Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Obat Berbagai Penyakit

Artikel yang membahas cara memasak ikan gabus untuk obat mulai dari obat pasca operasi, obat lambung, gagal ginjal sampai dengan obat patah tulang dan menambah nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui.

Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Obat - Cover

Pengantar Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Obat

Ikan gabus telah dikenal diseluruh Indoensia bahkan di Kawasan Asia Tenggara bukan karena rasanya yang gurih akan tetapi khasiatnya untuk kesehatan.

Pada awalnya ikan gabus merupakan ikan air tawar yang liar, namun melihat demand yang tinggi, saat ini ikan gabus sudah diternak.

Ikan gabus memeiliki nama yang berbeda di setiap Provinsi atau daerah berdasarkan daerah lokal Indonesia. Berikut adalah perbedaan nama lokal untuk jenis ikan gabus seperti kocolan (Betawi), licingan (Banyumas), kutuk (Jawa), bogo (Sunda), bocek (Riau), haruan (Melayu), bayong, kabos (Minahasa).

Bahkan dalam bahasa Inggris, ikan gabus dikenal dengan beberapa nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan.

Menangkap ikan gabus 2

Baca Juga:

4 Tips Cara Menggunakan Juicer Komersial Untuk Keuntungan Maksimal
6 Faktor Penyebab Masakan Tidak Enak (Anda Wajib Tahu!)
3 Jenis Metode Memasak & 11 Teknik Memasak [Terlengkap]

Kandungan Gizi Ikan Gabus – Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Obat

Seperti ikan pada umumnya, ikan gabus memiliki nilai protein yang tinggi. Protein ikan gabus segar bisa mengandung total 25,2% protein. Protein yang paling dikenal dalam ikan gabus adalah protein albumin. Dalam ikan gabus albumin bisa mencapai 6.224 g / 100 g.

Albumum nama lain dari albumin ini memiliki beberapa fungsi utama seperti mengatur tekanan osmotik dalam darah kita.

Albumin merawat cairan plasma darah sehingga dapat mempertahankan volume darah.Apabila jumlah albumin turun maka akan terjadi akumulasi cairan dalam jaringan.

Selain mengandung 6,2% albumin, ikan gabus juga mengandung susunan treonin asam amino esensial.

Asam amino esensial tersebut antara lain valin, metionin, isoleusin, leucin, phenylalanine, lysine, histidine dan arginine, serta asam amino asam aspartat non essensial, serin, asam glutamat, glisin, alanin, dari sitokin, tirosin, hidroksilisin, amonia, hidroksiprolin, dan prolin.

Selain, protein dan asam amino esensial penyusun protein, daging ikan gabus juga mengandung mineral yang berkaitan erat dengan proses penyembuhan luka, yaitu Zn dari 1.7412mg / 100 g daging ikan.

Kita tahu bahwa ikan gabus tinggi akan protein, kira-kira sebanyak 25,2 gram total protein dari total 100 gram ikan gabus.Salah satu protein yang terkandung dalam ikan gabus adalah protein kolagen.

Ikan gabus megandung protein kolagen yang lebih rendah dari kadar protein pada daging ternak tanah lain. Hanya 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.

Hasil analisa laboratorium didapatkan bahwa dari 100 gram daging ikan gabus mengandung berbagai kandungan nutrisi, sebagai berikut:

  • Kalori: 69 kalori;
  • Protein: 25,2 gram;
  • Lemak: 1,7 gram;
  • Besi: 0,9 miligram;
  • Kalsium: 62 miligram;
  • Fosfor: 76 miligram;
  • Vitamin A: 150 miligram;
  • Vitamin B: 0,04 miligram;
  • Air: 69 gram.;

Ikan Gabus Bisa Untuk Obat Apa?

Dengan kandungannya protein yang sangat tinggi maka ikan gabus bisa digunakan sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan beberapa penyakit. Berikut adalah beberapa penyakitnya:

  • obat pasca operasi / luka operasi;
  • obat asam lambung;
  • obat gagal ginjal;
  • obat patah tulang;
  • penambah nutrisi ibu hamil dan menyusui.

Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Obat pasca operasi atau luka operasi

8 Manfaat Ikan Gabus – Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Obat

Selain manfaat utama untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit, berikut adalah manfaat lengkap lainnya dari ikan gabus:

  • pembentukan dan pertumbuhan otot;
  • mempercepat penyembuhan luka;
  • menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh;
  • membuat pencernaan yang sehat;
  • menyembuhkan berbagai penyakit;
  • mengatasi gizi buruk;
  • membantu mengatasi pembengkakan di tubuh; dan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh;

Bermaanfaat Untuk Pembentukan & Pertumbuhan Otot

Semua jenis ikan baik ikan air atawar maupun ikan laut mengandung banyak protein. Beberapa ikan bahkan memiliki kandungan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.

Khususnya pada ikan Gabus ini yang di dalam dagingnya terkumpul protein yang bisa dimanfaatkan untuk membantu dalam proses pembentukan dan pertumbuhan otot pada tubuh.

Seperti telah dijelaskan diatas, bahwa dari 100 gram ikan gabus Anda dapat memperoleh 25,2 gram protein.

Mari kita bandingkan dengan kadar protein untuk  per 100 gramnya  dengan yang terdapat pada daging ayam (18,2 gram), pada daging sapi (18,8 gram), dan telur (12,8 gram).

Bermaanfaat Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Protein paling penting pada ikan gabus adalah zat Albumin, yang mana dapat membantu proses berjalannya penyembuhan pada luka apapun yang ada dalam tubuh kita.

Bermaanfaat Untuk Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

Fungsi lain dari zat albumin adalah untuk menjaga kesimbangan cairan tubuh. Apabila zat tersebut berkurang dari 60%, maka keseimbangan cairan dalam tubuh kita dapat berkurang.

Hal inilah yang membuat ikan gabus ini sangat cocok untuk dikonsumsi karena mampu menambahkan zat albumin tadi. Hasilnya keseimbangan cairan dalam tubuh kita dapat seimbang terus.

Bermaanfaat Untuk Kesehatan Pencernaan

Dalam daging ikan gabus mengandung kadar protein kolagen yang sangat rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging ternak darat.Kandungan hanya 3% hingga 5 % dari total kandungan protein kolagen.

Kadar kolagen rendah ini menyebabkan rasa daging ikan gabus yang sangat nikmat dan empuk. Hal ini ternyata juga dapat mempermudah proses pencernaan dalam tubuh, karena daging tersebut sangat lunak.

Bermaanfaat Untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit

Hasil penelitian memunujukan bahwa ikan gabus bermanfaat untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Selain penyakit yang telah disebutkan diatas, gejala penyakit lain yang dapat dibantu untuk disembuhkan diantaranya penyembuhan penyakit hepatitis, Infeksi paru, typhus, diabetes, stroke, ginjal, Kanker, TBC dan lainnya.

Bermaanfaat Untuk Menambah Dan Memperbaiki Gizi Buruk

Kurang gizi atau gizi buruk sering dialami anak balita, bayi, anak-anak, ibu hamil dan ibu menyusui. Hal ini karena memreka memerlukan lebih banyak nutrisi bagi proses pertumbuhan dan kehamilan.

Anda bisa memanfaatkan ikan gabus ini untuk membantu menyembuhkan gejala gizi buruk tadi, terutama pada bayi cukup hanya dengan konsumsi 100 gram ikan gabus sudah cukup.
Bermaanfaat Untuk Membantu Mengatasi Pembengkakan Di Tubuh

Kandungan albumin yang tinggi yang terkandung dalam daging ikan gabus memiliki khasiat lain. Jika Anda mengkonsumsi ikan gabus ini dan Anda memiliki luka pada pembengkakan maka luka tersebut lambat laun akan teratasi.

Bermaanfaat Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan mengkonsumsi ikan gabus secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kegiatan yang berlebihan dan perubahan cuaca serta faktor lain dapat menurunkan daya tahan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi ikan gabus, maka daya tahan tubuh akan kembali normal lagi. Jadi usahakan untuk sering-sering mengonsumsi jenis ikan gabus ini.

Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Obat.

Agak berbeda dengan cara memasak ikan gabus agar enak, cara memasak ikan gabus untuk obat lebih mementingkan khasiat daripada rasa.

Cara memasak ikan gabus untuk obat ini bisa diaplikasi sebagai obat-obat pasca operasi / luka operasi; obat asam lambung; obat gagal ginjal; obat patah tulang; dan penambah nutrisi ibu hamil dan menyusui.

Untuk mengurangi kerusakan protein, zat utama yang ingin didapatkan manfaatnya, maka ikan gabus lebih baik dikonsumsi segar.

Ikan Bakar

Tahapan Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Obat

Berikut adalah tahapan cara memasak ikan gabus untuk obat yang dikonsumsi secara segar :

Bahan-Bahan:

  • 2 kg daging ikan gabus;
  • 1 buah jeruk nipis;
  • 1 buah sereh;

Cara Memasak:

  • Fillet ikan gabus (pisahkan ikan gabus dari kulit);
  • Bersihkan ikan gabus tersebut dari tulang dan jeroannya;
  • Potong fillet ikan gabus menjadi beberapa bagian;
  • Rendam dalam air jeruk nipis selama 5 menit;
  • Kukus ikan gabus selama 45 menit pada suhu 50 derajat celcius.
  • Bersihkan daging ikan gabus dari tulang-tulangnya dan kotoran bila masih ada;
  • Blender daging ikan gabus tersebut sampai lembut;
  • Tambahkan sedikit jeruk nipis dan sereh untuk membuang bau amis.
  • Konsumsi secara langsung atau
  • Goreng tanpa minyak atau kukus/bakar menggunakan daun pisang

Ikan gabus tadi dapat Anda konsumsi untuk 4 porsi.

Jumlah total kalori per porsi kurang lebih 345 kalori.

Konsumsilah ikan gabus tersebut paling sedikit 2 kali sehari di pagi dan malam hari, lebih baik lagi dikonsumsi juga pada siang hari. Atau Anda dapat juga mengkonsumsi ikan gabus dengan resep yang enak atau normal pada siang hari.

Untuk mendapatkan manfaat optimal yaitu mendapatkan manfaat dari protein albumin, konsumsilah ikan gabus ini paling sedikit 6 hari. Karena pada selang waktu tersebutlah protein albumin akan terbentuk pada tubuh Anda.

Tips Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Obat

Memasak ikan gabus gampang-gampang susah, berikut kami berikan tips cara memasak ikan gabus untuk obat untuk Anda:

  • Jangan terlalu lama mengukus dan jangan terlalu panas karena dapat merusak, tujuan mengukus hanya untuk membuat daging ikan gabus lembut);
  • Tujuan memblender untuk menghaluskan sehingga ikan gabus mudah dikonsumsi, jika Anda tidak suka, Anda boleh mengkonsumsi tanpa di buat jus dengan catatan, Anda wajib mengunyahnya sampai sangat lembut sebelum ditelan.
  • Anda bisa mengganti jerusk nipis dengan jeruk lain untuk menambah kesegaran.

Penutup

Dengan mengetahui bagaimana cara memasak ikan gabus untuk obat, Anda dapat memnfaatkannya untuk sebagai obat mulai dari obat pasca operasi, obat lambung, gagal ginjal sampai dengan obat patah tulang dan menambah nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui.

Demikian uraian kami tentang “Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Obat Berbagai Penyakit ” di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!

Dengan Software Aplikasi MS Excel ini, Anda dapat menghitung:

  1. Biaya Modal Awal Usaha Rumah Makan;
  2. Biaya Operasional Usaha Rumah Makan;
  3. Perkiraan Revenue Usaha Rumah Makan;
  4. Indikator Kelayakan Usaha Rumah Makan spt BEP/BCR/IRR
error: Alert: Content is protected !!