5 Hal Wajib Tahu Sebelum Mengadakan Acara Soft Opening Restoran

Acara soft opening restoran dapat menjadi kunci kesuksesan Anda dalam melakukan grand opening restoran Anda. Berikut kami bahas secara mendatil 5 tips sebagai ide Anda sebelum mengadakan acara soft opening restoran Anda.

Acara Soft Opening Restoran

Pengantar Soft Opening Restoran

Mungkin saat ini Anda telah berhasil membeli/menyewa sebuah lokasi dan mengubahnya menjadi sebuah restoran baru. Bangunan ini sudah Anda lengkapi, dengan sebuah dapur dan dan secarik tulisan menu.

Apa berikutnya?

Bagaimana Anda segera masuk dalam bisnis restoran Anda ini?

Jika Anda berencana untuk membuka restoran baru, pertimbangkankan untuk mengadakan serangkaian acara soft opening, atau soft launching. Acara ini untuk memberikan staf dan peralatan dapur Anda uji coba sebelum resmi membuka pintu untuk publik.

Baca Juga:

5 Strategi Grand Opening Restoran  Agar Meriah dan Sukses
Menulis Proposal Usaha Restoran “Menjual” Untuk Meyakinkan Investor
11 Menu Warteg Murah Meriah Yang Mantul (Mantap Betul!)

Namun sebelum Anda mengadakan acara ini, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Hal tersebut antara lain:

  • Bagaimana jenis pelanggan akan Anda undang?
  • Bagaimana Anda akan melayani seluruh menu?
  • Berapa banyak rangkaian acara soft opening restoran harus Anda selenggarakan sebelum acara grand opening?

Kami mencoba untuk melist beberapa pilihan dan tips untuk soft opening restoran untuk dapat menyelenggarakan grand opening restoran.

1.Apa Itu Soft Opening? Mengapa Itu Penting?

Sebelum membuka pintu restoran untuk masyarakat umum, sebagian besar pemilik restoran akan mengadakan acara soft opening atau berbagai soft launching.

Sebuah soft opening atau soft launch adalah pembukaan bisnis untuk sejumlah orang dengan tujuan untuk menguji layanan dan perbaikan yang perlu dibuat.

Ada beberapa keuntungan dan beberapa kelemahan untuk menyelenggarakan soft opening atau soft launching.

Keuntungan dari Soft Opening Restoran

Sebuah soft opening bukanlah sebuah keharusan, tetapi ada keuntungan yang jelas sebelum Anda membuka pintu restoran Anda sepenuhnya. Berikut adalah beberapa keuntungan utama:

  • Mendapatkan umpan balik yang penting: komentar-komentar yang dikumpulkan langsung dari pelanggan pada makanan, minuman, layanan, dan suasana keseluruhan.
  • Menghilangkan alur logistic pada lokasi Anda: Fokus pada evaluasi kapasitas tempat duduk, aliran ruang, sistem point-of-sale, dan peralatan dapur.
  • Mempersiapkan staf: Memberikan staf kesempatan untuk mempraktekan layanan meja dan pengetahuan tentang menu, menciptakan konsistensi dan kerjasama antara anggota staf.
  • Membangun antisipasi: Mendapatkan promosi mulut ke mulut dari pelanggan tentang lokasi baru Anda dengan mendorong para tamu untuk memberitahu teman-teman mereka tentang pengalaman mereka.
  • Melakukan penyesuaian: Melaksanakan umpan balik dan mengubah sedikit hal-hal yang bisa diperbaiki sebelum pembukaan.

Kekurangan dari Soft Opening Restoran

Selain keuntungan diatas, ada beberapa hal ini penting untuk dicatat bahwa ada beberapa kelemahan untuk mengadakan acara soft opening:

  • Menciptakan urgensi untuk terbuka: Sebuah soft opening harus diselenggarakan setelah Anda menentukan kapan acara grand opening restoran akan dilaksanakan. Tanggal tersebut tidak boleh terlalu lama setelah soft opening karena atau hype atau antusias akan mereda, dan pelanggan Anda mungkin lupa atau minat kehilangan.
  • Memberikan ide untuk pesaing: Sebuah soft launch membuka lebar ide-ide Anda ke dunia yang mungkin berakhir di tangan pesaing. Menunda grand opening Anda terlalu lama, memungkinkan mereka memiliki kesempatan untuk menerapkan ide-ide mereka sebelum Anda membuka restoran.

2.Cara Tentukan Menu untuk Soft Opening Restoran

Setelah Anda memutuskan bahwa soft opening adalah pilihan yang baik untuk bisnis Anda, langkah berikutnya adalah untuk menentukan menu untuk acara ini.

Ada beberapa faktor yang perlu diputuskan sebelum Anda dapat menyelesaikan menu itu.

Spotlight Signature Dishes dari Menu

Untuk memastikan bahwa restoran Anda menonjol sejak dari hari pertama, melayani hidangan andalan (signature dishes) selama soft opening Anda yang memberikan tamu sesuatu untuk dibicaran tentang restoran.

Jika Anda memiliki hidangan yang khusus dibuat agar sesuai dengan tema Anda, soft launch restoran Anda ini adalah waktu yang tepat untuk menampilkan mereka. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk merilis menu beta.

Anda hanya akan menampilkan beberapa piring makanan tapi namun membiarkan pelanggan Anda tahu bahwa pada pembukaan sesungguhnya akan ada menu yang lain. Hal ini akan memberi mereka alasan untuk kembali setelah pembukaan Anda untuk mencoba lebih banyak pilihan makanan.

Fokus pada siganature dishes pada acara soft opening restoran Anda

Dengan uji menjalankan hidangan andalan, Anda memiliki kesempatan untuk menyediakan pelanggan Anda dengan makanan yang mengesankan tapi juga membuat Anda dapat melakukan penyesuaian sebelum pintu terbuka.

Anda juga dapat mengadakan beberapa acara soft opening dengan menampilkan bagian yang berbeda dari menu setiap kali untuk dieksplorasi lebih lanjut.

Targetkan Durasi

Tidak ada rumus yang benar atau salah untuk menentukan durasi soft opening diselenggarakan. Namun, kerangka waktu yang umum berkisar antara 3 hari hingga dua minggu.

Rentang waktu ini akan membantu Anda menentukan berapa banyak acara yang harus diselenggarakan dan kapan serta apa yang harus diadakan.

Dua strategi soft opening restoran akan diuraikan sebagai ide Anda.

  1. Strategi 3 Hari: Gaya ini lebih merupakan bagaimana mengintip respon konsumen secara intim dan biasanya dilakukan melalui undangan pribadi.
  • Hari 1: Sebuah jam pembuka menampilkan makanan pembuka dan minuman untuk teman-teman, keluarga, dan pemilik bisnis lokal
  • Hari ke-2: Sarapan dan makan siang makan untuk teman-teman dan keluarga
  • Hari ke-3: Makan malam makanan untuk teman-teman dan keluarga
  1. Strategi 1-2 Minggu: Bayangkan ini sebagai sebagai pelayanan beberapa makanan yang disajikan selama rentang beberapa hari. Hal ini memerlukan sedikit lebih banyak iklan.
  • Dua malam layanan menu lengkap untuk hanya teman-teman dan keluarga
  • Suatu malam layanan menu lengkap untuk pemilik bisnis lokal
  • Satu hari untuk meluncurkan menu sarapan yang terbuka untuk umum
  • Satu hari brunch hari minggu atau hari libur yang terbuka untuk umum
  • Satu hari untuk melayani menu makan siang yang terbuka untuk umum
  • Satu hari untuk meluncurkan menu makan malam yang terbuka untuk umum
  • Satu malam Happy Hour, terbuka untuk umum

Rancang Durasi Acara Soft opening pada waktu tertentu

Pilih Strategi Penentuan Harga

Penentuan harga menu restoran untuk soft opening bervariasi kasus ke kasus. Beberapa restoran menawarkan benar-benar makanan gratis, menu diskon, atau pilihan makanan yang terbatas hanya beberapa pilihan dengan harga penuh.

Jika Anda berencana untuk menerapkan harga penuh, pastikan untuk menyertakan makanan/minuman gratis sebagai tanda ‘terima kasih’ Anda untuk masukan dan input dari para tamu.

Hal ini merupakan salah satu cara yang baik agar pelanggan mencoba berbagai item menu yang mereka mungkin tidak pilih pada pembelian makanan mereka.

Pilihan ini dapat berupa sampel gratis makanan pembuka atau makanan penutup, atau minuman ringan. Jika Anda memilih untuk memberikan makanan/minuman secara benar-benar gratis, perlu diperhatikan tentang anggaran. Jangan sampai pemberian fratis ini berakhir dengan menyakiti anggaran Anda daripada membantu bisnis.

3.Siapa yang Undang untuk Soft Opening Restoran

Anda mungkin tergoda untuk membuka pintu Anda kepada siapa saja untuk soft launch Anda, namun, jangan lakukan itu. Orang-orang yang Anda undang harus dapat memiliki dampak yang kuat pada kesuksesan Anda

Disarankan untuk hanya mengundang teman-teman dan keluarga untuk soft opening Anda sebelum sepenuhnya membuka lokasi Anda kepada publik.

Undang Orang-Orang Yang Sudah Familiar

Teman dan keluarga jauh lebih pemaaf dalam hal terdapat hal-hal yang tidak diinginkan selama soft opening Anda. Sebuah kerumunan wajah-wajah akan memberikan kritik yang membangun, menawarkan wawasan luas dan menyadari bahwa ini adalah uji coba.

Hanya Anda perlu mengingatkan mereka untuk jujur, karena teman-teman dan keluarga juga lebih mungkin untuk mencoba menjaga perasaan Anda.

Dengan mengundang orang yang Anda kenal, lebih mudah untuk menindaklanjuti kritik dan saran mereka. Hal ini memungkinkan Anda untuk menilai kekuatan dan kelemahan Anda untuk membuat sedikit perubahan akhir sebelum membuka ke publik.

Orang-orang ini juga lebih mungkin untuk memberikan Anda iklan gratis mulut ke mulut dan membantu membangun antisipasi sebelum Anda resmi dibuka.

Undanglah Keluarga dan Teman Dekat untuk pembukaan ini

Waktu dan Kapasitas

Anda mungkin sulit untuk mengukur berapa banyak orang yang dapat dihandle pada saat soft opening restoran Anda. Beberapa lokasi mampu menghandle semua tamu mereka selama slot waktu yang sama;

Namun, Anda harus menyediakan aliran realistis layanan di lokasi Anda. Sejumlah umum dari tamu untuk mengundang di malam biasanya 100 orang, dipecah menjadi slot waktu yang berbeda.

Misalnya, jika acara anda dimulai pukul 6 sore, Anda akan mengundang 25 orang untuk sampai pada 06:00, 25 lebih untuk tiba di 6:30, dan sebagainya. Dengan konsep ini, staf Anda juga mendapatkan latihan yang melayani berbagai tahap makan sekaligus.

Salah satu aspek untuk diputuskan adalah berapa orang Anda akan biarkan untuk masuk dan berapa banyak tambahan orang yang Anda dapat muat di lokasi Anda pada waktu tertentu.

Undangan Soft Opening Restoran

Sekarang Anda memiliki daftar tamu, saatnya untuk membuat dan mengirim undangan soft opening restoran. Undangan akan tergantung pada berapa banyak orang yang diundang dan bagaimana gaya Anda menundang.

Anda dapat menggunakan undangan berupa email, jika ingin mengesankan suasana yang lebih santai atau mengirim undangan fisik dalam surat untuk mengesankan sesuatu yang lebih kelas atas.

Jangan lupa untuk memilih desain yang mengesankan untuk menarik perhatian tamu Anda. Namun terlepas dari bagaimana undangan dikirim, acara harus jelas tercantum didalamnya.

Berikut adalah daftar apa yang harus disertakan pada undangan soft opening dan beberapa fitur yang perlu dipertimbangkan:

  • Tanggal
  • Waktu
  • Alamat
  • Pricing: Gratis, Flat Rate, atau Menu Harga
  • Cara dan Tanggal Rerservasi
  • Aturan berbusana (dress code)
  • Fitur –fitur yang mungkin ditawarkan:
    • Live music
    • Hadiah gratis atau hand Out
    • Extra Hiburan: Photo Booth atau Game
    • Latar Belakang di Restoram Anda
    • Informasi tambahan tentang Acara

4.Cara Membuat Kehadiran Orang Sekitar Soft Opening Restoran

Mungkin Anda akan canggung dan bingung untuk menjangkau bisnis di seluruh lokasi baru Anda selama soft opening restoran Anda. Namun, menghadirkan Anda di lingkungan, mereka yang disekitar ini mungkin suatu hari menjadi pelanggan tetap Anda.

Bertemu Pemasok lokal

Dalam rangka untuk bertemu dan berkenal dengan pemilik bisnis lokal, banyak pemilik restoran akan menyelenggarakan acara soft opening hanya untuk pemilik bisnis di sekitar daerah mereka. Sebuah soft launch biasanya merupakan perkenalan pertama bisnis untuk lingkungan.

Dengan menyelenggarakan acara atau happy hour hanya untuk bisnis lokal, Anda mengungkapkan minat untuk berkontribusi kepada masyarakat dan menyatakan Anda telah bergabung.

Dengan melakukannya mungkin Anda mungkin juga mendapatkan beberapa pelanggan tetap selama operasional Anda mendatang.

Pastikan untuk menginformasikan tamu-tamu kapan jam kerja Anda sehingga mereka tahu kapan untuk mengunjungi sekali lagi pada acara grand opening restoran.

Buka Pintu  Bisnis Anda Sebelum Pembukaan

Dengan mengumumkan kehadiran restoran Anda sebelum resmi membuka pintu untuk publik, Anda akan membangun antisipasi menjelang grand opening.

Apa cara yang lebih baik untuk melakukannya daripada dengan showcase menu Anda selama soft opening Anda?

Pertimbangkan untuk membuka bagian operasi yang memungkinkan pelanggan pesan, mengambil makanan dan pergi untuk memperluas layanan restoran Anda sebelum pembukaan.

Jika pilihan itu tidak tersedia, cari peluang lokal lainnya untuk memberikan bocoran teantang makanan Anda. Apakah ada acara makanan lokal atau acara komunitas Anda bisa menampilkan stand makanan agar mendapatkan nama Anda dikenal?

Ini merupakan salah satu strategi pemasaran dariapda hanya sekedar selebaran atau media sosial postingan.

5.Kumpulkan Masukan dan Feedback

Setelah Anda selesai mempersiapkan soft opening Anda dengan memilih menu, mengundang tamu Anda, dan menjangkau komunitas Anda, ada satu langkah penting yang tersisa yaitu mengumpulkan umpan balik.

Minta Feedback setelah pelaksanaan secara jujur

Umpan balik yang dikumpulkan dari tamu Anda selama soft launching Anda sangat berharga untuk melakukan perbaikan sebelum Anda membuka untuk umum.

Karena pentingnya feedback ini Anda wajib mengumpulkannya secara tertulis. Jika saja Anda meminta selama acara, maka rincian umpan balik dapat dilupakan.

Sebaiknya, Anda menyerahkan formulir umpan balik dengan pencekan di akhir makan atau Anda dapat menawarkan kupon untuk formulir yang telah dilengkapi.

Umpan balik, masukan, saran dan rekomendasi dari acara soft opening ini dapat membantu Anda memastikan grand opening Anda berjalan lancer dan sukses.

Penutup Soft Opening Restoran

Sebuah soft opening mungkin merasa seperti langkah tambahan yang menunda Anda dari pembukaan, tetapi hal ini bisa sangat berharga untuk keberhasilan restoran Anda.

Ini akan memberikan kesempatan untuk menemukan bagian mana yang perlu perbaikan dan memerlukan beberapa latihan sebelum secara resmi grand opening. Ketika merencanakan untuk soft launch Anda, pastikan untuk memilih daftar menu dan tamu Anda dengan bijaksana.

Demikian uraian kami tentang “5 Hal Wajib Tahu Sebelum Mengadakan Acara Soft Opening Restoran”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

DOWNLOAD GRATIS SEKARANG JUGA!!!!

Aplikasi Perhitungan Modal Usaha Rumah Makan

Software ini merupakan aplikasi excel yang berisi:

  1. Perhitungan Biaya Modal Awal;
  2. Perhitungan Biaya Operasional;
  3. Perhitungan Perkiraan Pendapatan, dan
  4. Perhitungan Indikator Kelayakan Keekonomian, seperti (Durasi Balik Modal atau BEP; Berapa Keuntungan; dan Tingkat Pengembalian Investasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!