5 Hal Terpenting Cara Membuat Konsep Rumah Makan (Jangan Mulai Sebelum Tahu Ini!!)

Cara membuat konsep rumah makan ini akan membantu Anda dalam membuat konsep rumah makan/restoran yang menjadi penentu kesuksesan Anda dalam memulai usaha rumah makan.

Cara Membuat Konsep Rumah Makan

Apa Itu Konsep Rumah Makan? – Cara Membuat Konsep Rumah Makan

Sebuah konsep rumah makan adalah ide keseluruhan atau tema yang mendefinisikan rumah makan. Parameter yang termasuk dalam konsep rumah makan ini antara lain desain daftar menu, gaya layanan rumah makan, dekorasi ruang makan dekorasi, dan – tentu saja – gaya atau jenis makanan. Maka secara sederhana cara membuat konsep rumah makan adalah bagaimana cara memadukan semunya itu.

Banyak konsep rumah makan yang dibuat berdasarkan pengalaman pribadi atau keinginan pribadi koki/chef. Selain itu, warisan, bahan-bahan lokal, tradisi, atau keluarga juga adalah sumber umum dari inspirasi untuk konsep rumah makan.

Namun, konsep rumah makan juga dapat didefinisikan oleh pengalaman koki, pelatihan, atau kepentingan di daerah tertentu dari seni, ilmu pengetahuan, atau budaya. Karena makanan pada dasarnya campuran semua hal diatas.

Baca Juga:

10 Tips Memilih Musik / Lagu Yang Cocok Untuk Rumah Makan
9 Jenis-Jenis Restoran Anda Harus Tahu Sebelum Mulai Usaha Kuliner
8 Langkah Memulai Konsep Rumah Makan Prasmanan (Buffet)

Baca terus untuk mengeksplorasi unsur-unsur konsep, beberapa langkah untuk membantu memandu pilihan Anda, dan bahkan beberapa contoh konsep rumah makan.

Elemen Konsep Rumah Makan

Sebuah konsep rumah makan yang baik akan mencakup semua kumpulan dari semua elemen yang menjadi satu kesatuan. Hal tersebut dimulai dari nama pendirian bahkan sampai warna cat dinding rumah makan. Semua detail ini memberikan kontribusi untuk konsep keseluruhan. Jadi tahapan pertama cara membuat konsep rumah makan yang baik adalah pelajari semua elemen pendukungnya.

Berikut adalah elemen-elemen yang perlu dipahami dalam membuat konsep rumah makan:

Nama Rumah Makan/ Restoran- Cara Membuat Konsep Rumah Makan

Nama rumah makan harus memberikan pikiran yang benar kepada pelanggan tentang jenis makanan yang Anda layani. Nama tersebut sebaiknya gampang diingat, sederhana, dan yang paling penting, otentik.

Ada banyak pendekatan yang berbeda untuk memilih nama rumah makan, tapi pemilik sering mengambil inspirasi dari lokasi mereka, hidangan andalan, atau bahkan anggota keluarga yang menginspirasi mereka.

Baca artikel kami tentang inspirasi nama rumah makan

Membuat daftar menu makanan restoran

Deskripsi menu di dfatar menu restoran  dapat dibuat sebagai literal sebagai daftar dari bahan dalam makanan dan cara-cara mereka yang dimasak, atau sebagai bentuk puitis sebagai deskripsi singkat tentang pengalaman, citra visual, atau teori abstrak. Namun pendekatan Anda harus masuk akal dalam konteks makanan dan tema keseluruhan.

Gaya Jenis Pelayanan Rumah Makan – Cara Membuat Konsep Rumah Makan

Sementara gaya jenis pelayanan rumah makan  mungkin tampak tidak berhubungan, jenis layanan yang Anda tawarkan langsung berkaitan dengan konsep rumah makan Anda dalam artian bahwa hal itu mempengaruhi pengalaman rumah makan secara keseluruhan.

Berikut adalah daftar jenis layanan yang dapat berdampak konsep Anda:

Baca Juga:

11 Tahapan Cara Memulai Bisnis Rumah Makan [Ikuti Untuk Sukses!]
Asal Muasal Nama Warung Tegal yang Fenomenal

Rumah makan Dekorasi dan Ambiance

Dinding warna, pencahayaan, furnitur, pengaturan meja, musik, dan dekorasi semuanya memainkan peran besar dalam dampak keseluruhan dari rumah makan Anda.

Jadi, meskipun makanan Anda harus menjadi fokus utama dari usaha Anda, penting untuk membuat beberapa keputusan dasar tentang dekorasi cukup awal dalam proses perencanaan. Apakah Anda ingin menyenangkan, kasual untuk hari permainan atau tempat romantis yang cocok untuk kencan malam?

Mengingat kebutuhan pelanggan Anda dapat bertindak sebagai titik acuan membantu untuk dekorasi dan tema keputusan juga.

Cara Pilih Konsep Rumah Makan – Cara Membuat Konsep Rumah Makan

Tentu saja, memutuskan untuk memilih pada satu konsep bisa rumit. Kami sudah mengurai proses cara membuat konsep rumah makan ke dalam lima langkah untuk membantu memandu pikiran Anda.

  1. Mengidentifikasi apa yang menginspirasi Anda dan mendefinisikan Anda sebagai koki atau membuka usaha rumah makan- Ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan dan sering kali membutuhkan waktu seumur hidup untuk mendapatkan jawabannya. Jadi mungkin memutuskan gaya makanan yang membuat Anda tertarik terhadap bisnis ini adalah tempat yang baik untuk memulai. Hal ini dapat berasal dari warisan atauyang dikuasai, meskipun hal tidak harus hal tersebut pertimbangannya.
  2. Tentukan tingkat unik Anda – Rumah makan yang menawarkan sesuatu yang unik memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan pelanggan bersemangat tentang makanan Anda.
  3. Riset Target pelanggan utama Anda – Sangat sulit untuk tahu persis apa jenis rumah makan akan cocok dengan orang-orang di daerah tertentu, tetapi penting untuk memastikan bahwa ada beberapa permintaan untuk apa yang ingin Anda tawarkan. Cobalah mencari sense untuk kompetisi dan mengamati mana bisnis lain telah menemukan keberhasilan. Cobalah untuk berpikir tentang apa yang penting bagi calon pelanggan Anda dan memutuskan cara berkomunikasi dengan mereka.
  4. Mengembangkan menu – Hal yang wajar apabila membuat menu yang menyimpang sedikit dari tradisi, namun penting untuk menghindari menu hidangan yang kacau atau membingungkan. Jadi, jika Anda membuat branding sebagai sebuah rumah makan tradisional tertentu, Anda mungkin ingin menawarkan hal-hal yang menjadi kelebihan makanan daerah tersebut. Tetapi jika konsep Anda adalah fusion Cina-Meksiko atau molekuler keahlian memasak, Anda mungkin bisa lolos dengan lebih banyak imajinasi.
  5. Memilih gaya layanan – Setelah Anda memiiliki sebagaian besar menu, maka seharusnya mudah untuk memilih gaya layanan untuk hidangan Anda. Sebagai contoh, makanan Italia cocok disajikan dengan gaya keluarga. Namun seafoof yang mahal mungkin pilihan terbaiknya menggunakan layanan fine dining.

Cara Membuat Konsep Rumah Makan 3

Ide dan Saran Konsep Rumah Makan

Sama seperti setiap seniman menemukan jalan yang berbeda untuk setiap proyek, mengembangkan konsep rumah makan sangat pribadi untuk setiap pemilik restoran. Sementara tidak pernah ada strategi yang jelas yang bekerja untuk semua orang setiap waktu, ada beberapa pedoman dasar yang dapat Anda gunakan untuk membuat Anda tetap di jalur yang benar.

Mengetahui Harapan Pelanggan – Cara Membuat Konsep Rumah Makan

Gaya layanan tertentu sering disertai dengan etiket tertentu, seperti dress code. Yang paling penting, Anda perlu memastikan bahwa pelanggan tahu apa yang diharapkan ketika mereka tiba di rumah makan Anda untuk membantu menghindari kecanggungan.

Sebagai contoh, jika website Anda mengiklankan makanan kasual dan suasana santai, pelanggan mungkin marah jika mereka tiba untuk menemukan meja formal dan harga tinggi. Jadi, cobalah untuk keseimbangan keunikan dan keakraban.

Konsistensi Merupakan Kuncinya

Identitas rumah makan Anda harus konsisten dan harmonis untuk menciptakan suasana yang nyaman. Kunci konsistensi rumah makan adalah pada dua hal: yaitu perlu kohesif, dan perlu tetap konstan. Ini berarti bahwa semua aspek yang berbeda dari kebutuhan pendirian Anda namun benang merah.

Dan setelah Anda membuat menu dan gaya Anda sebagai branding tetaplah dengan hal itu. Sementara perubahan trend musiman dapat menjadi cara yang bagus untuk menjaga hal-hal segar, nada keseluruhan rumah makan Anda harus tetap sama, sehingga kembali pelanggan dapat tahu apa yang diharapkan, memberikan rekomendasi akurat untuk teman-teman mereka, dan menikmati pengalaman lagi dan lagi.

Ketika dalam keraguan, pikirkan Tentang Makanan- Cara Membuat Konsep Rumah Makan

Passion Anda terhadap makanan harus menjadi kompas seluruh proses konsep yang berkembang. Mengacu kembali ke ide menu inti Anda sebelum membuat keputusan apapun dapat membantu memastikan konsep kohesif.

Cara Membuat Konsep Rumah Makan 4

Contoh unik Konsep Rumah Makan – Cara Membuat Konsep Rumah Makan

Menemukan ide-ide konsep rumah makan bisa sangat sulit, terutama karena ada garis tipis antara pintar dan kreatif. Berikut adalah beberapa contoh pendekatan untuk membuat konsep rumah makan.

  • Mashup – Kebanyakan konsep berasal dari gaya makanan, dan sering konsep rumah makan yang paling sukses adalah penggabungan beberapa hal seperti piring, dekorasi, dan gaya layanan dengan cara yang asli.
  • Konsep High-End RestaurantKebanyakan rumah makan berbintang Michelin menjadi terkenal karena konsep inovatif mereka. Tentu, penghargaan ini hanya diberikan kepada koki yang menempatkan makanan yang inovatif, tetapi biasanya, ide di belakang rumah makan membawa ke kualitas pengalaman bersantap. Akibatnya, nama dari setiap hidangan, wadah penyajikaan, pencahayaan, furnitur, dan lokasi semua kebutuhan untuk menjadi kohesif.
  • Gimmicks – rumah makan berkonsep Rainforest, drive-in film, tema pemakaman, gempa adalah contoh dari konsep menarik perhatian yang bisa menjadi menyenangkan dan pengalaman yang unik bagi pengunjung.

Saat mengembangkan sebuah konsep rumah makan mungkin tampak seperti prestasi mustahil, jika Anda memecah proses menjadi langkah-langkah kecil, itu menjadi jauh lebih mudah dikelola. Membuat menu, suasana hati, dan gaya layanan yang terasa kohesif sebagian besar bergantung pada intuisi yang tajam dan visi yang jelas.

Penutup Cara Membuat Konsep Rumah Makan

Jadi, apakah Anda sedang membuka sebuah rumah makan untuk pertama kalinya atau memikirkan ide-ide konsep rumah makan segar yang berbeda dari rumah makan Anda menetapkan di masa lalu, prinsip-prinsip dasar yang sama berlaku. Cobalah untuk keunikan keseimbangan dengan harapan, menjaga hal-hal yang konsisten, dan put makanan pertama.

Demikian uraian kami tentang “5 Hal Terpenting Cara Membuat Konsep Rumah Makan (Jangan Mulai Sebelum Tahu Ini!!)” di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!

Dengan Software Aplikasi MS Excel ini, Anda dapat menghitung:

  1. Biaya Modal Awal Usaha Rumah Makan;
  2. Biaya Operasional Usaha Rumah Makan;
  3. Perkiraan Revenue Usaha Rumah Makan;
  4. Indikator Kelayakan Usaha Rumah Makan spt BEP/BCR/IRR
error: Alert: Content is protected !!