Cara Membuat Daftar Menu Restoran Yang Menarik Untuk Meningkatkan Keuntungan

Daftar menu restoran yang baik dapat meningkatkan sampai 15% penjualan, ikuti tips dan trik cara membuat daftar menu restoran untuk meningkatkan keuntungan.

Cara Membuat Daftar Menu Restoran

Pengantar Cara Membuat Daftar Menu Restoran

Di industri restoran, memiliki daftar menu yang dirancang dengan baik dan direncanakan dengan seksama adalah suatu keharusan.

Daftar menu Anda merupakan adalah alat utama yang mendrive penjualan, dan rekayasa atau engineering menu juga dapat membantu membawa lebih banyak penjualan dan meningkatkan keuntungan Anda.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa daftar menu yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan keuntungan Anda dengan 10 sampai 15%.

Untuk membantu memastikan bahwa Anda membuat daftar menu terbaik, kami telah membuat panduan komprehensif yang membantu ide-ide membuat daftar menu restoran.

Baca Juga:

3 Jenis Terpenting Pencahayaan Café dan Restoran
Ini Dia, Pengaruh Warna Cat Untuk Rumah Makan Terhadap Konsumen!
4 Tips Bagaimana Tata Ruang Atau Layout Restoran Yang Baik

1.Cara Membuat Daftar Menu Restoran

Merancang sebuah daftar menu restoran dapat menjadi proses yang menakutkan, tapi proses dapat kita bagi menjadi beberapa langkah sederhana:

  1. Finalisasi daftar item dalam menu dan tempatkan dalam spreadsheet.
  2. Membagi daftarmenu menjadi beberapa bagian, seperti sarapan pagi, makan siang, makan malam, makanan pembuka, makanan pembuka, makanan penutup, dll
  3. Desain tata letak menu. Pertimbangkan bagaimana pelanggan Anda akan menggunakan menu Anda dengan mempelajari teknik menu.
  4. Gunakan software pembuat daftar menu atau pembuat daftar menu gratis untuk merancang menu Anda.
  5. Simpan menu Anda sebagai PDF dan mencetaknya. Pastikan bahwa Anda memiliki cukup jumlah daftar menu untuk pelanggan Anda.
  6. Tempatkan daftar menu Anda di cover buku menu atau pada papan menu.

Meskipun langkah-langkah lay-out merupakan proses dasar menciptakan menu, Anda harus memikiran dan pertimbangan dalam desain menu Anda.

Di bawah ini, beberapa praktik terbaik untuk merancang menu untuk membuat pelanggan mudah menggunakan dan bantuan memfasilitasi penjualan.

2.Lay Out Daftar Menu Anda

Ketika pelanggan melihat menu daftar Anda, mata mereka tertarik ke tempat-tempat tertentu pada menu tersebut. Tempat inilah di mana Anda ingin menempatkan item menu yang paling populer dan item dengan margin keuntungan tertinggi, seperti makanan selamat dating dan makanan pembuka.

Tiga tempat di daftar menu dimana pelanggan melihat pertama kali disebut Segitiga Emas atau the golden triangle oleh para perancang menu dan psikolog.

Golden triangle

The Golden Triangle – Cara Membuat Daftar Menu Restoran

The Golden Triangle adalah istilah yang perekayasa daftar menu gunakan untuk merujuk pada tiga bidang pada daftar menu Anda bahwa sebagian besar konsumen cenderung melihat pertama kali.

Ada tiga poin pada segitiga tersebut, yaitu:

  1. Tengah/Pusat. Kebanyakan pelanggan akan melihat tengah daftar menu Anda terlebih dahulu. Ini adalah lokasi yang besar untuk menempatkan spesial atau item menu terbatas.
  2. Kanan atas. Tempat kedua mata Anda cenderung untuk pergi adalah sudut kanan atas halaman. Di sinilah banyak pemilik restoran tempat mereka makanan pembuka atau hidangan utama item.
  3. Kiri Atas. Dari sudut kanan atas, kebanyakan pelanggan cenderung melihat sudut kiri atas. Ini adalah lokasi umum untuk makanan pembangkit selera yang dikombinasikan dengan makanan pembuka untuk meningkatkan keuntungan Anda.

Merancang Layout Daftar Menu Anda

Anda ingin mendedikasikan area interest tertinggi pada daftar menu untuk item yang populer dan paling memiliki marjin laba tertinggi. Setelah Anda memutuskan bagian mana Anda ingin tempat di Segitiga Emas, Anda dapat memikirkan layout sisa item menu Anda.

Hal berikut yang Anda butuhkan adalah berapa banyak bagian yang Anda ingin memiliki dalam menu Anda.

Bagian-Bagian Daftar Menu – Cara Membuat Daftar Menu Restoran

Ketika membuat bagian-bagian berbeda yang akan masuk pada daftar menu Anda, pertimbangkan berapa banyak item menu yang Anda miliki dan bagaimana mereka dapat dikelompokkan.

Misalnya, Anda dapat membagi bagian hidangan utama Anda ke dalam makanan pembuka dan sandwich.

Atau dapat Anda memecahnya lebih jauh ke dalam daging sapi, ayam, dan bagian seafood.

Buat bagian sespesifik mungkin, sehingga pelanggan Anda dapat dengan mudah menemukan sesuatu yang menarik bagi mereka.

Membuat bagian menu untuk bahan-bahan tertentu, seperti daging sapi, atau ayam, terutama penting dalam restoran etnis yang memiliki item menu yang pelanggan mungkin tidak akrab dengan makanan tersebut.

Tips untuk Membuat Layout Daftar Menu

Berikut adalah beberapa ide dan trik dalam membuat layout daftar menu restoran yang bisa diimplementasikan:

  • Membuat menu terpisah untuk makanan utama dan makanan penutup Anda. Studi telah menunjukkan bahwa jika makanan penutup Anda berada di menu utama, pelanggan cenderung untuk memesan hidangan pembuka. Selain itu, jika daftar menu tersebut terpisah, Anda bisa meninggalkannya di meja pelanggan. Hal ini memberikan kesempatan pelanggan untuk melihat daftar menu makanan penutup dan memberi mereka waktu untuk berpikir tentang pilihan makanan penutup mana yang mereka ingin coba.
  • Restoran yang memiliki banyak pilihan jenis minuman mungkin juga ingin membuat menu minuman terpisah sehingga mereka tidak mengambil ruang terlalu banyak. Anda mungkin ingin memasukkan minuman populer non-alkohol pada menu utama Anda, seperti minuman ringan, es teh, atau limun.
  • Jika restoran Anda berkonsep restoran sehat dan memiliki pilihan vegetarian, vegan, atau pilihan bebas gluten. Buatlah dan tambhakanlah bagian yang khusus untuk item-item tersebut. Bagian baru ini akan memudahkan pelanggan dengan diet alternatif untuk menemukan item menu yang mereka bisa makan.
  • Anda bisa menarik perhatian ke item menu tertentu, seperti makanan spesial terbatas pada waktu tertentu saja atau makanan yang ada pada musim tertentu, dengan menempatkan sebuah kotak atau batas di sekitar mereka. Hal ini membantu menu spesial Anda menonjol dari item lain dan menarik mata pelanggan Anda kepada mereka. Anda juga dapat menempatkan mereka di tengah halaman Anda untuk menarik perhatian lebih kepada mereka.

Berapa Banyak Halaman Daftar Menu?

Jumlah halaman dalam daftar menu Anda akan tergantung pada berapa banyak item menu yang Anda miliki. Jika daftar menu Anda memiliki terlalu banyak halaman, hal itu dapat membuat kelelahan untuk pelanggan Anda.

Meskipun tidak ada aturan baku, namun sebaiknya daftar menu restoran Anda memiliki dua halaman saja. Berikan banyak ruang untuk daftar item menu tanpa memberikan terlalu banyak informasi untuk menjadi berlebihan.

Jika restoran Anda modern atau memiliki estetika kontemporer, daripada menggunakan beberapa halaman, Anda dapat memilih untuk halaman yang lebih besar atau desain yang unik.

3.Memilih Gaya Untuk Daftar Menu Anda – Cara Membuat Daftar Menu Restoran

Memilih gaya daftar menu restoran sangat penting untuk mencerminkan konsep bisnis Anda dan menarik bagi pelanggan Anda.

Tentukan Style sesuai branding

Berikut adalah beberapa gaya umum yang dapat memberikan beberapa arah ketika Anda mencoba untuk memilih gaya untuk daftar menu:

  • Kelas atas: Daftar menu restoran kelas atas biasanya pendek, dengan hanya beberapa item pada halaman. Ada sangat sedikit atau tidak ada gambar pada halaman dan biasanya menggunakan font bergaya dan berkelas.
  • Ramah anak: Daftar menu restoran yang ramah keluarga biasanya memiliki banyak gambar dan warna-warna cerah yang dapat menangkap minat anak. Anda juga mungkin ingin menggunakan font besar yang sangat mudah dibaca dan scannable.
  • Modern: Daftar menu restoran modern biasanya besar, dan desain akan tergantung pada tema bisnis Anda. Tapi, banyak restoran modern yang memiliki menu ramping, dengan desain yang menarik, gambar kustom, dan font bergaya.
  • Nostalgia: Bisnis yang memanfaatkan nostalgia menjadi lebih popular, karena sebagian baby boomer sudah semakin tua dan menghabiskan lebih banyak waktu makan di luar daripada memasak untuk diri mereka sendiri. Daftar menu yang cocok untuk mereka biasanya memiliki gaya pedesaan dan kuno, serta beberapa gambar pada setiap halaman. Selain itu, jika Anda mengharapkan pelanggan Anda basisnya pelanggan yang lebih tua, Anda mungkin ingin membuat font yang lebih besar, sehingga mudah untuk dibaca.

4.Cara Membuat Style Daftar Menu

Ada banyak elemen desain tertentu yang masuk ke styling pada daftar menu restoran Anda, seperti font, gambar, dan warna. Mereka memungkinkan Anda memberikan daftar menu memiliki kepribadian dan karakter.

Mirip dengan tata letak pada menu Anda, desain daftar menu Anda dapat membantu membujuk pelanggan untuk membeli item bernilai tinggi atau margin besar.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara untuk memilih gambar, font, dan warna untuk daftar menu Anda, serta bagaimana menulis deskripsi untuk hidangan.

Cara Deskripsi Makanan Anda – Cara Membuat Daftar Menu Restoran

Menulis deskripsi makanan pada daftar menu bertujuan untuk membujuk pelanggan untuk mencoba sesuatu yang baru, memberikan informasi untuk tamu dengan alergi makanan atau diet alternatif, dan membantu pelanggan menemukan hidangan yang menarik bagi mereka.

Selain itu,  jika Anda menggunakan nama yang unik untuk hidangan atau Anda menawarkan banyak makanan etnis, maka tulisan deskripsi menu dapat membantu pelanggan Anda memahami apa yang akan dihidangkan.

Anda harus menggunakan deskripsi Anda untuk tidak hanya daftar bahan-bahan di piring, tetapi untuk menggambarkan rasa dan tekstur makanan juga.

Misalnya, alih-alih hanya menulis daftar semua bahan dalam salad, gunakan kata sifat untuk membuat deskripsi ini dapat lebih menggugah selera makanan.

Cara Menggunakan Gambar Dalam Daftar Menu Anda

Anda dapat menambahkan gambar ke daftar menu untuk membantu pelanggan Anda tahu apa yang akan dihidangkan dengan memberikan gambaran bagaimana nantinya piring tersebut terlihat.

Tapi, jangan terlalu banyak gambar pada menu Anda yang memiliki konotasi negatif, karena banyak pelanggan berkonotasi bahwa banyak gambar pada menu dengan biaya rendah dan berkualitas rendah restoran.

Berikut adalah beberapa tips sehingga Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari gambar pada daftar menu restoran Anda:

  • Gunakan gambar kualitas tertinggi yang tersedia. Jika gambar Anda kasar atau tidak fokus, itu akan memberikan pelanggan Anda kesan buruk dari restoran Anda.
  • Gunakan tidak lebih dari dua gambar pada satu halaman, kecuali jika restoran Anda merupakan restoran ramah keluarga.
  • Gunakan gambar untuk item yang paling populer atau bernilai tinggi. Menggunakan gambar yang menarik minat pelanggan Anda, sehingga membuat mereka lebih mungkin untuk memesan hidangan tersebut.
  • Jika Anda memiliki beberapa lokasi atau Anda memiliki waralaba, mungkin bermanfaat untuk membayar fotografer makanan profesional untuk mengambil gambar makanan yang menjadi unggulan.
  • Jika Anda memperbarui menu Anda, Anda dapat memeriksa Instagram dan melihat apakah ada pelanggan yang telah memposting gambar makanan Anda secara online. Anda dapat menggunakan gambar tersebut. Tetapi jika Anda akan menggunakan gambar dari Instagram atau media sosial, pastikan untuk menghubungi pemilik dan meminta izin terlebih dahulu. Selain itu, sebut dan pasang juga courtesy atau nama pemilik foto tersebut didalam fotonya.

Memilih Skema Warna – Cara Membuat Daftar Menu Restoran

Warna yang Anda gunakan pada daftar menu mengatakan banyak hal tentang restoran dan merek Anda, sehingga pilihlah dengan hati-hati. Selain itu, warna yang dipilih dapat mempengaruhi selera tamu.

Misalnya, warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan oranye dapat meningkatkan selera pelanggan Anda dan membuat mereka bersemangat untuk makanan Anda. Di sisi lain, warna-warna seperti biru dan ungu dapat membuat pelanggan Anda kurang lapar.

Ketika memilih skema warna untuk menu Anda, Anda juga ingin memastikan bahwa warna Anda melengkapi satu sama lain dan bahwa Anda memiliki tema yang konsisten.

Selain itu, skema warna Anda juga harus sesuai branding restoran yang Anda bangun. Jadi, Anda tidak akan ingin memiliki menu biru listrik di  stand minuman atau menu coklat netral di sebuah restoran ramah anak.

Menu Font dan Tipografi

Font yang digunakan sering diabaikan ketika merancang sebuah daftar menua, tapi font yang menonjol dapat membantu Anda memfasilitasi penjualan.

Menu Font dan Tipografi perlu diperhatikan dalam cara membuat daftar menu restoran

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih font terbaik untuk daftar menu restoran:

  • Membuat nama item pada daftar menu memiliki ukuran yang lebih besar dari harga menu. Jika harga ditampilkan terlalu mencolok, pelanggan akan memindai item termurah bukannya memilih apa yang paling menarik bagi mereka.
  • Anda dapat menggunakan huruf besar dan huruf tebal untuk nama item Anda, tetapi penggunaan huruf kecil dan styling biasa untuk deskripsi makanan.
  • Hapus tanda rupiah dari menu Anda. Tanda rupiah memiliki konotasi negatif dalam pikiran pelanggan dan itu membuat mereka cenderung tidak melakukan pembelian besar.
  • Jika target demografi utama adalah konsumen yang lebih tua atau sangat muda, tingkatkan ukuran font sehingga daftar menu mudah untuk dibaca.

5.Mencetak dan Menampilkan Daftar Menu Anda – Cara Membuat Daftar Menu Restoran

Setelah Anda selesai merancang daftar menu, selanjutnya adalah siap untuk mencetak dan memasukkan daftar menudan menambahkan sampul/cover penutup.

Ukuran Daftar Menu

Sebelum Anda dapat mencetak daftar menu, perlu diputuskan apa ukurannya. Ketika memilih ukuran untuk daftar menu, pertimbangkan tata letak yang dipilih serta ukuran font dan jumlah item pada menu Anda.

Berikut adalah beberapa ukuran umum yang pemilik restoran biasa gunakan untuk daftar menu mereka:

  • Menu makan siang: 8,5 inci x11 inci
  • Menu makan malam: 8,5 inci x 11 inci; 8,5 inci x 14 inci; atau 11 inci x 17 inci
  • Menu Minuman atau Menu Dessert: 4,25 inci x 11 inci, 4,25 inci x14 inci, atau 5,5 inci x8.5 inci

Mencetak Menu Anda – Cara Membuat Daftar Menu Restoran

Anda harus mencetak cukup daftar menu sehingga setiap pelanggan dapat menelusuri dengan langkah mereka sendiri.

Jumlah menu yang perlu dicetak Anda dalam Cara Membuat Daftar Menu Restoran

Berikut ini adalah panduan yang bermanfaat yang menunjukkan Anda berapa banyak daftar menu restoran harus dicetak:

Tipe Menu Jumlah Orang per Meja Kapasitas Restoran
Menu sarapan 1 Per Orang 75% dari Kapasitas tempat duduk Anda
Menu makan siang 1 Per Orang 75% dari Kapasitas tempat duduk Anda
Menu makan malam 1 Per Orang 75% dari Kapasitas tempat duduk Anda
Menu makanan penutup 1-2 Per Tabel 50% dari Kapasitas Tempat Duduk
Daftar Minuman 1 Per Tabel 1-10 Menu
Check Presenter 1 Per Tabel 1 untuk Setiap Tabel + 10%

Tips Tambahan Cara Membuat Daftar Menu

Sekarang, daftar menu restoran Anda hampir lengkap. Berikut adalah beberapa ide lain untuk daftar menu, pastikan untuk menyertakan pada daftar menu:

  • Membuat simbol untuk berbagai jenis item, seperti vegan, vegetarian, bebas gluten, atau barang-barang bebas gula untuk membantu pelanggan menemukan item yang memenuhi makanan alternatif mereka.
  • Ketika Anda selesai dengan menu Anda, Anda juga akan ingin memindai atau membuat versi digital yang dapat ditempatkan secara online. Hal ini terutama penting jika bisnis Anda memiliki pengiriman atau layanan take-out atau delivery. Ketika menambahkan menu Anda online, Anda juga akan ingin membuat mereka mobile-friendly untuk memudahkan pelanggan potension menacari menu di ponsel atau tablet.

Penutup Cara Membuat Daftar Menu Restoran

Daftar menu restoran dapat mengatakan banyak hal tentang bisnis Anda dan makanan Anda. Menu polos dan plain tidak mungkin untuk memfasilitasi banyak penjualan, tapi menu bergaya dan yang lebih menarik untuk tamu Anda dan lebih mungkin untuk mengkonversi ke penjualan.

Pikirkan dengan matang dan hati-hati ketika merancang daftar menu untuk restoran atau memperbarui menu yang ada.

Demikian uraian kami tentang “Cara Membuat Daftar Menu Restoran Yang Menarik Untuk Meningkatkan Keuntungan”,

di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!