Cara Memasak Ikan Gabus - Sop Ikan Gabus

Cara Memasak Ikan Gabus Yang Enak dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Artikel tentang Cara Memasak Ikan Gabus Yang Enak dan Manfaatnya Bagi Kesehatan merupakan bagian dari sebuah Pedoman Usaha Rumah Makan atau Restoran secara keseluruhan. Lebih khusus lagi ini merupakan uraian dari artikel 11 menu warteg murah meriah yang mantul.

Jika anda berniat untuk membuka rumah makan/restoran/warteg, saya menyarankan untuk membaca  tulisan perdana saya, yaitu: 7 kunci sukses membuka usaha rumah makan, dan 5 langkah menghitung modal usaha rumah makan, yang merupakan bagian dari sebuah Pedoman Usaha Rumah Makan atau Restoran.

Cara Memasak Ikan Gabus Yang Enak

Pengantar Cara Memasak Ikan Gabus

Nama masakan ikan gabus, sebagian dari anda merasa terasa asing. Mungkin juga kita pernah mendengar sepintas nama masakan khas Betawi ini, namun anda tidak sepenuhnya paham cita rasa ikan gabus bila dimasak sebagai sop ikan gabus, paling di pikiran anda terbayang ikan gabusnya saja. Tidak mengherankan, karena kita jarang sekali bisa menemukan nama kedai makan Betawi bertuliskan menu sop ikan gabus, ikan gabus sambel hijau dan pucung gabus.

Lebih mantulnya, ikan gabus ini amat sangat kaya akan albumin, yang adalah jenis protein penting bagi tubuh saya dan anda sebagai mahluk Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam yaitu manusia. Albumin sendiri diperlukan tubuh manusia, utamanya dalam proses penyembuh luka dan membantu penyembuhan beberapa penyakit seperti kanker, stroke, gagal ginjal, diabetes mellitus hingga pengobatan pasca operasi.

Kronologis di era penjajahan Belanda dahulu kala, jenis ikan seperti ikan mas dan mujaer (atau mujair yaaa…..? ada juga goyang mujair hehehee …lagu Ayu Ting Ting yang sedang nge-hits)  terbilang mahal. Untuk menyiasatinya, warga Betawi saat itu memilih untuk menggunakan ikan gabus yang bebas mereka dapatkan karena berkembang secara liar di tempat-tempat yang memiliki perairan, seperti sungai, rawa, parit dan danau tersebut.

Penyampaian pesan ini saya harapkan kita semua bisa sehat jasmani dan rohani  see…haaat…..terutama bagi anda sekeluarga besar rumah makan,  pelanggan anda ataupun pelanggan baru.

Cara Memasak Ikan Gabus (Sop Ikan Gabus)

Cara Memasak Ikan Gabus - Sop Ikan Gabus

Bahan Kasar (untuk konsumsi 3 porsi)

Tips untuk Anda :

  1. pilih ikan gabus yamg masih segar (jangan simpan terlalu lama ikan gabus apalagi dikulkas akan semakin amis)
  2. hilangkan sisik dengan mengeroknya menggunakan pisau sampai hilang sisiknya
  3. cuci bersih dan ikan gabus direndam (sebelumnya ikan gabus dipotong-potong) dengan air + peresan jeruk nipis secukupnya lebih-kurang selama setengah jam an, untuk menghilangkan sisa bau amisnya.
  1. Seekor ikan gabus segar ukuran sedang, dipotong sesuai selera
  2. Satu buah tomat
  3. 2-3 batang wortel ukuran sedang
  4. Segenggam makaroni sup
  5. Tiga batang bawang daun
  6. Se batang sereh
  7. 2-3 lembar daun salam
  8. 2-3 lembar daun jeruk
  9. Lengkuas seruas jari
  10. Jahe seruas jari
  11. Bawang bombay secukupnya
  12. Garam secukupnya
  13. Air putih secukupnya
  14. Minyak goreng (minyak zaitun goreng rekomendasi) secukupnya.

Bahan Halus (yang dihaluskan)

  1. 3-4 siung bawang putih
  2. Satu setengah kemiri
  3. Merica secukupnya.

Mengolahnya

  1. Rebus ikan gabus yang sudah dipotong sesuai selera kedalam panci yang sudah berisi air
  2. Tumis bumbu halus+sereh+lengkuas+jahe+daun salam+daun jeruk+bawang bombay sampai baunya harum dan wangi rempah
  3. Campurkan tumisan (poin 2 di atas) ke dalam panci rebusan ikan gabus (diperkirakan rebusan ikan gabus hampir matang)+wortel yang sudah dipotong sesuai selera+makaroni+tomat+daun bawang
  4. Tes rasa atau tambahkan lebih dahulu penyedap rasa jika ingin
  5. Sup siap disajikan.

Ikan Gabus Di Indonesia

Ikan gabus adalah jenis ikan air tawar, sehingga aman dikonsumsi bagi anda yang alergi terhadap ikan laut. Biasanya alergi terjadi hanya pada jenis ikan air laut saat dikonsumsi.

Populasi ikan gabus meluas dari Asia Selatan (Tiongkok bagian selatan) hingga Asia Tenggara, termasuk Indonesia sebelah barat.

Aneka nama ikan gabus yang berbeda di setiap Provinsi atau daerah berdasarkan daerah lokal Indonesia, perbedaan nama lokal untuk jenis ikan gabus seperti kocolan (Betawi), licingan (Banyumas), kutuk (Jawa), bogo (Sunda), bocek (Riau), haruan (Melayu), bayong, kabos (Minahasa). Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan.

Ikan gabus dapat berkembang hingga panjang satu meter, cirinya berkepala besar agak gepeng mirip kepala ular (sehingga dinamai snakehead), dengan sisik-sisik besar di atas kepala. Tubuh bulat memanjang dengan sirip membulat di ujungnya. Sisi atas tubuh dari kepala hingga ke ekor berwarna gelap, hitam kecoklatan atau kehijauan, dengan sisi bawah tubuh putih. Sisi samping bercoret tebal menyerupai lingkungan sekitar. Mulut besar dengan gigi besar dan tajam.

Ikan gabus memiliki semacam organ labirin (seperti pada lele atau betok), bentukannya primitif yang menyerupai sistem pernafasan amfibia, ikan gabus memiliki kemampuan adaptif terhadap lingkungan yaitu berpindah atau mengubur diri dalam lumpur kondisi perairan mengering,ikan gabus berjalan di daratan, khususnya pada malam hari saat musim kemarau, mencari tempat lain yang masih berair.

Kandungan Nutrisi Ikan Gabus

Ada dua Peneliti dengan hasil hampir sama, yang pertama Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, seorang peneliti di LIPI, “Salah satu kelebihan ikan gabus adalah karena mempunyai kadar protein albumin yang tinggi dari ikan lainnya seperti ikan bandeng, ikan lele, ikan mas, ikan mujair, ikan nila, dan lain-lain”.

Peneliti ke dua Prof. Nurpudji dari Universitas Hasanuddin – Makassar, hasil penelitiannya “pemberian 2 kg ikan gabus masak setiap hari kepada pasien pasca operasi akan meningkatkan albumin mereka menjadi normal. Pemberian ekstrak ikan gabus selama 10-14 hari menunjukkan peningkatan albumin hingga 0,6 hingga 0,8 g/dl. Kandungan albumin plus mineral zinc (Zn) dalam tubuh ikan gabus yang sebesar 1,7412 mg/100 g daging inilah yang membantu proses penyembuhan luka lebih cepat”.

Albumin adalah plasma protein dalam darah yang berfungsi sebagai sarana transportasi nutrisi ke seluruh tubuh dan penyeimbang cairan di dalam tubuh. Kadar albumin yang tinggi ini, sangat berguna untuk daya tahan tubuh.

Konsumsi ikan gabus maka otomatis konsumsi albumin juga berlebih. Tapi tenang, tidak ada efek samping bila mengkonsumsi ikan gabus berlebih (hiper albumin). Bahkan konsumsi ikan gabus bisa dikatakan sebagai suplemen albumin.

Konsumsi ikan gabus 2 kg selama 8 hari, dapat meningkatkan kadar albumin agar mencapai standar ideal yaitu 3,5-5 g/dl .

Kandungan nutrisi ikan gabus sebagai larutan pengganti pada keadaan defisiensi albumin consolidating. Kandungan nutrisi tersebut berfungsi untuk mengatur Tekanan Osmotic dalam darah, menjaga keberadaan air dalam plasma darah sehingga dapat mempertahankan volume darah dalam tubuh agar tidak terjadi pembengkakan.

Kekurangan albumin dalam tubuh manusia (hypoalbumin) menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Bagi anak, kekurangan albumin  akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan, perkembangan otak yang tidak maksimal, penurunan kekebalan tubuh hingga menyebabkan anak mudah sakit.

Kelebihan Ikan Gabus Dibandingkan Ikan Lainnya

Kelebihan ikan gabus yang lainnya :

  • protein sangat tinggi dibanding telur, ayam dan sapi
  • protein ikan gabus lebih tinggi dari ikan salmon
  • obat ampuh untuk pertumbuhan dan proses penyembuhan terutama pasca operasi
  • obat penyembuh autis
  • bermanfaat bagi setiap orang dari bayi dalam kandungan, bayi, anak-anak dimasa pertumbuhan, remaja, dewasa dan orang tua serta bagi ibu hamil sampai proses persalinannya
  • bekas luka/korengan hilang dengan mengkonsumsi ikan gabus secara rutin
  • menghilangkan pembengkakan, memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak dan ibu hamil
  • ikan gabus juga diyakini untuk membantu penyembuhan luka luar dan dalam
  • sebagai pembanding kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng (20,0%), ikan mas (16,0%), ikan kakap (20,0%), maupun ikan sarden (21,1%)
  • dalam 100 gram ikan gabus terdapat :

Kimia                             Jenis     

                       Ikan segar       ikan kering

Kalori (Kal)          69                    24

Protein (g)            25,2                 58

Lemak (g)             1,7                   4

Besi (mg)              0,9                   0,7

Kalsium (mg)       62                    15

Fosfor (mg)          176                  100

Vit. A (Sl)            150                  100

Vit. B (mg)           0,04                 0,10

Air  (g)                 69                    24

BBD (%)              64                    80

Sumber: Sediaoetama, 1985

Manfaat Ikan Gabus Untuk Penyembuhan Penyakit

  • Hepatitis
  • TBC/infeksi paru
  • Nephrotic syndrome (menyatakan kondisi dimana terjadi kerusakan pada ginjal yang ditandai dengan banyaknya jumlah protein dalam urin, tingginya kadar lemak dan kolesterol dalam darah, rendahnya kadar albumin dalam darah, serta terjadinya pembengkakan di kaki, mata kaki, atau kadang di tangan atau wajah)
  • Tonsilitis (adalah infeksi pada amandel yang kadang mengakibatkan sakit tenggorokan dan demam)
  • Thypus
  • Diabetes
  • Patah tulang
  • Gastritis (Gastritis merupakan salah satu gangguan pencernaan yang terjadi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan, atau pengikisan. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa pada lapisan lambung terdapat kelenjar yang berfungsi sebagai penghasil asam lambung dan enzim pencernaan)
  • ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura) merupakan darah yang tak cukup memiliki sel darah merah (trombosit))
  • HIV
  • Sepsis (Sepsis adalah respon sistemik terhadap infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, protozoa atau ricketsia)
  • Stroke
  • Thalasemia minor (Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang dijumpai di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Penyakit ini menarik perhatian dunia lantaran tak bisa disembuhkan, namun sebenarnya dapat dicegah)

Artikel ini yang mungkin sangat berguna perbendaharaan bagi anda atau pesanan pelanggan atau referensi pada rumah makan anda atau yang care dengan kesehatan badan, sebelum menu atau resep sop ikan gabus (rekomendasi untuk kesehatan) yang cucok ……cok ataupun untuk stamina anda yang sedang loyo ataupun penyembuhan penyakit.

Penutup Cara Memasak Ikan Gabus

Jadi itulah tips cara memasak ikan gabus yang enak dan manfaatnya bagi kesehatan  sekaligus rekomendasi di rumah makan anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *