Foto 1, Soto Tauco (Sauto), Khas Tegal-Jawa Tengah, Indonesia.

23 Daftar Kuliner Khas Daerah Tegal, Cobain Deh

Menurut Vita Datau Mesakh selaku Ketua Akademi Gastronomi Indonesia, keragaman kuliner Indonesia seharusnya bisa menjadi kekuatan tersendiri untuk membuat kuliner Nusantara semakin unggul. Ditambah dengan budaya dan sejarah yang sangat kental pada masakan Indonesia, membuatnya memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Seperti yang terdapat pada Daerah Tegal adalah sebuah kota yang ada di Provinsi Jawa tengah. Kota Tegal terkenal dengan julukannya sebagai Kota Warung Tegal dan Kota Bahari. Wisata Kuliner di Kota Tegal yang Khas Tegal banyak diburu oleh peserta wisata dan sebagai tempat yang tepat dalam beristirahat untuk mengisi perut …yang nyanyi terus alias laper, apabila Anda berpergian dari Jakarta melewati Tegal, cobain deh pasti ketagihan.

Biasanya masakan Jawa bercita rasa manis sedangkan masakan Tegal punya citarasa gurih, sedikit manis dan asin. Minuman khas dari daerah Tegal yaitu teh poci dan es lontrong masih banyak yang lainnya.

Strategis lokasinya bila keluar Tol Tegal atau masuk dalam jalur mudik Pantura menjadikan Kota Tegal sebagai tempat persinggahan untuk beristirahat dan menikmati kuliner khas Tegal. Kharakteristik masakannya mempunyai citarasa yang berbeda dari masakan Jawa pada umumnya. Sedikitnya terdapat 23 daftar kuliner khas di Daerah Tegal, cobain deh, diantaranya :

 

1. Sauto Sedap Malam Daan Jenggot

Ketika Anda sedang melintasi Jalan Raya Talang yang terletak di antara kota Tegal dan Slawi, akan melihat deretan warung yang menyajikan soto khas Tegal. Nah,  Anda kunjungi adalah warung Sauto Sedap Malam Daan Jenggot (rasa orijinal). Paduan kuah kaldu dan tauco menghasilkan rasa gurih yang akan membuat ketagihan dan ingin menambah. Racikannya paduan nasi yang dicampur ke dalam soto dan tauco. lengkap dengan potongan daging sapi, babat, usus dan ayam. Anda bisa mendapatkan soto ini hanya dengan Rp.15.000,- hingga Rp.20.000,-.

 

2. Tahu Murni Putra Nata Jaya

Terkenal dengan beragam produk olahan tahu seperti tahu pletok, tahu aci, kerupuk tahu, jangan kaget dan bersabar, Anda sedikit waktu mengantri di depan warung, karena rasanya memang benar-benar memanjakan lidah dan bikin ketagihan….!  Tahu Murni Putra Jaya terletak di Jalan Raya Denpyak nomor 19 – 21, dan Jalan Diponegoro nomor 78. 

 

3. Kupat Glabed Randugunting

Perut nyanyi alias laper hu….hu…  dimalam hari terkadang membuat susah tidur di saat-saat ini, tidak ada salahnya mencoba kupat glabed dari Kupat Glabed Radugunting yang pamornya sudah cukup melegenda di Tegal. Kupat glabed adalah potongan ketupat dengan kuah kuning kental yang agak mirip kuah opor tetapi lebih creamy serta kerupuk kuning, lengkap dengan potongan daging ayam yang lembut serta aroma yang benar-benar membuat mulutmu berair. Ketika disantap pada malam hari, kupat glabed tentunya akan membuat tubuh terasa hangat di tengah dinginnya udara Tegal di malam hari. Nah, Anda dapat mengunjungi Kupat Glabed Randugunting ini di wilayah Randugunting dekat pusat kota Tegal.

 

 

Foto 2, Nasi Ponggol Menu Sarapan Masyarakat Tegal.

 

4. Blendung

Makanan cemilan terbuat dari jagung yang direbus sampai lunak diberi bumbu dan kelapa parut. Cita rasanya gurih sedikit terasa asin dibarengi dengan manisnya rasa jagung akan menambah..maknyusss blendungnya.

Lokasi jual biasanya di pasar tradisional.

 

Baca juga :

5 Paradigma Keuangan Rumah Makan (Wajib Dikontrol)

15 Inspirasi Sebelum Operasional Usaha Rumah Makan dan Restoran, Wajib Dipahami !

10 Tips Memilih Musik / Lagu Yang Cocok Untuk Rumah Makan

55 Daftar Peralatan Dapur Rumah Makan dan Restoran Yang Wajib Tersedia

Analisis Perekonomian Usaha Rumah Makan dan Restoran, Sederhana dan Mudah

 

5. Tahu Hasan

Tahu Hasan cukup beken, tahunya terdapat isian dalam tahu yang dibuat dengan bumbu spesial, yang melengkapi rasa gurih tahu.

Lokasi, di sebelah Selatan Koramil Tembok Luwung. Berjualan dengan gerobak berwarna kuning, dari siang hingga sore hari.

 

6.  Lontong Cap Go Meh

Kuliner Tegal cocok banget sesuai namanya kalau di coba saat Imlek. Terkesan seperti lontong sayur biasa, setelah dicoba terasa bedanya.

Beragam isi dalam piring terdapat suwiran ayam, telur, bawang goreng dan abon dengan sayur kuning bercampur seperti labu.

Lokasi, Warung Ibu Wing- Jalan Jenderal Sudirman, Slawi. Harga seporsi berkisar Rp.18.000,- an.

 

7. Bubur Ayam

Mang Hardi

Bubur ayam Mang Hardi cocok untuk sarapan, harganya murah meriah. Racikannya seperti bubur ayam seperti pada umumnya, khasnya ditambah krupuk nan gurih dan melimpah porsinya.

Lokasi, di Jalan Merpati 70-Tegal.

 

8. Es Lontrong

Minuman khas Tegal yang melegenda ini, mencobanya akan nambah dan segera melegakan tenggorokan.

Racikan berisi kacang hijau, cincau, gula merah dan santan, harga berkisar Rp.5.000,-.

Lokasi, Jalan Mayjen Sutoyo – Slawi.

 

9. Rujak Teplak

Dengan cita rasa unik, memiliki sambal yang khas dipadukan dengan beberapa sayuran.

Lokasi, sekitar Pasar Tradisional Banjaran.

 

Foto 3, Es Lontrong, hilang rasa hausnya…..cobain deh.

 

10.  Tahu Upil

Tahu upil khas Tegal ini banyak dijadikan sebagai oleh-oleh, bentuknya segitiga sedang dengan kombinasi dengan aci, sepanjang Kota Tegal banyak yang jual, hampir sama dengan Tahu Murni Putra Nata Jaya.

 

11. Gulali

Gulali Tegal yang dibalut dengan tepung, mengenang masa kanak-kanak namun rasanya yang khas bila sudah sampai mulut.

Lokasi, di lapangan Alun-alun Kota Tegal.

 

12. Nasi Ponggol

Nasi ponggol santapan pagi hari oleh masyarakat di Tegal, racikannya nasi, beberapa lauk sambal goreng, orek tempe basah kadang bercampur mie, dibungkus daun pisang.

Lokasi, sekitaran Pasar Tradisional atau tempat ngetem ojek atau becak dan angkot.

 

13. Nasi Goreng Mas Amin

Nasi goreng Mas Amin boleh dibilang khas dan top deh, porsi banyak beberapa pelengkap, racikannya sama seperti pada umumnya namun ada udang, telur, bakso san auwiran daging ayam.

Lokasi, di Jalan AR. Hakim-Kota Tegal.

 

14. Rujak Krupuk Mie

Favorit Anak ABG-dewasa di Kota Tegal, biasa terdapat di warung sekitar Kota Tegal. Racikannya krupuk mie disiram dengan bumbu rujak, rasa gurih dari krupuk yang membuat nikmat.

Lokasi, warung sekitar Pasar, warung di Perkampungan sekitaran Kota Tegal.

 

15. Rujak Kangkung

Kegemaran Anak ABG-dewasa bahkan para Ibu/Bapak juga Lansia,  Masyarakat Kota Tegal menggemarinya disantap saat siang terik matahari akan hilang rasa penat dan puyengnya, biasa terdapat di warung sekitar Kota Tegal. Racikannya kangkung disiram dengan bumbu rujak, krupuk mie mengiringi bila disantap…huih…..sedapnya..maknyussyang membuat nikmat rujak kangkung.

Lokasi, warung sekitar Pasar, warung di Perkampungan sekitaran Kota Tegal.

 

16. Bakso Mahkota Putera

Bakso  ini dengan racikan yang khas, disantap berbarengan dengan siomay goreng dan krupuk…..aduuh gusti ….nikmatnya …alang kepayang …. pokoknya unik deh, apalagi ditambah pilus kecil, bisa ditambah dengan telur, bakso urat, bakso besar dan bakso tahu juga mie.

Lokasi, di Jalan Kapten Sudibyo nomor 174-Tegal.

 

Foto 4, Lontong Cap Go Meh.

 

17. Bakso Nglaras Roso

Bakso Nglaras Roso melegenda di Kota Tegal dengan cita rasa yang enak tenan pokoke, tersedia juga soto dan mie ayam, disantap saat penatnya matahari atau lagi capek mengendarai atau pulang bepergian.

Lokasi, sebwlah Selatan Kecamatan Adiwerna-Tegal.

 

18. Bakso Sutimin

Melegenda di Kota Tegal dengan cita rasa yang enak sekali pokoke, racikannya bakso ditambah dengan tetelan nan melimpah juga lontong, tahu dan mie, disantap saat penatnya matahari atau lagi capek mengendarai atau pulang bepergian apalagi dimusim hujan….mantap coy.

Lokasi, Jalan Raya Karanganyar RT.06/RW.2  Karanganyar, Dukuhturi  Tegal, Jawa Tengah 52192  Telepon: 0877-3088-7888 Jam buka: 9AM–10PM.

 

19.  Sop Kikil Warung Ibu Umi

Sop kikilnya ….wuiiih ….mantul deh rasanya, apalagi disantap saat beristirahat dalam perjalanan, racikannya, racikannya kuah sop ditambah kikil plus nasi, terdapat juga daging, mie dan perkedel.

Lokasi, dekat SMK I Dukuhturi-Tegal.

20. Nasi Langgi

Nasi Langgi ini biasa dibuat saat Rabu Wekasan pada mulanya. Racikanya terdapat daging, mie, perkedel dan sambal.

Lokasi, biasanya di warung sekitaran Kota Tegal.

21. Nasi Bogana

Nasi Bogana ….enak juga lho…bersaing dengan nasi ponggol dan langgi….yang khas oada racikannya adalah perpaduan nasi dengan telur, orek tempe dan sambal khasnya.

Lokasi, Warung Je Kimyan-Tegal.

 

22. Glotak

Memiliki cita rasa nan khas dan lezat, racikannya gembus (seperti oncom) berwarna keabuan dimasak dengan berbagai bumbu khas dipadukan dengan kaldu rebusan tulang sapi atau ayam dan irisan cabai rawit.

Lokasi, sekitaran warung di Kota Tegal.

 

23. Sate Mendo Wendi’s

Makanan yang sangat digemari di Tegal yaitu: sate kambing dan ada banyak warung di Tegal yang menyajikan sate kambing ini, tetapi yang terlezat adalah sate kambing milik Sate Mendo Wendi’s. Warung sate yang satu ini terkenal dengan daging satenya yang empuk karena menggunakan kambing muda dan bebas bau. Sate Mendo Wendi’s ini juga sangat terkenal di kalangan artis. … Penasaran….cobain deh…?

Lokasi, di Jalan Letjend. Suprapto no. 59 di Kraton, Tegal Barat.

 

Penutup

masih ada bermacam-macam destinasi kuliner lain yang pastinya akan membuat kunjungan Sobat Shopee ke Tegal lebih berkesan, contohnya Alun-Alun Kota Tegal, Pasar Senggol dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin wisata kuliner tetapi bingung kemana, tidak usah ragu dan kunjungi Kota Tegal, deh sekarang!

23 Daftar Kuliner khas di Daerah Tegal, cobain deh, Anda akan mengalami karakter masakan nan uniq, masih ada bermacam-macam tempat kuliner lain yang pastinya akan membuat kunjungan Anda ke Tegal lebih berkesan, contohnya Alun-Alun Kota Tegal, Pasar Senggol, apalagi yang namanya Pasar Pagi…..wuih…..mantap ….kuliner jajanannya dan sebagainya.

Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin wisata kuliner tetapi bingung kemana, tidak usah ragu dan kunjungi Kota Tegal! dan cus sekarang ke Tegal, deh sekarang!

Demikian uraian kami tentang  “23 Daftar Kuliner Khas Tegal, Cobain Deh…!”, di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Artikel Yang Berhubungan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!