7 Tips Sukses Pengelolaan Akuntansi Rumah Makan Dan Restoran

Artikel yang memberikan anda 7 tips sukses pengelolaan akuntansi rumah makan dan restoran untuk meningkatkan margin keuntungan Anda.

Pengantar Akuntansi Rumah Makan Dan Restoran

Ketika menjalankan Rumah Makan mungkin dimulai dengan bakat memasak dan hasrat untuk keramahtamahan. Namun semua itu hanya dapat memperoleh dan mempertahankan keuntungan melalui akuntansi yang tepat.

Dengan pemahaman yang tepat tentang akuntansi ini usaha Anda bisa menguntungkan.

7 Tips Sukses Pengelolaan Akuntansi Rumah Makan Dan Restoran

Apa yang Dilakukan Akuntansi Rumah Makan Dan Restoran?

Seorang pemegang buku rumah makan mengawasi keuangan dan anggaran untuk sebuah Rumah Makan. Akuntan atau pemegang buku Rumah Makan sering kali dapat memberikan saran tentang mengurangi biaya overhead dan mengurangi biaya makanan dalam usaha Anda.

Sistem akuntansi akan bertanggung jawab atas hal-hal berikut:

Haruskah Saya Menyewa Akuntan Rumah Makan?

Akuntansi dapat dengan cepat menjadi terlalu rumit untuk ditangani oleh pemilik Rumah Makan. Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda atau kekurangan waktu yang diperlukan untuk Akuntansi yang akurat dan menyeluruh, pertimbangkan untuk menyewa seorang akuntan.

Ada banyak akuntan independen dan kantor akuntan yang mengkhususkan diri dalam layanan untuk Rumah Makan termasuk:

Haruskah Saya Menyewa Akuntan Rumah Makan

Tips Pengelolaan Akuntansi Rumah Makan Dan Restoran

Strategi bisnis, organisasi, dan kemauan untuk menyimpan catatan akuntansi yang akurat merupakan faktor penting dalam menentukan apakah Rumah Makan Anda tetap akan berdiri atau tidak.

Akuntansi adalah salah satu aspek terpenting dalam menjalankan sebuah Rumah Makan, tetapi memikirkan untuk mengelola Akuntansi dan catatan Anda sendiri pada awalnya bisa membuat Anda kewalahan.

Untuk lebih memahami hal tersebut, bacalah tips dan saran dalam artikel ini, dan raih kesuksesan seperti yang Anda bayangkan.

Ada beberapa alasan penting mengapa Anda harus mengawasi akuntansi rumah makan dan restoran Anda:

Tips Pengelolaan Akuntansi Rumah Makan Dan Restoran

Berikut adalah beberapa tips akuntansi Rumah Makan dan restoran yang menawarkan saran dasar untuk Akuntansi yang akurat sehingga Anda dapat memiliki semua informasi tentang bisnis Anda ini tersedia.

1. Tanya Rekan dan Rekan Lainnya

Salah satu tempat pertama untuk memulai ketika menangani akuntansi Rumah Makan dan restoran Anda adalah bertanya kepada koki lain bagaimana mereka menangani catatan akuntansi mereka sendiri.

Mengetahui bagaimana seorang kolega atau profesional industri lainnya mendekati Akuntansi dapat memberikan wawasan tentang bagaimana Anda harus menangani Akuntansi dan catatan Anda sendiri.

Mendapatkan rekomendasi dari pemilik Rumah Makan sukses lainnya dapat membantu Anda menentukan apakah Anda siap untuk menangani masalah akuntansi sendiri, atau apakah Anda harus mempertimbangkan untuk menyewa perusahaan luar.

2. Akurat dengan Akuntansi

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda berada di merah atau hitam adalah untuk menjaga rekening yang akurat dari semua uang yang datang dan pergi dari Rumah Makan Anda.

Ini mungkin terdengar seperti akal sehat, tetapi banyak kecemasan finansial datang dari kurangnya dedikasi terhadap Akuntansi yang akurat.

Anda harus mencatat jumlah uang yang tepat untuk setiap pengeluaran dan semua pendapatan. Pembulatan ke atas atau ke bawah dengan beberapa sen atau dolar dapat bertambah selama seminggu atau sebulan dan mulai memengaruhi laba Anda.

3. Pahami dan Lacak Pengeluaran

Ada dua kategori yang dapat Anda gabungkan dengan hampir semua biaya: biaya utama dan biaya tetap. Biaya utama mengacu pada sebagian besar pengeluaran Rumah Makan Anda termasuk bahan makanan, minuman, staf, pajak, dan tunjangan.

Anda harus mengawasi biaya utama Anda untuk melacak masalah akuntansi yang berulang dan menemukan area untuk memotong biaya dan meningkatkan keuntungan.

Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah atau Anda tidak memiliki kendali atas perubahan tersebut. Ini termasuk sewa atau hipotek Anda, biaya peralatan, asuransi, perijinan, dan biaya operasional lainnya.

Biaya tetap ini biasanya merupakan minoritas dari pengeluaran Rumah Makan Anda.

Mencatat berapa banyak yang Anda belanjakan untuk biaya utama dan biaya tetap adalah langkah penting dalam menentukan berapa banyak uang yang Anda perlukan setiap minggu untuk mencapai titik impas atau memperoleh keuntungan.

4. Melacak Pendapatan

Melacak pendapatan Anda sama pentingnya dengan Akuntansi Rumah Makan dan restoran seperti mengetahui pengeluaran Anda.

Siapkan catatan akuntansi untuk menunjukkan berapa banyak yang Anda peroleh dari penjualan makanan, penjualan barang dagangan, atau pekerjaan katering.

Meremehkan pendapatan mingguan Anda bisa membuatnya tampak seperti bisnis Anda kehilangan uang padahal sebenarnya tidak. Atau, melebih-lebihkan penghasilan Anda dapat menyebabkan pengeluaran berlebihan karena Anda tidak bekerja dengan anggaran yang akurat.

Cara terbaik untuk menghindari salah satu masalah adalah secara teratur mencatat jumlah pendapatan yang tepat.

Melacak Pendapatan

5. Buat Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi Rumah Makan, atau P&L, menyimpan semua informasi akuntansi Rumah Makan terorganisir dalam satu dokumen ringkas. Anda dapat menyesuaikan P&L agar sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda.

Pernyataan ini adalah alat yang efektif untuk melacak pendapatan Anda, biaya makanan, biaya tenaga kerja, dan biaya operasional.

Jika ini adalah metode yang Anda pilih untuk mengatur Akuntansi dan catatan Anda, Anda disarankan untuk memberikan rincian rinci dari semua biaya dan pendapatan Anda untuk kemudahan pemahaman.

Meskipun yang terbaik adalah mendetail dan menggunakannya setiap minggu, Anda dapat menghasilkan P&L bulanan atau tahunan sesuai keinginan Anda dan menyertakan detail sebanyak atau sesedikit yang Anda anggap perlu.

6. Gunakan Software Akuntansi Rumah Makan dan Rumah Makan

Perangkat lunak ini mencakup perangkat lunak keuangan dan sistem point of sale (POS). Program-program ini dirancang untuk membantu Anda mengatur jumlah inventaris Anda dan transaksi secara cepat dan akurat.

Lakukan riset sebelum memilih perangkat lunak akuntansi untuk Rumah Makan Anda. Tergantung pada perangkat lunaknya, Anda dapat melakukan hal lain seperti mengelola penggajian, laporan penjualan, dan metode pembayaran.

7. Pertimbangkan Penggajian Outsourcing

Jika Anda memutuskan untuk mengelola keuangan Rumah Makan Anda, pertimbangkan untuk melakukan outsourcing payroll. Itu karena ada masalah kewajiban dan biaya penalti yang tinggi untuk kesalahan yang dibuat dalam penggajian.

Pekerjakan orang atau perusahaan yang berpengalaman untuk menangani undang-undang lokal, negara bagian, dan federal yang rumit dan selalu berubah seputar persyaratan tenaga kerja.

Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak akan punya waktu untuk mengikuti perubahan ini.

Software Akuntansi Rumah Makan Dan Restoran

Perangkat lunak atau software dapat membantu Anda mengelola Akuntansi dan catatan Anda sendiri. Menggunakan perangkat lunak yang tepat bahkan dapat membantu Anda menghemat uang dalam jangka panjang.

Software Akuntansi Rumah Makan Dan Restoran

Gunakan Perangkat Lunak Keuangan

Perangkat lunak keuangan dirancang untuk membuat Akuntansi Rumah Makan dan restoran lebih sederhana dan lebih efisien bagi Anda sebagai pemilik bisnis.

Saat memilih perangkat lunak akuntansi yang tepat untuk Rumah Makan Anda, pertimbangkan kualitas berikut:

Pilih Sistem Point of Sale atau Sistem Kasir

Sistem titik penjualan (POS) atau sistem kasir adalah sistem komputer yang digunakan untuk mencatat pesanan dan menyelesaikan transaksi pembayaran.

Dalam hal mengelola Akuntansi dan catatan Anda, beberapa sistem POS memungkinkan Anda melacak jumlah inventaris, biaya tenaga kerja, dan metode pembayaran serta menjalankan laporan penjualan.

Agar sebuah Rumah Makan menjadi menguntungkan, dibutuhkan lebih dari konsep yang solid dan koki yang berbakat. Tetap di atas pengeluaran Anda biaya, inventaris, dan pendapatan adalah kunci untuk menghasilkan keuntungan.

Dengan tips diatas tadi, Anda dapat mulai mengatur catatan akuntansi Anda dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang gambaran keuangan Anda. Pada akhirnya, organisasi dan akurasi adalah kunci pembukuan Rumah Makan yang efektif.

Penutup Akuntansi Rumah Makan Dan Restoran

Demikian artikel kami yang berjudul “7 Tips Sukses Pengelolaan Akuntansi Rumah Makan Dan Restoran”.

Silahkan baca artikel lain di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Sukses Usaha Rumah Makan dan Bisnis Rumah Makan.

Kami memberikan info, tips, trik, ebook, template dan training online gratis mulai dari perencanaan usaha rumah makan dan bisnis Rumah Makan sampai dengan bagaimana operasional usaha rumah makan dan bisnis Rumah Makan tersebut.

Satu hal yang penting yang sering dilupakan yang merupakan jantung sebuah usaha yaitu pemasaran dan marketing usaha rumah makan dan bisnis Rumah Makan.

Originally posted 2022-02-24 22:12:02.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *