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!

Dengan Software Aplikasi MS Excel ini, Anda dapat menghitung:

  1. Biaya Modal Awal Usaha Rumah Makan;
  2. Biaya Operasional Usaha Rumah Makan;
  3. Perkiraan Revenue Usaha Rumah Makan;
  4. Indikator Kelayakan Usaha Rumah Makan spt BEP/BCR/IRR
error: Alert: Content is protected !!