15 manfaat mujarab cengkeh untuk kesehatan tubuh, wajib dicoba…!

 

 

Pengantar – 15 manfaat mujarab cengkeh untuk kesehatan tubuh

Cengkeh termasuk rempah atau bumbu dapur yang serbaguna dengan rasa manis dan aromanaya yang khas, biasanya cengkeh untuk ditambahkan dalam berbagai masakan, digunakan sebagai bumbu rendaman pada panggangan, menambah rasa pada kue dan minuman hangat.

Perlu diketahui satu sendok teh atau dua (2) gramnya mengandung :

  1. Energi 21 kalori
  2. Satu gram karbohidrat
  3. Satu gram serat
  4. 30 % mangan
  5. Empat persen vitamin K
  6. Tiga persen vitamin C
  7. Magbesium
  8. Kalium, dan
  9. Vitamin E

Berikut daftar manfaat cengkeh kami rangkum sedikitnya ada  lima belas (15) manfaat mujarab cengkeh untuk kesehatan tubuh, wajib dicoba, antara lain :

Artikel lain:

Cara Memasak Ikan Gabus Yang Enak dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Obat Berbagai Penyakit

Bahaya meminum air kunyit jika kondisi badan bermasalah..!!!

Inilah makanan, minuman yang menstabilkan suhu tubuh disaat Pandemi Covid-19, perlu coba

 

1.Meningkatkan Kesehatan Jantung

pada Cengkeh mengandung zat eugnol yang dapat mencegah pembekuan darah. Setelah itu, zat eugnol akan membantu Anda terhindar dari penyakit jantung dan stroke. Mengunyah bunga cengkeh juga dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta mampu menambah jumlah darah putih.

 

2.Mengatasi rambut rontok

Apakah Anda memiliki masalah rambut rontok? Minyak cengkeh adalah solusinya. Anda bisa menggunakannya sebagai kondisioner. Minyak cengkeh akan mencegah kebotakan rambut. Selain itu, kandungan dalam cengkeh juga mampu menghitamkan rambut dan mengatasi rambut kering dan bercabang.

 

3.Mengatasi sakit gigi

Gigi sehat dan bersih adalah dambaan bagi sebagian banyak orang. Cengkeh memiliki kandungan senyawa eugenol guna mengurangi nyeri di gusi dan gigi. Selain itu, menggosok cengkeh pada gigi juga bisa menjaga kebersihan dan keputihan gigi.

4.Mengatasi jerawat

Minyak cengkeh merupakan salah satu alternatif untuk mengobati jerawat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh pada daerah jerawat. Rempah ini memiliki senyawa anti-bakteri dan anti-jamur, sehingga dapat mencegah masalah kulit seperti jerawat wajah ataupun jerawat punggung akibat jamur.

 

5.Obat mencegah peradangan

Minyak cengkeh mengandung zat aktif seperti flavanoid yang akan bekerja untuk mengurangi peradangan. Teh cengkeh juga dipercaya bisa mengobati berbagai kondisi gangguan pernapasan akibat adanya peradangan di saluran pernapasan menuju paru-paru.

 

6.Gangguan pada perut

Sistem Pencernaan dalam perut,
Cengkeh dapat membantu mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan. Dengan begitu, cengkeh mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, mual, muntah, diare, hingga masuk angin. Caranya, Anda bisa meminum teh cengkeh atau mengoleskan minyak cengkeh ke area perut.

 

7.Melindungi dari kanker

Cengkeh kaya eugenol melawan radikal bebas dalam tubuh yang memicu perkembangan kanker dan menetralisir radikal bebas. Kekuatan antioksidan dalam cengkeh dilaporkan lima kali lebih efektif dari vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

 

8.Menghambat tumbuhnya penyakit

Cengkeh bersifat antibakteri mampu menghentikan bakteri penyebab infeksi. Dipenelitian membuktikan minyak esensial dari cengkeh membunuh bakteri E.coli yang menyebabkan bakteri. Dapat juga membantu kesehatan mulut dan menghambat timbul kuman penyebab jerawat di kulit.

 

9.Peningkatkan kesehatan hati

Zat eugenol yanga ada di dalam cengkeh dipercaya meningkatkan kesehatan organ hati, mengurangi peradangan, dan meredakan gejala sirosis hati. Tetapi eugenol dapat berbalik menjadi racun bagi hati apabila dikonsumsi dalam jumlah tinggi dan diberikan pada anak-anak.

 

10.Menjaga kesehatan tulang

Pada penelitian kehewan menyebutkan bahwa senyawa aktif dalam cengkeh telah terbukti membentuk menjaga dan meningkatkan kepadatan massa tulang. Senyawa mangan dalam cengkeh mendorong proses pembentukan tulang dan sangat penting bagi kesehatan tulang.

 

11.Obati sakit maag

Minyak esensial cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung, sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

 

12.Kendalikan kadar gula dalam darah

Pada penelitian menyebutkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh membantu mengendalikan gula darah.

Penelitian lainnya yang mengamati efek ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan di cengkeh, baik pada sel otot manusia maupun pada tikus dengan diabetes.

Cengkeh dan nigericin yang ditemukan dalam penelitian mampu meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel, tingkatkan sekresi insulin dan peningkatan fungsi sel penghasil insulin.

Diketahui bahwa insulin adalah hormon yang mengendalikan dan memindahkan gula dari darah ke sel.

 

13.Obati tipes

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dapat berujung pada kondisi kesehatan yang buruk. Jika Anda sering melakukan hal tersebut, hati-hati karena bisa saja Anda terinfeksi tipes. 

Sebab tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Salmonela typhi media yang dapat menularkan bakteri tersebut adalah makanan.

Akan tetapi jangan khawatir, selama penderita masih berada dalam tahap awal tipes (gejala tipes), ini bisa ditangani salah satunya dengan mengonsumsi cengkeh.

 

14.Mencegah Ejakulasi Dini

Minyak cengkeh diduga mampu mencegah ejakulasi dini. Menurut penelitian, mengoleskan krim mengandung bunga cengkeh yang telah dicampurkan dengan bahan-bahan lain seperti ginseng ke kulit penis, dapat mencegah ejakulasi dini.

15.Membunuh Bakteri Penyebab Penyakit

Cengkeh bersifat antibakteri yang mampu menghentikan infeksi. Pada  penelitianmenunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh efektif membunuh bakteri E. coli yang dapat menyebabkan kram perut, diare, hingga kelelahan. Cengkeh juga membantu menjaga kesehatan mulut dengan menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab plak gigi dan penyakit gusi (gingivitis).

Jika tidak ingin mengunyah cengkeh, gunakanlah obat kumur yang mengandung ekstrak cengkeh untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Kata bijak :Pengembangan pola pikir optimis secara signifikan akan meningkatkan peluang Anda kesehatan, kekayaan dan kebahagiaan.

Penutup – 15 manfaat mujarab cengkeh untuk kesehatan tubuh

Demikianlah artikel 15 manfaat mujarab cengkeh untuk kesehatan tubuh.  Di balik kegunaannya tersebut, cengkeh juga kerap dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional, karena banyak manfaatnya, karena mangandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Demikian artikel kami tentang15 manfaat mujarab cengkeh untuk kesehatan tubuh ” di website DeddyNurfaqih.com – Panduan Usaha Rumah Makan dan Restoran.

Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa!!! Silahkan subscribe GRATIS, agar kami dapat membantu untuk mengembangkan usaha kuliner dan sukses dibidang ini dengan informasi, tips, trik, ebook dan software-software gratis.

Artikel Yang Berhubungan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

GRATIS!!! DOWNLOAD e-book-nya SEKARANG JUGA!!! " 8 Cara Bagaimana Sukses Memulai Usaha Rumah Makan"

Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up cover
Ebook 8 Bagaimana Cara Memeulai Usaha Rumah Makan mock up isi
error: Alert: Content is protected !!