Bahaya Meminum Air Kunyit, Jika Kondisi Badan Bermasalah …!!!

 

Artikel yang membahas Bahaya Meminum Air Kunyit Jika Kondisi Badan Bermasalah, memahami sebelum terlanjur mulai dari organ tubuh dari kaki hingga kepala ada salah satu organ tubuh bermasalah, namun sebagai obat herbal apabila organ  tubuh sedang  tidak bermasalah. 

Pengantar bahan rempah kunyit

 

Bahan rempah kunyit biasa dibuat sebagai pewarna alami juga penyedap masakan, obat herbal yang mujarab dan sebagai minuman pelepas dahaga.

Bahkan kunyit sering dikonsumsi kaum wanita saat sedang menstruasi untuk melancarkan keluarnya darah haid.

Kunyit adalah salah satu tanaman rimpang berwarna kuning asli dari wilayah asia tenggara ini selain sebagai bahan pewarna alami makanan ternyata kunyit banyak mengandung banyak khasiat.

Rimpang dari kunyit memilki banyak efek farmakologis pada manusia.

Kandungan kurkumin kunyit memiliki khasiat pereda nyeri alami (analgesik) yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

Selain itu, kurkumin juga mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, hormon yang menciptakan rasa sakit dan peradangan.

Namun  bumbu dapur yang mengeluarkan warna kuning ini dapat berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kunyit menyebabkan banyak efek samping termasuk pusing, mual, sakit perut, dll.

Bahaya kunyit bila dikonsumsi, ada lima (5) kondisi orang dilarang minum air kunyit.

 

Orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan

Penelitian menunjukkan curcumin dapat berinteraksi dengan enzim dan protein yang memetabolisme obat dan dapat menimbulkan risiko interaksi obat.

Salah satu kontradiksi utama kunyit jika mengombinasikannya dengan obat pengencer darah. Karena, kombinasi itu dapat meningkatkan risiko pendarahan.

Hindari mengonsumi kunyit dengan minum obat apapun. Setidaknya, beri jeda waktu antara minum obat dengan konsumsi kunyit setidaknya 3-4 jam. Hal ini juga perlu dikonsultasikan kepada dokter.

 

Penderita batu ginjal

Kunyit memiliki kandungan tinggi senyawa oksalat yang mengikat kalsium dalam tubuh dan menimbulkan batu ginjal. Seseorang yang berisiko tinggi mengalami atau sedang menderita batu ginjal harus membatasi konsumsi oksalat ini sekitar 40-50 miligram per hari.

Seseorang yang memiliki risiko menderita batu ginjal harus mengurangi konsumsi kunyit. Karena, kandungan oksalat dalam kunyit dalam meningkatkan risiko pengembangan batu ginjal.

 

Minum obat pengencer darah

Karena kunyit juga dapat memperlambat pembekuan darah seperti yang ditemukan di National Institutes of Health.

Oleh karena itu, kita tidak boleh minum obat antikoagulan atau antiplatelet.  Sebelum mengonsumsi kunyit atau suplemen kunyit, harus berkonsultasi dengan dokter jika mengonsumsi obat pengencer darah.

 

Wanita hamil

Namun, itu sangat tidak aman jika dalam obat untuk perempuan hamil karena membahayakan kehamilan dan dapat merangsang rahim, juga dapat meningkatkan periode menstruasi.

 

Masalah pada pencernaan

Menurut University of Maryland Medical Center, kunyit dapat mengganggu obat antasida dan dapat menyebabkan peningkatan asam lambung.

Kunyit mengandung causticity dan karena itu, konsumsi yang lama dapat menyebabkan gangguan lambung.

Baca Juga:

4 Tips Cara Menggunakan Juicer Komersial Untuk Keuntungan Maksimal
6 Faktor Penyebab Masakan Tidak Enak (Anda Wajib Tahu!)
3 Jenis Metode Memasak & 11 Teknik Memasak [Terlengkap]

Penutup

Dengan kunyit Anda mengetahui manfaat dan efek sampingnya untuk diterapkan. Seperti permasalahan pada organ tubuh yang sedang bermasalah pada orang yang sedang hamil dan menyusui, gangguan batu ginjal, masalah pada pencernaan, dan lainnya.

Demikian uraian kami tentang “Bahaya Meminum Air Kunyit Jika Kondisi Badan Bermasalah”  di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

 

Artikel Yang Berhubungan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!