6 Komponen Wajib Dalam Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran

Dengan mengetahui cara membuat anggaran pemasaran restoran yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan RoI pemasaran Anda untuk meningkatkan penjualan yang pad akhirnya menaikan omset dan keuntungan restoran Anda.

Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran

Mengapa Wajib Tahu Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran

Pemasaran untuk restoran semakin hari menjadi semakin kompleks.

Apa yang dulu pernah dicapai dari mulut ke mulut atau melalui penerbitan iklan di surat kabar lokal sekarang hanya dicapai dengan menguasai berbagai saluran pemasaran seperti media sosial, pemasaran email, dan iklan online berbayar.

Hanya dengan memanfaatkan alat-alat online ini untuk menarik pelanggan potensial Anda, maka restoran Anda dapat menonjol di tengah persaingan ketat.

Sekarang, lebih dari sebelumnya, pemilik restoran perlu menyisihkan dana dan rencana untuk anggaran pemasaran restoran mereka.

Dalam artikel ini, kami bertujuan untuk membantu Anda memahami bagaimana dan mengapa perlu tahu cara membuat anggaran pemasaran untuk restoran.

Anda perlu menginvestasikan anggaran pemasaran restoran dengan menguraikan yang paling popular diantara channel yang ada, audiens Anda, dan berapa banyak yang dapat Anda antisipasi untuk menghabiskan untuk menemukan kesuksesan.

Baca Juga:

10 Elemen Branding Restoran Agar Merk Menempel Di Hati Konsumen
12 Hal Terburuk & Paling Umum Kesalahan Marketing Untuk Restoran
9 Strategi Pemasaran Restoran Baru dan lama Yang Terbukti Efektif

Berapa Restoran Menghabiskan Dana Untuk Pemasaran?

Menurut laporan tentang keberhasilan restoran tahun 2019, 67% restoran membayar untuk iklan media sosial, 53% membayar untuk sponsor komunitas, acara, atau amal, 42% membayar untuk Google atau iklan mesin pencari, dan 32% membayar untuk iklan koran atau majalah.

Bergantung pada jangkauan yang diinginkan restoran Anda, aktivitas pemasaran apa pun dapat dilakukan secara gratis atau menggunakan anggaran yang besar.

Semuanya perlu direncanakan dan dianggarkan secara menyeluruh sehingga waktu dan uang Anda tidak terbuang sia-sia.

Mengetahui persis tentang persona pelanggan utama Anda dan saluran pemasaran yang menarik jenis pelanggan seperti itu adalah tempat yang baik untuk memulai.

Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran Gambar dollar

Jika Anda belum membangun persona pelanggan, lakukanlah. Info lebih lanjut tentang cara melakukan itu dapat ditemukan disini.

Setelah tahu siapa yang ingin dijangkau, cobalah saluran pemasaran yang berbeda untuk melihat di mana Anda mendapatkan keterlibatan pelanggan yang paling banyak.

Anda mungkin menemukan bahwa taktik pemasaran yang sesuai untuk Anda mungkin tidak memiliki hasil yang sama untuk tetangga Anda. Itu karena benar-benar tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua untuk pemasaran restoran.

Untuk menjaga upaya pemasaran Anda terorganisir dan untuk melacak anggaran Anda, kampanye, dan kemajuan keseluruhan, kami sarankan mengunduh dokumen rencana pemasaran dan template yang dapat disesuaikan dibawah ini.

Rincian Komponen Anggaran Pemasaran Restoran

Dengan menggunakan template tadi, sesuaikan dengan anggaran restoran Anda. Sisihkan jumlah sesuai anggaran untuk menutupi biaya pemasaran tanpa khawatir tentang bagaimana hal itu dapat mempengaruhi area lain dari bisnis Anda.

Saat Anda melakukan kampanye pemasaran di seluruh saluran pemasaran restoran pilihan Anda, uji pengeluaran lebih atau kurang pada iklan tertentu dan lihat apa dampaknya terhadap keterlibatan pelanggan.

Bahkan jumlah rupiah terkecil dapat menghasilkan dampak yang besar. Jadi ingat perubahan besar dimulai dari hal yang kecil dan tidak ada perubahan yang terlalu kecil.

Berikut adalah rincian 6 Komponen Wajib Dalam Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran yang wajib Anda anggarkan:

  1. Anggaran Media Sosial;
  2. Iklan Di Google & Mesin Pencari Lain;
  3. Email Marketing;
  4. Acara Komunitas & Sponsor;
  5. Video Marketing; dan
  6. Iklan Cetak & Surat Langsung

Sekarang, mari kita uraikan 6 channel yang harus Anda pertimbangkan untuk ditambahkan ke anggaran pemasaran restoran Anda dan mengapa mereka penting untuk strategi pemasaran Anda.

1) Media Sosial – Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran

Media social ini telah menjadi saluran pemasaran penting bagi restoran. Hal ini terutama untuk mengelola ulasan, mendorong menu special harian, dan bahkan bertindak sebagai situs web utama mereka.

Pemasaran media sosial dapat dipecah menjadi posting organik (atau gratis) dan posting berbayar.

Posting organik sangat bagus untuk pengeluaran rendah dan pertumbuhan lambat. Jika pertumbuhan lambat bukan yang Anda cari atau Anda ingin menjangkau audiens yang lebih besar, Anda dapat “meningkatkan” posting organik Anda, atau membayar agar dilihat oleh lebih banyak pelanggan potensial.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika meningkatkan posting.

Ukuran dan Jangkauan Pemirsa

Pemirsa yang lebih besar membutuhkan anggaran yang lebih besar. Jika anggaran Anda memungkinkan, pengeluaran lebih banyak akan membuat pos Anda dilihat oleh lebih banyak orang, dan akan menghasilkan pengembalian investasi yang lebih besar.

Frekuensi

Satu iklan sudah cukup jika Anda hanya memiliki satu acara besar yang Anda promosikan. Namun, jika Anda baru saja membuka lokasi baru, Anda mungkin perlu memposting lebih sering.

Gunakan system POS untuk menganalisis kapan waktu paling lambat dan waktu rush hour. Posting iklan Anda sesuai waktu restoran Anda tidak sibuk. Hal ini untuk mengarahkan lalu lintas masuknya konsumen selama waktu-waktu tersebut.

Gambar dan Konten

Anda dapat mengambil dan memposting foto menggunakan smartphone, atau membayar jutaan rupiah pada pemotretan profesional.

Konten berkualitas lebih tinggi akan meningkatkan merek Anda dan mendorong lebih banyak keterlibatan. Hal ini dapat menghasilkan lebih banyak orang di ruang makan Anda.

Namun,menakjubkan apa yang dapat dilakukan dengan kamera ponsel pintar. Ambil foto dalam cahaya alami, jangan pernah gunakan flash, dan jika itu tidak terlihat lezat, jangan mempostingnya.

2) Iklan Di Google & Mesin Pencari Lain

Google dilihat dan digunakan untuk 5,6 miliar pencarian sehari. Memiliki iklan di bagian atas hasil pencarian dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan nama Anda di depan pelanggan yang lapar.

Google mengharuskan Anda untuk menawar pada kata kunci atau keyword pencarian, jadi ada baiknya memahami kata kunci mana yang paling menguntungkan restoran Anda.

Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran untuk Iklan Di Google & Mesin Pencari Lain

Sebagian besar, ada dua area yang harus Anda perhatikan untuk mengatur kesuksesan Anda, serta mengukur berapa yang harus Anda keluarkan:

  • Kekhususan kata kunci
  • Frekuensi kata kunci dicari

Tantangannya adalah bahwa setiap kali seseorang mengklik iklan Anda, Anda akan dikenai biaya, jadi penting untuk fokus pada kata kunci yang Anda yakini memiliki kemungkinan tertinggi untuk mendapatkan pelanggan.

Kata kunci mana yang harus saya cari?

Jadi apa kata kunci yang harus Anda cari?

Misalnya menargetkan kata kunci seperti “tempat terbaik untuk mengadakan pesta liburan di Bandung” mungkin tampak seperti ide yang bagus, tetapi kata tersebut tidak khusus untuk restoran, jadi Anda menghadapi persaingan yang tidak perlu.

Anda dapat mempersempit kata kunci Anda untuk menargetkan “restoran terbaik untuk mengadakan pesta liburan di Bandungn” akan memberikan hasil yang lebih baik.

Anda mungkin menemukan bahwa hanya segelintir orang yang mencari ini sebulan, sehingga tidak akan memberi Anda pengembalian yangbesar. Anda dapat memperluas istilah (yaitu “restoran terbaik di Austin”), tetapi yang lebih baik adalah mengidentifikasi sebanyak mungkin syarat untuk mengajukan tawaran pada saat yang sama.

Semakin spesifik istilah pencarian yang Anda pilih untuk ditawar, semakin besar peluang untuk mendorong lebih banyak kesadaran ke restoran Anda.

Anda dapat menetapkan anggaran restoran dan memilih syarat yang akan ditargetkan. Anda dapat menargetkan beberapa kata kunci dan Google akan memberi tahu Anda mana yang cenderung dicari oleh audiens Anda untuk membantu Anda menentukan kata kunci terbaik untuk ditawar.

Anda juga dapat menggunakan jasa digital marketing untuk iklan dan jasa SEO (Search Engine Optimization). Kelebihan dari SEO adalah Anda akan mendapatkan traffic organic tanpa harus membayar iklan.

3) Email Marketing – Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran

Menggunakan email untuk memasarkan restoran Anda bisa menjadi usaha yang relatif mudah dan murah, terutama untuk restoran kecil. Anda dapat menargetkan audiens yang besar sekaligus, sambil tetap menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi untuk setiap penerima.

Bergantung pada perangkat lunak pemasaran email apa yang Anda gunakan, Anda dapat menggunakan pembelian pelanggan. Anda dapat mengirim email untuk menyarankan item menu, mengirim email re-engagement ke tamu yang belum ada di restoran Anda baru-baru ini. Atau mengirim kupon ulang tahun dan peringatan untuk merayakan tonggak sejarah pelanggan.

Jumlah Audience

Sebagian besar program jasa email marketing memungut biaya tergantung jumlah audience. Lebih banyak untuk jumlah audiens maka lebih tinggi biayanya. Jadi jika Anda memiliki ribuan pelanggan, Anda mungkin perlu menganggarkan lebih banyak.

Frekuensi

Seberapa sering Anda mengirim email adalah salah satu masalah terbesar ketika mengevaluasi anggaran dan strategi Anda.

Jika Anda membebani mailbox email tamu, maka email tersebut akan dengan cepat berakhir di folder spam mereka. Hal ini buruk untuk bisnis Anda dalam skema yang lebih besar hanya mengganggu satu pelanggan.

Jika sejumlah besar orang menandai email Anda sebagai spam, skor pengirim Anda akan berkurang, yang dapat memengaruhi tingkat pengiriman email Anda keseluruhan.

Menurut data, 87% tamu mengatakan mereka ingin menerima kupon atau email promosi, jadi inilah yang harus Anda usahakan untuk disampaikan, dengan irama yang penuh hormat dan sesuai.

4) Acara Komunitas & Sponsor

Memberikan kembali kepada komunitas dan mensponsori acara dapat menjadi taktik pemasaran yang hebat. Karena usaha rumah makan dan restoran merupakan bisnis komunitas dan bisnis lokal.

Berapa banyak yang harus Anda keluarkan untuk hal ini tampaknya sulit diukur jika dibandingkan dengan taktik pemasaran lainnya. Lagi pula, restoran Anda dapat memberikan 1 juta kepada badan amal setempat. Cara lain adalah restoran Anda dapat bermitra untuk mengumpulkan $ 10 juta untuk badan amal berskala nasional.

Anggaran sponsor sangat bervariasi. Sebagai contoh, sebuah restoran sering menjadi tuan rumah malam amal, di mana kelompok lokal bermitra dengan restoran untuk meningkatkan penjualan dengan imbalan potongan pendapatan.

jadi sponsor acara komunitas

Idenya adalah bahwa restoran tersebut akan memberikan 50% hasil dari keuntungan penjualan yang secara langsung dikaitkan dengan acara tersebut kembali ke acara pengumpulan dana.

Dalam situasi ini, anggaran sepenuhnya tergantung pada berapa banyak orang pergi ke restoran dan membawa selebaran. Maka, restoran tersebut akan melihat lebih banyak penjualan dan kelompok tersebut dapat mengumpulkan dana. Hal yang sama-sama menguntungkan.

Capaian

Penting untuk dicatat bahwa sponsor seringkali melampaui hanya acara itu sendiri. Jika Anda mensponsori suatu acara, Anda akan dimasukkan dalam semua promosi dan pemasaran yang akan dilakukan organisasi. Hal tersebut termasuk seperti siaran pers tentang acara, iklan, atau bahkan promosi kata-kata dari mulut ke mulut.

Keterikatan

Keterlibatan sering kali lebih tinggi jika Anda menyelaraskan restoran Anda dengan acara yang cocok dengan konsep Anda.

Misalnya, Anda menjadi sponsor lembaga yang mampu mengumpulkan orang-orang sebanyak 50.000 orang dengan biaya rendah, atau Anda dapat mensponsori festival yang penuh dengan pecinta kuliner. Maka semua tergantung pilihan Anda, mana yang lebih dekat dengan audience Anda.

Nilai merk

Terakhir, dan yang paling sulit diukur, adalah nilai merek terkait dengan sponsor.

Untuk perusahaan yang sudah mapan, sponsor mungkin tidak memberi Anda nilai merek lebih banyak.Namun untuk restoran yang lebih baru, atau restoran yang meluaskan ke pasar baru, menjadi sponsor dapat memberi orang motivasi untuk terlibat dengan bisnis Anda lebih dari satu iklan.

Anda juga mencerminkan nilai-nilai inti Anda melalui usaha sponsorship Anda, dan itu penting bagi banyak pengunjung. Dengan ikut serta dalam acara sponsor atau acara komunitas, Anda menunjukkan kepada tamu bahwa Anda peduli dengan komunitas lokal Anda.

5) Video Marketing – Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran

Pada 2019 diperkirakan bahwa 80% dari semua lalu lintas internet berbasis video. Selain itu, konten video menghasilkan1200% lebih banyak ketertarikan dibandingkan konten berbasis teks dan gambar.

Biaya iklan YouTube berkisar antara 10 dan 30 sen dolar per tampilan. Untuk Iklan TV, iklan lokal berkisar dari beberapa ratus dolar hingga $ 1.500.

Secara keseluruhan, harga iklan TV memang tinggi, dengan menggunakannya maka Anda semakin harus memiki potensi pengembalian investasi yang tinggi ini.

Video adalah media produksi untuk iklan, serta saluran distribusi. Biaya yang terkait dengan keduanya unik, dan bisa menjadi sangat mahal.

Produksi

Produksi video dapat berkisar dari menggunakan smartphone untuk menangkap konten yang cepat dan otentik hingga cerita yang lebih besar yang jauh lebih mahal untuk diproduksi secara profesional.

Produksi video yang lebih besar dapat mencakup storyboard, grafik, aktor, kamera dan peralatan, kru, alat peraga, editor, dan banyak lagi – yang dapat dengan cepat menambah biaya.

Biasanya ada korelasi yang kuat antara jumlah rupiah yang dihabiskan untuk mencapai dan dampak dengan jumlah yang Anda habiskan untuk produksi, sehingga Anda dapat yakin bahwa uang Anda akan kembali ke bisnis restoran Anda.

Distribusi

Dua cara paling umum untuk mempromosikan video Anda adalah di media sosial (yaitu Facebook dan YouTube) atau melalui iklan TV.

Untuk media sosial, Anda dapat dengan mudah membuat anggaran untuk video yang Anda harapkan dapat ditingkatkan di saluran sosial Anda atau melihat ke iklan YouTube.

Televisi bisa rumit. Karena sebagian besar opsi televisi memiliki khalayak luas dan beragam, mungkin sulit bagi restoran kecil dan independen untuk mendapatkan manfaat dari iklan televisi.

Sementara kelompok yang lebih besar tentu bisa mendapatkan nilai dari iklan TV, restoran satu lokasi harus fokus pada saluran televisi lokal yang hyper atau menggunakan konten video mereka untuk diputar dalam format video lokal seperti bioskop atau video sambutan di kantor pariwisata setempat.

6) Iklan Cetak & Surat Langsung

Iklan surat langsung dapat sangat membantu untuk restoran karena mereka hyperlocal.

Paling sering, restoran mengirim atau menurunkan menu ke area perumahan, tetapi surat langsung juga dapat digunakan untuk mempromosikan acara satu kali atau memperbarui ke menu Anda.

Biaya sebagian besar merupakan hasil dari perancangan, pencetakan, dan distribusi.

Iklan Cetak & Surat Langsung

Desain & Cetak

Desainnya adalah biaya satu kali, tetapi perusahaan percetakan dapat mengenakan biaya di mana saja dari ratusan rupiah hingga puluhan juta untuk setiap aset. Mengingat bahwa tingkat respons untuk surat langsung ini rata-rata sekitar 6%, biaya ratusan rupiah suatu aset dapat dengan cepat melebihi manfaatnya.

Distribusi

Untuk distribusi, ada dua opsi: drop-off atau daftar-beli.

Untuk perusahaan besar Anda mungkin ingin membeli daftar nama orang yang memenuhi kriteria tertentu yang Anda anggap penting, seperti kedekatan dengan restoran Anda, kelompok umur, dan banyak lagi.

Ini dapat membantu Anda menargetkan audiens yang tepat dan meningkatkan tingkat respons Anda. Anda juga harus membayar semua ongkos kirim sebelum dapat mengirim.

Banyak restoran satu lokasi mungkin menganggap opsi ini memakan waktu terlalu banyak, dan mungkin tidak sepadan dengan biayanya.

Sebaliknya, mengirimkan karyawan untuk mengantar brosur ke lingkungan setempat atau gedung kondominium akan memaksimalkan pengembalian Anda.

Penutup Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran

Sangat penting untuk memikirkan semua elemen ini ketika memilih jenis pemasaran apa yang paling membantu restoran Anda. Jika Anda bijaksana dalam pendekatan perencanaan Anda dan rajin melacak anggaran Anda, Anda akan dapat mengelola dan membelanjakan dolar pemasaran restoran Anda dengan bijak dan melihat masuknya pelanggan baru.

Demikian uraian kami tentang “6 Komponen Wajib Dalam Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran”,

di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!