10 Elemen Terpenting Branding Restoran Sesuai Tujuan

Dengan memahami elemen branding restoran, merk restoran akan menempel dihati dan pikiran konsumen yang membuat mereka balik lagi, lagi dan lagi.

Bangun branding restoran Anda

Suksesnya branding restoran merek dapat membuat makanan enak  restoran Anda semakin mantap. Branding restoran ini dapat memberikan suasana yang berkesan dan akan membuat konsumen datang lagi dan lagi.

Apakah Anda baru mulai usaha rumah makan ini atau rebranding dan memperbarui tampilan Anda, mengeksplorasi panduan kami untuk memahami dasar-dasar branding restoran dan bagaimana menciptakan identitas brand (merek) yang kuat.

Baca Juga:

6 Komponen Wajib Dalam Cara Membuat Anggaran Pemasaran Restoran
12 Hal Terburuk & Paling Umum Kesalahan Marketing Untuk Restoran
9 Strategi Pemasaran Restoran Baru dan lama Yang Terbukti Efektif

Apa Branding Restoran?

Brand suatu restoran akan mengkomunikasikan kepribadian dan identitas restoran Anda. Sebuah brand restoran mengekspresikan nilai-nilai dan misi restoran Anda, dan itu mempengaruhi konsep dan suasana.

Sebuah brand menciptakan hubungan emosional Anda dengan para tamu. Brand Anda harus terasa sesaat setelah memasuki restoran Anda. Brand ini harus tetap terasa secara kohesif pada seluruh gaya layanan Anda, tipe makanan, dan upaya pemasaran.

Kualitas branding menyebabkan peningkatan loyalitas, tetapi juga menarik tamu baru yang mungkin tertarik pada merek Anda melalui startegi marketing restoran yang tepat.

Inspirasi Branding Restoran

Meskipun berada di luar negeri, berikut adalah beberapa contoh banding restoran yang baik yang diulas oleh para food blogger. Contoh-contoh dibawah dapat Anda gunakan sebagai inspirasi untuk memperkuat branding merek Anda.

Sweetgreen

Sweetgreen adalah restoran kasual cepat yang menyajikan sehat, makanan musiman dan memiliki beberapa lokasi di seluruh AS. Dengan mengunjunginya Anda dapat merasa energik. Merek Sweetgreen ini, berorientasi kesehatan melalui tata letak desain rapi mereka, pencahayaan yang terang, palet warna netral, dan staf bersemangat.

Tidak hanya misi Sweetgreen yang jelas dalam pembentukannya, tetapi merek mereka juga dikomunikasikan pada platform pemasaran mereka, seperti Instagram, yang menunjukkan pertanian foto dan gambar berwarna-warni, masakan sayuran penuh.

Sweetgreen

Rachel Cafe & Creperie

Dibalut dekorasi dan tema Paris kuat, Rachel Café & Creperie yang sengaja untuk memanjakan dan chic. Dengan campuran kotak-kotak dan lantai kayu, bunga wallpaper, gambar Paris, dan perlengkapan pencahayaan aneh, memancarkan Rachel high-end, namun dengan getaran santai.

Pengaruh Perancis membawa ke dalam pilihan menu, yang mencakup Creepes disajikan dengan indah manis dan gurih bersama dengan minuman khas perancis.

Rachel's Cafe & Creperie (1)

Ruby Diner

Berjalan menuju Ruby Diner dan Anda bisa merasakan gema dari Era Swing. Ruby Diner fitur merah, bilik mengkilap laminasi, tergantung sepeda retro, dan pencahayaan yang terang.

Pelayan memakai pakaian yang terinspirasi 50 an. Restoran menawarkan makanan restoran klasik, seperti burger, kentang goreng, sandwich, dan milkshake.

Merek Ruby Diner mengungkapkan vintage suasana nostalgia. Sementara semua lokasi memancarkan kepribadian retro dan melayani menu yang sama, setiap restoran menambahkan sentuhan pribadi berdasarkan lokasi sekitarnya.

Jika Anda tidak tahu di mana untuk memulai ketika memulai branding restoran, Anda dapat mengambil melihat dari dekat bagaimana branding beberapa restoran favorit. Hal ini dapat membantu Anda mengidentifikasi unsur-unsur yang paling menarik bagi Anda.

Cobalah untuk menganalisis cara restoran tersebut membuat Anda merasa dan apa sifat-sifat khusus berkontribusi perasaan itu. Anda kemudian dapat mulai potongan aspek bersama-sama yakin bahwa Anda ingin memasukkan dalam upaya merek restoran Anda.

Ruby's Diner

10 Elemen Dari Branding Restoran

Untuk menciptakan banding restoran yang mengesankan dan kohesif, jelajahilah 10 komponen penting yang tercantum di bawah ini.

1. Konsep Restoran

Ada berbagai jenis restoran yang berkisar di tingkat formalitas, kisaran harga, dan ketik makanan. Komponen yang termasuk konsep restoran diantaranya gaya layanan.

Apakah Anda seorang duduk restoran, pop-up bar, cepat kasual atau truk makanan? Konsep Anda seperti merek Anda dalam tindakan, sehingga konsep Anda harus mencerminkan merek Anda.

Misalnya, Sweetgreen melayani orang-orang yang hidup aktif, gaya on-the-go nya memungkinkan para tamu untuk membuat makan sehat bagian normal dari kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, bagian dari konsep Sweetgreen ini, atau atau branding in action nya adalah garis pengaturan cepat santai mereka di mana para tamu dapat dengan cepat mendapatkan hidangan sehat dengan harga yang terjangkau.

2. Pemetaan Demografi Untuk Branding Restoran

Siapa yang akan menjadi target audiens Anda? Demografi meliputi karakteristik seperti usia, jenis kelamin, atau tingkat pendapatan.

Apakah Anda bertujuan untuk melayani keluarga, pasangan, bekerja profesional, atau beberapa kombinasi?

Apakah mereka trendi atau tradisional?

Apa titik harga pelanggan Anda?

Apakah ada kebutuhan untuk restoran grill di kota Anda, atau pasar jenuh?

Anda pertama mungkin mulai dengan mendapatkan pemahaman tentang demografik lokasi. Selain itu putuskan apa jenis merek dan konsep akan bekerja dengan baik di sana. Jika tidak, Anda dapat menemukan lokasi tertentu yang akan merespon dengan baik untuk merek yang ada dalam pikiran.

3. Pernyataan Visi dan Misi Restoran

Pernyataan Visi dan misi merupakan garis dasar dari restoran Anda, nilai-nilai Anda, dan apa restoran Anda berharap untuk dicapai.

Apa yang Anda menyediakan kepada pelanggan bahwa mereka tidak akan dapat menemukan di tempat lain? Sebuah pernyataan restoran misi adalah kesempatan untuk membuat koneksi dengan pelanggan, staf, dan para pemangku kepentingan.

Setelah pernyataan misi Anda bekerja, Anda dapat menggunakannya untuk memandu sisa keputusan Anda tentang unsur-unsur lain dari merek Anda.

visi misi untuk Branding Restoran (1)

4. Nama Untuk Branding Restoran

Pemilihan nama rumah makan /restoran yang tepat adalah bagian penting dari branding restoran Anda. Nama Anda harus unik, namun mudah diingat dan relevan.

Nama Anda harus mencerminkan merek Anda, dan harus memberikan tamu rasa apa jenis makanan yang Anda melayani dan apa yang bisa mereka harapkan ketika mereka berjalan melalui pintu Anda.

5. Logo

Logo restoran Anda adalah elemen visual yang tamu akan mengenali dari waktu ke waktu. Logo Anda dapat menggabungkan simbol, atau mungkin sederhana dengan nama atau inisial di font ekspresif.

Logo restoran Anda harus konsisten dengan merek Anda dengan menggunakan palet warna yang sama dan nuansa. Sementara simbol dapat komponen utama dari logo, mereka tidak selalu diperlukan. Bahkan, font yang dipilih bisa sama efektif dalam menyimpulkan perasaan bisnis Anda di signage Anda, website, menu, dan materi iklan lainnya.

6. Tagline Untuk Branding Restoran

Sebuah tagline adalah singkat, pernyataan menarik yang meringkas ciri merek Anda dan misi. Anda akan sering mendengar slogan iklan radio atau melihat mereka di situs restoran atau di bawah logo.

Tips untuk membuat tagline adalah singkat namun mencerminkan 2 hal. Kedua hal tersebut adalah produk/layanan apa yang anda tawarkan dan bagaimana produk/layanan tersebut berguna bagi konsumen.

7. Ambiance (Suasana) Restoran

Suasana restoran salah satu jalan yang paling penting dan dinamis dimana Anda dapat mengekspresikan branding restoran Anda. Para tamu akan mengingat bagaimana mereka merasa di pendirian Anda, sehingga penting untuk menciptakan suasana yang khas dan menyenangkan.

Anda harus menyempurnakan setiap aspek dari suasana Anda sehingga mematuhi merek Anda dan menciptakan pengalaman tamu nyaman. Berikut adalah komponen kunci dari atmosfer Anda untuk mempertimbangkan ketika merek restoran Anda:

  • pencahayaan
  • dekorasi interior
  • peralatan makan dan rincian meja lainnya
  • Warna yang sesuai
  • Musik/lagu yang cocok
  • Desain daftar menu

8. Website dan Digital Platform Untuk Branding Restoran

Calon konsumen dan pelanggan setia kemungkinan besar akan memeriksa situs web restoran Anda untuk melihat menu, jam, atau untuk sekadar mempelajari lebih lanjut tentang restoran Anda.

Orang juga dapat memilih untuk mengikuti Anda dan mencarinya di platform media sosial, termasuk Instagram dan Facebook. Sangat penting untuk menjaga branding restoran Anda konsisten pada setiap platform.

Inti dari website Anda, estetika foto Instagram Anda, dan nada dan bahasa yang digunakan adalah cara-cara untuk mengekspresikan merek Anda. Dalam beberapa kasus, situs web atau Instagram mungkin tamu kesan pertama akan memiliki bisnis Anda, sehingga investasi di website berkualitas tinggi dan menjaga profesional, aktif Instagram sangat berharga.

Website sebagai pembangun Branding Restoran di dunia online (1)

9. Makanan

Jenis makanan yang Anda layani adalah komponen utama lain dari branding restoran Anda.

Jika Anda menjalankan sebuah restoran Meksiko yang menarik dalam kelompok besar atau penawaran suatu menabrak happy hour, termasuk banyak piring saham untuk cater kelompok.

Dalam contoh Sweetgreen, melayani sehat, segar pertanian pangan merupakan aspek kunci dari merek mereka. Dari bahan yang Anda gunakan untuk nama dari setiap hidangan, cobalah untuk memeriksa bahwa setiap keputusan sejajar pernyataan misi Anda dan merek.

Jika Anda mengiklankan restoran Anda sebagai tempat high-end, pastikan untuk menekankan kualitas bahan dan proses persiapan Anda.

Jika Anda ingin menjadi yang terbaik burger bersama di kota Anda, mengambil waktu ekstra untuk menemukan toko roti yang sempurna yang dapat memberikan tanda tangan brioche burger roti Anda.

10. Merchandise Untuk Branding Restoran

Dari t-shirt sampai mug minuman, ada banyak kesempatan untuk menawarkan produk untuk mempromosikan branding merek Anda. Anda juga dapat memberikan atau menjual barang-barang seperti pena, alat tulis, tas tote, dan hiasan rumah.

Untuk menyebarkan berita tentang restoran Anda, Anda bahkan dapat membuat kontes dengan hadiah gratis. Selain itu, ketika tamu membeli produk yang memiliki fitur logo restoran Anda, hal itu dapat meningkatkan loyalitas mereka karena sekarang mereka memiliki item terhubung ke restoran Anda, membuat mereka diinvestasikan dalam merek Anda. Dan lebih banyak pelanggan Anda berbagi logo Anda, pengakuan merek yang lebih baik Anda akan dapatkan.

Merchandise sebagai tool Branding Restoran (1)

Kohesi Branding Restoran

Setelah Anda menetapkan pilihan pada komponen utama dari branding rstoran Anda, penting untuk tetap mereka dan memastikan mereka senada dan seirama bersama-sama.

Sebagai contoh, Anda tidak akan steak mahal di piring kertas atau musik jawa di restoran sundaa. Hal ini bukan berarti Anda tidak dapat mencampur dan gaya cocok untuk sengaja mengembangkan konsep yang sama sekali baru. Namun setiap penyimpangan dari normal harus tampil sebagai disengaja. Jika branding restoran Anda dapat kehilangan pelanggan Anda yang merasa bingung.

Kohesi juga meluas pada kehadiran online Anda. Setiap kali Anda bangun sisis baru branding, Anda harus selalu memeriksa dengan pesan merek Anda untuk memastikan bekerja dalam konteks yang ada.

Semakin banyak waktu dan berpikir Anda dimasukkan ke dalam setiap komponen pendirian Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk diakui dan dihargai oleh pelanggan baru dan setia sama.

Branding restoran yang kuat menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan-pelanggan Anda dan dapat sangat mempengaruhi keberhasilan bisnis Anda.

Penutup Branding Restoran

Demikian artikel tentang “10 Elemen Terpenting Branding Restoran Sesuai Tujuan” di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!